Cara scan dan kirim berkas surat lamaran kerja di warnet

Cara scan dan kirim berkas surat lamaran kerja di warnet

Scan atau pindai berkas adalah proses mengubah bentuk fisik dokumen menjadi soft file seperti format pdf atau jpeg. Kamu yang sedang mencari kerja dan melamar kerja secara online diperlukan dokumen dalam bentuk soft file pengganti fotocopy agar nantinya pihak perusahaan bisa yakin dengan pendidikan, pengalaman dan kompetensimu. Dan kali ini kosngosan akan membahas bagaimana cara men scan berkas seperti ijazah dan ktp di warnet.

Scan ada dua tehnik, yaitu scan satu sisi dan scan bolak balik. Untuk persyaratan lamaran kerja, scan bolak balik bisa saja digunakan untuk dokumen yang memang tidak mencukupi untuk dilakukan scan satu sisi. Seperti misalnya ijazah atau daftar nilai yang terdiri dari 2 halaman bolak balik dan keduanya harus disatukan dalam 1 file yang sama.

Tentunya kamu yang sudah punya laptop dan printer tidak perlu lagi ke warnet untuk melakukan scan. Hanya saja bagi sebagian yang tidak punya, kamu harus ke warnet untuk melakukannya. Kemudian tanyakan apakah warnet tersebut support terhadap layanan scan dokumen.

Lihat juga : Daftar pertanyaan interview perusahaan dan jawabannya yang tepat

Tidak hanya untuk keperluan melamar kerja, scan juga banyak dipakai untuk berbagai kepentingan seperti arsip atau dokumentasi, persyaratan tugas akhir atau kepentingan lain yang mengharuskan kamu untuk mengirimkan file tersebut dalam bentuk pdf atau jpeg.

Cara scan berkas surat lamaran kerja di warnet



cara scan lamaran warnet


Tidak seperti scan di komputer / laptop dengan printer sendiri, scan di warnet memang cukup baru bagi kamu yang kurang mengerti mengenai hal hal yang seperti ini. Daripada menanggung malu, ada baiknya kamu mengikuti beberapa langkah dibawah ini :

Langkah 1 :

Persiapkan flashdisk atau hardisk untuk menyimpan file hasil scan nantinya. Jangan lupa bawa dokumen yang diperlukan seperit ijazah, ktp, skck, surat kesehatan, transkrip nilai dan sertifikat 2 lainnya yang dibutuhkan.

Langkah 2 :

Pergilah ke warnet (warung internet) terdekat yang memiliki kecepatan internet stabil. Kemudian tanyakan kepada operator warnet tersebut apakah disini support untuk melakukan scan dokumen. Bila iya, maka lanjut ke langkah 3.

Langkah 3 :

Setelah memastikan hal diatas, kamu berikan flashdisk atau hardisk beserta dokumen yang sudah dibawa tadi ke operator warnet. Sambil menunggu dia selesai men scan dokumen, kamu log in dulu ke dalam salah satu komputer warnet.

Jangan lupa minta dokumen hasil scan tersebut disimpan dalam bentuk jpeg atau pdf tergantung kebutuhan atau persyaratan lamaran kerja yang diminta. Kamu memang bisa mengubah file jpeg ke pdf dan sebaliknya menggunakan aplikasi, namun alangkah lebih praktisnya minta dia langsung menyimpannya agar tidak dua kali kerjaan.

Langkah 4 :

Setelah selesai, kamu bisa langsung memasukkan flashdisk atau hardisk tadi ke komputer warnet mu kini. Masuk ke browser dan buka akun email mu. Pastikan media penyimpanan tadi sudah terdeteksi oleh komputer.

Langkah 5 :

Selanjutnya, ikuti langkah langkah pengiriman surat lamaran online melalui email seperti biasanya. Kamu bisa membaca postingan sebelumnya mengenai Cara Mengirim Lamaran Kerja Email dan Online yang Baik dan Benar disini.

Langkah 6 :

Sebelum kamu mengirim surat lamaran tersebut, perhatikan ukuran file yang menjadi lampiran tidak melebihi kapasitas yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Ini emang tergantung dari permintaan mereka. Hal ini berguna untuk menghemat kapasitas ruang dari layanan email yang mereka gunakan

Langkah 7 :

Perhatikan juga waktu pengiriman surat lamaran. Waktu terbaik untuk mengirim surat lamaran melalui adalah di antara jam 08.00 pagi hingga 10.00 pagi. Kemudian lamaran yang kamu kirim pada pukul 03.00 hingga 05.00 sore akan memiliki kesempatan paling kecil untuk diterima.

Selesai, kamu tinggal menunggu pengumuman selanjutnya. Menunggu pengumuman satu surat lamaran berarti kamu sudah membuang waktu. Ada baiknya kamu cari lowongan kerja lain dan kirim juga surat lamaran lain sembari kamu menunggu yang ini. Jangan lupa juga untuk berdoa dan melakukan kegiatan positif lainnya.

Baca lainnya : Contoh surat lamaran kerja perusahaan sebagai karyawan

Demikian tutorial seputar scan berkas surat lamaran kerja di warnet. Mimin berharap kamu segera mendapatkan pekerjaan selekas mungkin. Berikan yang terbaik dalam setiap proses rekrutmen pekerjaan yang kamu ikuti dan jangan lupa untuk berdoa.

Buka Komentar