Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Cara Merawat Power Supply Komputer

Bagaimana tips merawat power supply yang baik dan benar? PSU menjadi salah satu komponen hardware yang memiliki peran penting sebagai penyedia daya dan energi listrik bagi sebuah komputer. Power supply memiliki cara kerja dengan mengubah arus listrik yang didapat dari stop kontak dan meneruskannya pada perangkat yang terhubung. 

PSU mengubah aliran listrik AC yang didapat dari listrik PLN, kemudian di convert ke dalam bentuk listrik DC yang dialirkan ke motherboard. Perangkat ini juga mampu mengatur tegangan yang mengalir sehingga bisa mengurangi panas berlebih atau overheating.

Mengingat betapa pentingnya perangkat ini, tentu sobat kosngosan harus bisa menjaga dan merawatnya dengan baik agar PSU yang dimiliki bisa awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. 


Tips Merawat PSU Komputer

tips merawat power supply pc

Berdasarkan judul yang sudah kalian baca diatas, maka pada kesempatan kali ini kita akan menguraikan beberapa langkah yang bisa kamu jadikan pedoman buat yang ingin merakit PC. 

Baca juga : Tips Merawat MoBo PC

Berikut beberapa tips merawat power supply supaya awet :


Jaga Kebersihan Power Supply

Cara pertama yang wajib dilakukan jika ingin PSU mu awet adalah dengan tetap menjaga kebersihannya secara rutin. 

Kebanyakan dari kita, mungkin hanya fokus terhadap monitor, layar atau mouse pada komputer saja. Komponen lain seperti kabel – kabel, dan CPU seringkali kita lupakan sehingga membuatnya kusam dan penuh dengan kotoran. 

Usahakan paling tidak kamu membersihkan PC dalam tiga bulan sekali, baik bagian luar maupun dalamnya. 


Perhatikan Daya Tahan Power Supply

Hampir semua peralatan elektronik mempunyai ketahanan maksimalnya masing – masing. Seperti halnya komputer, yang umumnya setiap komponen akan bertahan setidaknya selama lima tahun. 

Lebih dari itu, kekuatan pada komponennya tentu akan berkurang. Jadi, jika kamu memiliki PSU yang usianya sudah lebih dari lima tahun, jangan terlalu memaksakan kinerjanya. 

Kamu harus tetap memperhatikan performanya agar komponen lainnya tetap bisa optimal dan tidak ikut rusak.


Pakai PSU dengan Sertifikasi 80 Plus (+)

Ketika sobat kosngosan membeli PSU ini, kalian pasti pernah melihat di kotak PSU dengan tanda “80 Plus”, ada yang 80+ gold, 80+ silver dan 80+ platinum. 

Nah 80 Plus sendiri merupakan sebuah sertifikasi yang dikembangkan oleh Ecos Consulting pada tahun 2004  silam, hal ini untuk mempromosikan efisiensi PSU yang digunakan pada PC. 

Sertifikasi diberikan untuk hardware PSU yang memiliki efisiensi diatas 80% pada situasi load, 20%, 50%, dan 100% dari nilai beban, dan juga power factor yang mencapai 0,9 atau lebih pada kondisi load 100%. 


Gunakan Kipas Angin Ganda

Kipas angin ganda atau double fan cukup membantu sirkulasi udara dalam PSU menjadi lebih lancar karena membuat proses pembuangan udara panas di dalamnya menjadi lebih cepat. 

Hal ini mengingat kinerja PSU yang cukup berat sehingga membuatnya cepat panas. Jadi, untuk mencegah hal tersebut kamu bisa menggunakan double fan di dalam komputer ataupun pada casing.


Pilih Power Supply Yang Menggunakan Stabilizer

Jika di rumahmu daya listriknya tidak stabil, maka sangat disarankan untuk menggunakan stabilizer pada komputer kamu. 

Tujuannya adalah untuk membuat arus listrik yang masuk ke PC menjadi lebih stabil dan terjaga dayanya. 

Sebab salah satu hal yang dapat membuat PSU cepat rusak adalah daya listrik yang naik turun dan tidak stabil sehingga bisa menyebabkan rusaknya komponen pada komputer.


Hindari Penggunaan PC Secara Berlebihan

Untuk mencegah PSU menjadi cepat rusak, kamu harus menghindari pemakaian perangkat yang terlalu berlebih. 

Misalnya seperti menambahkan DVD ROM lebih dari jumlah normal, pemakaian hardisk yang terlalu banyak, dan lain sebagainya. 

Penggunaan perangkat yang berlebih justru akan menguras daya PSU lebih banyak sehingga membuatnya tidak mampu berjalan optimal.


Bersihkan Power Supply Dari Debu Secara Teratur

Debu dan kotoran menjadi pemicu kerusakan pada PSU karena cenderung membuatnya cepat panas. Debu yang menumpuk tadi dapat menyumbat aliran udara sehingga terjadilah overheat. 

Oleh karena itu, kamu harus rajin membersihkan debu agar tidak sampai menumpuk. Pastikan juga fan pada PSU bisa berputar dengan normal agar dapat melepaskan panas dengan maksimal.


Menggunakan Power Supply Dengan Watt yang Sesuai

Pemilihan daya pada PSU juga harus diperhatikan. Alangkah baiknya sobat kosngosan untuk memilih daya yang berkemampuan besar sehingga dapat menanggung segala kebutuhan komponen pada PC seperti hardisk, CD/DVD ROM, prosesor, dan motherboard. 

Di Indonesia sendiri, PSU umumya memiliki daya sekitar 300-350 watt. Akan lebih baik jika kamu memilih yang lebih dari itu, minimal sebesar 400 watt.


Menganti Power Supply Setelah 10 Tahun Pemakaian

Power supply umumnya memiliki rata – rata usia pemakaian selama 5-10 tahun. Meskipun sebenarnya, setelah 5 tahun pemakaian pun, PSU masih dapat bekerja dengan baik. 

Namun lebih baik kamu menggantinya saja dengan PSU yang baru dan disesuaikan dengan kebutuhanmu jika semisal kamu mendapati PSU sudah kurang mampu bekerja secara optimal seperti sebelumnya. 


Semprotkan Electric Cleaner 

Jika kamu mendapati kipas pada power supply tidak berfungsi sebagaimana mestinya bahkan tidak dapat diputar sama sekali, coba kamu semprotkan electric cleaner pada bagian kumparan kipas. 

Hal ini bertujuan untuk melakukan pembersihan pada kotoran yang mungkin menyangkut sehingga dapat menghambat perputaran kipas.


Jangan Meletakkan Casing Dekat Ventilasi Udara

Sebaiknya, hindari meletakkan casing dekat ventilasi udara khususnya di bagian belakang kipas PSU. Sebab sirkulasi udara di dalam ruangan yang kemudian masuk melalui ventilasi bisa saja membawa udara yang lembab sehingga membuat suhu dalam casing dan PSU menjadi ikutan lembab. 

Hal ini bisa menyebabkan kaki komponen mudah berkarat dan beresiko menimbulkan terjadinya konsleting atau hubungan singkat.


Gunakan UPS Sebagai Back Up

UPS atau Uninterruptible Power Supply merupakan jenis perangkat yang berfungsi sebagai baterai back up atau penyimpan daya alternatif. 

Cukup disarankan juga untuk menggunakan UPS sehingga kamu bisa menyimpan tegangan untuk melindungi perangkat elektronik yang sedang digunakan apabila terjadi pemadaman listrik.


Cek Keadaan Kipas Secara Berkala

Kipas juga merupakan komponen penting yang ada pada power supply. Jadi pastikan sobat kosngosan selalu mengecek kipas atau fan PSU secara berkala. 

Bersihkan juga secara teratur, jangan membiarkan kipas sampai kotor dan berdebu sebab akan membuatnya tidak dapat berfungsi secara normal. 

Apabila kipas memang sudah tidak dapat digunakan lagi, pastikan kamu segera menggantinya dengan yang baru atau yang kondisinya masih bagus. 

Karena kipas yang berfungsi dengan optimal tentunya akan sangat membantu sirkulasi udara panas tetap stabil ketika sedang bekerja.


Pastikan Arus Listrik Dirumah Tetap Stabil

Cara selanjutnya yang cukup penting untuk kamu perhatikan adalah, dengan memastikan bahwa aliran listrik yang ada di rumahmu tetap stabil. 

Arus listrik yang stabil tersebut sangat penting untuk menunjang kebutuhan listrik yang dibutuhkan oleh PSU. Kamu bisa menggunakan trafo stabilizer jika perlu.

Jika tidak stabil atau tersendat – sendat tentunya PSU juga tidak dapat berjalan secara optimal atau bahkan mati mendadak. Hal ini akan menyebabkan komponen di dalamnya terganggu dan cepat rusak.


Periksa Hasil Perawatan Secara Rutin

Hal penting lainnya setelah kamu melakukan perawatan, cek hasil perawatan tadi secara rutin untuk memastikan bahwa PSU berfungsi dengan baik. 

Caranya cukup mudah, pertama hidupkan komputer terlebih dahulu lalu masuk ke BIOS dan lihat kondisi PSU pada menu hardware monitor dan power. Apakan terjadi penurunan voltase yang drastic dari 3,3 volt, 5 volt, dan 12 volt? 

Misalnya seperti dari arus 3,3 volt berubah menjadi 0-2 volt. Jika memang ada penurunan drastic berarti PSU ada dalam keadaan yang kurang baik, maka segeralah untuk menggantinya.


Bila Terjadi Kendala Segera Lakukan Perbaikan atau Bawa Kepada Ahlinya

Jika ada kendala atau keanehan yang mungkin terjadi pada power supply, pastikan untuk segera mengatasinya agar tidak makin parah kerusakannya. 

Namun jika kamu masih bingung dan belum terlalu paham mengenai maintenance komputer, lebih baik bawa saja kepada ahli yang lebih professional agar lebih aman dan cepat diperbaiki.  

Kalau masih dalam masa garansi, kamu bisa klaim dan mendapatkan perbaikan gratis. Asalkan kerusakan tidak terjadi karena kesalahan pengguna.

Baca juga : Tips Merawat Kartu Grafis Komputer


Kesimpulan

Membeli power supply yang berkualitas dengan sertifikasi gold plus akan memperpanjang umur komputer yang sobat kosngosan miliki. 

Semakin tinggi spesifikasi PC yang akan kalian rakit, maka semakin tinggi juga kebutuhan daya yang diperlukan untuk PSU kalian. 

Semoga beberapa tips diatas, bisa menjadi referensi untuk merawat PSU yang baik dan benar. Jangan lupa bookmart dan juga share artikel ini ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya