Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Universitas Negeri dan Swasta terbaik di Riau

Setelah mengenyam pendidikan di sekolah menengah atas, kuliah di perguruan tinggi menjadi salah satu tujuan selanjutnya. Ada banyak pilihan perguruan tinggi terbaik yang ada di provinsi riau, baik yang berstatus negeri maupun swasta. Beberapa universitas bahkan ada yang menjadi top 10 terbaik kampus di Indonesia. Bagi kamu yang berniat hendak menuntut ilmu menjadi seorang mahasiswa di negeri melayu ini, ada baiknya kamu melihat beberapa rekomendasi kampus top dibawah ini.

Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi yang berada di pulau sumatera dengan ibukotanya Pekanbaru. kota Pekanbaru menjadi salah satu kota terbesar yang ada di Sumatera selain tentunya kota Medan dan Palembang.

Daerah Riau terkenal dengan kekayaan minyak, Mbak itu minyak kelapa sawit yang ada di atas permukaan dan juga minyak bumi yang ada di bawah. tidak jarang orang orang menganggap provinsi ini merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia.

Kuliah di Riau menjadi salah satu yang impian banyak orang. dan bagi kamu yang saat ini sedang menduduki bangku Sekolah Menengah Atas, bisa menyusun rencana untuk kuliah di salah satu perguruan tinggi terbaik di negeri Melayu ini.

Baca juga : 10 Jurusan Kuliah Populer buat Wanita di Masa Depan


Daftar Universitas terbaik di Riau


universitas negeri dan swasta riau

Seperti yang dikatakan sebelumnya, provinsi Riau tidak kalah dalam hal penyediaan lembaga pendidikan tinggi seperti universitas dan perguruan tinggi. kamu bisa memilih salah satu perguruan tinggi yang ada di bawah ini :


Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Riau



Universitas Riau (UR)


Perguruan tinggi yang biasa juga disebut UNRI ini menjadi kampus nomor wahid di Riau. Belakangan ini UR sudah mengantongi akreditas A dari BAN-PT untuk skala universitasnya. Kampus ini didirikan pada tanggal 25 September 1962 dimana hingga saat ini sudah memiliki banyak fasilitas penunjang dengan 3 lokasi kampus yang tersebar di daerah kota Pekanbaru, baik di Panam (kampus utama), Rumbai dan Gobah.

Kampus ini terdiri dari beberapa fakultas seperti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FAPERIKA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Pertanian (FAPERTA), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Keperawatan dan Program Pasca Sarjana. Selengkapnya kamu bisa membaca Profil Universitas Riau, Sejarah, Fakultas dan Jurusannya disini.

Situs resmi nya ada di unri.ac.id

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN SUSKA)


UIN Suska merupakan peningkatan status dari IAIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru yang ditetapkan atas keputusan presiden saat itu yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono. IAIN Sultan Syarif Kasim didirikan pertama kali pada tanggal 19 September 1970 dan hingga kini menjadi salah satu perguruan tinggi agama terbaik di Indonesia.

UIN Suska memiliki 8 Fakultas untuk program sarjana dan program pasca sarjana yang masing masing diantaranya adalah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Fakultas Psikologi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Pertanian dan Peternakan serta Program pasca sarjana.

Situs resminya ada di uin-suska.ac.id

Politeknik Negeri Bengkalis


Politeknik ini pertama kali didirikan pada tahun 2000 oleh pemerintah daerah kabupaten Bengkalis. Pada awalnya hanya terdiri dari 3 studi yaitu Teknik Listrik Kapal, Teknik Bangunan Kapal, dan Teknik Permesinan Kapal. Hingga pada tahun 2016 sudah bertambah dan berubah menjadi 7 Program studi sebagai tambahannya yaitu Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Administrasi Niaga, Teknik Informatika dan Kemaritiman.

Situs resminya ada di polbeng.ac.id


Daftar Perguruan Tinggi Swasta di Riau



Universitas Lancang Kuning (UNILAK)


Kampus ini biasa disingkat UNILAK. Kampus yang berlokasi di Rumbai, Pekanbaru ini menjadi salah satu kampus swasta ternama di riau. Didirikan oleh Yayasan Raja Ali pada tanggal 9 Juni 1982. Hingga kini Unilak sudah memiliki 9 Fakultas diantaranya adalah Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kehutanan, Fakultas Ilmu Komputer serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Situs resminya bisa kamu kunjungi disini unilak.ac.id

Universitas Islam Riau (UIR)


UIR merupakan PTS tertua di provinsi Riau yang didirikan pada tanggal 4 September 1962 bertepatan dengan tanggal 23 Zulkaidah 1382 H, dibawah Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau. Kampus ini berlokasi di Marpoyan, Pekanbaru.

UIR memiliki 9 Fakultas program strata 1 dan program magister. Diantaranya adalah Fakultas Hukum, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Program Pasca Sarjana.

Selengkapnya kunjungi situs resminya di uir.ac.id

Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI)


Seperti namanya, UMRI adalah perguruan tinggi swasta milik organisasi islam terbesar tanah air, Muhammadiyah. Didirikan pertama kali dalam bentuk lembaga yang bernama Akademi Teknologi Otomotif (ATOM) pada tanggal 23 Juli 1993 hingga kemudian mengalami peningkatannya terus oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau dan pada tanggal 5 Juni 2008 kemudian berdirilah UMRI.

UMRI memiliki 8 fakultas hingga saat ini, seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas MIPA dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Studi Islam

Untuk selengkapnya kamu bisa mengunjungi situs resminya di umri.ac.id

Universitas Abdurrab (UNIVRAB)


Universitas Abdurrab merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Abdurrab yang didirikan pertama kali pada tanggal 28 oktober 1983. Berlokasi di Jl. Riau, Pekanbaru dan hingga kini memiliki divisi seperti Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Pusat Studi Wanita dan Pusat Studi Budaya Melayu.

Kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya di univrab.ac.id


Baca juga : Daftar Universitas Terbaik di Papua


Kesimpulan


Setelah mengetahui daftar perguruan tinggi terbaik di provinsi Riau, kamu harus mulai belajar dan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi tersebut agar impianmu untuk kuliah bisa tercapai. tentu saja apabila kamu Qoriah di perguruan tinggi negeri relatif lebih murah ketimbang dengan perguruan tinggi swasta. Namun apabila kamu memang bersungguh-sungguh, maka kampus bukanlah faktor utama untuk mencapai kesuksesan.

Demikianlah pembahasan mengenai Daftar Universitas Negeri dan Swasta terbaik di Riau kali ini, semoga bisa membantu kamu yang hendak melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan dan mendapatkan kampus terbaik. Jangan lupa bagikan tulisan ini untuk membantu kawan mu dalam memilih PT yang mereka inginkan.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya