5 Cara menghindari diri dari zina dan pergaulan bebas

5 Cara menghindari diri dari zina dan pergaulan bebas

Baca juga :

Pergaulan bebas dan zina merupakan serangkaian perbuatan amoral yang menentang tradisi ketimuran dengan pola bergaul yang cenderung merusak. Pengertian zina atau pergaulan bebas secara bahasa adalah adanya hubungan persetubuhan antara lelaki dan perempuan yang sudah balig (dilakukan secara suka sama suka) tanpa adanya akad nikah yang sah.

Ada banyak contoh perilaku pergaulan bebas dan perbuatan zina yang ditentang oleh norma agama dan sosial. Dan kali ini kosngosan akan membahas bagaimana cara menghindari diri dari perbuatan tersebut. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Apa saja yang dapat menyebabkan seseorang terjerumus kedalam pergaulan bebas dan zina? Sejujurnya kontaminasi budaya barat yang saat ini sudah begitu massif menghampiri generasi milenial merupakan salah satu penyebab maraknya terjadi perbuatan asusila ini.

Contoh atau macam perilaku pergaulan bebas dan perbuatan zina seperti pacaran kelewat batas, berhubungan intin diluar pernikahan, kumpul kebo dan masih banyak lagi menjadi permasalahan serius yang diharapi oleh tatanan kehidupan masyarakat saat ini.

Lihat juga : Dampak bahaya merokok bagi pelajar usia remaja dan cara mencegahnya

Kamu yang saat ini sebagai seorang pelajar atau mahasiswa dengan usia remaja cenderung memiliki emosi dan hormon yang labil.

Bagaimana cara menghindari diri dari pergaulan bebas?


Ada berbagai cara untuk menghindari diri dari zina. Salah satunya adalah dimulai dari diri sendiri untuk memantabkan hati agar senantiasa menjaga diri dari pengaruh buruh pergaulan yang dapat merusak mu dan masa depan mu.

tips menghindari zina

Selain itu, ada beberapa cara sederhana yang mimin yakin kamu bisa lakukan seperti diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bijaklah memilih teman bergaul

Saat ini memang cukup sulit mencari lingkungan pergaulan yang positif. Kamu yang sekarang bergaul dengan teman yang suka merokok, memakai narkoba dan pergaulan bebas akan tertular dengan sendirinya baik cepat atau pun lambat. Oleh karena itu tips ini merupakan inti dari cara menghindari diri dari pergaulan bebas.

2. Menghindari hal hal yang berbau seksual

Hal ini mungkin sangat susah dilakukan dengan adanya media seperti internet dan televisi, umbaran aurat dan gaya hidup yang dinilai kebarat baratan cukup banyak mengambil peran. Kamu harus bersikap dewasa dalam menentukan mana konten yang baik dan mana yang negatif.

Bila kamu keseringan terpapar konten porno, maka hal tersebut dapat memancing hasrat saat bertemu pasangan dan ada kecenderungan meniru secara sadar maupun tidak. Jadi kurangi dan hindari hal semacam itu.

3. Jangan pacaran, atau pacaran lah dengan cara yang sehat

Mungkin bagi kamu yang muslim, sudah sering diingatkan kalau pacaran itu haram dalam islam. Untuk non-muslim, mungkin pacaran bisa menjadi ajang saling berkenalan satu sama lain. Namun bila berpacaran, maka kalian tidak harus melakukan hal hal negatif seperti budaya barat pada umumnya. Pacaranlah dengan bijak dan lakukan hal hal yang positif dan saling mendukung satu sama lain.

4. Memperkokoh ketaqwaan dan nilai religius

Kamu yang menganut agama apapun, sejatinya adalah pribadi yang cerdas dan memiliki karakter iman yang kuat. Nah untuk menghindari pergaulan bebas, kamu harus meningkatkan ketaqwaan dan iman untuk membentengi kamu dari pengaruh buruk lingkungan. Memperkokoh nilai religius dalam diri sangat penting karena akan mengingatkan kamu saat sedang lalai.

5. Tingkatkan quality time bersama keluarga

Kebanyakan, tidak semua, pelaku pergaulan bebas itu adalah berasal dari keluarga yang broken home. Jadi aktifitas zina dan semacamnya dilakukan sebagai bentuk coba coba dalam pencarian jati diri mereka. Kamu harus bisa menjaga hubungan baik dengan keluarga mu saat ini. Dengan adanya jalinan kuat dan komunikasi dua arah yang baik, maka kamu akan bisa diawasi dan diproteksi oleh orangtua

Apakah ada hukuman bagi orang yang berzina?


Dalam hukum resmi di indonesia, hukuman zina dan pergaulan bebas memang masih menjadi abu abu karena yang dihukum adalah mereka yang berada di bawah umur. Hukuman zina dan perkosaan cukup berat dan dikenakan pasal KUHP dan bisa dipenjara puluhan tahun.

Dalam norma agama seperti Islam sendiri sangat tegas menghukum orang yang melakukan zina. Apabila dilakukan oleh kedua orang yang masih belum menikah, maka hukumannya bisa lebih ringan yaitu di cambuk beberapa kali. Sementara bila dilakukan oleh orang yang sudah menikah maka hukumannya lebih berat lagi.

Detailnya hukumannya adalah dirajam (dilempar batu) bagi yang telah menikah dan dicambuk seratus kali bagi yang belum menikah serta ditambah pengasingan setahun. Mungkin untuk hukuman dalam agama lain mimin masih mencari, silahkan beritahu di komentar dibawah ini.

Apakah manfaat menjauhi pergaulan bebas dan perbuatan zina?


Bila ditinjau dari segi agama, menghindari pergaulan bebas akan menghindari kamu dari dosa dan murka Tuhan. Karena hampir seluruh agama di dunia ini melarang yang namanya pergaulan bebas. Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang menjunjung norma agama, maka kamu diwajibkan mematuhinya bila tidak ingin masuk neraka.

Bagi norma sosial dan masyarakat, menghindari zina berarti menjauhkan kamu dari aib keluarga. Bayangkan bila kamu melakukannya dan hamil diluar nikah, maka yang malu adalah keluargamu. Dijadikan bahan pembicaraan di masyarakat adalah hukuman paling menyedihkan bagi kedua orangtua.

Menghindari pergaulan bebas secara kesehatan berarti akan menjauhkan kamu dari penyakit kelamin yang bisa membahayakan masa depanmu seperti HIV AIDS dan penyakit menular lainnya. Seks bebas akan membawa berbagai macam penyakit yang bisa merenggut nyawamu.

Lihat juga : 3 tipe pengguna facebook yang menyebalkan di timelinemu

Sekianlah pembahasan kita mengenai beberapa Cara untuk menghindari diri dari zina dan pergaulan bebas. mimin yakin sebagai seorang yang menyanyangi keluarga dan diri sendiri, kamu harus benar benar memprotek diri dari segala potensi itu, karena apa pun itu harga diri dan masa depan mu lebih berharga daripada hanya kesenangan sesaat. Terimakasih sudah berkunjung di kosngosan.

Buka Komentar