Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Video Slow Motion tanpa Aplikasi

Apakah kamu ingin membuat video gerak lambat atau slow-mo tanpa aplikasi? Slow motion adalah jenis video yang sengaja diabadikan dengan memperlambat gerakan pada setiap detailnya. Video ini dapat digunakan dalam berbagai macam kebutuhan, diantaranya untuk dokumentasi pribadi seperti wedding moment, birthday, baby born dan lain sebagainya. Selain lebih aesthetic, akan lebih banyak detail yang bisa dijelaskan dalam sebuah video slow motion.

Bagi para conten creator profesional, video slow motion ini bisa dibuat se-aesthetic mungkin, sehingga bisa mengisi feed instagram, video di channel youtube, atau dapat dibuat semenarik mungkin untuk dijadikan konten tiktok dan menambah followers serta like

Cara yang paling mudah untuk membuat video slow motion ini memang dengan bantuan pihak ketiga berupa aplikasi-aplikasi yang dapat diunduh gratis atau berbayar pada playstore maupun appstore. Buat smartphone yang punya spek mumpuni, video slow mo ini bisa dibuat dari aplikasi kamera default.

Tapi seperti yang kamu ketahui, tidak semua HP support dan punya fitur seperti ini. Buat kamu yang memiliki perangkat HP kentang, kamu bisa mengikuti beberapa tips dari kosngosan.com kali ini untuk menghasilkan konten gerak lambat yang keren dan terlihat profesional.


Cara Buat Video Slow Motion Keren

Cara Membuat Video Slow Motion

Buat sobat yang gak mau ribet download dan install sana-sini untuk membuat sebuah video slow motion yang keren dan merekam agar suara jernih, simak ulasan artikel dibawah ini yang akan membahas berbagai macam cara untuk membuat video slow motion tanpa aplikasi.


1. Membuat Video Slow Motion dengan Smartphone Samsung

Para pengguna HP Samsung dapat membuat atau mengedit video slow motion secara langsung tanpa perantara aplikasi lagi dengan mengikuti langkah-langkah berikut :


a. Membuka Aplikasi Bawaan Kamera

Untuk mulai membuat video, yang diperlukan pertama-tama adalah membuka kamera smartphone dari Samsung. Karena fitur untuk membuat slow motion terdapat pada kamera bawaan bukan pada aplikasi kamera hasil download di playstore.


b. Pilih Menu Lainnya

Pada pojok kiri atas banyak berbagai macam fitur untuk membuat video salah satunya adalah slow motion. Sebelum memilih fitur untuk membuat video slow motion klik opsi video record, sobat kosngosan pilih fitur ‘gerakan super lambat’ pada pojok kiri atas.

Pada tipe Samsung Galaxy Z Fold, ada fitur yang dapat digunakan untuk membuat video lebih baik yakni fitur Flex Mode. Kualitas gambar akan lebih jelas dan tajam bila memanfaatkan fitur tersebut.


c. Lanjutkan dengan Mengaktifkan Gerakan Super Lambat

Karena kita akan membuat video slow motion, maka pilihlah menu ‘gerakan super lambat’. Lalu tekan selama video direkam, perhatikan perubahan warna pada fitur, bila tombol berubah dari warna merah menjadi warna putih itu tandanya sudah aktif.


d. Rekam Video yang Diinginkan

Mulailah merekam video yang kalian mau, secara otomatis fitur-fitur yang diaktifkan tadi akan menghasilkan video dengan gerakan slow motion. Bila ingin membuat video yang diambil lebih stabil, kalian dapat merekam video dengan menggunakan tripod, gorilla pod, atau aksesoris lain.


e. Selesaikan Video Slow Motion

Secara otomatis video yang telah diambil tadi akan telah tersimpan dan menjadi slow motion. Namun jika kalian menginginkan beberapa efek, editan tulisan maupun warna pada video kalian dapat mengedit video langsung dari Smartphone Samsung atau menggunakan aplikasi lain yang telah kalian unduh.


2. Membuat Video Slow Motion dengan Smartphone Vivo

Membuat video slow motion pada smartphone Vivo tidak begitu sulit, sobat kosngosan cukup lakukan langkah seperti dibawah ini.

a. Pada fitur kamera klik video

b. Pada menu bagian bawah pilih lainnya

c. Untuk memulai gerakan slow motion pilih 2 fitur ini; (1) Fotografi selang waktu dan (2) Gerak lambat

d. Bila terasa sudah memilih fitur-fitur yang telah disebutkan diatas, lanjutkan dengan mulai merekam video, langkah selanjutnya kalian dapat mengedit video sesuai dengan kebutuhan.


3. Membuat Video Slow Motion dengan Smartphone Xiaomi

Bila jenis smartphone yang kalian miliki adalah Xiaomi, kalian bisa buat konten sosial media kreatif, maka ikuti cara-cara berikut.

a. Pada menu kamera bawaan Xiaomi pilih video lalu klik menu garis tiga pada pojok kanan atas.

b. Menu tersebut menampilkan berbagai macam fitur-fitur untuk membuat video, diantaranya rekam gerak cepat dan rekam gerak lambat. Karena kita akan membuat video slow motion maka pilihlah opsi gerak lambat.

c. Fitur yang ditawarkan pada Xiaomi dalam pembuatan video ini adalah kita dapat mengatur kecepatan dan interval selang waktunya. Dengan berbagai macam pilihan selang waktu 0.12 detik hingga 60 detik interval.

d. Langkah terakhir hampir sama dengan langkah-langkah sebelumnya, yakni simpan video hasil rekaman lalu sempurnakan dengan editan langsung maupun menggunakan aplikasi edit video.


4. Membuat Video Slow Motion dengan Smartphone Oppo

Masih seputar membuat video slow motion pada berbagai macam android, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat slow motion pada Oppo.

a. Buka kamera bawaan pada smartphone Oppo pilih video, kemudian klik garis tiga pada pojok kiri bawah layar.

b. Pada menu tersebut akan ditampilkan fitur-fitur seperti PANO, EXPERT, TIME-LAPSE dan SLO-MO. Pilih fitur terakhir ‘SLO-MO’, lalu mulai rekam video yang diinginkan dengan memencet tombol shutter dan berhentikan ketika selesai merekam.

c. Bila sobat kosngosan ingin mengatur kualitas video slow motion, buka pengaturan atau settings, kemudian masuk ke menu system apps, pilih camera. Scroll ke bawah lalu akan ditampilkan berbagai macam fitur yakni (Video Resolution, Slow-Motion Video Resolution dan Video Encoding). Pilihlah Slow-Motion Video Resolution.


5. Membuat Video Slow Motion dengan Smartphone Realme

Karena desain Realme dan Oppo hampir mirip, maka untuk langkah-langkah membuat video slow motion pada kedua merek tersebut kurang lebih hampir sama, untuk membuat video yang diperlambat pada smartphone Realme langkahnya ada di bawah ini.

a. Buka menu kamera bawaan, silahkan pilih video

b. Klik ikon garis tiga pada pojok kiri bawah layar video, akan ditampilkan berbagai macam fitur, bila settings HP kalian berbahasa Indonesia maka aka nada tampilan PANO, MODE PAKAR, SELANG WAKTU dan SLO-MO.

c. Pilih SLO-MO dan mulai tekan shutter saat akan merekam video, fokuskan kamera dan mulai rekam. Dengan fitur SLO-MO ini video dapat diperlambat hingga 2 kali kecepatannya.

d. Selesai merekam, dan lakukan finishing video.

Selain pada smarthphone android, membuat video dramatis seperti slow motion juga dapat dilakukan menggunakan HP keluaran Apple atau biasa disebut iPhone.

Namun sayangnya fitur untuk membuat berbagai macam gerakan-gerakan lambat ini hanya bisa dilakukan pada iPhone 5S keatas. Pada iPhone 5S keceoatan merekam video yang diperlambat hingga 120 frame/detik, semakin tinggi tipe iPhone yang kalian miliki maka pilihan slow motion video lebih beragam.

Untuk iPhone 6 akan meenampilkan 2 opsi Slo-Mo yakni 120 fps dan 240 fps. Kecepatan video juga dapat diatur pada pilihan normal, atau diperlambat. Langkah-langkah untuk membuat video SLO-MO pada iPhone dapat sobat kosngosan simak di berbagai sumber


6. Membuat Video Slow Motion dengan iPhone

a. Masuklah kedalam aplikasi kamera bawaan dari iPhone. Kemudian pada layar bawah iPhone akan ditampilkan berbagai macam menu diantaranya TIME-LAPSE, SLO-MO, VIDEO, PHOTO, SQUARE dan PANO.

b. Pilih menu SLO-MO, sebelum merekam tombol shutter akan berwarna bulat putih saat mulai merekam tombol akan menjadi kotak merah, sesaat setelah selesai tombol akan berubah menjadi bulat merah.

c. Bila ingin mengedit hasil video yang telag direkam, klik tombol edit pada pojok kanan bawah, kemudian atur bagian video mana yang akan slow motion dan tidak di slow motion kan dengan mengatur dua garis besar yang terdapat pada video. Bila selesai klik done.

Baca juga : Aplikasi Nonton Film Bareng Jarak Jauh


Bagian Penutup

Salah satu kelebihan yang membuat video slow-motion menjadi menarik dan ingin dibuat banyak orangnya adalah tertangkapnya sejumlah detail dalam gerakan obyek yang tidak bisa ditangkap oleh mata biasa atau saat direkam dengan video berkecepatan normal.

Semoga beberapa tips diatas, bisa bermanfaat buat sobat kosngosan dan jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya, terimakasih banyak

Oleh rezaharahap