Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Cara Merawat Webcam Eksternal agar Awet

Apakah kamu punya webcam eksternal untuk kebutuhan video call? Memiliki perangkat seperti Kamera eksternal harus bisa dirawat dengan baik. Karena yang namanya alat elektronik pasti punya masa pakai tergantung dari perawatan si pemiliknya. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan supaya webcam mu bisa tahan lama.

Di era yang serba online dan virtual seperti sekarang ini, web cam menjadi salah satu perangkat yang banyak dibutuhkan kehadirannya untuk menunjang aktivitas dan pekerjaan bagi sebagian orang. Baik itu untuk kegiatan webinar, pembelajaran daring, konten youtube dan sejenis video conference lainnya.

Mengingat begitu pentingnya kamera ini, tentu sudah menjadi hal yang sangat perlu bagi kita untuk pandai – pandai merawat webcam sebaik mungkin. Hal ini supaya webcam lebih awet dan mampu digunakan dalam jangka waktu yang panjang.


Tips Merawat Webcam Supaya Awet

tips merawat webcam eksternal

Ada beberapa tips mudah yang bisa sobat kosngosan lakukan untuk merawat webcam milikmu. Hal ini cukup mudah dan bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Berikut beberapa tips merawat webcam supaya awet dan tidak mudah rusak :


1. Bersihkan Lensanya Dengan Teratur

Lensa merupakan bagian paling penting dalam webcam, oleh karena itu kamu harus selalu memastikan kondisi lensamu tetap baik dan membersihkannya secara teratur.

Untuk membersihkannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu memanfaatkan kain dengan bahan yang lembut. Kamu juga bisa menggunakan dust blower untuk membersihkan debu pada bagian yang sempit atau sela – sela lensa yang sulit dicapai.


2. Perhatikan Tempat Penyimpanannya Dengan Baik

Pemilihan tempat penyimpanan juga perlu diperhatikan. Usahakan kamu meletakkan webcam di tempat yang aman, bersih, serta jauh dari debu dan air.

Kamu bisa menggunakan wadah khusus dari bahan apa saja asalkan mampu melindungi webcam dari kemungkinan jatuh atau tersenggol. Dengan pemilihan tempat yang baik tentunya mampu membuat webcam menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak.


3. Jaga Kondisi Webcam Selalu Dalam Keadaan Baik

Lakukanlah pengecekan secara berkala terhadap kondisi webcam untuk memastikan bahwa komponen dan kinerja di dalamnya masih berfungsi dengan normal.

Pengecekan tersebut bisa dilakukan terhadap kualitas gambar, audio, atau video yang dihasilkan, perangkat penghubung pada komputer atau laptop, dan lain sebagainya.


4. Hindari Menggunakan Webcam Ketika Di Tempat Terbuka

Untuk mengantisipasi kerusakan yang mungkin terjadi, usahakan jangan terlalu sering menggunakan webcam ketika sobat kosngosan berada di luar ruangan atau tempat – tempat terbuka.

Hal ini dikarenakan penggunaan webcam yang terlalu sering di tempat terbuka berpotensi dapat merusak kondisi lensa kamera webcam, terlebih jika berhadapan dengan panas dan debu.


5. Jauhkan Webcam Dari Sinar Matahari Secara Langsung

Hampir sama dengan poin sebelumnya, jika kamu memang terpaksa menggunakan webcam di luar ruangan, pastikan tidak menghadapkannya langsung ke arah sumber panas matahari.

Sebab cahaya matahari yang cukup kuat dapat merusak lensa kamera dan membuatnya cepat rusak sehingga tidak dapat berfungsi kembali dengan baik.


6. Tambahkan Silica Gel Ke Wadah Tempat Penyimpanan Webcam

Silica gel biasa disisipkan ke berbagai produk untuk mengantisipasi kerusakan yang mungkin terjadi akibat suhu udara yang lembab.

Kamu bisa memanfaatkan bahan ini untuk menghalau bibit jamur agar tidak tumbuh dan merusak keawetan kamera webcam. Silica gel dapat ditemukan di beberapa toko seperti hypermart, dan apotik – apotik yang berada di sekitar kita.


7. Usahakan Tetap Mengoperasikan Webcam Meski Beberapa Saat Jika Jarang Digunakan

Pastikan kamu tetap mengoperasikan webcam meski beberapa saat ketika mulai jarang menggunakannya. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa komponen masih berjalan normal dan tidak rusak sehingga tetap bisa digunakan kapan saja ketika diperlukan nantinya.

Lakukan pengecekan rutin, minimal seminggu sekali agar keadaan webcam bisa dipantau terus. Jangan sampai membiarkan webcam milikmu tergeletak dan menganggur sehingga keadaannya terabaikan.


8. Perhatikan Suhu dan Kelembapan Tempat Penyimpanan

Suhu udara yang lembab umumnya dapat mendukung pertumbuhan jamur dan bakteri sehingga berpotensi merusak komponen pada webcam.

Oleh karena itu, sobat kosngosan harus menyimpannya di tempat khusus yang suhu udaranya stabil, yakni tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin.

Sebab suhu yang terlalu dingin umumnya lebih mudah memicu timbulnya jamur dan suhu yang panas dapat merusak komponen didalamnya sehingga tidak dapat berjalan dengan optimal.


9. Gunakan Kain Yang Halus dan Lembut Ketika Membersihkan Webcam

Hindari menggunakan kain atau bahan – bahan yang permukaannya kasar untuk membersihkan webcam. Sebab dapat membuat webcam (terutama pada bagian lensa) menjadi tergores atau rusak.

Gunakanlah kain yang teksturnya halus dan lembut seperti kain microfiber, atau kain lembut lainnya yang bersih. Usaplah dengan hati – hati pada lensa, dan pada bagian lainnya.


10. Jauhkan Webcam Dari Debu dan Air

Debu dan air cukup menjadi musuh yang berbahaya pada beberapa benda elektronik sama halnya seperti webcam.

Oleh karena itu, jauhkanlah webcam milikmu dari tempat yang basah atau mungkin berair. Jangan sampai ada air yang masuk pada komponen di dalamnya jika tidak ingin webcammu cepat rusak. Jauhkan juga dari debu atau kotoran padat lainnya yang bisa menyumbat atau mengotori lensa webcam.


11. Pastikan Tempat Penyimpanan Webcam Aman Dari Guncangan dan Benturan

Jika kamu memutuskan untuk menyimpan webcam pada wadah atau kemasan maka pastikan tempat tersebut aman dari potensi guncangan atau benturan yang mungkin terjadi. Benturan yang kuat umumnya bisa merusak bagian luar webcam, bahkan bisa membuatnya pecah.

Oleh karena itu, letakkanlah webcam di tempat yang aman, jauh dari jangkauan anak – anak, tidak berada di tempat – tempat yang rawan jatuh atau tersenggol, dan jauh dari bahan – bahan yang mudah terbakar.


12. Gunakan Cairan Pembersih Khusus Lensa Ketika Membersihkannya

Kamu juga dapat memanfaatkan beberapa jenis cairan pembersih untuk membersihkan webcam. Namun alangkah baiknya, pilihlah cairan pembersih yang memang dikhususkan untuk lensa agar lebih aman digunakan.

Satu lagi yang perlu diingat, jangan langsung menyemprotkan cairan tersebut secara langsung karena dikhawatirkan masuk ke dalam komponen webcam dan menyebabkan kerusakan didalamnya.


13. Jangan Sering Meniup atau Menyentuh Lensa Webcam

Ketika sobat kosnɡosan memegang atau menggunakannya, jangan terbiasa untuk menyentuh ataupun meniup lensa webcam sembarangan.

Sebab tangan yang kotor umumnya meninggalkan bekas atau sidik jari yang tertinggal pada lensa sehingga membuatnya buram dan ikutan kotor.

Selain itu, meniupnya juga dilarang karena hembusan udara yang keluar dari mulut beresiko mengandung air liur yang dapat membuat lensa menjadi basah.


14. Hindari Mengelap Lensa Sembarangan Dengan Alat Apapun

Jangan sembarangan mengelap lensa baik dengan kain atau alat apapun terlebih jika teksturnya kasar. Gunakanlah kain atau kertas yang halus dan lembut khusus untuk lensa. Kamu bisa mendapatkan kain tersebut di optik atau toko – toko kamera.

Jangan juga sekali – kali menggunakan tisu wajah untuk mengelap lensa karena meskipun terlihat lembut, tisu wajah ini sebenarnya cenderung bertekstur dan bisa mengakibatkan lensa menjadi tergores.


15. Simpan Dalam Tas Jika Ingin Membawa Webcam Kemana-Mana

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah, gunakan tas untuk menyimpan webcam ketika kamu ingin membawanya ke suatu tempat. Hal ini karena lebih aman jika kamu menaruh webcam dalam wadah daripada harus menentengnya sembarangan.

Beberapa tips lainnya yang mungkin bermanfaat untuk kamu :

16. Hindari pemakaian webcam dengan Laptop atau PC yang sudah Overheat

17. Jangan gunakan kabel USB ekstension (colokkan langsung ke port laptop atau PC)

18. Hindari dari Jatuh dan Gangguan Fisik

19. Beli di Tempat Resmi

20. Segera Bawa Ke Servis Resmi jika Rusak dan Klaim Garansi (kalau masih ada)


Baca juga : Cara Buat Video Slow Motion tanpa Aplikasi


Bagian Akhir

Kondisi seperti saat ini memang mengharuskan sobat kosngosan untuk bisa memanfaatkan teknologi seperti webcam. Selain koneksi internet yang stabil, penggunaan webcam yang berkualitas akan semakin meningkat drastis.

Hal ini digunakan untuk kegiatan tatap muka online seperti belajar dan meeting. Semoga beberapa tips diatas bisa bermanfaat buat kalian ya, jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini

Oleh rezaharahap