6 Langkah wajib untuk mengatasi kemalasan dalam belajar

6 Langkah wajib untuk mengatasi kemalasan dalam belajar

Belajar adalah kewajiban manusia untuk mempelajari ilmu baru yang nantinya akan membantu dalam masa depannya. Belajar tidak lantas dibatasi dalam artian di lembaga formal seperti sekolah atau perguruan tinggi. Makna belajar itu luas, sehingga membutuhkan proses yang berkelanjutan. Hanya saja, setiap dari kita tentunya pernah mengalami kebosanan atau jemu dalam pembelajaran. Kali ini kosngosan akan membahas bagaimana cara mengatasi sumber kemalasan dalam belajar. Yuk baca selengkapnya dibawah ini.

Ada banyak langkah langkah dalam mengatasi kemalasan dalam belajar dan sumbernya. Karena belajar itu wajib, maka tidak ada alasan untuk meninggalkannya. Apabila kamu ingin sukses, belajar adalah satu satunya cara meraih kesuksesan itu.

Belajar yang kompak dan tidak malas menjadi salah satu kondisi yang ideal dalam proses pembelajaran. Dengan kekompakan dan saling membantu, diharapkan proses transfer ilmu juga berlangsunng menyenangkan dan menjunjung tinggi nilai solidaritas.

Lihat juga : Tips Bekerja Tanpa Mengganggu Waktu Kuliah dan Sekolah

Rasa malas mesti disingkirkan. Lazy tidak bermanfaat dan akan mempengaruhi transfer ilmu, membuat kamu tidak bertarget, tidak bahagia dan pada akhirnya memengaruhi kesehatan dan kehidupan secara keseluruhan.

Apa solusinya mengatasi kemalasan dalam belajar?


Rasa malas sama saja seperti mood yang tiba tiba datang dan pergi sesuka hati. Oleh karena itu diperlukan manajemen malas agar nantinya tidak merugikan untuk produktifitas belajar mu.

langkah mengatasi rasa malas belajar

Ada beberapa langkah sederhana yang wajib kamu lakukan agar rasa malas itu hilang bahkan berganti dengan semangat. Yuk intip dibawah ini :

1. Melawan rasa bosan dengan inovasi


Coba kamu teliti apa yang membuat kamu merasa malas dalam belajar. Apakah gaya guru yang mengajar itu itu saja, iklim kelas yang membosankan, atau guru yang killer. Coba lakukan inovasi seperti mengubah tempat duduk, izin sebentar untuk keluar dan mengambil udara segar atau sering bertanya kepada guru mengenai materi pelajaran.

Lakukan inovasi yang membuat kamu tidak merasa bosan lagi. Karena kemalasan itu berasal dari kebosanan yang bertumpuk berlama lama dan akhirnya membuat mu enggan melakukan apa pun dalam belajar.

2. Tekuni hobi dan kesukaan mu di waktu senggang


Kamu yang setiap hari masuk sekolah atau kuliah harus menyempatkan diri melakukan hobi yang kamu sukai, misalnya travelling di akhir pekan, nonton film di bioskop, main badminton, bola futsall dan sebagainya.

Memiliki hobi adalah hal yang positif, dengan rutin menghabiskan waktu untuk melakukan hobi, kamu akan merasa lebih bahagia, termotivasi, merasa lebih terdorong untuk belajar kembali di hari hari biasanya.

3. Cobalah media belajar yang anti mainstream


Kamu belajar hanya menggunakan buku dan lembar kerja siswa saja? mungkin hal itu yang membuat mu malas dalam belajar. Buka smartphone mu, carilah channel pembelajaran di youtube, akun belajar di instagram atau website yang menyediakan berbagai pembelajaran yang membuat mu semakin tertarik dengan pelajaran tersebut.

Media pembelajaran anti mainstrem selanjutnya seperti langsung praktik ke lapangan bersama teman, mengadakan survey langsung atau bertanya pada senior mengenai materi yang belum kalian pahami. Setiap media positif yang informal bisa saja kalian gunakan untuk media belajar.

4. Travelling ke spot wisata alam bareng teman satu lokal


Banyak yang membuktikan bahwa travellling dan berwisata alam melihat seperti pepohonan, rumput dan bunga, akan merecharge kembali semangat belajar mu. Pemandangan akan membuat pikiran dan mental kembali positif lagi. Kamu tidak harus pergi ke tempat terkenal, cukup wisata di tempat dekat daerah mu berasal, bisa saja taman kota atau kebun kecil milik tetangga.

5. Ungkapkan masalahmu kepada keluarga dan guru


Tidak ada salahnya memberitahu keluarga dan guru mengenai masalah yang selama ini membuat mu malas dalam belajar. Mintalah solusi dan nasehat dari mereka agar kamu merasa lebih baik dan mendapat dukungan penuh yang bisa menjadi modal kuat dalam mengembalikan semangat belajar mu itu.

6. Jangan lupa istirahat yang cukup


Ketika tubuhmu kurang istirahat maka akan membuat kamu mudah letih dan jenuh sehingga di sekolah atau kampus pun kamu akan merasa malas dalam menerima pelajaran. Jika dibiarkan berlarut-larut, rasa bosan dan malas akan menyebabkan prestasimu menurun.

Oleh karena itu hindari begadang jika tidak ada perlunya. Begadang hanya akan membuat tubuhmu kurang istirahat yang akan mempengaruhi kesehatan. Tubuh membutuhkan asupan tenaga dan ketika kamu istirahat yang cukup, maka kamu akan tercukupi tenaganya.

Baca juga : Kata Motivasi Belajar Sukses untuk mahasiswa dan pelajar

Imam syafii pernah berkata "Jika kamu tidak dapat menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan"

Demikianlah pembahasan mengenai seputar solusi mengatasi kemalasan dalam belajar. Semoga kamu yang saat ini sedang menuntut ilmu bisa segera dihilangkan rasa malasnya. Yuk share artikel ini ke media sosial milikmu untuk memotivasi teman teman mu juga dalam belajar!

Buka Komentar