Cara Gerakan Meliukkan Badan dalam Latihan Olahraga

Cara Gerakan Meliukkan Badan dalam Latihan Olahraga

Bagaimana posisi badan ketika meliukkan badan? Meliukkan badan merupakan salah satu teknik gerakan yang ada didalam olahraga. Dan kali ini kosngosan akan membahas mengenai cara melakukan gerakan meliukkan tubuh dengan berbagai teknik. Selain berguna untuk membantu melatih sebelum aktifitas inti, meliukkan tubuh juga bisa digunakan sebagai peregangan.
meliukkan tubuh

Gerakan meliukkan badan termasuk jenis gerakan non lokomotor yang dalam istilah lain disebut keterampilan stabilitas. Gerakan ini bisa diartikan sebagai yang meminimalisasir gerakan dari tempatnya atau landasan.

Gerakan pada dasarnya selalu dilakukan manusia. Namun ada beberapa jenis gerakan yang dibagi menjadi 3 jenis yatu gerakan lokomotor (bergerak dari tempat asal), non lokomor dan gerakan manipulatif.

Dalam cabang olahraga ketiga gerakan ini memiliki porsi masing masing. Jadi bila kamu belajar mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga, kemungkinan besar kamu akan mempeljari mengenai gerakan dasar ini. Posisi kedua tangan saat meliukkan badan adalah diangkat keatas. Bisa juga dibelakang kepala.

Baca juga : Cara memutar badan dalam teknik gerakan olahraga

Meliukkan badan dari kiri ke kanan sering kali dilakukan baik tanpa menggunakan apa pun juga menggunakan alat seperti tongkat. Bagaimana sikap lengan saat melakukan gerak meliukkan badan? sikap lengan yang baik adalah mengikuti pergerakan badan.

Teknik melakukan gerakan meliukkan badan


Salah satu tujuan dalam melakukan meliukkan badan adalah untuk menjaga dan melatih kelenturan (fleksibelitas) dari otot pinggang atau pinggul dan juga melenturkan sendi.

Adapun cara melakukannya adalah :

Langkah 1 :

Silahkan berdirilah tegak dengan kedua kaki dirapatkan atau direnggangkan dan kedua tangan mengikuti pergerakan tubuh nantinya

Langkah 2 :

Kemudian kamu bisa letakkan satu kaki di depan dan satu kaki di belakang. Atau bisa juga kaki kiri dan kanan sejajar seperti berdiri pada umumnya. Untuk kedua tangan diangkat keatas.

Langkah 3 :

Setelah itu mulailah bergerak meliukkan seluruh tubuhmu seperti pada gerakan senam atau tarian.  Putarlah pinggulmu searah jarum jam sambil berhitung. Setelah selesai putar kembali pinggulmu berlawanan arah jarum jam.

Kamu juga bisa melatih meliukkan badan dengan posisi duduk yaitu menjulurkan kedua kaki kedepan sambil meliukkan pinggul dengan kedua tangan dibelakang kepala.

Silahkan praktekkan atau kamu juga bisa mengikuti instruktur profesional agar lebih maksimal. Berikut adalah gambar meliukkan badan yang bisa kamu lihat dibawah ini :

gambar meliukkan tubuh

Kamu telah mempelajari kebugaran jasmani dan olahraga dengan baik. Dengan demikian kamu dapat mempraktikkannya langsung dan menguasai gerakan-gerakan tersebut dirumah.

Lihat juga : Tips terhindar dari resiko pergaulan bebas bagi pelajar

Sekianlah pembahasan mengenai Cara Melakukan Gerakan Meliukkan Badan dalam Olahraga kali ini semoga bisa membantu kamu yang sedang mencari referensi untuk pembelajaran pendidikan jasmani ya. Bagikan tulisan ini bila kallian merasa bermanfaat.
Buka Komentar