Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara scan dan kirim berkas surat lamaran kerja di warnet

Bagaimana cara scan berkas lamaran kerja? Scan atau pindai berkas adalah proses mengubah bentuk fisik dokumen menjadi soft file seperti format pdf atau jpeg. Kamu yang sedang mencari kerja dan melamar kerja secara online diperlukan dokumen dalam bentuk soft file pengganti fotocopy untuk kelengkapan berkas lamaran kerja.

Hal ini berguna agar nantinya pihak perusahaan bisa yakin dengan pendidikan, pengalaman dan kompetensimu. Dan kali ini kosngosan akan membahas bagaimana cara men scan berkas seperti ijazah dan ktp di warnet.

Scan ada dua tehnik, yaitu scan satu sisi dan scan bolak balik. Untuk persyaratan lamaran kerja, scan bolak balik bisa saja digunakan untuk dokumen yang memang tidak mencukupi untuk dilakukan scan satu sisi. Seperti misalnya ijazah atau daftar nilai yang terdiri dari 2 halaman bolak balik dan keduanya harus disatukan dalam 1 file yang sama.

Tentunya kamu yang sudah punya laptop dan printer tidak perlu lagi ke warnet untuk melakukan scan. Hanya saja bagi sebagian yang tidak punya, kamu harus ke warnet untuk melakukannya. Kemudian tanyakan apakah warnet tersebut support terhadap layanan scan dokumen.

Tidak hanya untuk keperluan melamar kerja, scan juga banyak dipakai untuk berbagai kepentingan seperti arsip atau dokumentasi, persyaratan tugas akhir atau kepentingan lain yang mengharuskan kamu untuk mengirimkan file tersebut dalam bentuk pdf atau jpeg.


Cara Scan Berkas Surat Lamaran Kerja

cara scan lamaran warnet

Tidak seperti scan di komputer / laptop dengan printer sendiri, scan di warnet memang cukup baru bagi kamu yang kurang mengerti mengenai hal hal yang seperti ini. 

Daripada menanggung malu, ada baiknya kamu mengikuti beberapa langkah dibawah ini :


Cara Scan Berkas Surat Lamaran Kerja di HP pakai Aplikasi Vflat (Recomended)

  1. Pastikan Kamu telah download dan pasang aplikasi vFlat dari Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS
  2. Buka aplikasi vFlat di Hp Kamu.
  3. Saat membuka aplikasi vFlat, Kamu akan melihat tampilan kamera yang siap digunakan untuk memindai dokumen berkas lamaran kerja seperti KTP, SIM, Ijazah, Transkrip nilai, dll. Pastikan pencahayaan di sekitar Kamu cukup baik agar hasil pemindaian optimal.
  4. Tempatkan dokumen yang disebutkan diatas pada permukaan rata dengan latar belakang yang kontras (misalnya, meja atau meja kerja putih). 
  5. Pastikan dokumen tersebut terlihat jelas dan tidak ada lipatan atau kerusakan yang signifikan.
  6. Posisikan kamera HP secara tegak lurus di atas dokumen lamaran kerja dan pastikan seluruh dokumen masuk ke dalam bingkai kamera.
  7. Pilih ikon kamera pada layar, untuk mengambil foto dokumen. 
  8. Setelah foto diambil, aplikasi vFlat akan mengenali dan memotong dokumen secara otomatis. Kamu dapat mengatur batas potongan atau memperbaiki hasil potongan jika diperlukan.
  9. Periksa hasil scan untuk memastikan dokumen terlihat jelas dan terbaca dengan baik. Sobat kosngosan juga bisa menggunakan fitur pengeditan atau pemangkasan yang disediakan oleh aplikasi vFlat untuk meningkatkan kualitas dan tampilan dokumen.
  10. Nah kamu bisa menyimpan hasil scan tersebut sebagai file PDF atau Jpeg dalam galeri HP Kamu atau langsung mengirimkannya melalui email atau WA


Cara Scan Berkas Surat Lamaran Kerja di Warnet

Langkah 1 :

Persiapkan flashdisk atau hardisk untuk menyimpan file hasil scan nantinya. Jangan lupa bawa dokumen yang diperlukan seperit ijazah, ktp, skck, surat kesehatan, transkrip nilai dan sertifikat 2 lainnya yang dibutuhkan.


Langkah 2 :

Pergilah ke warnet (warung internet) terdekat yang memiliki kecepatan internet stabil. Kemudian tanyakan kepada operator warnet tersebut apakah disini support untuk melakukan scan dokumen. 

Biasanya pihak warnet memiliki printer yang support scan berkas. Kamu tinggal pergi ke admin yang ada di dekat pintu, dan tanyakan. Bila iya, maka lanjut ke langkah 3.


Langkah 3 :

Setelah memastikan hal diatas, kamu berikan flashdisk atau hardisk beserta dokumen yang sudah dibawa tadi ke operator warnet. Sambil menunggu dia selesai men scan dokumen, kamu log in dulu ke dalam salah satu komputer warnet.

Jangan lupa minta dokumen hasil scan tersebut disimpan dalam bentuk jpeg atau pdf tergantung kebutuhan atau persyaratan lamaran kerja yang diminta. 

Kamu memang bisa mengubah file jpeg ke pdf dan sebaliknya menggunakan aplikasi, namun alangkah lebih praktisnya minta dia langsung menyimpannya agar tidak dua kali kerjaan.


Langkah 4 :

Setelah selesai, kamu bisa langsung memasukkan flashdisk atau hardisk tadi ke komputer warnet mu kini. Masuk ke browser dan buka akun email mu. Pastikan media penyimpanan tadi sudah terdeteksi oleh komputer.


Langkah 5 :

Selanjutnya, ikuti langkah langkah pengiriman surat lamaran online melalui email seperti biasanya. Kamu bisa membaca postingan sebelumnya mengenai Cara Mengirim Lamaran Kerja Email Online


Langkah 6 :

Sebelum kamu mengirim surat lamaran tersebut, perhatikan ukuran file yang menjadi lampiran tidak melebihi kapasitas yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Ini emang tergantung dari permintaan mereka. Hal ini berguna untuk menghemat kapasitas ruang dari layanan email yang mereka gunakan


Langkah 7 :

Perhatikan juga waktu pengiriman surat lamaran. Waktu terbaik untuk mengirim surat lamaran melalui adalah di antara jam 08.00 pagi hingga 10.00 pagi. Kemudian lamaran yang kamu kirim pada pukul 03.00 hingga 05.00 sore akan memiliki kesempatan paling kecil untuk diterima.

Selesai, kamu tinggal menunggu pengumuman selanjutnya. Menunggu pengumuman satu surat lamaran berarti kamu sudah membuang waktu. 

Ada baiknya kamu cari lowongan kerja lain dan kirim juga surat lamaran lain sembari kamu menunggu yang ini. Jangan lupa juga untuk berdoa dan melakukan kegiatan positif lainnya.


Kata Penutup

Demikian tutorial seputar scan berkas surat lamaran kerja di warnet. Mimin berharap kamu segera mendapatkan pekerjaan selekas mungkin. 

Berikan yang terbaik dalam setiap proses rekrutmen pekerjaan yang kamu ikuti dan jangan lupa untuk berdoa. Semoga kalian bisa diterima bekerja secepatnya ya, amin!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya