Cara Mengubah Windows 32 Bit Ke Windows 64 Bit Install Ulang

Cara Mengubah Windows 32 Bit Ke Windows 64 Bit Install Ulang

Baca juga :

ubah windows 32bit ke 64bit

Windows merupakan sistem operasi yang paling populer saat ini. ada banyak perangkat laptop atau komputer yang memiliki SO default-nya windows.  dan kini versi Windows terbaru telah sampai pada windows 10 yang memberikan fitur keren dan lengkap. namun beberapa orang masih bingung mengenai perbedaan antara Windows 32 bit dengan 64 bit. nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara membedakan keduanya dan cara mengubah Windows 32 bit menjadi Windows 64-bit.

Namun sebelumnya kita bahas terlebih dahulu mengenai sejarah singkat Windows pertama kali. Adapun Windows versi pertama yang bernama Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983. Hingga kini, versi windows terbaru yakni Windows 10 yang rilis pada diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014 dan dirilis pada 29 Juli 2015 serta pada November 2015 hingga kini menjadi sistem operasi paling banyak yang dipakai oleh pengguna komputer.

Setelah kamu mengetahui sejarah penggunaan Windows pertama kali, maka kali ini kita akan membahas mengenai tutorial window 32 bit menjadi Windows 64 bit dengan proses instal ulang. Mengapa harus melalui proses instal ulang? Apakah tidak ada cara lain selain install ulang?

Sebenarnya ada cara mengubah Windows 34 bit menjadi 64-bit tanpa melalui instal ulang. namun cara tersebut memiliki resiko yang besar. seperti kemungkinan banyaknya eror atau bug yang akan terjadi, dan juga dapat merusak perangkat lunak yang ada dalam laptop atau komputermu.

Baca juga : Solusi Muncul Loading Working On Updates Setiap Kali Buka Windows

Jadi satu-satunya cara untuk mengubah Windows 32 bit menjadi Windows 64-bit yang aman adalah harus melalui proses instal ulang. Jangan khawatir kita akan membahasnya langkah-langkahnya di bawah ini secara lengkap.


Cara Mengubah Windows 32 Bit Ke Windows 64 Bit dengan Install Ulang



Baiklah, berikut adalah langah awal yang harus kamu persiapkan untuk memulai instalasi ulang sistem operasi windows yang ada di laptop atau komputer milikmu :

install ulang windows


Langkah 1 :

Pastikan bahwa laptop atau komputer milikmu sudah support terhadap versi windows 64 bit. Lihat apakah tersedia driver yang cocok untuk versi 64 bit tersebut. bila tidak tersedia, maka jangan sekali kali untuk mengubah nya menjadi versi ini. Karena sudah bisa dipastikan bahwa perangkatmu tidak akan bekerja dengan maksimal.

Langkah 2 :

Silahkan lakukan pencadangan data kamu ke drive D atau selain C. Karena nantinya drive C akan di clean all sehingga bersih dari data data lama.

Langkah 3 :

Siapkan instalan Windows 64 Bit baik dalam bentuk CD atau pun flashdisk (bootable). Untuk membuat FD menjadi bootable windows, kamu bisa melihat tutorialnya di internet. Tapi secara singkat, kamu harus men-download file Windows 64 Bit dalam bentuk ISO juga aplikasi bootable-nya seperti rufus,Windows 7 Download Tool atau Win to Flash.

Langkah 4 :

Selanjutnya setelah flashdisk atau CD sudah siap menjadi bootable, kamu sudah restart perangkat dan muncul logo produsen perangkatmu, segera tekan tombol tertentu untuk masuk ke pengaturan BIOS. Tombol untuk masuk ke pengaturan BIOS bermacam-macam, tergantung merek perangkat mu. Kamu bisa cari di google cara masuk bios untuk merek perangkatmu.

Langkah 5 :

Colokkan flashdisk ke laptop dengan tipe USB yang sesuai untuk versi windows. Untuk windows 7 versi usb nya harus 2.0. Kemudian restart laptop atau komputer kamu. Kemudian atur Urutan Booting Melalui CD / Flash Disk menjadi Urutan Pertama.

Langkah 6 :

Tekan sembarang tombol apabila muncul di layar minta tekan. Kemudian pilih bahasa default perangkat, Keyboard or input method pilih default, kemudian next dan centang “I accept the license terms” lalu klik Next.

Baca juga : Panduan Menggunakan Mi Remote TV di HP Xiaomi Semua Tipe

Langkah 7 :

Akan ada pilihan Upgrade atau Custom. kemudian pilh Custom. Pilihlah partisi dimana OS baru kamu akan diinstal. Disini kita akan menghapus semua data pada OS lama, maka pilih partisi OS lama (biasanya pada type akan bertuliskan “System”), lalu pilih Drive Options, kemudian pilih Format. Klik OK untuk melanjutkan dan tunggu proses format partisi OS lama milikmu. Kemudian mulai proses instalasi. Tunggu sampai restart

Langkah 8 :

Setelah restart, akan muncul tulisan “Press any key to boot from CD or DVD ..." kamu jangan menekan tombol apapun, cukup tunggu sampai hilang dan tampilan booting OS baru akan muncul, maka kamu tunggu hingga muncul tampilan baru.

Langkah 9 :

Selanjutnya adalah pengaturan baru windows 64 bit yang sudah selesai terpasang di perangkat milikmu. Tugas selanjutnya adalah memasukkan kode lisensi windows supaya genuie dan menginstall driver untuk kinerja perangkat yang lebih optimal. Langkah ini bisa kamu cari di internet untuk panduan selengkapnya.

Demikianlah pembahasan kita mengenai cara mengubah Windows 32 bit menjadi Windows 64-bit melalui proses instal ulang. Semoga dapat membantumu yang sedang mencari tutorialnya. silakan bagikan tutorial ini kepada teman yang lain yang sedang membutuhkan. berikan juga pertanyaan apabila kamu mengalami masalah. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Buka Komentar