Membuat dan mengedit pas foto menggunakan HP Android

Membuat dan mengedit pas foto menggunakan HP Android

Mengganti dan mengedit latar belakang background pas foto di hp cukup mudah bila kamu sudah memiliki aplikasi pengolah gambar yang sudah terinstal di smartphone android milikmu. Seperti misalnya kamu ingin membuat pas foto 3x4 milikmu berlatar belakang merah atau biru, kamu tinggal edit dan atur menggunakan aplikasi photoshop untuk android.
edit pas photo android

Aplikasi edit pas foto untuk kepeluan formal ini memang terbilang banyak disediakan di google play. Kamu tinggal pilih yang sesuai dengan seleramu. Namun ada juga beberapa aplikasi yang biasanya memberikan fitur terbatas dan hanya user yang premium alias yang membayar yang bisa menggunakan fitur mereka secara lebih lengkap.

Selain mengedit melalui aplikasi, sebenarnya kamu juga bisa mengedit pas foto menggunakan aplikasi windows di laptop atau komputer. Bila kamu tidak ingin repot repot juga ada aplikasi edit pas foto online yang bisa langsung kamu gunakan begitu mengakses situsnya.

Hanya saja kelemahannya adalah kamu harus memiliki akses internet setiap kali menggunakan fitur didalamnya. Oleh karena itu kali ini kosngosan akan fokus memberikan panduan bagaimana membuat pas foto yang baik dan benar menggunakan aplikasi android.

Baca lainnya : Menghilangkan iklan menggangu di aplikasi bawaan HP Xiaomi

Bila kamu sering menggunakan photoshop atau coreldraw di laptop, sebenarnya menggunakannya lebih bagus hasilnya ketimbang aplikasi android. Akan tetapi terkadang apabila kamu ingin hasil yang lebih cepat dan HP menjadi perangkat yang dibawa kemana mana, maka kamu tidak perlu menggunakan laptop untuk mengedit setiap pas foto yang ada.

Cara mengedit pas photo untuk HP android


Mengedit pas photo yang ada di galery hp memang terbilang tidak seleluasa ketika mengedit di laptop atau komputer. Karena selain ukuran layar yang kecil, ada beberbagai fitur yang tidak bisa diberikan melalui aplikasi android maupun iOS. Akan tetapi untuk fungsi dasar memang sudah bisa mengedit pas photo dengan lumayan.

aplikasi edit pas foto

Adapun beberapa langkah yang harus kamu lakukan adalah kamu harus download salah satu aplikasi edit photo seperti :


Setelah mencari di google playstore dan memilih salah satu aplikasi tersebut, install dan pasang ke perangkat android milikmu.

Buka aplikasi tersebut dan pilih file pas photo yang ada di galery milikmu yang suda kamu simpan tadi. Atau apabila kamu belum memiliki filenya, kamu bisa membuatnya dengan melakukan pemotretan menggunakan kamera HP.

Usahakan agar tempat pemotretan berada di pencahayaan yang terang. Gunakan fitur HDR pada kamera agar hasil tangkap lebih maksimal. Pakailah background warna seragam misalnya merah saja atau biru.

Misalnya kamu hendak mengedit ukuran resolusi gambarnya karena biasanya hasil foto kamera dengan HDR memiliki resolusi tinggi, maka kamu bisa edit dengan mengubah size nya.

Perhatian untuk ukuran 3x4 itu sama dengan 354 x 472 px sementara untuk ukuran pas foto 4x6  itu sama dengan 472 x 709 px

aplikasi edit pas foto

Kamu juga bisa mengubah ukuran foto menjadi 4x6 secara online menggunakan aplikasi di situs secara online seperti freeonlinephotoeditor, fotor, befunky, picmonkey, lunapic, fotoram, fotojet dan banyak lagi situs yang menyediakan editing pas foto secara gratis.

Selain mengubah resolusi dan size gambar, kamu juga bisa melakkuan crop atau pemotongan terhadap bagian yang kurang enak dipandang. Sehingga tercipta pas foto yang proporsional dan simetris.

Untuk mengganti background photo kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama auto cut photo paste. Cari di google play dan install aplikasi tersebut. Pilih pas foto yang ingin diganti backgroundnya. Klik "Auto" kemudian klik pada background yang akan diganti.

Kamu harus memastikan hasilnya rapi dan terlihat natural. Bila kurang memuaskan kamu bisa klik "Manual" dan lakukan proses pengeditan hingga sesuai dengan yang kamu mau.

Pilih opsi "Add Background". Pilih "Background" yang sudah disediakan atau kamu dapat menggunakan background pilihanmu sendiri. Kemudian klik icon "Save". Sekarang pas photo mu sudah bisa diganti warna latar belakangnya.

Baca juga : Cara Mengedit hasil scan KTP atau SIM di HP Android

Demikianlah pembahasan kita mengenai Membuat dan mengedit pas foto di HP Android menggunakan Aplikasi kali ini, semoga kamu bisa menggunakan aplikasi yang sudah kamu install di perangkat mu tersebut untuk mengedit pas foto milikmu.

Buka Komentar