Cara Ganti Kartu Debit Visa / Mastercard dengan GPN

Cara Ganti Kartu Debit Visa / Mastercard dengan GPN

Baca juga :

cara ganti kartu debit gpn

Gerbang Pembayaran Nasional atau yang disingkat GPN merupakan suatu fitur baru yang diperkenalkan untuk membantu masyarakat dalam bertransaksi non tunai secara online. fitur ini memberikan kemudahan dan efisiensi dibandingkan dengan fasilitas Visa dan Mastercard yang selama ini ada bagi pengguna debit card. Dan kali ini kosngosan akan membahas bagaimana cara mengganti kartu debit lama berlogo visa atau mastercard menjadi logo GPN dengan segala kelebihannya itu.

Akan tetapi ada baiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai detail GPN, kelebihan dan kelemahan GPN dibandingkan dengan visa dan mastercard. baiklah simak pembahasannya dibawah untuk memperlengkap pengetahuan mu mengenai dunia perbankan.

Sebelum adanya layanan nasional ini, kita memang sudah memakai dan menikmati layanan prinsipal asing seperti Visa, Mastercard, UnionPay, JCB, American Express, MEPS, Cirrus dan lainnya. Dengan adanya peraturan baru dari Bank Indonesia, sehingga dibuatlah layanan yang memungkinkan kamu memanfaatkan transaksi non tunai secara lebih efisien dan tentunya lebih hemat.

GPN diyakini akan lebih aman dalam penyimpanan data nasabah. Nantinya para bank bank di tanah air diwajibkan melengkapi infrastrukturnya untuk mendukung layanan ini seperti mengintegrasikannya dalam mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dan electronic data capture (EDC) yang sesuai dengan standar GPN.

Baca juga : Produk Deposito Syariah Berjangka yang Nihil Suku Bunga

Apa kelebihan dari logo GPN di kartu debit mu? secara sederhana tentunya lebih murah biaya. Karena bila dibandingkan dengan prinsipal asing seperti visa atau mastercard yang menyertakan biaya switching yang lumayan. Dengan penggunaan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sistem pembayaran bisa lebih efisiensi dan biaya transaksi bisa lebih rendah dengan jaringan pembayaran lokal.

Ada kelebihan adapula kelemahannya. Bagi kamu yang hobi shopping di luar negeri misalnya, tentunya kartu debit berlogo GPN ini tidak bisa digunakan untuk kepentingan transaksi non tunai luar negeri. Bagaimana, sudah memutuskan untuk mengganti kartu debit mu?


Ganti Kartu Debit Visa atau Mastercard dengan GPN



kartu debit GPN


Dengan dirilisnya fitur ini, Bank Indonesia dan perbankan akan menggelar acara sosialisasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dengan menyelenggarakan kegiatan pekan penukaran kartu berlogo GPN di sejumlah titik di wilayah Indonesia.  Jadi bila kota mu menjadi salah satu tujuannya, kamu bisa langsung menukarkan kartu debit lama mu ke stand stand disana.

Untuk menukarkannya kartu debit lama mu, kamu bisa langsung datang ke kantor cabang bank dan menemui customer service-nya. Minta lah untuk mengganti kartu lama kamu dengan kartu berlogo GPN.

Selain itu, di Jakarta untuk penukaran kartu debit BCA bisa menggunakan fasilitas mesin penukar kartu yang telah disediakan. Caranya adalah :

Pertama,

Datangi mesin penukar kartu. Kamu harus untuk memasukkan kartu debit lama kedalam mesin seperti transaksi ATM pada umumnya.

Kedua,

PIN ATM dimasukkan, kamu diharuskan memasukkan 8 angka yang merupakan angka tanggal-bulan-tahun mu tanpa tanda strip. Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan tanda tangan online pada layar sentuh yang sudah disediakan.

Ketiga,

Mesin akan meminta foto wajah dengan alat kamera yang sudah disediakan. Kemudian kamu kembali diminta memasukkan pin ATM. Kamu bisa menggunakan kombinasi pin ATM baru, atau tetap menggunakan kombinasi 6 angka pin yang lama.

Keempat,

Setelah pin dikonfirmasi benar, maka kamu hanya akan menunggu sebentar, dan kemudian kartu baru dengan chip dan logo GPN sudah akan keluar dan kini kamu sudah sukses mendapatkan kartu debit BCA berlogo GPN. Keren bukan?

Baca juga : Membuat Kartu Kredit Mahasiswa dan Pelajar

Kedepannya, Bank Indonesia akan menargetkan 100 bank yang memiliki izin untuk menggunakan kartu berlogo GPN. Dengan begitu, kita dan perbankan sama-sama mendorong pemanfataan kartu GPN ini.

Demikianlah cara untuk mengganti kartu debit lama kamu menjadi kartu dengan logo GPN. semoga artikel ini bermanfaat untuk. silakan membagikan postingan ini ke media sosial milik mu agar yang lainnya juga mendapatkan informasi yang berguna.

Buka Komentar