Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gerakan Meliukkan Badan dalam Latihan Olahraga

Bagaimana posisi badan ketika meliukkan badan? Meliukkan badan adalah salah satu teknik gerakan yang ada didalam olahraga. Kali ini, kosngosan akan membahas mengenai cara melakukan gerakan meliukkan tubuh dengan berbagai teknik. Selain berguna untuk membantu melatih sebelum aktifitas inti, meliukkan tubuh juga bisa digunakan sebagai peregangan.

Arah gerakan meliukkan badan awalnya dilakukan searah dengan tangan. Gerakan meliukkan badan termasuk jenis gerakan non lokomotor yang dalam istilah lain disebut keterampilan stabilitas. Gerakan ini bisa diartikan sebagai yang meminimalisasir gerakan dari tempatnya atau landasan.

Gerakan pada dasarnya selalu dilakukan manusia. Namun ada beberapa jenis gerakan yang dibagi menjadi 3 jenis yatu gerakan lokomotor (bergerak dari tempat asal), non lokomor dan gerakan manipulatif. gerak meliukkan badan dilakukan dengan cara yang benar dan bergantian.

Dalam cabang olahraga ketiga gerakan ini memiliki porsi masing masing. Jadi bila kamu belajar mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga, kemungkinan besar kamu akan mempeljari mengenai gerakan dasar ini. Posisi kedua tangan saat meliukkan badan adalah diangkat keatas. Bisa juga dibelakang kepala.

Meliukkan badan dari kiri ke kanan sering kali dilakukan baik tanpa menggunakan apa pun juga menggunakan alat seperti tongkat. Bagaimana sikap lengan saat melakukan gerak meliukkan badan? sikap lengan yang baik adalah mengikuti pergerakan badan.

Baca juga : Cara memutar badan dalam teknik gerakan olahraga


Cara Meliukkan Badan

cara meliukkan badan

Salah satu tujuan dalam melakukan meliukkan badan adalah untuk menjaga dan melatih kelenturan (fleksibelitas) dari otot pinggang atau pinggul dan juga melenturkan sendi.

Adapun  langkah melakukan gerakan meliukkan badan adalah sebagai berikut :


Langkah 1 :

Silahkan berdirilah tegak dengan kedua kaki dirapatkan atau direnggangkan dan kedua tangan mengikuti pergerakan tubuh nantinya


Langkah 2 :

Kemudian kamu bisa letakkan satu kaki di depan dan satu kaki di belakang. Atau bisa juga kaki kiri dan kanan sejajar seperti berdiri pada umumnya. Untuk kedua tangan diangkat keatas.


Langkah 3 :

Setelah itu mulailah bergerak meliukkan seluruh tubuhmu seperti pada gerakan senam atau tarian.  Putarlah pinggulmu searah jarum jam sambil berhitung. Setelah selesai putar kembali pinggulmu berlawanan arah jarum jam.

Kamu juga bisa melatih meliukkan badan dengan posisi duduk yaitu menjulurkan kedua kaki kedepan sambil meliukkan pinggul dengan kedua tangan dibelakang kepala.


Langkah 4 :

Silahkan praktekkan atau sobat kosngosan juga bisa mengikuti instruktur profesional agar lebih maksimal. Berikut adalah gambar meliukkan badan yang bisa kamu lihat dibawah ini :

gambar meliukkan tubuh

Kamu telah mempelajari kebugaran jasmani dan olahraga dengan baik. Dengan demikian kamu dapat mempraktikkannya langsung dan menguasai gerakan-gerakan tersebut dirumah.


Contoh Gerakan Meliukkan Badan

  • Peregangan, ini termasuk peregangan otot-otot besar seperti peregangan hamstrings, peregangan pinggul, dan peregangan bahu.
  • Yoga, gerakan yoga adalah kombinasi gerakan meliukkan badan, pernapasan, dan meditasi. Contohnya termasuk "Cat-Cow Stretch", "Downward-Facing Dog", dan "Child's Pose".
  • Pilates, Gerakan ini menggunakan gerakan meliukkan badan untuk memperkuat inti tubuh, meningkatkan postur, dan meningkatkan fleksibilitas. Contoh gerakan pilates termasuk "Roll-Up", "Spine Twist", dan "Swan Dive".
  • Peregangan dinamis, gerakan ini melibatkan gerakan meliukkan badan yang dinamis dan berulang, seperti lompatan rendah, lunges, dan gerakan lingkaran dengan lengan dan kaki.
  • Mobilitas, termasuk gerakan untuk meningkatkan mobilitas sendi dan rentang gerak, seperti gerakan bahu dan pinggul.
  • Foam Rolling, menggunakan roller busa untuk melakukan self-massage pada otot-otot tertentu guna meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi kekakuan.
  • Sirkuit Training, yang mencakup berbagai gerakan meliukkan badan seperti lunges, squat, dan burpees.
  • Gerakan Balance, yaitu latihan yang melibatkan gerakan meliukkan badan sambil menjaga keseimbangan, seperti melakukan gerakan yoga pada satu kaki atau berdiri di atas bola kestabilan.


Kata Penutup

Ayo berolahraga, karena dengan memberikan gerakan kepada tubuh kita, maka sobat kosngosan telah menerapkan pola hidup sehat yang membantu menjaga kesehatan dalam jangka panjang. 

Sekianlah pembahasan mengenai Cara Melakukan Gerakan Meliukkan Badan dalam Olahraga kali ini semoga bisa membantu sobat kosngosan yang sedang mencari referensi untuk pembelajaran pendidikan jasmani ya. Bagikan tulisan ini bila kallian merasa bermanfaat.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya