Cara Memperbaiki HardDisk dan FlashDisk Minta Format Terus Tanpa Hilang Data

Bagaimana cara memperbaiki hardisk atau flashdisk yang minta diformat terus menerus apabila kita mencolok nya ke komputer atau laptop? Kali ini kosngosan akan membahas panduan cara mengatasi hal tersebut.. Seperti yang kita ketahui flashdisk atau hardisk merupakan media penyimpanan yang sangat berguna untuk umpan segala jenis file seperti gambar, audio atau video.

memperbaiki HD dan FD

Seringkali kita mengalami kejadian yang tidak mengenakkan yaitu flash disk atau hardisk minta diformat, muncul pesan pemberitahuan tidak bisa dibuka dan harus diformat. Mungkin hal ini tidak akan berpengaruh apabila isi dari flash disk atau hardisk tersebut masih sedikit

Namun apabila sudah banyak dan terdapat file penting di dalamnya, siapa juga yang tidak jengkel dan tidak rela untuk kehilangan file yang sudah disimpan dan mungkin cukup penting untuk dimiliki.

Baca juga : Cara Mengatasi Muncul Activate Windows 7, 8.1 dan 10 Mengubah Menjadi Genuine

Jika permasalahan ini sering kamu hadapi, maka mimin kosngosan menyarankan kepada kalian untuk jangan terburu-buru mengikuti saran format tersebut. Karena apabila dengan mem-format, sama saja kalian menghapus seluruh file yang tersimpan di dalam flashdisk atau harddisk tersebut.

Disini kita bisa melakukan suatu tips sederhana supaya pemberitahuan format tersebut tidak muncul lagi, dan kamu tidak perlu melakukan format yang dapat menghapus seluruh isi file di dalam flashdisk atau harddisk.

Sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu penyebab munculnya pemberitahuan format pada flash disk atau hardisk yang mungkin sering sobat kosngosan alami. Terdapat beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan media penyimpanan tersebut minta diformat diantaranya adalah sebagai berikut :

Terdapat File yang Corrupt atau Rusak


Adapun penyebab pertama yang mungkin bisa mempengaruhi adalah terdapat file yang rusak atau corrupt yang menyebabkan hardisk atau flashdisk menjadi error. Hal ini Membuat perangkat tidak bisa mengakses isi dari media penyimpanan tersebut sehingga menjadi bad sector

Bad sector, akan menyebabkan hardisk atau flashdisk minta diformat ketika dicolok ke laptop atau komputer.

Melepas HardDisk atau FlashDisk secara Sembarangan


Ini merupakan suatu kebiasaan buruk bagi pengguna yaitu menggunakan hardisk atau flashdisk, setelah selesai menggunakan tidak melakukan eject terlebih dahulu, namun langsung mencopot nya secara paksa.

Ketika kita mencopot secara paksa, perangkat media penyimpanan akan mengalami kerusakan karena masih dialiri arus kemudian tiba-tiba terputus tanpa adanya persiapan. Oleh karena itu kita harus melakukan eject terlebih dahulu untuk hard disk atau flash disk ketika selesai digunakan.

Untuk eject hardisk kita bisa melakukan dengan Klik tombol pojok kanan bawah setelah itu pilih eject USB. Dengan melakukan eject maka sistem akan memutus aliran listrik ke media penyimpanan, sehingga aman untuk dicabut karena sudah ada persiapan sebelumnya.

Bagaimana Cara Memperbaiki HardDisk dan FlashDisk yang Minta Format ?


Tiba kita pada pembahasan utama yaitu bagaimana cara mengatasi hardisk atau flashdisk yang minta diformat terus menerus, setidaknya ada 2 cara sederhana yang bisa kamu lakukan sebelum memutuskan untuk formatting, diantaranya adalah :

1. Coba Buka di Perangkat Lain


Ini adalah salah satu cara paling sederhana untuk mengatasi media penyimpanan yang minta diformat secara terus menerus. Apabila kamu memiliki laptop atau komputer lain, kamu bisa mencoba membukanya di perangkat tersebut.

Karena biasanya ada perangkat yang memang bermasalah sehingga ketika dia membuka media penyimpanan seperti flashdisk atau hardisk yang sudah sering dia buka, bisa saja minta format, padahal tidak ada masalah sebenarnya dalam media penyimpanan tersebut.

Namun apabila kamu sudah mencoba memasukkan FD atau HD mu ke beberapa perangkat laptop atau komputer, dan tetap saja meminta format, kamu bisa lanjut ke cara yang kedua

2. Menggunakan CMD


memperbaiki HD dan FD

Ketika kamu menyambungkan HardDisk atau FlashDisk tersebut ke perangkat komputer atau laptop (jika muncul pesan minta format abaikan saja)

Pergi ke my computer, perhatikan huruf drive tersebut seperti apa (misalnya C, D, E atau F dan sebagainya)

Kemudian sobat kosngosan bisa buka CMD sebagai administrator, ketik perintah chkdsk /r /f G (G adalah status media penyimpananmu yang bermasalah tadi) kemudian Enter

Tunggu sampai proses selesai, kemudian tekan Eject.

Pada tahap ini, kamu bisa mencoba colok lagi FD atau HD tersebut ke perangkat komputer atau laptopmu.

Kesimpulan


Di sini ada dua kemungkinan yang akan terjadi, yaitu flash disk atau hardisk mu berjalan dengan baik kembali tanpa minta diformat dan file didalamnya masih utuh.

Atau kemungkinan kedua, flash disk atau hardisk milikmu tetap diminta untuk format kembali. Apabila ini ini masih terjadi, dan kamu juga sudah melakukan cara pertama, maka tidak ada cara lain kecuali kamu harus melakukan format dan merelakan isi file yang ada di dalam flashdisk atau harddisk milikmu.

Baca juga : Cara Mengatasi Muncul Loading Working On Updates Setiap Kali Buka Windows

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai bagaimana cara mengatasi flash disk atau hardisk yang minta diformat secara terus-menerus ketika dicolok ke laptop atau komputer. Semoga uraian diatas bermanfaat untuk kalian, Jangan lupa untuk menekan tombol share dan bagikan tulisan ini di media sosial kalian, Terima kasih
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel