Contoh kata sambutan ketua panitia acara dan cara membuatnya

Contoh kata sambutan ketua panitia acara dan cara membuatnya

kata sambutan acara

Kata sambutan adalah salah satu bentuk isi acara yang memberikan waktu kepada pihak bertanggung jawab dalam menyampaikan sepatah dua patah kata terhadap kesuksesan acara yang tengah berlangsung dan ucapan syukur. Kali ini kosngosan akan memberikan contoh sambutan ketua panitia berbagai acara dalam format word yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan.

Ada banyak acara yang mengharuskan kamu untuk menggelar kata sambutan, seperti acara 17 agustus, acara lomba futsal, seminar, pengajian, perpisahan, reuni alumni hingga tabligh akbar bagi umat muslim. Berbagai acara seringkali mengharuskan pihak yang berwenang memberikan pidato yang berisi berbagai hal.

Pembuatan kata sambutan tidak sembarangan. Harus diperhatikan pemilihan kata yang sesui agar nantinya para peserta acara tidak bisa menerima informasi yang disampaikan oleh ketua panitia misalnya.

Lihat juga : Contoh surat keterangan pernah mengajar guru format doc

Walau tanpa persiapan, kamu bisa memberikan pidato kata sambutan dengan lantang apabila sudah terbiasa berbicara di depan umum. Seperti misalnya kemampuan public speaking yang dinilai perlu untuk dilatih, maka ini akan berguna ketika nantinya kamu diminta memberikan kata sambutan di awal acara.

Panduan membuat kata pengantar atau sambutan ketua panitia


Kamu mungkin saja secara spontan diminta untuk memberikan sambutan di acara tertentu. Bagi yang sudah terbiasa mungkin akan mudah, tetapi bagi yang belum pernah melakukannya pasti timbul keengganan. Kamu harus mengatasi rasa grogi bicara di depan umum.

Jangan khawatir, untungnya kali ini mimin akan memberikan cara dalam mempersiapkan kata sambutan yang baik dan benar, seperti dibawah ini :

1. Memahami bagian kata sambutan

Kata sambutan sebenarnya adalah pidato singkat memiliki struktur seperti pidato pada umumnya, yang terdiri dari 3 bagian utama yaitu :

  • Bagian pembuka yang berisi kata pembukaan dan memberikan “attention getting” kepada pendengar.
  • Bagian isi yang memberikan detail penjelasan atas acara secara inti
  • Bagian penutup yang memberikan kesimpulan, ajakan atau ucapan terimakasih kepada panitia acara.

2. Menulis kata sambutan dengan memperhatikan teknisnya

Dari pokok bagian sambutan diatas, kamu bisa menyusun lagi secara sistematis. Dari pendahuluan hingga penutup. Jika kamu masih bingung dalam membuat teks sambutan, kamu bisa melihat contoh teks kata sambutan dibawah ini.

Berikut contoh kata sambutan panitia acara yang bisa jadi referensimu


Kata sambutan harus menggunakan bahasa formal yang sesuai dengan EYD. Kamu tidak bisa menggunakan kata informal sehari hari, karena sambutan bersifat formal dan tamu juga berasal dari instansi terkait.

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Yang saya hormati Bapak Walikota Pekanbaru,
Yang saya hormati Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru,
Hormat saya kepada rekan rekan sejabat, para guru dan tenaga pengajar di SMA Negeri Pekanbaru
Dan anak anak didik kami yang selalu saya banggakan,

Pertama marilah kita ucapakan Puji Syukur kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan nikmat-Nya, sehingga pada kesempatan kali ini kita masih bisa berkumpul di aula sekolah ini dalam rangka mengadakan acara “Kelulusan dan Perpisahan Siswa/Siswi SMA Negeri Pekanbaru Angkatan 2018.

Terima kasih juga saya sampaikan kepada panitia Kelulusan dan Perpisahan Siswa/Siswi SMA Negeri Pekanbaru 2018 yang telah mengizinkan Bapak untuk berdiri di sini untuk menyampaikan kata sambutan mewakili rekan guru lainnya, yang menjadi tenaga pengajar di sekolah kita tercinta ini dan memberikan salam perpisahan di depan para hadirin sekalian.

Saya ingin mengucapkan selamat kepada anak anak kami semua atas keberhasilan kalian dalam mengikuti ujian yang sangat menegangkan hingga kita berhasil lulus. Itu semua tak luput dari do'a orangtua kita, usaha yang keras dari Bapak dan Ibu Guru yang telah mendidik kalian selama 3 tahun di sekolah yang sangat kita cintai ini.

Oleh karena itu tiada kata yang paling pantas untuk kita ucapkan kepada Bapak dan Ibu Guru, orangtua dan semua yang telah membantu dan mendo'akan kita selain ucapan terima kasih yang tak terhingga. Semoga Allah membalas budi baik dan jasa kalian semua.

Sesaat lagi kalian bukan anak SMA lagi, bagi yang melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi kalian akan dipanggil mahasiswa atau mahasiswi. Perjuangan belumlah berakhir, tantangan masih terbentang luas dihadapan kalian, masih dituntut keseriusan dan kesungguhan kalian untuk belajar di jenjang yang lebih tinggi yaitu bangku kuliah.

Suka duka yang kalian alami selama kalian mengikuti pelajaran di sekolah ini tidak akan pernah kami lupakan, bahagaia, sedih, ceria, serius semua menjadi kenangan yang sangat berharga yang akan selalu terpatri dalam ingatan kalian, dan suatu saat nanti entah 1 tahun, 10 tahun bahkan 50 tahun yang akan datang akan menjadi sejarah perjalanan hidup kalian. kalianakan bercerita tentang kebersamaan selama ini.

Pada kesempatan ini saya mewakili guru menyampaikan harapan kami yang sebesar-besarnya kalau selama kami mengajar disini. Kami berharap kalian menjadi pribadi yang sukses nantinya. Semoga jerih payah Bapak dan Ibu Guru serta semua yang bertugas di sekolah ini tidak sia-sia, dan akan dicatat oleh Allah sebagai amal ibadah. Aamiin.

Di akhir kata saya ingin menyampaikan sebuah pantun, bila ada sumur diladang boleh kami menumpang mandi, bila ada umur panjang suatu saat kita akan berjumpa lagi menjadi seorang yang berarti bagi negeri yang kita cintai.

Demikian sambutan saya atas nama rekan guru dan tenaga pendidik di acara kelulusan SMA Negeri Pekanbaru angkatan 2018 kali ini, atas segala kekurangannya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhirul kalam, Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Baca juga : Membuat ringkasan teks beserta contohnya sesuai ketentuan

Sekian artikel yang membahas seputar Contoh sambutan ketua panitia acara format word beserta cara pembuatannya kali ini, semoga bisa bermanfaat dan dijakan sebagai referensi. Terimakasih sudah berkunjung.
Buka Komentar