Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Scan Lamaran Kerja Lewat HP

Bagaimana cara men-scan dokumen lamaran kerja menggunakan smartphone? Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, menyiapkan berkas seperti Ijazah, CV, dan transkrip nilai dan sebagianya merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu. Terlebih ada banyak tahapan rekrutmen oleh perusahaan yang harus kamu ikuti

Apabiila dikirim langsung melalui kantor pos, kamu bisa memperbanyak dokumen persyaratan dengan memfoto kopinya. akan tetapi bila dikirim secara online satu-satunya cara adalah dengan melakukan scan dokumen. dan kali ini kita akan membahas Bagaimana cara scan dokumen lamaran kerja melalui HP. simak pembahasannya di bawah ini.

Setelah tamat sekolah atau kuliah, hal pertama yang diidamkan oleh lulusan seperti kamu tentunya adalah mendapatkan pekerjaan secepat mungkin. akan tetapi banyaknya lulusan setiap tahun tidak berbanding lurus dengan terbukanya peluang kerja. hal ini membuat tingkat persaingan pencarian kerja semakin tinggi.

Kamu dituntut untuk lebih mampu meningkatkan kemampuan dan kreatif dalam membuat lamaran pekerjaan sehingga bisa menarik perhatian para HRD perusahaan. tidak hanya itu, mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill dan kemampuan adalah yang utama.

Perkembangan zaman dan tingginya perkembangan teknologi informasi menjadikan perusahaan lebih memilih cara rekrutmen secara online agar lebih  efektif dan efisien dalam proses penerimaan karyawan baru.

Trend pengiriman surat lamaran melalui email atau online tentunya sangat menguntungkan para pencari kerja, karena hal ini Kamu tidak akan menghabiskan duit untuk menduplikasi berkas atau mencetak surat lamaran lagi.

Untuk pengiriman surat lamaran secara online biasanya cukup diketik dan disimpan dalam dokumen PDF. sementara dokumen pendukung lainnya seperti ijazah, KTP dan surat lainnya harus di scan terlebih dahulu

Baca : Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu


Scan Lamaran Lewat HP


cara scan lamaran hp

Scan menggunakan mesin scan tentunya menghasilkan gambar yang lebih tajam dan tinggi resolusinya. namun tidak semua dari kita memiliki mesin scan. Oleh karena itu jangan khawatir kamu bisa menggunakan HP Android untuk menscan dokumen lamaran tersebut. Bagaimana caranya berikut adalah panduannya :


Langkah 1 :

Download terlebih dahulu aplikasi scan photo to pdf di google play atau apple store. Ada banyak aplikasi gratis yang tersedia. Kamu cukup ketik saja di pencarian dengan keyword "scan".

scan berkas lamaran

Langkah 2 :

Setelah aplikasi tersebut terinstall, buka kemudian izinkan aplikasi tersebut untuk mengakses camera hp. Setelah itu ambillah berkas yang dibutuhkan untuk segera di foto menggunakan kamera hp mu.

Langah 3 :

Tips ini harus kamu lakukan, cari tempat yang punya pencahayaan terang dengan memfoto dokumen di luar ruangan pada saat siang hari, agar teks dan gambar yang ada di dalam dokumen terlihat jelas dan tidak blur.

Langkah 4 : 

Convert file gambar tersebut menjadi pdf. selesai. Pada tahap ini kamu sudah bisa segera mengirimkan dokumen tersebut untuk perlengkapan administrasi lamaran kerja mu.


Scan Berkas Lamaran Pakai Google Drive


Selain memakai aplikasi scan pihak ketiga, ternyata google secara default juga sudah menanamkan fitur scan pada aplikasi bawaan android bernama google drive. Kamu yang memiliki hp android pastinya memiliki aplikasi ini secara default.

Adapun cara scan dokumen memakai google drive adalah sebagai berikut :

Pertama

Update google drive milikmu. Pastikan bahwa aplikasi GD milikmu adalah versi terbaru yang diberikan oleh google.

Kedua

Buka aplikasi google drive tersebut. Masuk menggunakan akun gmail milikmu. Setelah masuk kemudian pilih opsi tombol add yang ada pada bawah kanan.

Ketiga

Pilih "scan" dan izinkan aplikasi google drive mengakses kamera hp mu.

scan lamaran


Keempat

Setelah itu foto dokumen persyaratan lamaran kerja. Selesai, klik ceklis. Maka foto tersebut akan di convert menjadi file pdf.

Dokumen tersebut akan disimpan secara otomatis ke media penyimpanan google drive milikmu secara online. Oleh karena itu pastikan jaringan internetmu lancar tanpa gangguan.


Tips Mengirim Lamaran Kerja Online


Ketika kamu mengirim surat lamaran secara online baik menggunakan media email atau pun yang lainnya, maka usahakan untuk mengikuti beberapa tips yang kosngosan berikan dibawah ini :


  1. Periksa kembali ukuran file hasil scanning yang sudah kamu dapatkan, jika berukuran diatas 1 MB, maka kamu perlu untuk meng-compress atau mengecilkan ukurannya. Cek postingan kosngosan sebelumnya tentang bagaimana cara mengecilkan ukuran dokumen
  2. Ubah ekstensi file ke dalam jenis tipe dokumen yang umum, misalnya untuk gambar, yaitu pas photo, kamu harus menyimpan dalam ekstensi JPEG atau JPG
  3. Untuk ekstensi dokumen seperti transkrip nilai, cv, ijazah, SKCK, SIM dan sebagainya simpan dalam bentuk PDF
  4. Kasih nama file sesuai dengan isinya, jangan membuat nama file yang aneh dan tidak memiliki arti jelas. Hal ini untuk memudahkan pihak rekrutmen dalam mengelompokkan berkas pelamar


Baca juga : Cara Mengirim Surat Lamaran Lewat Jasa Ekspedisi


Kata Penutup


Mengirim surat lamaran memang menjadi kegiatan rutin bagi mereka yang sedang menganggur. Dengan berbagai persyaratan saat ini, kamu harus menyertakan file hasil scan dari berbagai berkas atau dokumen yang diminta oleh pihak perusahaan. Dan panduan diatas semoga bisa bermanfaat untuk kalian ya.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara scan dokumen lamaran kerja melalui HP Android. Semoga lekas mendapatkan pekerjaan secepat mungkin. silahkan bagi tulisan ini ke teman-temanmu yang lain yang sedang mencari pekerjaan. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.
Oleh harahap reza