Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Ide Konten Kreatif Media Sosial yang Jarang

Apakah kamu ingin menjadi influencer dan content creator di sosial media? Saat ini keberadaan pegiat sosial media seperti selebgram (seleb instagram), tiktok, youtuber, blogger dan sebagainya bisa menjadi pilihan profesi yang menjanjikan dan bisa menghasilkan income ratusan juta per bulannya. Banyaknya konten video, foto dan tulisan saat ini telah membuat kebanyakan orang menjadi ingin membuat akun media sosialnya sendiri. Namun kebanyakan orang juga bingung ingin membuat konten tentang apa di platform mereka

Hal ini karena konten atau ncihe yang konsisten pastinya akan menarik penonton untuk berlangganan seperti di kanal YouTube, tiktok atau instagam yang dibuat. Konten atau kategori yang akan diulas kosngosan kali ini merupakan konten yang jarang ditemukan di Indonesia (walau mungkin ada juga, tapi tidak begitu banyak pesaingnya)

Kenapa konten yang fokus pada satu niche (ceruk pasar) sangat disarankan untuk akun pemula? Buat kamu yang ingin membangun akun sosial media, lebih baik membuat akun yang fokus terhadap satu atau beberapa tema saja, sehingga audiens, viewer dan follower mu bisa terpusat dan punya daya dukung yang lebih baik


Contoh Konten Kreatif Sosial Media

Ide Konten Kreatif Media Sosia

Oleh sebab itu, menghadirkan konten yang kreatif serta beda dari yang lainnya menjadi sangat penting. Kompetisi untuk cara mendapatkan like tiktok misalnya, dengan channel lain sangat besar persaingannya jika kamu pilih topik yang umum.

Pilih salah satu konten dibawah ini, sehingga kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan ( subscriber) dan tayangan (view) akan lebih mudah.


1. Konten Sosial Experiment

Untuk membuat penonton atau subscriber mu lebih dalam, maka Buatlah konten tentang perkenalan dengan masyarakat marginal yang bisa membuat para penonton merasa dekat denganmu.

Video ini adalah lanjutan dan versi lebih panjang dari video channel intro yang sebelumnya titik di dalam video ini, sobat kosngosan bisa bebas bicara dan merangkai konten tentang segala sesuatu hal yang akan kamu buat dalam video-video mu di masa mendatang secara spesifik.


2. Konten Kerajinan atau Crafting

Salah satu konten yang jarang dibuat oleh kebanyakan konten kreator youtube adalah menampilkan sebuah konten dengan tidak perlu menampilkan wajah sendiri Arahkan kamera.

Salah satunya adalah konten kerajinan atau crafting yakni dengan step dan langkah-langkah pembuatan kerajinan tangan maka seorang youtuber tidak perlu menampilkan wajah. satu-satunya bagian yang akan muncul adalah tangan sang content Creator.


3. Mainan Miniatur

Ide konten selanjutnya adalah mainan mungil atau membuat barang-barang yang ada disekitar kita jadi lebih kecil. Konten seperti ini biasanya bisa dibuat dengan konsep yang variatif, jadi memasak, sampai membuat kue dan bermain dengan mainan anak.

Banyak yang menyukai acara ini. Selanjutnya tinggal dikreasikan kembali dengan imajinasi kita akan menjadi sebuah ide yang original kalau buntu, Jangan takut untuk menonton channel YouTube yang serupa untuk mendapatkan hal-hal baru yang dapat menjadi inspirasi dalam membuat konten youtube kamu.


4. Masak dan Gastronomi

Menjadi konten kreator kuliner di Youtube kini merupakan salah satu pekerjaan yang dinilai gampang-gampang susah. Sebab yang lebih dilihat oleh kebanyakan orang adalah hal positif apa yang ditampilkan dalam konten tersebut.

Salah satu konten yang jarang di buat oleh youtuber di Indonesia. kreasikan saja foto langkah-langkah penyajian atau proses memasak yang jarang dilakoni orang, yaitu bidang gastronomi, penasaran apa itu gastronomi? Googling saja ya


5. Review peristiwa viral

Kalau kamu masuk dalam golongan orang yang suka nonton berita, bisa juga dengan memberikan review seputar peristiwa yang sedang viral.

Bisa jadi hal hal receh hingga film terbaru . kamu dapat memberikan pendapat hanya dengan voice over atau suara saja, tanpa menampilkan wajah kepada penonton. Sobat kosngosan bisa mengkreasikan suara kamu dengan berbagai video dan teks untuk memperkaya tampilan video agar tampilan konten kamu semakin menarik.


6. Pembelajaran Alam Sekitar

Pembelajaran atau edukasi memang sebuah kategori konten yang tidak mudah untuk dibuat karena diperlukan waktu dan persiapan yang matang agar materi dalam konten dapat tersampaikan dengan baik , konten pembelajaran ini termasuk kategori edukasi yang sangat jarang dibuat oleh konten kreator di Indonesia .

Kalian bisa mengisinya dengan cara bagian dan isi yang berbeda. jika kalian coba dan dan serius serta konsisten, pastinya akan memiliki banyak pelanggan dan penonton karena konten berkategori edukasi ini memberikan banyak sekali manfaat bagi penontonnya terutama pada dunia pendidikan.


7. DIY/Hack Aneh

Kategori konten ini di Indonesia sendiri memiliki peminat yang sangat banyak namun jarang konten kreator di indonesia yang membuat. konten yang menawarkan kreatifitas atau keterampilan kalian yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari ini bisa memiliki penonton dan pelanggan yang banyak

Apabila kalian membuat isi konten dalam video secara jelas dan baru, maksudnya baru di sini adalah tidak didapat dari saluran YouTube lain. Selain DIY dan juga bisa membuat saluran YouTube hack , Hak disini menyajikan konten proses pembuatan suatu alat seperti palu Thor, pedang topeng Iron Man banyak lainnya.

Jika masih bingung diantara contoh saluran hak Luar Negeri bernama hackmith di YouTube. Untuk Niche DIY, masih lumayan sedikit ditemukan di Indonesia, tetapi untuk kategori saluran YouTube Hacks sangat jarang ditemukan di Indonesia, Sebab kebanyakan berada di luar negeri


8. Challenge Unik

Namun perlu kalian ketahui bahwa walaupun banyak tapi tidak banyak yang konsisten membuat saluran YouTube khusus per kategori ini sehingga konten ini dinilai masuk kategori konten yang jarang di Indonesia , maksudnya disini adalah jarang

Saluran YouTube yang membuat konten ini secara terus-menerus karena biasanya akan diselingi oleh konten lain. Untuk itu Jika kalian ingin berhasil dan menarik banyak penonton dan pelanggan

Maka Buatlah konten ini dengan baik, unik dan konsisten agar keunikan dari keadaan dapat cepat terkenal Sidik bisa saluran YouTube Luar Negeri bernama try not to yang bisa dijadikan referensi dasar.


9. Tutorial Abnormal

Tutorial merupakan konten yang paling banyak dicari, namun perlu kalian perhatikan dalam memilih kategori content ini, karena banyak juga di Indonesia yang membuat konten berkategori tutorial titik untuk itu

Pilihlah jenis video tutorial yang jarang ada di Indonesia, karena itu bisa peluang bagi sobat kosngosan agar cepat dikenal orang dan menarik pelanggan kanal YouTube kalian.


10. Travelling ke Kota Terpencil

Konten ini cocok untuk kamu yang Suka berpergian penggemar travelling, karena kalian bisa menjadikan konten jadi hobi kalian. Namun jangan semata-mata juga dalam membuat videonya karena penonton tidak akan menonton video kalian jika tidak ada sesuatu yang menarik di dalamnya.

Untuk itu ketika kamu membuat video travelling ada informasi yang dapat diambil oleh penonton seperti, persiapan kalian, biaya, transportasi, keunikan tempat yang kalian kunjungi, dan lain sebagainya.


11. Survival

Hampir sama seperti travelling, namun kategori Survival isinya lebih menceritakan Bagaimana kalian bisa bertahan hidup di suatu wilayah liar.

Maksud wilayah liar disini adalah hutan, Pulau terpencil, dan lain sebagainya untuk referensi dasar kalian bisa melihat konten survival pada saluran youtube lainnya. Konten ini masuk kategori konten yang jarang ditemui pada saluuran youtue Indonesa.


12. Wawancara dengan Expert

Ide konten YouTube lain yang jarang ditemui di Indonesia yanki wawancara dengan expert, konten ini bisa Kamu coba adalah sesi wawancara dan expert. pastikan memilih expert yang relevan dengan bisnis Kamu agar bisa mendatangkan banyak viewers.

Hal demikian dilakukan karena Pertama, seorang expert dapat membantu meyakinkan audience bawa Kamu berpengalaman di bidang bisnis kamu. Kedua , sesi dengan Expert sering menjadi ajeng berkonsultasi langsung atau mendapatkan tips dari para mereka.

Misalnya Raja konten yang dibuat oleh aplikasi bimbingan belajar online Indonesia, ruangguru. konten bertajuk selfie TPS utbk SBMPTN ini membahas cara menjawab soal-soal ujian masuk Universitas. konten ini dibuat secara Live sehingga audiens bisa langsung berinteraksi melalui chat YouTube dengan para expert. Dengan ide konten YouTube ini, Kamu tak hanya dapat meningkatkan brand awareness saja, tapi juga meningkatkan engagement dengan audiens.


13. Sharing Tips

Content sharing tips dan pengetahuan ini mirip dengan ide konten YouTube sebelumnya bedanya, Di content ini bisnis kamu lah bicara sebagai expert . Di konten inilah Kamu bertempatan menampilkan keunggulan keunggulan dari produk kamu


14. Meet the staff

Dibalik kesuksesan bisnis, kasih ada tangan-tangan hebat dari para Tim member. cobalah sobat kosngosa untuk memperkenalkan salah satu tim bisnis mu itu.

Ajak audiensi mengenal lebih dekat dengan bisnis Kamu melalui pengalaman yang dibagikan karyawan atau orang-orang terdekat yang berpengaruh terhadap bisnis kamu. Dari sini, kamu juga bisa membagikan kisah Bagaimana proses pengerjaan produk, hingga value perusahaan kamu


15. Chanel Intro

Chanel intro merupakan video yang di tampilkan di awal permulaan dari seuah konten. Intro merupakan bahasa inggris yang berarti pengenalan. Jadi isi dari intro biasanya merupakan awalan berupa pengenalan dari sebuah brand atau suatu awalan yang menjadi ciri khas dari sebuah konten.

Banyak yang menganggap video intro tidak begitu penting untuk dibuat menjadi sebuah konten dalam channel YouTube pribadi. sebenarnya video ini sangat berguna untuk memperkenalkan secara singkat tentang channel yang akan kamu bangun nantinya. kamu bisa mendapatkannya di bagian home akun YouTube buatanmu.

Selain itu ada beberapa ide konten kreatif lainnya yang bisa kamu tekuni di media sosial, yaitu diantaranya :

16. Niche Primitive Tecnology

17. Niche Cabang Olahraga non Populer

18. Niche tentang Hack dan Crack

19. Niche tentang Peluang Usaha Sekitar

20. Niche Reaksi Video Viral

Baca juga : Contoh Konten TikTok bikin Viral


Kata Penutup

Jadi pada akhirnya semua kembali lagi kepada target audiens sobat kosngosan sekalian. Siapa yang kamu sasar untuk konten di sosial media mu? Jam berapa kebanyakan audiens mu mengakses tiktok, instagram atau youtube mereka?

Belajar lah hal hal baru, dan jangan menyerah untuk mencoba hal kreatif lainnya. Demikian pembahasan kali ini, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian masing masing ya

Oleh rezaharahap