Cara membuat Film Pendek Indie bagi Pemula

Cara membuat Film Pendek Indie bagi Pemula

Siapa yang tidak suka film? hampir semua orang suka menonton film. Seperti yang kamu ketahui ada banyak jenis dan genre film. Ada film dokumenter, film komersial, film pendidikan dan pembelajaran serta jenis film indie. Pernah dengar? Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat film pendek indie bagi kamu yang masih pemula.

Ada banyak tujuan pembuatan film indie seperti untuk tugas sekolah dan kampus misalnya. Film indie juga bisa kamu buat dengan menggunakan HP di android milikmu. Akan tetapi jelas bahwa spesifikasi perangkat perekam video yang kamu punya harus berkualitas agar video nya juga berkualitas dan enak ditonton.

Nah sebelum membahas bagaimana cara membuat film indie, kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu film indie. Film jenis indie yang memiliki kepanjangan film independen ini merupakan sebuah proyek film buatan sendiri atau perseorangan tanpa terikat oleh studio besar seperti film komersil sebut saja seperti film hollywood atau bollywood.

Secara kualitas memang tentunya tidak akan bisa mengimbangi film komersil yang didukung oleh sponsor dan investor serta dengan bantuan studio dimana didalamnya sudah memiliki para kreator handal. Akan tetapi film indie memiliki ciri khas tersendiri yang dapat mewakili ekspresi, emosi, serta perasaan sang kreatornya.

Lihat juga : Tips meminimalisir kesalahan dalam event atau kegiatan

Film indie memang lebih amatir. Akan tetapi biasanya ada banyak kontes atau perlombaan film indie untuk menyaring berbagai bakat potensial para produser film beginner. Sebut saja acara eagle award yang diadakan oleh lembaga media indonesia di metrotv.

Bagaimana tips menciptakan film indie yang berkualitas?


Pertanyaan yang pastinya membuat kamu penasaran dengan jawabannya. Untuk itu kamu perlu mengikuti beberapa tips sederhana yang akan mimin berikan dibawah ini, semoga kamu bisa terapkan sebelum memulai proyek film nya ya!

cara membuat film indie

1. Susunlah ide dan topik film yang orisinal dan sesuai dengan passionmu


Faktor yang terpenting dari sebuah film indie adalah isi dan kualitasnya. Jika kamu ingin menciptakan film yang berkesan dan disukai banyak orang maka fokuslah pada ide film yang orisinal dan tentunya sesuai dengan passionmu. Utamakan juga yang namanya isi dan alur ceritanya.

Mulailah menulis skenario atau cerita yang menarik. Kenapa harus sesuai dengan passionmu? Karena ini akan membuatmu lebih menyukai membuat film tanpa adanya beban sedikit pun. Sementara jangan membuat patokan kepopuler film untuk semua orang, karena kamu tidak akan bisa menyenangkan hati semua orang. Jadi fokus saja kepada hal yang menjadi passion mu.

2. Seleksi dan perhatikan orang yang terlibat dalam pembuatan film indie-mu


Film indie walaupun hanya film amatiran dengan biaya pas pasan, tetap saja memiliki tokoh didalamnya. Selain tokoh film, pasti ada juga kru yang terlibat dalam pembuatan film-nya. Kamu mau tidak mau harus bekerja sama dengan orang lain karena memang untuk mengerjakan proyek film ini tidaklah sesederhana yang diperkirakan.

kru film indie

Oleh karena itu kamu bisa memilih teman atau keluarga mu untuk bergabung dalam proyek mu. Selain tidak perlu adaptasi lagi, kalian mungkin tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk menyewa mereka dan tentunya akan lebih mengasyikkan bukan.

3. Lakukan pra-riset sebelum terjun langsung ke lokasi syuting


Sebelum melakukan kegiatan syuting film indie, terlebih dahulu kamu juga harus mencari tahu mengenai latar belakang film yang akan kamu buat. Sama seperti penelitian lapangan, kamu tidak bisa serta merta turun langsung ke lokasi tanpa mengetahui medan yang sesungguhnya bukan. Jika riset dilakukan dengan serius, maka akan menghasilan informasi yang sangat detail.

Bila kamu tidak ingin menghabiskan biaya besar, maka kamu bisa saja browsing atau bertanya kepada orang yang sudah mengetahui mengenai kondisi di lapangan yang sesungguhnya. Kemudian kamu bisa catat data dan indormasi yang didapat tadi sebagai bahan referensi. Kemudian dari informasi pra riset tersebut akan menjadi faktor penentu langkah selanjutnya yang akan kamu buat.

4. Fokus dan benar benar memiliki niat untuk menghasilkan film indie yang berkualitas


Kamu harus fokus dan memang memiliki niat untuk membuat film indie. Ini juga merupakan faktor penting dalam menciptakan film yang berkualitas. Membuat film tidak bisa setengah setengah, harus ada totalitas semua kru didalamnya. Jangan sampai ketika nanti sudah berada di tengah pembuatan film, kamu justru merasa ini berat dan akhirnya membatalkan pembuatan film yang tinggal setengah jalan lagi.

Jika kamu membuat film indie hanya karena paksaan atau tekanan dari pihak lain bukan justru dari motivasi dalam diri sendiri, maka film yang akan kamu buat tidak akan semudah dan semulus yang kamu bayangkan. Seperti hidup, pembuatan film tentunya akan mengalami kendala dan kamu juga harus tahu itu. Kamu perlu memantapkan niat dan motivasimu agar nantinya tidak sampai merugikan semua kru yang terlibat.

5. Persiapkan peralatan dan hal teknis lainnya dengan baik dan benar


Peralatan yang akan kamu gunakan harus dipersiapkan dengan baik jauh hari sebelum proses syuting dimulai. Memanfaatkan peralatan yang ada dengan semaksimal mungkin adalah cara membuat film indie yang efektif dan eifisien. Jangan memaksakan peralatan tertentu untuk mengsilkan film yang diluar kemampuannya. Karena akan berdampak buruk terhadap film indie itu sendiri.

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pembuat film amatir adalah apakah kita benar benar membutuhkan alat yang mahal untuk menghasilkan film indie yang berkualitas? Jawabannya adalah bisa iya bisa tidak.

Meskipun ada benarnya sesuatu yang mahal pasti menghasilkan kualitas terbaik, namun bila ditangani oleh seseorang yang "setengah hati" dalam membuat film, tetap saja kualitasnya nomor dua dibandingkan kamu yang hanya menggunakan peralatan minimalis akan tetapi betul betul menggarap film tetap adalah yang paling utama.

6. Mengenai syuting dan pengambilan film


Syuting dilakukan setelah melakukan pra-riset. Terjun ke lapangan, datangi dan minta izin pihak terkait untuk melakukan wawancara dan perekaman video. Jangan lupa menggunakan mikrofon tambahan ketika melakukan proses syuting, apalagi kalau berada di tengah keramaian seperti pasar atau bazar. Kemudian gunakan juga naskah skenario yang telah disusun sebelumnya sebagai acuan.

Kamu harus menggunakan tripod apabila proses syuting berlangsung cukup lama dan tidak dilakukan sambil bergerak. Kamu bisa merekam semua pict yang sudah ditulis dalam daftar footage. Apabila kamu masih punya waktu dan penyimpanan yang masih memungkinkan maka kamu bisa merekam gambar tambahan lain yang mungkin nanti bisa digunakan sebagai tambahan disaat proses editing.

7. Mengedit film indie


Tahap pertama editing dimulai dari mengumpulkan semua hasil rekaman yang sudah dipilih dengan memindahkan semuanya ke dalam media penyimpanan komputer atau laptop milik mu. Dengan menggunakan software editing yang biasa kamu pakai maka kamu bisa menyusun film berdasarkan sinopsis final yang sudah dibuat sebelumnya.

Kemudian masukkan footage yang kamu dan kru mu sudah rekam. Buatlah alur semenarik mungkin. Mainkan sense dan skill editing mu. Saran jangan terlalu banyak proses wawancara yang terlihat membosankan. Mungkin idealnya panjang film pendek indie adalah berdurasi 7 sampai 15 menit.

Terkait dengan musik latar kamu harus menambahkan musik yang sesuai dengan topik film indie mu. Dan yang paling penting adalah jangan menggunakan musik yang memiliki hak cipta. Gunakan musik hasil kreasi mu sendiri atau kamu bisa mengambil musik bebas hak cipta seperti di Bensound, NCS (NoCopyrightSound), Benrousse, Best No Copyright Music, Chuki Beats, FBM (Free Background Music) dan masih banyak lagi situs penyedia musik no copyright lainnya, Googling saja.

8. Jangan sungkan belajar dari ahli film indie


Terakhir merupakan salah satu rekomendasi terbaik yang mimin berikan kepada kamu yang sesaat lagi akan terjun langsung membuat film indie. Jika kamu ingin menghasilkan film indie yang berkualitas maka mulailah belajar dari ahlinya. Kamu bisa mengikuti grup atau perkumpulan film maker yang ada di daerahmu dan belajarlah bersama mereka.

Kamu tidak harus bertemu dengan mereka secara langsung. Kamu bisa melakukan chat atau telepon kepada mereka yang kamu rasa kompeten dibidangnya. Atau juga kamu bisa melihat hasil film, biografi serta pengalaman mereka untuk mencari ide dan inspirasi. Intinya belajar adalah sesuatu yang harus dilakukan secara berkesinambungan.

Baca juga : Tips sumber dana kegiatan atau event di sekolah atau kampus

Demikianlah pembahasan seputar Tips dan Cara membuat film pendek indie bagi pemula kali ini, semoga kamu yang bercita cita menjadi produser dan sutradara film profesional bisa segera terwujud dengan memulai proyek film indie ini.

Buka Komentar