5 Cara meningkatkan kekompakan antar siswa dalam kelas

5 Cara meningkatkan kekompakan antar siswa dalam kelas

Baca juga :

Apa saja langkah langkah untuk membentuk kekompakan antar siswa dalam kelas? Kekompakan merupakan tingkat kebersamaan yang sangat diperlukan dalam suatu komunitas seperti anak sekolah, anak kuliah, karyawan atau komunitas yang tergabung dalam satu lembaga atau perkumpulan. Kali ini kosngosan akan membahas apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan kekompakan antar pelajar sekolah. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Ada banyak sekali tujuan membentuk kekompakan antar siswa dalam kelas. Salah satunya agar tercipta iklim belajar yang ideal, saling membantu dan mengajari teman sekelas yang belum paham mengenai materi pelajaran.

Untuk mencapai anggota kelas yang solid maka diperlukan langkah dan cara untuk membentuk kekompakan di kelas itu sendiri. Dan guru menjadi tokoh sentral di dalamnya. Guru berperan dalam memonitor dan menjadi inisiatif dalam mengajarkan tentang solidaritas dan nilai pertemanan.

Lihat juga : Cara efektir untuk mengatasi kemalasan dalam belajar

Apa yang dimaksud dengan kekompakan dan kebersamaan? Kekompakan merupakan bekerja sama secara teratur dan rapi, bersatu padu dalam menghadapi suatu pekerjaan yang biasa ditandai dengan terciptanya saling ketergantungan.

Sementara itu kebersamaan merupakan segala sesuatu yang kita lakukan dan pikirkan selalu melibatkan orang lain.

Jadi bagaimana upaya meningkatkan kekompakan pelajar?


kekompakan siswa kelas

Kekompakan antar siswa dipengaruhi oleh kepribadian individual siswa dan cara mengajar gurunya. Ada berbagai faktor lain yang menyebabkan mengapa satu kelas kompak dan kelas lain tidak. Untuk meningkatkan kekompakan itu maka guru harus melakukan beberapa langkah diantaranya :

1. Menentukan peran dan tanggung jawab antar siswa di dalam kelas


Kelas adalah ekosistem pendidikan yang sangat penting untuk dikelola oleh guru pembimbing kelas. Pada saat setiap anggota kelas sudah diberikan peran dan tanggung jawab masing masing, maka mereka akan mendapat tugas dan fungsi secara lengkap dan terperinci.

Seluruh anggota kelas mendapat tugas dan fungsi sesuai dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Tugas dan fungsi inilah mmestilah mendapat persetujuan dari seluruh anggota kelas dan dipastikan semua pekerjaan sudah ada yang menangani.

2. Menetapkan tujuan bersama untuk anggota kelas


Untuk menciptakan kekompakan tim di dalam kelas, maka para siswa harus tahu seperti apa tujuan awal mereka belajar di sekolah. Guru harus bisa memberikan penjelasa seputar apa yang menjadi tujuan mereka dalam bersekolah. Berikan pengarahan supaya belajar dan bersosialisasi adalah dua aspek yang penting untuk perkembangan mereka.

3. Seringlah memberikan tugas dan presentasi kelompok


Dengan memberikan tugas kelompok lebih banyak dari tugas individu, maka diharapkan para siswa bisa lebih mampu berkoordinasi dan meingkatkan interaksi antar sesama anggota kelas. Hal ini akan meningkatkan solidaritas dan kekompakan tim mereka untuk mengerjakan dan menganalisis bersama tugas yang diberikan oleh guru.

4. Memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap anggota kelas yang berprestasi


Penghargaan yang diberikan kepada siswa di kelas bagi mereka yang berprestasi atau memiliki nilai bagus dapat memotivasi anggota kelas lain untuk melakukan hal yang sama. Selain itu dengan adanya apreasiasi, mereka akan merasa lebih dihargai dan memiliki motivasi kuat dalam belajar di kelas bersama teman temannya.

5. Mengatasi dengan sigap setiap perselisihan dan kekecewaan dalam anggota kelas


Didalam setiap anggota kelompok seperti satu kelas, pasti pernah terjadi konflik dan salah paham. Penanganan perselisiahan oleh guru dengan sika yang arif sangat diperlukan untuk menjaga hubungan dan stabilitas kelas.

Jangan membiarkan dendam dan konflik tersebut tumbuh antara satu anggota kelas dengan anggota lain dalam kurun waktu yang lama. Bersama seluruh anggota kelas tetapkan aturan dan kesepakatan kelas dimana masing-masing dapat melakukan pendekatan pada yang lainnya ketika ada sesuatu yang perlu ditangani.

Baca juga : Tips menghindari diri dari zina dan pergaulan bebas bagi pelajar

Sekianlah pembahasan kita kali ini mengenai solusi peningkatan kekompakan antar siswa dalam kelas. Semoga kamu yang berprofesi sebagai guru bisa menerapkan langkah diatas untuk terciptanya kondisi kelas yang solid.
Buka Komentar