10 Jurusan Kuliah Populer buat Wanita di Masa Depan

10 Jurusan Kuliah Populer buat Wanita di Masa Depan

jurusan kuliah untuk wanita

Kuliah merupakan aktifitas belajar di perguruan tinggi. sebagai seorang mahasiswa belajar di perguruan tinggi tentunya adalah momen yang tidak bisa dilupakan. sebelum memutuskan untuk kuliah, kamu para cewek atau perempuan tentunya sudah memikirkan Jurusan apa yang akan kamu ambil ketika lulus sekolah menengah atas. dan kali ini kosngosan akan membahas beberapa jurusan kuliah yang terbaik yang bisa kamu ambil sebagai  seorang wanita yang memiliki prospek di masa depan. Mari kita simak satu persatu di bawah ini.

Bagi yang hendak kuliah, memutuskan jurusan yang akan digeluti nantinya adalah suatu keputusan yang cukup sulit dilakukan. mengingat apabila kita salah memilih jurusan, maka ini akan mempengaruhi masa depan karir kita. Kamu yang jurusannya IPA atau IPS sewaktu sekolah pun tentunya akan cukup kebingungan dengan pengambilan keputusan ini.

Mencari jurusan kuliah paling gampang pelajarannya dan menjanjikan gaji tinggi untuk masa depan memang menjadi tujuan banyak orang. Akan tetapi gampang pelajaran ini juga relatif karena akan berbeda bagi setiap orang. Karena masing masing kita memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Baca juga : Jurusan dan Program Studi Baru Berpeluang Kerja Tinggi di Masa Depan

Banyak yang berpendapat bahwa apabila kita salah memilih jurusan maka nantinya kita akan sulit mendapatkan pekerjaan. hal ini memang ada benarnya karena Jurusan yang kamu pilih harus sesuai dengan passion yang kamu punya. apabila sesuai dengan minat dan bakat mu, maka kamu bisa menjalaninya dengan nyaman dan menyenangkan.


Jurusan Kuliah Paling Populer buat Wanita di Masa Depan


Akan tetapi banyak juga dari kita yang memutuskan untuk masuk kuliah dengan jurusan yang mengikuti tren atau hanya sekedar ikut apa kata kawan. hal ini tidak sepenuhnya benar, karena masing-masing Individu memiliki minat dan bakat yang berbeda.

Oleh karena itu kamu perlu memilih beberapa jurusan perguruan tinggi di bawah ini yang sangat cocok bagi kalian para wanita di samping sangat prospektif untuk masa depan kalian nantinya.


1. Kuliah Jurusan Keperawatan atau Ners


Keperawatan atau ners saat ini banyak diminati oleh kalangan wanita maupun pria di Indonesia. kamu sebagai wanita bisa mencoba jurusan ini karena memang cukup prospektif untuk masa depan. selain dapat bekerja di rumah sakit, jurusan Keperawatan juga bisa membuka praktek sendiri di tempat tinggal. tentunya hal ini harus mendapatkan sertifikat profesi terlebih dahulu.

Adapun mata kuliah wajib yang harus dipelajari untuk mendapatkan gelar jurusan Keperawatan ini yaitu KDK ( Konsep Dasar Keperawatan ), Anatomi dan Fisiologi, Farmakologi, Keperawatan Medikal Bedah, Perawatan Jiwa dan Keperawatan Maternitas. Bingung dengan mata kuliahnya? Segera daftar jadi mahasiswa jurusan keperawatan dan kamu akan segera belajar tentang itu semua.


2. Kuliah Jurusan sastra seni dan budaya


Jurusan sastra seni dan budaya memang cukup luas cakupannya. namun masih dalam satu ruang lingkup yang sama. tingginya respon masyarakat terhadap bidang keilmuan sastra menyanyikan jurusan ini cukup diminati oleh kalangan wanita.

Menjadi pekerja seni sangat prospektif di masa depan. hal ini karena masyarakat milenial membutuhkan nilai seni untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang saat ini sudah merajalela.

Adapun mata kuliah wajib yang kamu pelajari untuk bisa mendapatkan gelar sastra seni dan budaya ini adalah tergantung dari sub jurusan nnya lagi. Bila kamu mengambil sastra bahasa indonesia, maka bahasa indonesia adalah mata kuliah wajibnya. Juga bila mengambil sastra tari, maka tari tarian dari berbagai daerah menjadi mata kuliah praktek wajibnya.


3. Kuliah Jurusan Keguruan


Menjadi guru adalah cita-cita yang mulia. guru dipandang sebagai profesi yang tidak lekang oleh waktu. pekerjaan ini tetap akan sangat diminati oleh wanita di kemudian hari . juga ada banyak peluang pekerjaan yang bisa kamu ambil apabila meraih gelar sarjana pendidikan ini.

Menjadi guru ataupun tenaga pendidik tidak hanya mencerdaskan kehidupan bangsa, tetapi juga bisa berperan untuk mengangkat kemiskinan di Indonesia karena pendidikan yang diberikan kepada kaum marjinal.

Peluang kerja yang bisa kamu ambil selain menjadi guru di sekolah kamu juga bisa membuka jasa bimbingan belajar, les privat dengan berbagai bidang keilmuan dan juga mengadakan pelatihan untuk berbagai bidang.

Adapun untuk mata kuliah wajib yang kamu harus ambil agar dapat lulus dari jurusan ke gurun ini adalah tergantung dari guru bidang apa yang akan kamu geluti. Ada berbagai bidang keilmuan di jurusan keguruan seperti ilmu kimia, biologi, fisika, pendidikan anak usia dini dan sebagainya.


4. Kuliah jurusan perkantoran


Kamu wanita yang pendiam, bisa mengambil jurusan ini. Jurusan seperti administrasi, manajemen dan akuntansi merupakan beberapa jurusan yang dibutuhkan oleh Industri perkantoran yang sangat cocok untuk diambil oleh kamu sebagai seorang wanita. karena Jurusan ini sangat membutuhkan fokus dan ketelitian yang tinggi yang biasanya dimiliki oleh seorang wanita.

Peluang kerja untuk jurusan perkantoran tetap akan sangat diperlukan di masa depan. karena semakin aktivitas perusahaan yang membutuhkan analisis dan pencatatan yang tentunya tidak bisa dilakukan oleh robot. bekerja di dalam ruangan juga menjadi trend dan cocok untuk kamu seorang wanita.

Adapun mata kuliah wajib yang harus kamu ambil untuk kuliah dengan jurusan perkantoran ini adalah seperti mata kuliah akuntansi dasar, manajemen perusahan, statistik, kependudukan, akuntansi manajemen, akuntansi lanjutan, administrasi perkantoran dan lainnya.


5. Kuliah jurusan pariwisata


pemerintah yang saat ini sedang menggalakkan potensi pariwisata lokal bisa menjadi salah satu prospek yang harus kamu ambil untuk jurusan pariwisata dandan jurusan lain yang menyangkut tentang ini seperti jurusan Tata Boga, jurusan perhotelan dan lainnya.

industri pariwisata Indonesia yang semakin hari semakin tinggi, tentunya membutuhkan tenaga kerja yang terampil dari jurusan pariwisata ini. selain memiliki gaji yang lumayan tinggi jurusan ini juga cocok untuk kamu wanita yang memang memiliki jiwa pelayanan yang lebih baik dibandingkan lelaki.

Adapun beberapa mata kuliah yang harus kamu ambil untuk bisa tamat dari jurusan pariwisata ini adalah beberapa di antaranya tata bahasa, psikologi jasa, ticketing, bahasa inggris, industri pariwisata, operasional tour and travel, teknik memandu, ekonomi pariwisata, pemasaran pariwisata dan banyak lagi.


6. Kuliah Jurusan Imers


Siapa yang belum kenal imers? Imers adalah kepanjangan dari Internet marketers. Walaupun di Indonesia sendiri jurusan ini sangat jarang ada, akan tetapi belajar Imers menjadi salah satu hal penting di era teknologi informasi kini. Bayangkan saja ada jutaan pengguna internet di Indonesia dan itu menjadi pangsa pasar yang empuk bagi jurusan ini nantinya.

Imers dan jurusan teknologi informasi lainnya dinilai sangat cocok bagi kamu para wanita karena memang memiliki target pasar yang juga kebanyakan adalah wanita. Seperti internet marketers dibidang fashion, makanan dan kosmetik. Jurusan ini juga cocok bagi kamu wanita yang pendiam.


7. Kuliah Jurusan pembuat animasi


Ini juga cocok bagi kamu yang bersifat pendiam. Jurusan Animasi belakangan ini menjadi populer berkat beberapa media yang meliput tentang suksenya animator lokal yang bisa-bisanya bekerja diluar negeri dan menjadi bagian produksi animasi film-film box office dunia. Dan kebanyakan dari mereka adalah wanita.

Jurusan animasi ini kamu bisa mendapatkan pekerjaan impianmu seperti menjadi animator di studio terkenal seperti Disneyland, atau bisa membuat studio animasi sendiri dengan konten dalam negeri. Selain itu banyak juga para animator indonesia yang sukses dengan komiknya sebut saja tahilalats yang punya follower bejibun di instagram dan membuka endorsement yang tidak sedikit.


8. Kuliah Jurusan Komunikasi


Ilmu Komunikasi merupakan jurusan yang mempersiapkan lulusannya untuk berkomunikasi secara efektif, mengetahui teori-teori komunikasi, termasuk interpersonal dan kelompok. Jurusan ini lebih banyak melibatkan analisis, keterampilan komunikasi, logika, wawasan umum, dan materi berdiskusi dan sangat cocok bagi kalian para wanita.


9. Kuliah Jurusan Kewirausahaan


Tidak banyak yang tahu bahwa jurusan ini menjanjikan banyak sekali peluang bisnis di masa depan. Tidak hanya laki laki saja yang bisa menjadi pengusaha, tetapi kalian para wanita juga bisa mengambil jurusan ini untuk kemudian membuka bisnis sendiri dengan omset yang fantastis. Kalian sudah pasti pernah mendengar tentang banyaknya pengusaha wanita yang sukses di dalam negeri.


10. Kuliah Jurusan Hubungan Internasional


Jurusan HI pada dasarnya mempelajari cara berkomunikasi dengan orang asing. Kamu dituntut untuk mempelajari etika, budaya dan kebiasaan negara lain. Peluang kerja dari jurusan ini adalah kamu para wanita bisa menjadi seorang diplomat atau duta besar negara, menjadi dosen atau negosiator ulung yang tentunya sangat dibutuhkan di masa depan.

Baca juga : Apakah Gelar Sarjana Lebih Penting dari Skill dan Pengalaman?


jurusan kuliah cewek

Pada dasarnya jurusan yang kamu pilih haruslah mampu memberikan kesuksesan bagi kamu di masa depan kelak. mungkin ada banyak jurusan lain yang tidak bisa disebutkan yang bisa kamu pilih di perguruan tinggi favorit mu.

Dan bagi kalian yang masih belum diberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di bangku kuliah, Jangan berputus asa dan menyerah. karena kalian juga bisa terusterus belajar dan berkarya dan Menggapai kesuksesan dengan cara yang lain.

Sekianlah postingan kali ini yang membahas mengenai beberapa daftar jurusan kuliah yang cocok untuk kamu sebagai wanita di masa depan. semoga kalian bisa menjadi mahasiswi yang berprestasi serta dapat membanggakan orang tua dan negara. silakan bagikan tulisan ini kepada teman-temanmu yang lain bila kamu merasa bermanfaat.

Buka Komentar