3 Macam tipe pengguna facebook yang paling menyebalkan di timelinemu

3 Macam tipe pengguna facebook yang paling menyebalkan di timelinemu

Tiada hari tanpa membuka facebook. FB sudah menjadi salah satu media sosial paling banyak dibuka oleh pengguna internet sekarang ini. Ada banyak fitur yang disediakan yang membuat orang orang bisa berinteraksi satu sama lainnya.

Macam macam jenis orang ada di facebook. Dengan kemudahan pendaftaran akun barunya, banyak orang memiliki lebih dari 1 akun facebook untuk berbagai kebutuhan. Karena membuat akun facebook terbilang mudah apalagi hanya membutuhkan identitas gmail dan bisa dibuat di hp, maka berbagai macam tipe pengguna facebook akan sering kamu temui mulai yang positif hingga menyebalkan.

Tampilan facebook dulu memang berbeda dengan sekarang karena berbagai update yang dikeluarkan oleh perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckenburg ini. Kamu bisa menggunakan facebook melalui pc dengan mengakses langsung situsnya dari browser atau membuka lewat smartphone android dan ios dengan mendownload aplikasi facebook.

Baca lainnya : Cara menghindari kejahatan cyber crime phising akun facebook

Cara untuk membuat facebook di laptop dan hp juga terbilang mudah, kamu hanya diminta untuk memasukkan nama pengguna, password dan alamat email atau nomor telepon kemudian selanjutnya di otentifikasi dengan mengirimkan kode keamanan.

3 tipe pengguna facebook yang paling menyebalkan seharusnya kamu hindari


Tidak ada hal baik dan buruk di internet. Hal baik dan buruk hanyalah ada dalam pikiranmu sebagai pengguna internet. Kamu yang bisa menilai sendiri mengenai konten di facebook. Intinya adalah Jangan mudah percaya apa yang ada di facebook. Jangan juga asal memberikan komen kalau niat menanggapi diskusi dan debat tertentu yang ujungnya komen kamu malah jadi bahan postingan shitpost.

tipe pengguna facebook

Berikut adalah beberapa tipe akun yang mungkin akan membuatmu geregetan :

Pengguna yang suka mengemis like dan komen amin


Pengguna ini memanfaatkan kebodohan pengguna facebook. akun macam begini paling laku karena tidak cuma di ndonesia, diluar negeri juga ada. Tapi memang lebih banyak terjadi Indonesia. Target mereka adalah pengguna newbie atau kelewat polos.

Akun ini biasanya menggunakan page yang berembel-embel agama. Setiap postingan mereka pasti ditaburi bumbu ancaman dosa bila tidak melakukan like atau komen. Juga meminta untuk mengasihi foto atau gambar orang kena musibah, fenomena alam, momentum politik. Mereka beraksi untuk membuat pemikiran korbannya dimabuk dengan hoax dan provokasi yang justru menjatuhkan mentalitas dan mengkerdilkan daya pikir.

Memanfaatkan nilai absolut agama dan menghipnotis mereka. Akun ini pintar, tapi bodoh. Berhasil menipu jutaan pengguna facebook. Ini memang termasuk salah satu klik bait, logikanya mana ada orang mendapatkan amal lewat like di facebook?

Pengguna yang suka report akun


Jenis akun ini memang tidak punya keuntungan sama sekali. Bagi mereka ada kepuasan tersendiri ketika berhasil menghanguskan akun seperti grup atau page. Biasanya target mereka adalah akun-akun yang punya sesuatu yang lebih menarik dari mereka. Pemilik asli akun ini umumnya berusia remaja yang senang melaporkan akun dan tergabung dalam grup tertentu.

Para pelapor ini akan mencari korban atau target, kemudian langsung mengerahkan akun-akun palsu mereka membombardir akun target dengan report. Mereka merasa perbuatan ini mulia. Mimpinya adalah menciptakan dunia facebook yang sesuai keinginan pribadi. Dibandingkan perang ide, mereka terlalu bodoh. Bisanya cuma bisa main report. Sehingga eksistensi mereka sendiri justru jadi racun di internet.

Baca juga : Kumpulan meme status Facebook terbaru bikin ngakak

Tidak jarang pemilik akun jenis ini termasuk orang yang no life. Mereka kurang punya teman di dunia nyata. Karena tidak tau bagaiman internet bekerja, malah jadi tukang report. Perbuatan yang sia sia saja sih. Mereka tidak akan segan menyalin atau meniru identitas orang lain dan itu adalah perbuatan yang tidak terpuji sama sekali.

Pengguna yang suka scammer atau penyebar spam


Dengan memanfaatkan kebodohan mayoritas pengguna facebook, muncullah para scammer. Mereka sering memanfaatan kejadian politik, perang, konflik untuk dapat keuntungan. Dibandingkan dengan 2 kerjaan gak untung di atas, yang ini justru yang mengeruk untung.

Akun ini bisa sekejap meraup simpati banyak orang lewat postingan mereka yang menggoda dengan judul persusif dan tak jarang kontroversi dan sangat ampuh memancing para pecandu drama. Mereka tidak segan membelokkan fakta dengan artikel yang mereka ubah agar mampu mempengaruhi pemikiran targetnya.

Mereka juga berpotensi mengeluarkan kelompok simpatisan dadakan. Kelompok yang akhirnya menjadi pion perusak moral di facebook. Tujuannya ini bukan ke arah positif, melainkan tujuan pribadi yang merobek segala hal yang sebetulnya tidak ada masalah jadi masalah, ujungnya adalah disintegrasi bangsa.

Tidak sebatas mengendalikan pemikiran banyak orang, mereka membuat penggalangan dana lewat aksi mereka alias fund rising. Uangnya yang berhasil mereka kumpulkan masuk ke kantong pribadi. Korban dapat apa? Yang mereka (korban) dapat hanyalah pikiran kotor hasil racun postingan para scammer ini.

Solusi terhindar dari racun konten facebook


Dari ketiga jenis akun facebook diatas, mungkin kamu atau teman mu pernah menjadi korbannya. Jadi bagaimana caranya supaya terhindar dari mereka? Semuanya tergantung dari pribadi sendiri yang memfilter konten dan perilaku setiap membua facebook. Bisa seandainya kita atau pengguna facebook lain yang kurang pengetahuan maka berdiskusi adalah cara terbaik.

Andaikan kamu dan kelompok lain ingin perang ide silahkan mengeluarkan argumen terbaiknya tanpa saling menghujat apalagi menjelek jelekkan pihak lawan dengan berita hoax. Ironisnya bila ada orang yang berpendapat sesuai data, sering dianggap kurang ajar. Padahal dari situ orang mulai mau berpikir sendiri. Jika opini saja dibungkam, artinya kita sudah masuk pada fase otoriter dan membuang jauh demokrasi yang kita bina.

Baca lainnya : Tips Bermain Instagram dan Media Sosial yang Sehat

Sekianlah pembahasan mengenai 3 Macam tipe pengguna facebook yang paling menyebalkan di timelinemu dan solusi menghindari konten negatif di media sosial kali ini. Mimin harap kamu bisa mengambil pelajaran dari bermain facebook selama ini. Jangan berlama lama menghabiskan waktu di dunia online, karena ada kehidupan nyata lebih positif menantimu diluar sana.

Buka Komentar