Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat TikTok

Bagaimana cara melamar kerja (apply job) melalui tiktok? Selain menjadi media hiburan, media sosial tiktok juga sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk mengirim lamaran pekerjaan. Kemajuan teknologi semakin memudahkan para pengguna untuk mencapai targetnya termasuk dalam hal pengembangan dan kreatifitas diri. Sebuah platform global yang sedang ramai digunakan sebagai media sosial dengan berbagai macam konten seperti tips and trick, life hack, fashion, cosmetics hingga entertaintment.

Lewat platform ini, sobat kosngosan dapat mengekspresikan diri dengan cara yang tidak monoton dan bebas berkarya. Terlepas dari kontroversi sebelum-sebelumnya, TikTok sebenarnya punya banyak sisi positif dan hal-hal baik yang dapat meng-influence warga sosial media.

Daya tarik inilah yang membuat beberapa perusahaan besar mencoba untuk berinovasi dalam hal recruitment karyawan. Shopify, Contra, WWE, NASCAR, Alo Yoga, Chipotle, Sweetgreen, Great Chips hingga Detroit Pistons adalah contoh perusahaan-perusahaan yang telah mencoba bergabung dengan platform ini untuk mengembangkan strategi langkah marketing mereka untuk uji coba perekrutan karyawan baru


Cara Melamar Kerja Lewat TikTok

cara melamar kerja tiktok

Bila kalian bosan dengan langkah melamar kerja secara konvensional, maka kalian bisa mencari kerja lewat Telegram dan juga TikTok yang patut dicoba. Terlebih sudah banyak video inspiratif dan edukatif yang beredar di platform ini

Jadi kalian juga dapat menjadi bagian dari #TikTokResumes atau #CareerTok tersebut. Simak ulasan beberapa langkah untuk mengirim lamaran kerja lewat TikTok pada artikel dibawah ini.


Download Aplikasi TikTok

Seperti kebanyakan pengenalan platform-platform yang beredar di dunia maya tentunya sobat kosngosan akan diarahkan untuk mendownload aplikasi TikTok melalui google Playstore atau Appstore.

Caranya standart saja seperti mendownload pada aplikasi lainya, yakni pertama-tama kalian harus menuliskan keyword pada kolom yang disediakan ketik ‘TikTok’ maka akan muncul pada pencarian pertama aplikasi tersebut dengan logo nada lagu dengan rating yang cukup tinggi.

Ada juga opsi aplikasi lain seperti TikTok Lite yang diperuntukan bagi pengguna dengan kapasitas memori handphone yang tidak memadai. Bebas saja ingin download aplikasi yang mana, namun disarankan untuk mendownload aplikasi pertama karena tentu saja fitur yang diberikan lebih lengkap.

Setelah itu barulah kalian mendaftar dan membuat akun, ketuk profil di kanan bawah kemudian pilih metode untuk mendaftar (bisa menggunakan email atau nomor handphone)


Cari Informasi Perusahaan Target yang Membuka Loker Lewat Tiktok

Seperti yang telah dijelaskan diatas, banyak perusahaan besar yang telah bergabung untuk membuat langkah baru dalam pencarian pegawai lewat platform TikTok.

Kemudahan pengguna dalam mencari sesuatu dengan fitur hastag memberikan kesempatan bagi TikTok untuk menyediaan layanan pekerjaan.

Mencari informasi perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja ini bisa kamu perolah dari berbagai sumber informasi, seperti dari website loker, akun ig, website official dan juga dari insider (orang dalam) dari perusahaan.


Lewat Platform Pihak Ketiga

Lewat situs tiktokresumes.compara kaum ‘PPK’ atau Para Pencari Kerja dapat mengakses lowongan pekerjaan yang mereka cari. Saat menjelajah situs, hal pertama yang ditampilkan adalah opsi-opsi yang berhubungan dengan pengembangan career dan pencarian job.

Kalian akan disambut dengan beberapa quotes seperti “find your dream job with TikTok resumes” kemudian ditampilkan kotak instruksi langkah-langkah untuk melamar kerja lewat aplikasi. Pada pojok kanan atas juga disediakan beberapa fitur yang dapat memudahkan job seeker seperti: brands (perusahaan yang dituju), jobs (jenis perusahan yang ditawarkan) hingga faqs (tanya jawab).

Beberapa perusahaan akan memberikan kuisoner untuk menguji kelayakan calon pegawai. Setelah kalian yakin dengan pekerjaan yang kalian pilih maka penuhi persyaratan resume yang diinginkan oleh perusahaan.

Sayangnya fitur #TikTokResumes dan #CareerTok masih dalam tahap uji coba dan penggunaanya masih terbatas di negara bagian US saja, maka belum ada aktifitas peresmian fitur ini dalam skala global.

Akses untuk situs tiktokresumes.com juga terbatas. Tapi jangan panik… bila uji coba fitur dirasa sukses, maka akan ada kemungkinan platform untuk menyebar luaskan fitur pada skala masif.


Cari Official Account Tiktok milik Perusahaan Target-mu

Opsi lain yang dapat kalian lakukan adalah dengan mencari info lowongan lewat official account perusahaan yang dituju dan meng-tag account tersebut atau mengirimkan direct massage pada akun TikTok yang dituju.

Untuk melakukan direct message, penting untuk mengetahui bahwa satu-satunya cara untuk DM dengan seseorang adalah jika sobat ksongosan berdua saling mengikuti. Tidak masalah jika profil mu disetel ke publik atau pribadi.


Melamar Kerja Lewat Video TikTok

Cara lain yang anti-mainstream yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat video khusus yang bertujuan untuk memperkenalkan dirimu, kemudian upload, tag pakai hashtag lamaran kerja dan mention akun tiktok perusahaan target mu (supaya ada kemungkinan mereka bisa menonton videomu)

Selain itu, kamu juga bisa melakukan stitch atau duet video. Misalnya suatu waktu kamu dapat video informasi pembukaan loker dari akun tiktok perusahaan kosngosan, kamu lakukan stitch video dan buat video perkenalan dirimu, deskripsikan latar belakang dan keahlian mu sesuai dengan apa yang tertera di CV.


Membuat Video Resume yang Menarik

Video-video yang beredar di aplikasi TikTok terkenal menarik dan unik, namun kira-kira untuk resume atau CV yang di-videokan hal-hal apa saja yang sebaiknya perlu diperhatikan ?


a) Memilih background terbaik

Background yang estetik akan memberikan energi tersendiri bagi sang pembicara. Contohnya bila kalian ingin melamar menjadi desainer pakaian suatu perusahaan

Sebaiknya tampilkan beberapa karya yang telah kalian ciptakan pada stand hanger atau balutkan pada manekin. Buatlah background serapi mungkin yang dapat menunjukan siapa kalian sebenarnya.


b) Berikan penerangan maksimal

Penerangan yang baik akan membuat visual video yang kalian ciptakan semakin menarik. Posisikan handphone atau kamera yang kalian gunakan kepada arah datangnya cahaya.

Bila perlu buka semua jendela agar sinar matahari dapat masuk dengan optimal, dan tambahkan beberapa cahaya dari ring light.


c) Gunakan pakaian yang sesuai

Karena resume ini sifatnya formal, maka sebaiknya gunakan pakaian yang sopan dengan dandanan minimalis agar lebih meyakinkan perusahaan.

Akan tetapi, bagi sebagian perusahaan yang sedang mencari tenaga kreatif kalian boleh menggunakan pakaian casual misalnya jaket denim atau kaos polos, tentu saja tidak berlebihan dan tetap kekinian.


d) Konsistensi video

Atur video dengan posisi vertikal, usahakan untuk tidak merubah-rubah posisi handphone, maka kalian perlu meletakan handphone pada tripod.


e) Telusuri deskripsi pekerjaan

Sebelum membuat video resume, sebaiknya pelajari dengan benar pekerjaan apa yang akan kalian lamar sebaiknya pelajari bidang tersebut sehingga saat presentasi kalian dapat lancar menjelaskan apa yang ingin kalian capai.


f) Memahami keterampilan

Penting bagi para pelamar untuk menjabarkan keterampilan, pengalaman kerja hingga prestasi yang pernah diraih. Tetapi sebaiknya deskripsikan hal-hal tersebut pada bagian garis besar saja dan jangan bertele-tele.


g) Intonasi jelas dan ekspresi muka sesuai

Mimik muka yang sesuai dan intonasi suara yang pas akan menambah kesan positif bagi perusahaan, apa yang sedang kalian jabarkan memang harus meyakinkan dan sesuai dengan kriteria yang dicari perusahaan.


h) Hindari penggunaan data pribadi

Video yang akan diupload di TikTok ini nantinya akan tersebar di media sosial, sehingga alangkah baiknya untuk tidak mencantumkan data diri seperti email, no. HP, no. identitas hingga alamat rumah. Kebijakan ini ditujukan untuk melindungi privasi pelamar dan untuk menghindari segala jenis kejahatan yang mungkin terjadi.


i) Gunakan berbagai macam efek

TikTok telah menyediakan berbagai macam efek seperti stiker, green screen maupun efek-efek unik lainya. Maksimalkan fitur-fitur tersebut agar sobat kosngosan dapat menjelaskan secara gamblang tentang profil dan keahlian diri.


j) Hindari ekspektasi gaji

Seperti wawancara kerja pada umumnya, baiknya hindari tentang penyebutan nominal upah yang kalian harapkan karena perusahaan akan menilai dari kualitas diri pegawai. Jangan membuat standart sendiri karena setiap perusahaan memiliki standartnya masing-masing.


k) Percaya diri, dan ringkas

Sampaikan semua hal yang perlu disampaikan dalam video resume dengan penuh percaya diri dan ringkas. Karena biasanya video TikTok dibatasi pada waktu 3 menit, maka maksimalkan waktu tersebut untuk membuat video semenarik mungkin


Infografis Contoh Lamaran Kerja Online

contoh lamaran kerja online


Bagian Akhir

Bermain tiktok tidak hanya sekedar goyang goyang dan punya pengikut. Tetapi juga bisa digunakan untuk melamar kerja lho.

Sobat kosngosan dapat seketika menjadi viral sekalipun hanya mempunyai sedikit followers, begitulah algoritma tiktok. Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk klik tombol share.

Oleh rezaharahap