Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Contoh Kata Sambutan Ketua Panitia Acara

Bagaimana contoh kata sambutan yang baik dan benar? Kata sambutan adalah salah satu bentuk bagian acara yang memberikan waktu kepada pihak bertanggung jawab dalam menyampaikan sepatah dua patah kata terhadap kesuksesan acara yang berlangsung, dengan kata lain berupa ucapan syukur. Kali ini kosngosan akan memberikan contoh sambutan ketua panitia berbagai acara dalam format word yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan.

Ada banyak acara yang mengharuskan kamu untuk menggelar kata sambutan, seperti acara 17 agustus, acara lomba futsal, seminar, pengajian, perpisahan, reuni alumni hingga tabligh akbar bagi umat muslim. Berbagai acara seringkali mengharuskan pihak yang berwenang memberikan pidato yang berisi berbagai hal.

Pembuatan kata sambutan tidak sembarangan. Harus diperhatikan pemilihan kata yang sesui agar nantinya para peserta acara tidak bisa menerima informasi yang disampaikan oleh ketua panitia misalnya.

Walau tanpa persiapan, kamu bisa memberikan pidato kata sambutan dengan lantang apabila sudah terbiasa berbicara di depan umum. Seperti misalnya kemampuan public speaking yang dinilai perlu untuk dilatih, maka ini akan berguna ketika nantinya kamu diminta memberikan kata sambutan di awal acara.


Kata Sambutan Ketua Panitia Acara

Kata Sambutan Ketua Panitia Acara

Kata sambutan harus menggunakan bahasa formal yang sesuai dengan EYD. Kamu tidak bisa menggunakan kata informal sehari hari, karena sambutan bersifat formal dan tamu juga berasal dari instansi terkait.


1. Contoh laporan ketua panitia pelaksana kegiatan


Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Pertama marilah kita ucapakan Puji Syukur kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan nikmat-Nya, sehingga pada kesempatan kali ini kita masih bisa berkumpul di aula sekolah ini dalam rangka mengadakan acara “Kelulusan dan Perpisahan Siswa/Siswi SMA Negeri ______.

Yang saya hormati Bapak Walikota _____
Yang saya hormati Kepala Dinas Pendidikan ____
Hormat saya kepada rekan rekan sejabat, para guru dan tenaga pengajar di SMA _____
Dan anak anak didik kami yang selalu saya banggakan,

Terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh panitia acara kelulusan dan perpisahan Siswa/Siswi SMA ____  yang telah mengizinkan saya untuk berdiri selaku Ketua Panitia, untuk menyampaikan kata sambutan mewakili rekan lainnya, yang telah berjuang men-sukseskan acara di sekolah kita tercinta ini dan memberikan salam perpisahan di depan para hadirin sekalian.

Saya ingin mengucapkan selamat kepada teman teman kami semua atas keberhasilan kalian dalam mengikuti ujian yang sangat menegangkan hingga kita berhasil lulus. Itu semua tak luput dari do'a orangtua kita, usaha yang keras dari Bapak dan Ibu Guru yang telah mendidik kalian selama 3 tahun di sekolah yang sangat kita cintai ini.

Oleh karena itu tiada kata yang paling pantas untuk kita ucapkan kepada Bapak dan Ibu Guru, orangtua dan semua yang telah membantu dan mendo'akan kita selain ucapan terima kasih yang tak terhingga. Semoga Allah membalas budi baik dan jasa kalian semua.

Sesaat lagi kita bukan anak SMA lagi, bagi yang melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi kalian akan dipanggil mahasiswa atau mahasiswi. Perjuangan belumlah berakhir, tantangan masih terbentang luas dihadapan kalian, masih dituntut keseriusan dan kesungguhan kalian untuk belajar di jenjang yang lebih tinggi yaitu bangku kuliah.

Suka duka yang kita alami selama mengikuti pelajaran di sekolah ini tidak akan pernah kami lupakan, bahagaia, sedih, ceria, serius semua menjadi kenangan yang sangat berharga yang akan selalu terpatri dalam ingatan kalian, dan suatu saat nanti entah 1 tahun, 10 tahun bahkan 50 tahun yang akan datang akan menjadi sejarah perjalanan hidup kalian. kalianakan bercerita tentang kebersamaan selama ini.

Pada kesempatan ini saya mewakili seluruh Panitia Acara menyampaikan harapan kami yang sebesar-besarnya kalau selama kami belajar disini. Kami berharap guru-guru tetap bisa mengajar dengan baik, menciptakan pribadi yang sukses lagi nantinya. Semoga jerih payah Bapak dan Ibu Guru serta semua yang bertugas di sekolah ini tidak sia-sia, dan akan dicatat oleh Allah sebagai amal ibadah. Aamiin.

Di akhir kata saya ingin menyampaikan sebuah pantun, bila ada sumur diladang boleh kami menumpang mandi, bila ada umur panjang suatu saat kita akan berjumpa lagi menjadi seorang yang berarti bagi negeri yang kita cintai.

Demikian sambutan saya atas nama Ketua Panitia di acara kelulusan SMA _____ kali ini, atas segala kekurangannya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhirul kalam, Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Baca juga : Contoh Kata Promosi Produk lewat Telegram


2. Kata Sambutan Ketua Organisasi


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.....
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua!

Mari kita bersama mengucapkan rasa syukur atas nikmat Allah, atas izin-Nya lah kita bisa berkumpul di tempat ini.
Kita juga haturkan shalawat salam kepada Nabi Muhammad, Assalamu alayka ya Rasullullah beserta sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman

Yang saya hormati _________
Yang saya hormati _________
Yang saya hormati _________
Dan yang saya hormati adalah para pelaksana panitia acara _________ yang disponsori oleh PT. Kosngosan

Para tamu undangan yang saya hormati,

Pada pagi yang cerah ini, saya selaku pimpinan Organisasi memberikan selamat datang kepada seluruh peserta ______ . Saya ucapkan selamat bergabung di PT. Kosngosan.

Jenis pelatihan ini diadakan untuk memberikan banyak pengetahuan dasar mengenai organisasi kosngosan dan bagaimana cara kerja di perusahaan ini. Untuk itu, kami berharap kepada para peserta pelatihan supaya bisa mengikuti pelatihan dengan baik mulai dari awal hingga akhir

Pada hari ini juga kami akan menetapkan peraturan bagi para karyawan, supaya bisa bekerja dengan baik dan benar. Kami berharap juga supaya para peserta dapat menambah keakraban diantara karyawan Kosngosan lainnya.

Terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana acara yang sudah bekerja keras demi terlaksananya pelatihan ini. Semoga semua kebaikan yang telah kita lakukan mendapatkan ganjaran pahala yang berlimpah dari-Nya, aminn

Mungkin demikian yang bisa kami sampaikan pada hari ini. Saya selaku pimpinan memohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam perkataan. Dengan ini acara pelatihan dasar kerja PT. Kosngosan resmi di buka.

Semoga program ini bermanfaat bagi kita semua!

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


3. Kata Sambutan Singkat


Asalamualaikum Wr.Wb
Yang kami hormati ketua ___
Yang kami hormati ketua ___

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas kesempatan-Nya kita dapat berhadir dan berkumpul ditempat ini dalam acara ______

Saya selaku ketua panitia pelaksana mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu baik secara moril maupun materil sehingga terlaksananya acara ini.

Kepada undangan kami juga mohon maaf bila ada kekurangan, yang pastinya kami sudah bempaya semaksimal mungkin demi suksesnya kegiatan ini. Demikian sambutan dari saya selaku ketua panitia.


4. Kata Pidato Peresmian


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh ...
Alhamdulillahhirobbil’alamin, Wahda Wassolatuwassala ala asrofil ambiyai walmursalin, wa’ala alihi wasohbihi Ajmain, ammaba’du

Para hadirin dan hadirat yang hadir, mari kita ucapkan puji dan syukur atas kehadirat Allah Subhana Wa Taala, yang sudah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita yang hadir dalam acara Peresmian ini. Kita diberikan waktu kesempatan untuk bisa berkumpul, menjadi saksi dibangunnya kembali kantor PT. KOSNGOSAN yang kita cintai bersama ini

Selanjutnya, marilah bersama-sama kita haturkan Shalawat dan salam kepada nabi besar kita, Muhammad Sallallahu Aalaihi Wassalam, yakni Do’a Allahumma solli ‘ala sayyidina Muhammad wa ala Alihi sayyidina Muhammad.

Saya hormati, seluruh hadirin dan para karyawan yang menyempatkan diri dalam menghadiri acara peresmian kantor baru in, baik secara materi maupun fisik dalam acara ini. Semoga kita semua tetap dalam lindungan-Nya, dan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Sebelum kita menuju ke TKP dan melaksanakan kegiatan, saya selaku CEO PT KOSNGOSAN, menghimbau kepada seluruh rekan-rekan untuk bisa mengikhlaskan hati dalam berkarya dan bekerja untuk perusahaan kita, dengan tujuan bekerja untuk mendapatkan Ridho dari Allah.

Saya akan menyampaikan beberapa poin penting dalam mengisi kegiatan ini. Yang nantinya, akan jadi panduan dan tahap-tahap yang akan kita lakukan, dari awal hingga akhir. Adapun beberapa bla bla bla ...


5. Kata Sambutan Acara Syukuran


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah, kita panjatkan puji syukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita semua. Sholawat salam kita curahkan kepada Baginda Nabi Muhammad yang sudah berjasa membimbing kita menuju jalan yang lurus dan Haq

Rasa syukur tidak pernah berhenti terucap karena pada tahun ini, Saudara Bapak Harahap diberikan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji dan melengkapi rukun islam yang kelima. Semoga beliau dapat menunaikan ibadah Haji tanah suci dengan lancar.

Kiranya kita mendoakan beliau supaya dapat melaksanakan ibadah haji dengan sempurna sehingga menjadi haji yang mabrur. Dan semoga saja kita yang hadir disini juga diberikan kesempatan yang sama oleh Allah menyusul beliau ke tanah suci pada tahun tahun berikutnya. Aminn

Kami disini mendoakan supaya Bapak Harahap dapat melaksanakan serangkaian rukun haji dengan lancar dan penuh kekhusukan, tanpa adanya hambatan sedikit pun, senantiasa diberikan kesehatan dan keimanan yang semakin kokoh sampai kembali kembali lagi ke sini.

Saya juga mengimbau kepada hadirin wal hadirat, marilah kita mendoakan untuk keluarga yang ditinggalkan di rumah, supaya senantiasa dalam perlindungan Allah, diberikan kelancaran menjalankan kegiatan sehari-hari, sehingga Bapak Harahap bisa menunaikan ibadah haji dengan tenang

Sebagai wakil dari keluarga Bapak Harahap, Kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak dan ibu yang berkenan juga mendoakan kami sekeluarga. Kami ucapakan terimakasih banyak. Semoga Allah membalas kebaikan bapak dan ibu sekalian kepada kami. Aminn

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


6. Kata Sambutan Pihak Keluarga


Bismillahirohmanirrohim, Assalamu alaikum warrahmatullohi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil 'alamiin, wash shalatu was salamu 'alaa asrafil anbiyaii wal mursalin, sayidinaa wamaulana Muhammaddin waala alihi wahsahbihi ajma'iin ama ba'du;

Bapak dan ibu yang kami hormati, Saya atas nama keluarga ______ mengucapkan Terimakasih banyak atas kehadirannya, dan selamat datang di rumah kami yang sederhana ini. Hadir pada acara syukuran masuk rumah pada malam yang berbahagia ini. "Cantiknya burung cendrawasih, terbang sekawan di hari petang, kami ucapkan terima kasih, kepada handai taulan yang sudi datang"

Tiada kata yang sempurna untuk mengungkapkan perasaan kami sebagai keluarga yang memasuki rumah pada saat ini, kecuali merasa bangga, terharu dan bahagia. Kami bangga karena telah sampai pada proses akhir memasuki rumah ini

Kami seperti juga kita semua, akan membentuk keluarga yang saling mencintai dengan tulus ikhlas antar keluarga di rumah baru ini. Besar harapan kami bahwa bapak, ibu dan hadirin undangan yang terhormat, berkenan memberikan doa restunya kepada rumah baru kami ini. Mohon agar apa yang kita cita-citakan sebagai keluarga yang menempati rumah baru agar dapat tercapai, agar kami juga betah tinggal di lingkungan baru ini.

Kami sebagai orang tua pada saat yang indah ini, juga merasa bahagia dan lega karena telah paripurna melaksanakan tugas kami sebagai orang tua untuk bisa memberikan tempat yang layak bagi keluarga

Demikianlah kata sambutan yang dapat kami sampaikan. Tidak lupa kami mohon maaf sebesar-besarnya bila terdapat kekurangan dalam penerimaan dan pelayanan kami, dalam pelaksanaan acara syukuran keluarga ini.

Wassalamu alaikum warrahmatullohi wabarakatuh.


7. Sambutan Pemerintahan

contoh laporan ketua panitia pelaksana kegiatan



8. Sambutan Natal

kata sambutan natal


9. Sambutan Pernikahan

laporan ketua panitia pelaksana kegiatan


10. Kata Sambutan Perguruan Tinggi

kata sambutan kampus


11. Kata Sambutan Acara Seminar

kata sambutan seminar


12. Kata Sambutan Ibu PKK

kata sambutan ibu pkk



13. Kata Sambutan Islami

kata sambutan islami



14. Kata Sambutan Organisasi

kata sambutan organisasi



15. Kata Sambutan Pelantikan

kata sambutan pelantikan



16. Kata Sambutan Ketua RT/RW

kata sambutan rt rw


Cara membuat kata sambutan

Kamu mungkin saja secara spontan diminta untuk memberikan sambutan di acara tertentu. Bagi yang sudah terbiasa mungkin akan mudah, tetapi bagi yang belum pernah melakukannya pasti timbul keengganan. Kamu harus mengatasi rasa grogi bicara di depan umum.

Jangan khawatir, untungnya kali ini mimin akan memberikan cara dalam mempersiapkan kata sambutan yang baik dan benar, seperti dibawah ini :


1. Memahami bagian kata sambutan

Kata sambutan sebenarnya adalah pidato singkat memiliki struktur seperti pidato pada umumnya, yang terdiri dari 3 bagian utama yaitu :

  • Bagian pembuka yang berisi kata pembukaan dan memberikan “attention getting” kepada pendengar.
  • Bagian isi yang memberikan detail penjelasan atas acara secara inti
  • Bagian penutup yang memberikan kesimpulan, ajakan atau ucapan terimakasih kepada panitia acara.

2. Menulis kata sambutan dengan memperhatikan teknis-nya

Dari pokok bagian sambutan diatas, kamu bisa menyusun lagi secara sistematis. Dari pendahuluan hingga penutup. Jika kamu masih bingung dalam membuat teks sambutan, kamu bisa melihat contoh teks kata sambutan dibawah ini.


Kata Penutup

Ucapan kata sambutan dalam setiap acara formal memang wajib dilakukan. Hal ini untuk menghargai setiap pihak yang telah berkontribusi dalam terjalinnya acara tersebut. 

Ketua panitia, sebagai yang mewakili tim yang telah bekerja keras, tentu akan mengucapkan terimakasih kepada anggota tim-nya atas kerja keras dan usahanya dalam membuat acara berjalan mulus

Sekian artikel yang membahas seputar Contoh sambutan ketua panitia acara format word beserta cara pembuatannya kali ini, semoga bisa bermanfaat dan dijakan sebagai referensi. Terimakasih sudah berkunjung.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya