Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengedit KTP dan SIM hasil scan di HP Android

Bagaimana cara edit KTP dan SIM di hp android menggunakan aplikasi? pada dasarnya, aplikasi pengolah foto di HP android memiliki fungsi dan fitur yang terbatas bila dibandingkan aplikasi pengolah foto di laptop atau komputer. Namun bukan tidak mungkin kamu bisa menggunakannya untuk kepentingan editing.

Ada banyak aplikasi edit photo di hp android yang bisa kamu coba untuk edit KTP dan SIM yang buram jadi jelas. mulai dari aplikasi gratisan maupun premium yang berbayar semuanya ada di google playstore. Kamu bisa mengedit ktp kosong atau yang sudah discan menggunakan aplikasi tersebut dengan leluasa.

Untuk apa sih mengedit KTP dan SIM di HP? well apabila kamu ingin melamar pekerjaan, mendaftar di perguruan tinggi atau untuk keperluan administrasi lainnya maka kamu juga akan membutuhkan yang namanya aplikasi ini. Selain KTP, yang paling sering diedit itu adalah SIM, Pas photo, Ijazah dan berkas dokumen lainnya.

Ada berbagai macam info yang bisa kamu dapatkan untuk cara edit ktp dengan photoshop. akan tetapi kebanyakan menerangkan nya melalui aplikasi windows di laptop dan kompter. Oleh karena itu kosngosan kali ini akan membahas seputar Cara edit KTP atau SIM hasil scan di HP Android.

Hasil scan yang berupa gambar dengan berbagai format seperti Jpeg dan PNG bisa kamu edit menggunakan aplikasi pengolah gambar di android. Aturlah hasil penyimpanan scan tersebut kedalam jenis jpeg atau png, bukan pdf. Hal ini untuk memudahkan kamu mengedit file tersebut nantinya.

Baca juga : Syarat dan Cara Mengurus E-KTP


Cara Mengedit KTP di HP Android

cara mengedit ktp buram di hp android

File gambar KTP atau SIM yang sudah kita ambil dari hasil scan kemudian kita simpan di galery hp menggunakan transfer kabel data, pengirimah via bluetooth atau share it.

Untuk mengedit KTP di HP android secara online tanpa aplikasi, kamu dapat menggunakan aplikasi atau situs web yang tersedia secara gratis. Beberapa contoh aplikasi atau situs web yang dapat kamu gunakan adalah sebagai berikut:

Canva: Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengedit foto kamu dengan berbagai alat editing, seperti crop, filter, dan teks. kamu juga dapat menambahkan elemen grafis atau desain ke foto kamu.

Pixlr: Situs web ini menawarkan alat editing foto yang lengkap, seperti crop, resize, dan filter. kamu juga dapat menambahkan teks dan efek khusus ke foto kamu.

Fotor: Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur editing foto, seperti crop, resize, dan filter. kamu juga dapat menambahkan teks, stiker, dan elemen grafis ke foto kamu.

BeFunky: Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur editing foto, seperti crop, resize, dan filter. kamu juga dapat menambahkan teks, stiker, dan elemen grafis ke foto kamu.

VSCO: Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengedit foto dengan filter yang membuat foto menjadi lebih artistik

Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil untuk mengakses aplikasi/situs yang kamu pilih.

Tapi kalau kamu ingin pakai aplikasi saja, maka kamu bisa download dan install aplikasi pengolah gambar rekomendasi berikut ini. Cukup klik link nya dan tunggu beberapa detik untuk menuju playstore-nya.
Setelah mencari di google playstore dan memilih salah satu aplikasi tersebut, install dan pasang ke perangkat android milikmu.

Buka aplikasi tersebut dan pilih file gambar KTP yang suda kamu simpan tadi. Misalnya kamu hendak mengedit ukuran resolusi gambarnya karena biasanya hasil scan memiliki resolusi tinggi, maka kamu bisa edit dengan mengubah size nya.

Misalnya pada aplikasi photo editor, kamu ingin mengubah size atau resolusi gambar nya :

resolusi gambar ktp

Atau kamu ingin melakukan rotate pada gambarnya. Biasanya hasil scan gambarnya dalam bentuk portrait. Dan kamu ubah menjadi landscape

cara edit ktp di hp android

Kamu juga bisa crop gambar yang dirasa cukup luas untuk diperkecil sehingga akan menghemat ukuran file scan KTP

cara edit ktp di hp android

Baca juga : Cara Edit Pas Foto di HP Tanpa Aplikasi

Kata Penutup

Smartphone saat ini sudah sangat membantu kita dalam mengedit hasil scan berkas lamaran kerja, termasuk kartu tanda penduduk. 

Oleh karena itu semoga kamu bisa mengikuti panduan diatas dengan baik ya. Demikianlah pembahasan seputar Cara mengedit KTP / SIM hasil scan di HP Android kali ini, semoga bisa membantu kamu dalam mengelola hasil scan memanfaatkan aplikasi yang ada di smartphone mu.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya