Cara mengedit KTP dan SIM hasil scan di HP Android

Cara mengedit KTP dan SIM hasil scan di HP Android

Bagaimana cara edit hasil scan berkas seperti ktp dan sim di hp android menggunakan aplikasi pengolah foto? pada dasarnya aplikasi pengolah foto di android memiliki fungsi dan fitur yang terbatas bila dibandingkan aplikasi pengolah foto di laptop atau komputer. Namun bukan tidak mungkin kamu bisa menggunakannya untuk kepentingan editing.

edit ktp android
Ada banyak aplikasi editing photo di hp android yang bisa kamu coba. mulai dari aplikasi gratisan maupun premium yang berbayar semuanya ada di google playstore. Kamu bisa mengedit ktp kosong atau yang sudah discan menggunakan aplikasi tersebut dengan leluasa.

Untuk apa sih mengedit berkas seperti itu? well apabila kamu ingin melamar pekerjaan, mendaftar di perguruan tinggi atau untuk keperluan administrasi lainnya maka kamu juga akan membutuhkan yang namanya aplikasi ini. Selain KTP, yang paling sering diedit itu adalah SIM, Pas photo, Ijazah dan berkas dokumen lainnya.

Ada berbagai macam info yang bisa kamu dapatkan untuk cara edit ktp dengan photoshop. akan tetapi kebanyakan menerangkan nya melalui aplikasi windows di laptop dan kompter. Oleh karena itu kosngosan kali ini akan membahas seputar Cara mengedit KTP / SIM hasil scan di HP Android.

Baca juga : Menghilangkan iklan mengganggu di aplikasi bawaan hp xiaomi

Hasil scan yang berupa gambar dengan berbagai format seperti Jpeg dan PNG bisa kamu edit menggunakan aplikasi pengolah gambar di android. Aturlah hasil penyimpanan scan tersebut kedalam jenis jpeg atau png, bukan pdf. Hal ini untuk memudahkan kamu mengedit file tersebut nantinya.

Panduan mengedit berkas hasil scan menggunakan aplikasi android


File gambar KTP atau SIM yang sudah kita ambil dari hasil scan kemudian kita simpan di galery hp menggunakan transfer kabel data, pengirimah via bluetooth atau share it. Kamu bisa baca postingan kosngosan cara mengirim file dari hp ke laptop disini.

Setelah itu kamu bisa download dan install aplikasi pengolah gambar rekomendasi berikut ini. Cukup klik link nya dan tunggu beberapa detik untuk menuju playstore-nya.


Setelah mencari di google playstore dan memilih salah satu aplikasi tersebut, install dan pasang ke perangkat android milikmu.

Buka aplikasi tersebut dan pilih file gambar KTP yang suda kamu simpan tadi. Misalnya kamu hendak mengedit ukuran resolusi gambarnya karena biasanya hasil scan memiliki resolusi tinggi, maka kamu bisa edit dengan mengubah size nya.

Misalnya pada aplikasi photo editor, kamu ingin mengubah size atau resolusi gambar nya :

resolusi gambar ktp

Atau kamu ingin melakukan rotate pada gambarnya. Biasanya hasil scan gambarnya dalam bentuk portrait. Dan kamu ubah menjadi landscape

rotate scan gambar ktp

Kamu juga bisa crop gambar yang dirasa cukup luas untuk diperkecil sehingga akan menghemat ukuran file scan KTP

crop scan gambar ktp

Lihat juga : Cara mengedit pas foto di smrtphone android dengan cepat

Demikianlah pembahasan seputar Cara mengedit KTP / SIM hasil scan di HP Android kali ini, semoga bisa membantu kamu dalam mengelola hasil scan memanfaatkan aplikasi yang ada di smartphone mu.

Buka Komentar