Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mengatasi Hp Itel yang Error dan Bermasalah

Sekarang sedang hype brand smartphone yang bernama ITEL. Sebelum membeli hp merek ini, sobat kosngosan perlu tahu apa saja sih masalah  yang sering dihadapi oleh pengguna itel, dan bagaimana solusi atau cara mengatasi masalah tersebut.

HP ini berasal dari tiongkok. Perusahaannya bernama TRANSSION Holdings. Bersama Infinix dan TECNO, itel bergabung dalam perusahaan yang sama. Untuk saat ini memang varian terbaru dari smartphone ini masih terbilang sedikit jika dibandingkan dengan kompetitornya. 

Tapi bukan tidak mungkin jika itel bermain di pangsa pasar entry level, maka bisa menyaingi brand seperti redmi dan huawei. Lihat saja banyak reviewer yang memberikan testimoni positif terhadap varian Itel S23 yang baru saja rilis.

Tentunya kalau bicara mengenai harga, hp ini sangat terjangkau di kelasnya. Cocok buat kalangan menengah ke bawah yang memang butuh hp dengan penggunaan sehari hari namun dengan spek yang mumpuni. 


Solusi HP ITEL yang Error & Bermasalah

Cara Mengatasi Hp Itel yang Error Bermasalah

Namanya hp tentu pernah bermasalah, tidak menutup kemungkinan brand hp ini juga. Kalau kalian pengguna hp itel dan sedang mengalami eror, hang, mati tiba-tiba (force closed), overheat dan masalah lainnya. Berikut cara mengatasinya yang mungkin bermanfaat buat kalian :

Baca juga : Solusi HP Advan yang Error


Ketahui Penyebab Error

Mengetahui jenis dan penyebab kenapa hp itel milik sobat kosngosan menjadi error adalah hal pertama yang harus di lakukan. Sebut saja ini karena permasalahan pada software atau perangkat lunak, sering hang, force closed atau tidak bisa dimatikan. 

Tentunya kita bisa fokus pada solusi yang mengedepankan cara-cara yang terkait dengan system atau aplikasi didalamnya

Namun sebaliknya jika eror atau permasalahan yang terjadi di hp itel mu ada di bidang hardware atau perangkat keras, seperti wifi tidak terhubung, speaker tidak maksimal, microphone tidak berfungsi, charger tidak masuk daya dan sebagainya maka kita bisa fokus pada solusi penanganan yang terkait dengan hardware problem solving. Jadi tentukan dulu permasalahan hp itel mu ya


Solusi HP ITEL Masalah Software

Nah jika ternyata hp itel milik mu seperti A60s, S23, P40, A27, Vision Plus, Vision 3, A26, Vision 2, Vision 1 Pro dan sebagainya mengalami masalah pada bagian software nya, berikut yang mungkin bisa kamu lakukan :


Hapus Cache 

Untuk sistem operasi android yang menggunakan cache, pastinya kamu sering membersihkan cache untuk memperingan aplikasi mu. Langkahnya adalah sebagai berikut : Buka setting ke Aplikasi kemudian hapus cache-nya. 

Cache yang besar ditandai dengan ukurannya yang mencapai GB-an, dan ini akan bertambah seiring waktu jika sering dipakai, dan jika dibiarkan bisa menyebabkan kinerja HP Itel mu semakin memburuk.


Battery Optimization

Terkadang mengaktifkan pilihan ini bisa berdampak aplikasi tidak bisa dibuka, loading terus bahkan force closed. 

Kamu bisa menonaktifkan fitur ini atau kalau ingin menonaktifkan dan mengaktifkan sebagian aplikasi saja, maka buka setting, kemudian pilih Baterai dan Optimasi baterai, lalu nonaktifkan optimasi untuk aplikasi yang bermasalah


Nonaktifkan Animasi

Dengan mengaktifkan Mode Pengembang di HP Itel mu, kamu bisa masuk ke opsi Developer dan menonaktifkan atau mengurangi animasi skala yang bisa jadi menjadi penyebab hp itel mu menjadi lemot. Dengan menonaktifkan animasi ini diharapkan hp menjadi lebih optimal kinerjanya.


Reset Jaringan

Kalau masalah di hp itel mu adalah pada jaringan yang lelet, maka kamu bisa reset jaringan nya. Caranya kamu bisa Buka Pengaturan, kemudian pilih Sistem, Reset dan Reset Pengaturan Jaringan untuk memperbaiki masalah koneksi. 

Tapi pastikan juga operator mu juga tidak ada masalah, karena bisa jadi masalah jaringan tidak hanya dari hp, tapi dari operator kartu seluler yang kamu pakai.


Upgrade Sistem Operasi

Jangan menyepelekan ini ya sobat kosngosan! Pastikan kalian sudah memiliki versi sistem operasi android terbaru. Kamu bisa cek ke Pengaturan, kemudian pilih Sistem dan cek apakah Pembaruan Sistem sudah yang terbaru atau belum. 

Selain sistem operasi android, elemen yang harus kamu update adalah user interface dari itel. Dengan memastikan ini terupdate, maka kinerja hp itel mu akan lebih maksimal.


Wipe Data

Kalau memang masalah hp itel mu terlalu kompleks dan tidak bisa lagi dilakukan dengan cara yang biasa, maka kamu bisa wiped data keseluruhan, atau membersihkan data semua dan kembali ke setelan pabrik. 

Matikan hp itel mu, masuk ke mode recovery (biasanya tekan kombinasi tombol tertentu kamu bisa googling) kemudian pilih "Wipe Cache Partition." 

Jangan lupa untuk backup data yang penting di media eksternal, supaya tidak hilang. Jangan lupa juga simpan data password untuk akun di aplikasi mu.


Solusi HP ITEL Masalah Hardware

Jika ternyata varian hp itel milik mu sebut saja seperti A60s, S23, P40, A27, Vision Plus, Vision 3, A26, Vision 2, Vision 1 Pro dan varian lain ternyata masalahnya terjadi pada bagian hardware atau perangkat kerasnya, maka berikut kira kita solusinya :


Reflow BGA

Apabila ada masalah di HP Itel mu khususnya dengan komponen BGA (Ball Grid Array) seperti prosesor atau chip grafis yang terlepas atau mengalami overheat akibat suhu berlebih

Kamu bisa memperbaikinya dengan teknik reflow bga, yang memanaskan area bermasalah secara ringan dengan menggunakan alat pemanas udara panas rendah.


Solusi Baterai

Kalau hp itel mu masalah pada baterai, maka kamu matikan dulu hpnya, buka casing secara keseluruhan dan lepaskan baterai. 

Dibutuhkan peralatan yang memadai untuk ini. Kemudian angkat baterai dan bersihkan jalur yang berkaitan dengan bateri, dengan lembut menggunakan kapas dan alkohol isopropil, lalu pasang kembali. 

Jika memang baterai masih drop, maka sudah saatnya kamu ganti baterai baru. Jangan pakai baterai soak terlalu lama, karena Baterai yang rusak dapat menyebabkan masalah yang tidak terduga nantinya.


Ganti Kabel Fleksibel

Kalau sobat kosngosan mengalami masalah pada hp itel mu dengan tombol fisik atau komponen lainnya, kamu bisa coba cek dulu masalahnya pada bagian mana dengan alat. 

Kemudian jika pasti sudah rusak pada bagian kabel, kamu bisa mengganti kabel fleksibel yang menghubungkannya ke berbagai terminal.


Bongkar dan Bersihkan

Membuka hp itel dengan hati-hati dan membersihkannya pada bagian dalam bisa jadi solusi overheat hp mu. Bersihkan hp dari tumpukan debu dan kotoran yang mungkin mengganggu konektivitas dan kinerja komponen hp mu.


Soldering

Cara soldering diperlukan jika kamu punya masalah pada bagian kaki kaki solder yang patah atau berkarat. Tapi kamu harus punya keterampilan soldering dan perlengkapan yang mumpuni. 

Kamu dapat mencoba memperbaiki solder yang longgar atau rusak pada komponen seperti konektor charging, port audio dan lainnya 


Ganti Komponen Mainboard

Kalau memang masalah hp itel mu terletak pada komponen yang ada pada mainboard, dan kamu memiliki pengetahuan dan peralatan yang diperlukan, maka kamu bisa mencoba mengganti komponen seperti IC power, IC charging, atau komponen utama lain yang mungkin rusak. Beli komponennya di tokopedia atau bukalapak.


Clean Motherboard

Misalnya hp itel mu kemasukan air atau jatuh ke parit, tentu akan ada kerusakan akibat cairan. Kamu bisa mencoba membersihkan motherboard hp mu dengan alkohol isopropil untuk menghilangkan korosi yang mungkin terjadi akibat air. Tentunya kamu harus buka seluruh casing terlebih dahulu. Kemudian keringkan pakai kain atau tissue.


Klaim Garansi Itel

HP Itel yang kamu beli baru secara resmi itu memiliki kelebihan ketika klaim garansi. Jika nanti suatu waktu hp mu mengalami masalah atau error, kamu bisa dengan mudah melakukan klaim garansi supaya hp mu bisa diperbaiki atau diganti ke hp baru.

Cara untuk mengklaim garansi itel S23 sobat kosngosan di pusat perbaikan resmi, kalian harus tahu syarat dan ketentuannya. Brand Itel tidak akan menerima garansi jika kerusakan diakibatkan kesalahan pengguna (Human Error).

Brand Itel mengharuskan kalian untuk menyimpan nota pembelian dan kartu garansi sebagai persyaratan bagi pengguna yang ingin klaim garansi. 

Tapi semisal saat pembelian kalian tidak mendapatkan kartu garansi fisik, maka tidak usah khawatir, karena kamu cukup bawa unit perangkatnya ke Service Center nanti akan dicek secara online.


Kesimpulan

Pada akhirnya semoga dengan mengikuti postingan dari kosngosan.com diatas, kalian pengguna itel bisa lebih lega dalam mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi pada ponsel kalian. 

Karena memang brand Itel menawarkan berbagai produk ponsel yang mencakup berbagai segmen pasar, mulai dari ponsel pintar hingga ponsel fitur, dan tidak menutup kemungkinan hp ini juga mengalami eror yang tidak diinginkan. 

Kalau sudah seperti itu, semoga solusi diatas bisa berguna buat kalian. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa share dan bookmart juga ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya