Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengedit dan Mengisi Data Ms Excel di HP iPhone

Bagaimana cara edit excel atau spreadsheet di iPhone milikmu? Apakah file dengan format excel atua spreadsheet yang tersimpan di iphone bisa diedit dan disimpan lagi? Seperti yang kita ketahui bahwa excel adalah salah satu program pengolah kata milik windows. Bagi kamu pengguna windows di laptop dan komputer menggunakan aplikasi ini sudah tidak asing lagi.

Untuk mengedit dan menggunakan file excel di iphone diperlukan aplikasi pengolah lembar kerja khusus untuk sistem operasi iOS. Kamu bisa saja mencari aplikasi terkait di apple store terkait pengolah kata dan angka seperti excel ini.

Aplikasi office Gratis yang didalamnya terkandung microsoft excel bisa digunakan untuk bahkan versi keluaran iphone lama yaitu iphone 4.  Office untuk iOS ini dibuat untuk membantu mengintegrasikan antara file yang kamu dapatkan dari laptop atau di internet.

Sebelum membahas cara mengedit dan menggunakan excel di iphone, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai sejarah penggunaan aplikasi office dan perkembangan iphone dari waktu ke waktu. Hal ini untuk menambah pegetahuan seputar dunia teknologi.

Excel merupakan salah satu produk microsoft office yang paling fenomenal. Berdasarkan yang dikutip dari laman wikipedia, Excel mulai diperkenalkan Ppada tahun 1982.

Pada waktu itu microsoft sendiri membuat program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M.

Akan tetapi tidak dengan sistem MS-DOS mengingat terdapat saingan besarnya bernama Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel. Sehingga sampai sekarang excel terus dipakai dan dikembangkan bersama produk microsoft lainnya.

Baca juga : Cara Membuat Aplikasi Web untuk iOS atau iPhone

Cara Edit Spreadsheet di iPhone

Cara Edit Spreadsheet dan Excel di iPhone

iPhone yang menggunakan system operasi iOS sangat support terhadap program pengolah angka bernama excel ini. adapun langkah untuk menggunakan microsoft excel ini adalah sebagai berikut :

Langkah 1 :

Download aplikasi office di apple store. Kamu bisa memilih aplikasi seperti dibawah ini :

WPS Office for iOS
Google drive for iOS
Excel for iOS

Setelah itu download dan install aplikasi tersebut di perangkat apple milikmu.

Langkah 2 :

Buka aplikasi excel seperti biasa. Kamu bisa memilih membuat file baru atau mengedit file yang sudah ada yang tersimpan di file iphone milikmu.

Untuk membuat atau mengedit dokumen, masuk dengan akun Microsoft gratis di perangkat dengan ukuran layar 10,1 inci atau lebih kecil.

Buka Microsoft Office lengkap dengan layanan Office 365 yang memenuhi syarat (lihat http://aka.ms/Office365subscriptions) untuk iPhone, Tablet, PC, dan Mac milikmu.

Kamu bisa melakukan berbagai olah data, review, edit dan bekerja dimana saja dengan aplikasi excel untuk iphone diatas. Edit data milikmu atau perbarui daftar tugas dari mana saja.

Fitur seperti kolom penyortiran dan filter membantu memfokuskan review. Kamu bisa membuat, menggandakan, menyembunyikan, dan menampilkan spreadsheet dengan mudah.

Aplikasi ini disediakan oleh Microsoft. jadi kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan lega, karena hampir sama saja fitur yang diberikan seperti microsoft excel yang ada di windows pada perangkat komputer atau laptop milikmu.


Aplikasi SpreadSheet / Excel di iPhone

Ada beberapa rekomendasi aplikasi edit spreadsheet atau excel yang tersedia untuk iPhone dan sistem operasi iOS yang sudah kosngosan rangkum untuk kalian, yaitu :

  1. Microsoft Excel yaitu aplikasi ini berasal dari Microsoft untuk spreadsheet
  2. Google Sheets yaitu aplikasi spreadsheet dari Google yang memungkinkan kolaborasi secara online pakai google account.
  3. Numbers yaitu Aplikasi spreadsheet bawaan iOS yang penuh fitur dengan integrasi yang baik dengan perangkat Apple lain, seperti iphone, mac dll
  4. Calc XLS dari Mariner Software
  5. Quip adalah aplikasi edit spreadsheet untuk produktivitas yang menyatukan spreadsheet, dokumen, dan kolaborasi
  6. Airtable dari Airtable, Inc. yaitu tool edit spreadsheet yang dapat digunakan untuk mengatur data dan proyek excel
  7. Zoho Sheet dari Zoho Corporation yang memberikan integrasi dengan Zoho CRM dan aplikasi bisnis sejenis
  8. Smartsheet dari Smartsheet, Inc. khusus untuk manajemen proyek dan kolaborasi tim.
  9. Numbers Super 2 dari iSuper Studio yaitu Aplikasi edit spreadsheet yang digunakan untuk berbagai fitur pengeditan file dalam format excel
  10. Polaris Office dari Infraware Co, sama seperti microsoft office, yaitu tool suite untuk keperluan kantor yang mencakup spreadsheet, dokumen, dan presentasi.


Kata Penutup

Sekianlah pembahasan mengenai Cara mengedit dan menggunakan excel di iPhone kali ini, semoga bisa membantu kamu yang memiliki perangkat smartphone iphone tetapi kebigungan membuka atau mengedit file excel di dlam hpnya.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya