Cara mengamankan file didalam google drive

Cara mengamankan file didalam google drive

mengamankan file di dalam google drive

Google Drive merupakan salah satu media penyimpanan cloud atau awan milik Google yang banyak dipakai oleh pengguna internet saat ini. untuk kapasitas nya juga lumayan besar yaitu sekitar 5 GigaByte untuk pengguna biasa. kali ini kita akan membahas Bagaimana cara untuk mengamankan file yang sudah diunggah di akun Google Drive milik kita.

Seperti pada media penyimpanan awan lainnya, Google Drive juga dapat menyimpan beberapa file dalam berbagai ekstensi yang berbeda, seperti file dalam bentuk dokumen, pdf, presentasi, Winrar, video gambar dan sebagainya.

Walaupun file yang sudah diunggah tersebut sebenarnya sudah cukup aman, apabila kita tidak memberikan password atau sandi akun Google kita kepada orang lain. akan tetapi file yang disimpan secara online ini tetap harus dilindungi agar tidak diambil oleh orang lain.

Google drive didirikan pada tanggal 24 April 2012. Merupakan layanan penyimpanan dara dan sinkronisasi file dari Google. Apa yang menjadikan produk penyimpanan cloud milik google ini begitu diminati?

Secara garis besar beberapa kelebihan nya antara lain Media penyimpanan cukup besar yaitu sekitar 5 GB untuk free member, ada Preview isi file, mampu Integrasi Google Office Webapp (Office versi Google), ada History document-nya, kamu juga bisa Integrasi dengan Aplikasi pihak ketiga, bisa Sinkronisasi antar Device dan juga kamu bisa Berbagi file dan menempelkan file ke website.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara mengamankan file di google drive, sebenarnya ada banyak opsi yang bisa dipakai. Mulai dari membuat password pada file sebelum di unggah, mengunci google drive lewat android, atau mengaktifkan sistem keamanan dua langkah.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Tentunya cara membuat password di google drive ini sudah kamu ketahui. Bila kamu belum mengetahuinya, begini alur sederhananya. File yang akan kamu unggah, disatukan dalam satu folder kemudian diconvert atau diubah ke dalam file winrar atau winzip kemudian diberikan password atau sandi.

Setelah itu kamu unggah di google drive milikmu. Namun cara ini juga dinilai kurang efektif dan sedikit merepotkan. Karena apabila kita hanya ingin mengambil satu file saja dari dalam folder, otomatis kita harus mendownload file zip atau rar nya secara keseluruhan.


Cara menggunakan layanan google drive dengan cepat



Sebelum mengetahui cara mengamankan file di google drive, ada baiknya kamu juga mengetahui cara menggunakan layanan ini secara cepat. Beberapa langkah diantaranya :


  • Membubukalah Google Chrome atau browser lain dari perangkat dekstopmu. Ketik google.com/drive atau drive.google.com Maka pada baris paling atas akan muncul halaman Google Drive.
  • Selanjutnya masukan email address dan password dari akun google milikmu. Jika kamu belum mempunyai akun Google maka lakukan pendaftaran terlebih dahulu.
  • Kemudian kamu akan masuk kedalam tampilan awal dari Google Drive, lalu untuk mengupload document atau file baru kamu dapat mengklik opsi yang ada pada bagian atas kiri.
  • Pilih jenis file yang akan kamu unggah. Google Drive menyediakan berbagai jenis file diantaranya sesuai kebutuhanmu. Tunggu sampai proses unggahan selesai.


Selain mengunduh kamu juga bisa membuat file langsung dari drive yang sudah disediakan oleh pihak google.


Cara mengamankan file didalam google drive



verifikasi 2 langkah

Berikut adalah cara mengamankan file yang sudah di unggah di dalam google drive dengan memanfaatkan dan mengaktifkan sistem verifikasi 2 langkah yang sudah diberikan oleh pihak google yaitu :

Langkah 1 :

Buka browser milikmu dan ketikkan alamat myaccount.google.com dan seperti biasa, masukkan email dan password google milikmu.

Langkah 2 :

Setelah masuk, untuk lebih cepatnya, masuk ke tautan verifikasi 2 langkah berikut. Pilih mulai.

Langkah 3:

Setelah selesai, kamu akan dibawa ke laman setelan Verifikasi 2 Langkah. Tinjau setelan dan tambahkan nomor telepon cadangan yang kamu punya. Setelah masuk, kamu akan menerima SMS yang berisi kode verifikasi. Kamu juga memiliki opsi untuk menggunakan kunci keamanan untuk verifikasi 2 Langkah.

Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah lewat perangkat Android


Selain dari dekstop, kamu juga bisa mengaktifkan fitur ini lewat perangkat smartphone berbasis android milikmu. Adapun langkah langkahnya antara lain sebagai berikut :


  1. Dari smatphone Android milikmu, buka aplikasi Setelan perangkat Settings app lalu Google lalu Akun Google. Kemudian pada bagian atas, tap Keamanan.
  2. Pada bagian "Login ke Google", pilih Verifikasi 2 Langkah kemudian pilih ;agi "Mulai" Dan ikuti langkah-langkah di layar untuk selanjutnya.

Bagaimana cara kerja fitur verifikasi 2 langkah ini?


Bila kamu masih bingung bagaimana mekanisme fitur ini, verifikasi 2 langkah maksudnya meningkatkan lapisan keamanan dengan meminta pengguna untuk memberikan dua bentuk identifikasi sebelum dapat mengakses akun google milikmu.

Kesimpulannya selain alamat email dan password, kamu juga butuh kode unik yang akan dikirimkan ke nomor telepon atau perangkat fisik lainnya, yang kemudian masuk pada tahap kedua dari proses login. Karena identifikasi kedua dikirim ke perangkat yang secara fisik ada pada mu, maka ini bisa mempersulit hacker untuk menjebol akun google milikmu.

Baca juga : Cara ByPass Internet Positif Ketika Buka Situs yang Diblokir

Demikianlah pembahasan mengenai Cara mengamankan file didalam google drive kali ini, semoga bisa membantu kamu dalam mengamankan file yang akan kamu unggah nantinya di akun drive mu. Silahkan bagikan tulisan ini kepada teman2 mu yang lainnnya. Terimaksih telah berkunjung.

Buka Komentar