Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Kelebihan dan Kekurangan Laptop Zyrex yang Perlu Diketahui

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari laptop zyrex? Laptop rakitan lokal ini sekarang memang cukup banyak diminati. Mungkin dari kita sudah biasa melihat produk laptop rakitan luar seperti Thosiba, DELL, Asus, HP hingga Acer beredar luas di pasaran.Mulai saat ini kalian juga harus mempertimbangkan merk laptop lokal yang satu ini.

Yap, Zyrex dapat dikatan termasuk dalam kategori produk laptop lokal yang booming di kalangan pelajar. Kali ini kita akan mengulik apa saja kekurangan dan kelebihan dari laptop yang terkenal karena harganya yang terjangkau ini.


Kelebihan Laptop Zyrex

kelebihan dan kekurangan laptop zyrex

Oke, kita berbicara mengenai kelebihan yang bisa sobat kosngosan dapatkan dari membeli laptop ini. Walaupun tidak bisa di-generalisir semua tipe laptop, tapi umumnya, kita bisa menarik kesimpulan dari berbagai aspek yang berasal dari pengalaman pakai laptop zyrex ini, sebagai berikut :


HARGA AFFORDABLE

Dengan harga laptop yang cukup terjangkau tidak sampai 3 jutaan, contohnya harga Zyrex Sky 232 Xtreme yang dibanderol sekitar Rp 2,9 memiliki spesifikasi CPU: Intel Dual Core N3350, RAM: 3 GB LPDDR3, GPU: Intel HD Graphic, Dimension: 318 x 214 x 12.9 mm

Dengan dukungan Battery: 500mAh/7.4V (10.000mAh). Internal Storage Slot : Support SSD M.2 Slot. Bagaimana menurut kalian ? untuk harga laptop yang tidak pricey apakah kualitasnya oke


SISTEM OPERASI

Software bawaan dari laptop Zyrex sudah otomatis menginstall Windows 10 original. Lisensi windows ini OEM, namun dengan windows bawaan ini kalian dapat menghemat biaya pembelian lisensi yang cukup mahal.

Tentu saja fasilitas ini malah semakin memudahkan dan siap pakai. Jadi buat pelajar atau mahasiswa, sangat membantu sekali, bukan?


KUALITAS LAYAR OKE

Laptop Zyrex dengan tipe Sky 232 Xtreme misalnya, menggunakan layar 14 inch full HD (1920 x 1080 piksel) dengan panel IPS, panel ini dikenal memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan panel TN dari sisi reviewing angel dan produksi warna.

Selain panel IPS, laptop Zyrex Sky 232 Xtreme ini dilengkapi lagi dengan Bezel Infinity Edge yang tipis sehingga membuat tampilan laptop 14 inch dengan ukuran asli layar 31,8 x 21,4 cm menjadi seperti laptop 13 inch.


MERAIH BANYAK SERTIFIKASI DAN PENGHARGAAN

Zyrexindo merupakan perusahaan yang memproduksi laptop Zyrex, sehingga perusahaan ini banyak membuktikan kualitas barang produksinya dengan memenangkan berbagai macam penghargaan untuk menunjang eksistensi produk di pasaran

Seperti Enterprise 50 Company Award, Best Microsoft Systems Builder pada tahun 2003 sampai 2005, The #1 Indonesia PC, penghargaan ini merupakan komitmen nan telah dicanangkan oleh Zyrexindo, Top 10 Best CEO Award, Microsoft Gold Partner - Sytem Builder, Intel COEM kawan di Indonesia

Ada juga Anugerah produk Orisinil Indonesia 2007 dari Harian Bisnis Indonesia, SAP Go pada tahun 2005, Sertifikasi ISO 9001:2000, sertifikasi kualitas atas produknya pada tahun 2000, Official PC Games XIX, PON Events dan Best National PC pada tahun 2003 & 2004 Award secara berturut-turut.


KONEKTIFITAS LENGKAP

Dalam menunjang konektifitas, perangkat memerlukan ports yang berfungsi untuk mengkoneksikan komputer dengan program lainya. Laptop Zyrex menyediakan ports yang beragam sehingga dapat menunjang konektivitas perangkat buat sobat kosngosan.


KETAHANAN BATERAI

Untuk Zyrex Sky 232x Xtreme dan Zyrex Sky 232 S2 kapasitas baterai 8100 Mah yang dapat hidup 4-8 jam. Kualitas ini bisa dibilang cukup memadai untuk kategori laptop sejenisnya.

Perlu diperhatikan, selain ada kelebihan-kelebihan yang diulas diatas pastinya setiap produk memiliki kekurangan. Untuk itu kalian perlu mengetahui kekurangan-kekurangan apa saja yang dimiliki oleh laptop Zyrex agar dapat menjadi pertimbangan saat mencari perangkat elektronik.


Kekurangan Laptop Zyrex

Selain dari kelebihan yang didapat, pada umumnya laptop ini juga punya sisi kelemahan yang mungkin bisa sobat kosngosan perhatikan dan ditingkatkan lagi kedepannya untuk tipe produk baru, beberapa yang sering dikeluhkan berdasarkan pengalaman pengguna, diantaranya :


CASE STANDAR

Sering kali orang memilih dan memilah suatu barang dari casingnya terlebih dahulu, sama seperti saat memilih laptop. Case laptop Zyrex secara keseluruhan memang tergantung dari varian produk, dengan pilihan warna yang monoton seperti hitam, biru dan abu-abu.

Bahan plastik membuat kesan seolah-olah kurang kokoh dan tidak mewah. Memang beberapa desain dari laptop Zyrex, misalnya dengan tipe 232 tipis sehingga memudahkan pengguna untuk membawa laptop kemana-mana

Berukuran laptop 14 inch laptop ini termasuk cukup ringan. Selain tipe diatas, ada lagi tipe Zyrex Sky 232 Mini 64 II dengan layar ukuran 11,6 inch yang tentunya lebih kecil dibandingkan dengan Zyrex Sky 232 resolusi layarnya Full HD dengan ketajaman 1920 x 1080 pixel.


MEMORI

Hal yang paling penting dan sangat krusial untuk menjadi patokan kualitas suatu barang elektronik adalah memori penyimpanan atau biasa yang dikenal dengan RAM (Random Access Memory)

Kemampuan menyimpan dan memproses informasi ini akan dilakukan secara konstan dan langsung disimpan dalam perangkat saat pengguna bekerja dengan word, email dan aplikasi.

Memori penyimpanan laptop Zyrex ini hanya 32GB dan berjenis eMMC. Kekuranganya, eMMC ini berukuran kecil dan bukan HDD.

Memori yang disediakan laptop Zyrex ini bisa dibilang sangat kurang, apalagi bila dipotong dengan installasi aplikasi bawaan seperti windows 10, dan aplikasi-aplikasi lainya. Pengguna akan disulitkan karena untuk menunjang produktifitas harus menambah memori yg berasal dari micro SD.

Jadi, eMMC ini memang rentan bermasalah dan akan menambah pengeluaran untuk tambah memori. Selain itu, RAM 32 GB pada laptop Zyrex bersifat permanen dan tidak dapat di upgrade.


PERFORMANCE

Pada umumnya performa laptop Zyrex ini standar, misalnya pada tipe laptop Ultrabook Zyrex Sky 232. Tidak secepat laptop-laptop dengan harga diatas 5 juta memang

Namun untuk menunjang aktifitas harian seperti word, internet, play media bisa dibilang okelah untuk laptop seharga 2 jutaan. Grafis dari Zyrex 232 ini berjenis GPR Intel Graphics 400 yang memiliki kecepatan 500 MHz.


BUILD QUALITY

Waktu pakai dan ketahanan laptop merk Zyrex ini termasuk standart, konstruksi casing laptop meskipun memiliki desain yang keren dan elegan namun rentan rusak.

Kalian harus melakukan ekstra penanganan bila tidak berhati-hati saat mengoperasikan laptop. Karea build quality dari brand ini terbilang biasa saja, malah bisa dikategorikan tidak lebih baik dari brand seperti asus, acer atau lenovo


HARGA JUAL KEMBALI

Kegiatan tukar tambah barang atau menjual perangkat lama untuk mendapatkan perangkat baru memang lazim dilakukan apalagi bila kalian ingin mengupgrade barang elektronik yang digunakan

Memang untuk laptop Zyrex sendiri karena harga beli barang tidak terlalu tinggi dan merk ini merupakan buatan lokal, maka harga jualnya cukup anjlok bila dibandingkan laptop sejenis lainya, seperti acer, lenovo dan asus.


SERVICE CENTER

Kekhawatiran lain yang perlu kita pertimbangkan dari laptop ini adalah segi pelayanan, karena komponen atau suku cadang laptop masih susah dicari

Jadi apabila sobat kosngosan mengalami terjadinya kerusakan pada laptop pengguna akan cukup kesulitan untuk nenemukan service center laptop karena ketersediaan nya masih tersebar di beberapa kota saja.


DESAIN BATERAI

Desain baterai yang dimiliki dari brand ini berjenis non removable atau tidak dapat dipindahkan, sehingga nantinya bila baterai mengalami trouble atau kerusakan maka kita akan mengalami kesulitan dalam hal pergantian baterai.

Tapi ini memang bisa dimaklumi, karena sekarang kebanyakan brand memang sudah menerapkan teknologi yang sama untuk hal ini.


TIDAK BISA UPGRADE

Seperti yang telah diulas diatas, RAM yang tersedia dalam model ini sifatnya permanen. Kalian mungkin akan mengalami kesulitan jika hendak mengupgrade memori ini karena RAM laptop Zyrex telah menyatu dan tersolder dengan motherboardnya.

So, untuk aspek upgrading performa bisa dibilang kurang, apalagi bila kalian suka mengotak-atik perangkat dan menambahkan banyak aplikasi pada perangkat elektronik kalian.

Baca juga : Tips Merawat Webcam Eksternal buat Laptop


Bagian Konklusi

Dengan menggunakan Laptop zyrex maka sebenarnya sobat kosngosan bisa mendukung kampanye local pride untuk mengembangkan industri teknologi dalam negeri. Walaupun mungkin terdengar masih asing bagi beberapa orang.

Laptop Zyrex menjadi salah satu produk lokal yang bisa bersaing dengan produk luar seperti acer, asus dan lenovo.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari brand ini, maka kita sebagai konsumen juga bisa menjadi lebih cerdas dan punya preferensi yang lebih baik. semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini

Oleh rezaharahap