Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Konten Youtube Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia

Kamu tertarik untuk menjadi youtuber? Sering bingung menentukan konten untuk channel youtube. Apalagi saat ini sudah banyak yang menyajikan berbagai niche dan topik. Sepertinya sudah tidak ada celah lagi untuk memulai dari awal. Tapi jangan takut, kali ini kosngosan akan memberikan beberapa ide konten yang mungkin belum terlintas di benakmu.

Kalau pun terlintas, pasti kamu jarang mendapatinya di Indonesia. Karena beberapa konten nya hanya ada di luar negeri. Walaupun demikian, kamu tetap bisa mengkolaborasikan konten ini ke dalam nilai nilai lokal, sehingga tetap diminati oleh penonton dalam negeri.

Seperti yang kita ketahui, konten youtube memang ada banyak. Apalagi saat ini youtube sudah menjadi tontonan kedua terbesar setelah televisi. Media milik google ini sudah banyak diisi oleh para content creator dari berbagai latar belakang. Mulai dari bidang teknologi, fashion, makanan, kesehatan, bisnis, dan sebagainya.


Konten youtube luar negeri yang Belum ada di Indonesia

ide konten youtube


Baiklah langsung saja to the point, kalau sobat kosngosan ingin memulai menjadi youtuber dari konten yang unik dan jarang ditemui di Indonesia, bisa mencoba beberapa diantara yang ada dibawah ini :


Konten Restorasi Benda atau Bangunan

Di banyak konten luar negeri yang kami ikuti, ada yang memang khusus memberikan konten seperti restorasi atau proses perbaikan dari yang awalnya rusak atau tidak terpakai lagi, menjadi baru. Benda itu bisa apa saja yang dipakai oleh kita sehari hari, seperti HP, bangunan, kendaraan, alat elektronik dan sebagainya.

Restorasi ini haruslah mengandalkan keahalian. Misalnya kamu yang jago servis HP, bisa membuat konten restorasi iphone jadul. atau mengubah mac mu menjadi PC all in one yang keren dan terlihat baru


Konten Bangunan Mini

Kalau kamu ingin membuat konten yang tidak jauh dari teknik sipil, arsitektur dan kuli bangunan, tapi tidak mau cape cape take video di luar rumah dengan resiko panas panas, maka kamu bisa membuat konten proses pembangunan rumah, gedung atau jembatan dengan ukuran yang mini. Tapi walaupun mini kamu tetap harus memperhatikan konteks arsitekturnya.


Konten Project DIY

Banyak sekali channel luar negeri yang berisi konten project yang dilakukan sendiri. Misalnya dia dan pasangannya baru saja pindah ke daerah hutan, dan mereka mulai membangun daerah tersebut menjadi rumah yang layak huni.

Mulai dari proses membangun rumah, membuat sumur, memasang instalasi air, memasang panel surya dan sebagainya. Mereka membuat video part yang saling terhubung dan di upload secara berkala, misalnya sekali seminggu.


Konten Pembuatan Mainan Mobil dari Kayu

Konten ini terinspirasi dari channel youtube Woodworking Art, dimana dia sangat jago untuk mengubah dan menyulap bongkahan kayu menjadi miniatur mobil yang sangat keren.

Kamu bisa menonton channel seperti itu secara berulang ulang dan tentu saja saya sangat terpesona dengan keahliannya. Memang kamu harus punya skill memahat terlebih dahulu sebelum membuat channel seperti ini.


Konten Ukiran Kayu Tokoh Terkenal

Kalau tadi ada konten pembuatan mobil dari kayu, kali ini bongkahan kayu juga bisa kamu buat menjadi tokoh tokoh anime atau super hero.

Konten seperti ini terinspirasi dari channel youtube Woodart Vietnam. Dimana dia selalu menanggapi permintan dari para subsriber nya untuk memahat tokoh tokoh favorit mereka.


Konten Natural Life dengan Sinematografi Keren

Kamu pasti kenal dengan channel youtube seperti Liziqi dan Dianxi Xiaoge bukan? Keduanya adalah youtuber dari china yang membuat konten kehidupan pedesaan dan Sinematografi Keren.

Di indonesia memang ada konten seperti ini, tapi dirasa masih kurang untuk teknik sinematografinya. Jadi kamu bisa membuat tim yang solid terlebih dahulu, kameramen dan editor yang benar benar punya skill untuk membuat konten video yang enak untuk ditonton. Kamu bisa buat lamaran kerja lewat tiktok disini untuk membuka lowongan kerja


Konten Ilusi Visual yang Smooth

Kamu suka sulap? Ingin menggabungkan konsep sulap dan editing video? kamu bisa menuangkan setiap ide konten video mu dengan membuat channel youtube yang menampilkan ilusi visual.

Pelopor dari konten video ini adalah Zach King. Kanal youtube ini banyak menyajikan video dengan atraksi yang ajaib dengan menggabungkan efek visual dan juga teknologi. Sobat kosngosan bisa mencoba belajar editing video seperti ini


Konten Menginjak atau Menekan Benda Pakai Ban Mobil atau Hidrolyc Press

Kalau kamu butuh konten yang tidak banyak narasi dan tidak perlu menampilkan muka, maka ini bisa dicoba.

Video seperti ini ditonton oleh orang luar dan bahkan untuk orang dewasa bisa sangat menyukainya, karena ada rasa satisfying tersendiri, begitu melihat suatu benda yang diinjak pakai ban mobil atau mungkin karet yang ditekan pakai hidrolic press. Bahkan ada yang sempat masuk trending youtube lho.


Konten Save Animal (Penyelamatan Hewan)

Sebenarnya ada juga channel di Indonesia yang menayangkan misi penyelamatan hewan. Tapi kontennya banyak yang tidak menarik dan juga penyelematannya terkesan sederhana.

Kamu bisa melihat channel youtube Kitter club, ada banyak video untuk menyelapamatkan hewan seperti misalnya kucing, anjing dan hewan peliharaan lainnya. Misinya banyak seperti menyelamatkan hewan yang terjebak di selokan, proses penyelamatan hewannya dan dibawa ke dokter hewan untuk mengecek kondisi nya.


Konten Teknologi Primitif

Video Primitive technology menjadi salah satu konten yang banyak penggemarnya dan sering sekali muncul di youtube trending. Kamu bisa memilih niche channel ini, karena jarang sekali yang menekuninya di indonesia.

Bentuk tim dan buatlah channel yang paling potensial untuk digali, karena cukup prospektif untuk dicoba introvert seperti kalian. Videonya biasanya berisi tutorial bertahan hidup, membangun rumah, kolam dengan modal tanah liat dan semen alami, tanpa adanya dialog atau narasi dalam video.


Konten Review Film Aneh

Konten untuk review film biasa emang sudah banyak. Tapi kamu bisa coba untuk mengulas film2 aneh yang jarang diketahui orang. ini juga bisa jadi solusi buat kamu yang tidak ingin menampilkan wajah. Karena hanya berisi suara kamu yang menceritakan kembali film yang sudah kamu tonton.

Banyak yng belum tahu film A misalnya, jadi kamu rekomendasikan dan tentunya penontonmu akan lebih memilih mengikuti dulu konten review filmnya.

Nah penting sekali untuk mengambil sumber video yang bebas hak cipta, kalau pun mengambil dari film, maka usahakan tidak lebih dari tiga detik ya durasinya. Untuk review film yang mainstrem, kamu bisa lihat seperti nontonlagi channel, IQ7, Bang Juned atau masih banyak lagi.


Konten Origami

Untuk konten selanjutnya yang jarang ada di Indonesia, adalah konten origami. Kalau kamu tidak bisa membuatnya, jangan khawatir. Meskipun kamu tidak bisa, kamu bisa mengikuti berbagai video yang sudah ada di youtube

Ini sangat seru, kamu bisa membuat origami sesuai dengan permintaan penonton mu nantinya. Setelah itu buat videonya versi kamu lalu upload deh ke youtube.

Untuk konten origami ini kami menyarankan sobat kosngosan untuk menarik views dari luar negeri juga. kamu bisa menambahkan CC atau subtitle bahasa asing ke videomu. Untuk Peminat konten origami pun sangat banyak tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga dari luar negeri.


Konten Komparasi AntiMainstream

Apa yang dimaksud dengan konten komparasi itu? Jadi konten komparasi itu singkatnya adalah konten perbandingan, nanti kamu membuat video yang menampilkan data dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Seperti pengguna HP pintar dari tahun 2000 hingga 2022, mobil dengan pemakai terbanyak dari tahun 2010 hingga tahun 2022, dan banyak lagi. Kamu bisa dapat data perbandingan seperti itu dari website2 yang menyediakan data yang dibutuhkan. Tinggal googling saja.


Konten Menggambar

Buat kamu yang mempunyai hobi menggambar dan melukis, jangan sia-siakan skill mu begitu saja. Kamu bisa memanfaatkan hobimu itu dengan merekam nya dan membuat video proses gambar.

Untuk lebih menarik penonton, kamu bisa minta request untuk menggampar apa saja yang mereka inginkan. Buat juga berbagai variasi, seperti menggambar pakai pasir, arang, crayoon bekas, dan alat alat gambar lainnya yang tidak biasa.


Konten Hasil Pemikiran Sendiri

Video YouTube dari luar negeri masih banyak yang belum diaplikasi di Indonesia. Kamu bisa memikirkan apa saja konten yang berasal dari imajinasi mu sendiri. Kanal youtube yang akan kamu bangun tidak akan pernah ada yang sama dan menjadi ciri khas yang kamu punya. Kamu bisa memikirkan apa hobi dan minatmu.

Atau kamu melihat konten dari luar negeri, yang diterapkan denangan nilai nilai kearifan lokal di Indonesia, dan kamu bisa mengemasnya dengan cara yang berbeda. Seperti misalnya kamu seorang ahli pijit, namun kamu tidak memijat manusia, melainkan memijat hewan atau makhluk hidup lainnya.

Konten youtube lain yang mungkin belum ada di Indonesia (ada tapi sedikit), diantaranya sebagai berikut :

  • Dunia Hack (berisi tips hack dan crack)
  • Channel 360 Virtual Reality
  • Video Marble Machine
  • 3D Simulator (truck, airplane, ship, dll)

Baca juga : Contoh desain ruangan Podcast Youtuber


Infografis Youtuber

infografis youtube

Kata Penutup

Bagimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba konten konten dari kosngosan diatas? Selama kamu bersungguh-sungguh dengan yang kamu kerjakan, maka kamu akan nmenjadi youtuber besar kok.

Jadi kuncinya adalah kamu harus Bersabar. Kalau niche dan konten mu tepat, maka akan banyak orang yang mengenal kanal youtube mu dengan mudahnya. Ayo, segera buat konten mu sendiri dan raihlah mimpi itu secepatnya

Oleh rezaharahap