Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18 Cara Mengatasi HP Advan yang Bermasalah

Beberapa permasalahan yang sering terjadi di smartphone Advan antara lain mengalami lemot, mati atau hidup sendiri, tidak bisa disentuh dan juga ngeblank. Kalau kamu mengalami beberapa gejala seperti yang disebutkan tersebut, maka kamu sudah berada pada postingan yang tepat. Karena kita akan membahas beberapa solusi jitu untuk mengatasi permasalahan Advan users.

HP Advan merupakan salah satu tipe HP yang cukup terkenal di Indonesia karena memiliki berbagai fitur yang canggih dan harga yang relatif terjangkau dibanding merk HP lainnya. Namun, ternyata banyak pengguna HP Advan yang merasa kurang nyaman dan mengeluhkan berbagai masalah di HP mereka.

Hal ini tentunya disebabkan oleh berbagai macam masalah, baik karena minimnya ruang penyimpanan, kapasitas RAM yang sedikit, dan HP yang lebih cepat panas. Jadi pertanyaanya, bagaimana cara mengatasi hp advan yang lemot, mati dan hidup sendiri, dan tidak bisa disentuh? Let's check these out!


Cara Mengatasi HP Advan Lemot, Mati dan Hidup Sendiri, Tidak Bisa Disentuh

cara mengatasi hp advan lemot, hidup mati sendiri, tidak bisa disentuh

Ada banyak solusi efektif yang bisa sobat kosngosan coba untuk mengatasi perangkat ponselmu yang lamban dan performanya menurun, terutama untuk pengguna HP Advan.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas bersama – sama tentang beberapa Cara mengatasi HP Advan yang bermasalah. Berikut penjelasannya:


1. Hapus Aplikasi Yang Memberatkan Kinerja HP

Pertama, kamu bisa memilih untuk menghapus beberapa aplikasi yang sekiranya memberatkan kinerja perangkat.

Sebenarnya, meskipun tidak digunakan aplikasi tersebut masih tetap berjalan dan mempengaruhi performa HP. Jika satu saja sudah cukup berpengaruh, sekarang bayangkan bagaimana bila ada lima aplikasi yang jarang digunakan namun masih tetap terinstall di ponselmu.

Bisa dibayangkan akan selemot apa kan? Oleh karena itu, lebih baik pertahankan saja aplikasi yang masih kamu pakai secara rutin. Toh, kamu juga bisa mengunduhnya lagi nanti jika membutuhkannya.


2. Hapus Seluruh Cache Yang Memenuhi Memori

Sisa cache aplikasi umumnya tersimpan pada sistem internal ponsel. Cache ini jika tidak dihapus dan dibiarkan terus menerus akan semakin bertambah banyak dan memakan ruang penyimpanan sehingga kinerja HP menjadi menurun.

Kamu bisa menghapus sistem cache ini dengan pergi pada pengaturan ponsel lalu klik penyimpanan aplikasi. Pilih setiap aplikasi untuk dibersihkan cachenya. Sekarang ponselmu pasti memiliki ruang memori yang lebih longgar.


3. Matikan Sistem Service Yang Berjalan Otomatis

Sistem service yang berjalan otomatis juga dapat mempengaruhi performa ponsel, terlebih jika layanan tersebut berasal dari sistem service aplikasi yang cukup berat.

Kamu bisa mengecek service yang berjalan pada setting dan menonaktifkannya sementara waktu. Dengan begitu, performa ponsel akan jauh lebih optimal dan mengurangi resiko lemot karena kelebihan beban.


4. Hentikan Sejenak Aplikasi Yang Berjalan

Mungkin sobat kosnɡosan terbiasa menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu secara bersamaan. Hal ini sebenarnya tidak dibenarkan karena berdampak buruk bagi kinerja perangkat sehingga bisa membuatnya lag atau hang.

Untuk mengatasinya, kamu bisa pergi ke pengaturan dan pilih opsi memori lalu tap pada jenis aplikasi yang ingin kamu hentikan.

Kamu juga bisa memilih opsi force stop atau hentikan paksa agar aplikasi tidak berjalan kembali pada background android.


5. Hapus File Sampah

Membiarkan ada banyak sampah yang tersimpan di ponsel advan milik sobat kosngosan, tentu akan sangat mengganggu performa dan membuatnya ngelag.

Biasakan untuk membersihkan file sampah secara rutin, paling tidak sehari sekali agar tidak menumpuk lebih banyak. Jika file sampah dibersihkan secara teratur, maka sistem android pun akan berjalan lebih lega dan kinerjanya juga stabil.


6. Manfaatkan Fitur Auto Kill

Bagi kamu yang sering melakukan multitasking di android, atau menjalankan lebih dari satu program tentunya sudah terbiasa menemukan banyak aplikasi berjalan yang aktif pada recent apps.

Jika terus menerus dibiarkan, maka kapasitas RAM akan semakin menipis dan selanjutnya membuat performa perangkat menjadi lemot dan ngelag.

Untuk mencegahnya, kamu bisa memanfaatkan fitur auto kill. Fitur ini mampu menonaktifkan seluruh aplikasi yang berjalan di background sehingga androidmu tidak lemot lagi.


7. Cegah Aplikasi Berjalan Pada Background

Semua ponsel android rata – rata memiliki fungsi dimana mampu membuat aplikasi berjalan pada background bahkan tanpa kamu sadari.

Semakin banyak aplikasi yang berjalan, tentu membuat kapasitas RAM menjadi berkurang. Meskipun begitu, sebenarnya hal ini masih bisa kamu atasi, caranya adalah dengan masuk ke pengaturan > klik aplikasi > pilih izin aplikasi

Kemudian pilih jenis aplikasi apa saja yang ingin kamu biarkan berjalan sendiri secara otomatis. Sebaliknya, aplikasi yang tidak kamu izinkan berjalan otomatis juga tidak akan berjalan pada background selama kamu tidak mengaktifkannya.


8. Scan Dengan Antivirus (Berbayar)

Antivirus juga sangat penting untuk mendeteksi keberadaan virus atau malware yang mungkin masuk pada perangkat ponselmu.

Sebenarnya kamu bisa dengan mudah mendapatkan berbagai aplikasi antivirus di Google PlayStore bahkan pada situs website di internet dengan berbagai fitur canggihnya masing – masing.

Namun lebih disarankan untukmu menggunakan versi yang berbayar saja, kenapa? Karena versi Pro atau berbayarnya tentu memiliki keamanan dan fitur yang lebih bagus daripada versi gratisnya


9. Pindahkan File Foto dan Sejenisnya Ke Perangkat Lain

Kamu mungkin terlalu banyak menyimpan file, foto, video, atau dokumen pada ruang penyimpananmu sehingga memori hanya tersisa sedikit dan kerja sistem menjadi lebih berat.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba memindahkan file – file tersebut ke kartu SD atau perangkat lain agar tidak terlalu memenuhi ruang simpan pada perangkat. Kamu juga bisa memindahkannya ke PC menggunakan akses debugging atau via kabel USB.


10. Kurangi Penggunaan Widget

Penggunaan widget memang menarik, karena selain memperindah penampilan ponsel, ia juga berguna sebagai jalan pintas menuju berbagai aplikasi bahkan tanpa harus membukanya selalu.

Namun disamping fitur canggihnya yang memudahkan pengalaman kerja sobat kosnɡosan, widget ternyata cukup menyita penggunaan RAM dalam jumlah besar sehingga berpotensi membuat ponsel menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, kurangi penggunaan widget dan gunakan seperlunya saja ya.


11. Gunakan Custom ROM

Opsi lain dalam kustomisasi android yang cukup berguna untuk kamu coba adalah dengan menggunakan custom ROM.

Dengan melakukan custom ROM, kamu bisa menikmati ROM lain yang sistem dan performanya telah ditingkatkan dengan baik. Tidak hanya itu, kamu juga berkesempatan untuk mencoba sistem operasi terbaru yang mungkin tidak tersedia pada perangkatmu. Menarik bukan?


12. Restart Ponsel

Restart atau memulai ulang ponsel juga cukup efektif dilakukan untuk mengatasi HP yang kinerjanya lemot. Langkah – langkahnya yaitu, tekan tombol home (tombol power tergantung tiap seri dan tipe hp masing – masing) > pilih opsi restart atau matikan ponsel > jika kamu memilih opsi restart

Umumnya ponsel akan mati otomatis dan menyala lagi dengan sendirinya > silahkan tunggu beberapa saat sampai proses selesai > jika kamu memilih opsi matikan ponsel, maka kamu harus menunggunya beberapa menit lalu menyalakannya kembali.


13. Install Ulang Ponsel (Hard Reset)

Hard reset merupakan proses mengembalikan semua sistem ponsel menjadi baru lagi (persis seperti kamu pertama kali membelinya).

Otomatis, semua data pada ponsel yang tersimpan sebelumnya juga akan hilang, jadi sebelum benar – benar melakukannya pertimbangkan dengan baik ya.

Atau kamu bisa melakukan back up file ke perangkat lain terlebih dahulu. Langkah – langkahnya cukup mudah, yakni tekan dan tahan tombol up + home + power

Kemudian secara otomatis, sistem akan membawa sobat kosngosan ke menu reboot ponsel > pilih opsi wipe data factory reset menggunakan volume up atau down > klik yes menggunakan tombol power > silahkan tunggu proses selesai, mungkin ini bisa berjalan dalam beberapa menit.


14. Setel Ulang Ke Pengaturan Pabrik (Soft Reset)

Berbeda dengan hard reset, setel ulang pabrik atau soft reset lebih menekankan pada pengembalian sistem ponsel ke pengaturan pabrik seperti semula.

Soft reset cukup efektif mengatasi kinerja HP yang benar – benar lemot karena ia mampu mengembalikan performa telepon seperti sebelum kamu menginstall aplikasi yang mungkin menjadi faktor utama lag nya perangkatmu.


15. Klaim Garansi Ke Advan Service Centre

Terakhir, kamu bisa mengklaim garansi ke advan service centre langsung jika cara – cara sebelumnya tidak bisa menjadi opsi yang bagus.

Pastikan dulu kamu masih menyimpan kartu garansi dari pihak service centre. Cek kelengkapan dan data produk, kemudian tulis kerusakan yang kamu alami lalu lakukan klaim. Selanjutnya kamu bisa cek status klaim garansi pada situs terkait.

Beberapa langkah sederhana lainnya yang bisa kalian lakukan, antara lainnya :


16. Jangan gunakan smartphone advan mu terlalu lama untuk kerja yang berat, seperti bermain game atau edit video untuk menghindari overheating

17. Simpan smartphone advan mu di tempat yang teduh dan suhu yang adem

18. Selalu update aplikasi untuk mendapatkan pembaharuan yang dengan kinerja yang lebih efisien dan efektif


Baca juga : Cara Kredit HP Advan di Erafone


Bagian Konklusi

Advan sebagai salah satu merk HP buatan Indonesia, memang layak untuk kita apresiasi. Produk ini telah menghadirkan smartphone yang ramah di kantong tapi juga menawarkan value yang cukup tinggi sesuai harganya.

Semoga beberapa informasi diatas, bisa bermanfaat buat sobat kosngosan yang saat ini sedang memakai hp ini. Jangan lupa untuk klik tombol share, dan bagikan artikel ini ke teman teman mu ya

Oleh rezaharahap