Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melakukan gerakan memutar badan dalam olahraga

Banyak gerakan dalam olahraga yang membuat tubuh menjadi sehat, salah satunya dalah gerakan memutar badan. Memutar badan merupakan gerakan dasar yang dibutuhkan sebagai teknik dasar dalam beberapa permainan olahraga, sebut saja seperti sepakbola dan basket.

Bagaimana cara berputar pada kombinasi gerak yang telah kamu lakukan? Banyak contoh gerakan memutar yang ada dalam permainan olahraga. Dan kali ini kosngosan akan memberikan panduan bagaimana cara memutar tubuh yang benar agar tidak mengalami cedera.

Olahraga merupakan pangkal kesehatan. Barangsiapa yang ingin sehat, maka harus rajin berolahraga. Dengan berolahraga maka kamu akan mengeluarkan keringat dan memperlancar sistem metabolisme tubuh.

Keringat yang keluar juga akan membawa zat beracun atau toxic keluar tubuh sehingga akan membuat kamu lebih sehat tentunya.

Gerakan lompat sambil memutar badan 180 derajat bertujuan untuk melatih daya tahan, keseimbangan, kecepatan dan ketangakasan.

Apa yang disebut sebagai putaran adalah suatu gerakan yang dilakukan dengan cara memutarkan tubuh dan kaki mu pada suatu ppsisi yang kamu kehendaki. Ketika kamu berputar berarti kamu mengubah arah baik searah jarum jam maupun berlawanan jarum jam.

Memutar badan berbeda dengan meliukkan badan. Meliukkan badan umumnya digunakan untuk pemanasan dan senam. Cara melakukan gerakan meliukkan badan cukup berdiri tegak, kemudian liukkan badan kedepan dengan tenang, hati hari jangan sampi keseleo

Gerakan seperti memutar tangan dan kaki searah jarum jam bisa memberikan efek positif pada persendian. Untuk efek awal otot milikmu akan lelah dan terasa kaku. 

Akan tetapi setelah melakukannya secara rutin, secara perlahan tubuh kamu akan mulai bergerak dengan rileks dan fleksibel. Gerakan latihan ini sebaiknya kamu lakukan setiap hari untuk hasil yang terbaik.

Dalam ilmu pendidikan jasmani, ada 3 jenis gerakan dasar yang disebut sebagai gerakan lokomotor, non lokomotor dan manipulatif.

Gerakan lokomotor adalah gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling. Gerakan manipulatif yaitu gerakan yang memakai alat bantu seperti shuttlecock, bola dan lainnya.

Gerakan non lokomotor yaitu gerakan yang tidak disertai dengan perpindahan tempat, seperti misalnya meliuk, menggoyangkan pinggul dan bahu, menarik, menekuk, dan memutar badan. Jadi bisa dikatakan gerakan memutar badan termasuk dalam gerakan non lokomotor.

Baca juga : Cara Meliukkan Badan yang Benar


Cara Melakukan Gerakan Memutar Badan yang Benar

Cara Melakukan Gerakan Memutar Badan yang Benar

Cara melakukan gerakan memutar ada banyak ragamnya. Seperti gerakan melompat sambil berputar yang menjadi gerak dasarnya melompat biasa.

Dalam bola basket misalnya dikenal sebagai teknik pivot, yaitu teknik dasar gerakan memutar badan yang dilakukan pemain menggunakan salah satu kaki sebagai poros putaran setelah menerima bola. 

Beda lagi dengan olahraga renang, teknik berputar ini disebut tumble turn yang merupakan gaya yang digunakan ketika seorang perenang akan berbalik arah.

Teknik memutar badan secara umum dimulai dari :
  • Badan berdiri tegak
  • Kamu bisa menggunakan kaki kanan atau kiri sebagai tumpuan
  • Putar badan searah jarum jam hingga 180 derajat
  • Kaki kembali ke posisi awal dengan badan tetap berdiri tegak
  • Lakukan dengan hati-hati

Untuk melakukan gerakan memutar badan, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan:
  • Berdiri tegak: Mulailah dengan berdiri tegak dengan kaki selebar bahu dan lengan dalam posisi santai di samping tubuh.
  • Posisikan kaki: Posisikan kaki kiri ke depan dan kaki kanan ke belakang, dengan telapak kaki menghadap ke depan.
  • Mulai memutar: Mulailah memutar badan dengan menyilangkan lengan kiri di depan dada dan mengangkat lengan kanan ke atas kepala.
  • Putar badan: Putar badan selama 180 derajat dengan menggunakan kaki kiri sebagai poros putar dan mengikuti gerakan lengan.
  • Kembali ke posisi awal: Kembali ke posisi awal dengan meletakkan lengan kanan kembali ke sisi tubuh dan kaki kanan ke depan.
  • Ulangi gerakan: Ulangi gerakan ini dari sisi lain dengan memutar badan dari kaki kanan dan lengan kanan.
Perlu diingat, gerakan ini harus dilakukan dengan perlahan dan lancar, jangan terburu-buru dan jangan memaksakan untuk memutar sampai batas maksimal jika belum terlatih. Jika merasa kesulitan, kamu dapat melakukan dengan gerakan yang lebih sederhana terlebih dahulu.


Kesimpulan

Semua gerakan dasar seperti salah satu memutar tubuh menjadi penting karena akan melatih keseimbangan dan fleksibilitas tubuh. Ini akan membantu mengaktifkan otot inti yang bisa membantu kamu mengencangkan bagian tengah tubuh.

Sekian pembahasan olahraga seputar cara mudah melakukan gerakan memutar badan kali ini, semoga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mu. Jangan lupa share dan komentar artikel ini ya.
Oleh harahap reza