Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh surat lamaran kerja walk in interview format doc

Pernah menghadapi walk in interview? Atau kamu sama sekali belum pernah atau tidak punya pengalaman walk in interview? Sebenarnya pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh frehs graduate adalah bagaimana proses walk in interview, apakah terdapat  perbedaan antara interview dan walk in interview itu. Kali ini kosngosan akan memberikan jawabannya sekaligus contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu download sepuasnya dibwah ini.

Pada dasarnya proses walk ini interview sama saja dengan wawancara kerja biasa. Hanya saja kamu dituntut persiapan fisik dan mental secara maksimal karena kamu secara langsung akan berhadapan dengan HRD perusahan disaat melamar.

Berbeda dengan proses interview biasa yang akan diproses beberpa hari ketika kamu sudah menjatuhkan surat lamaran. Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan tips yang akan mimin berikan dibawah ini.

Bagi kamu yang sudah berpengalaman dalam walk in interview, maka sudah lebih matang dalam menghadapi para pewawancara. Namun bagi yang masih pertama kali, tentunya butuh persiapan ekstra. Untungnya kali ini mimin akan memberikan beberapa tips sederhana kepada kamu demi menjalani wawancara yang lancar, berikut diataranya :

  • Memastikan bahwa iklan loker valid dan kredibel
  • Mempersiapkan persyaratan dokumen yang diminta
  • Mempersiapkan diri baik secara fisik dan mental
  • Memperhatikan penampilan mu
  • Kemudian datanglah tepat waktu atau disiplin

Persiapan wawancara tidak dimulai sehari sebelum wawancara, namun yang terbaik adalah mempersiapkan diri jauh hari. Apalagi ini adalah interview dadakan, kamu harus bena benar mempersiapkan diri sematang mungkin. Berikut adalah beberapa jenis pertanyaan umum yang bisa kamu persiapkan jawabannya

Lihat juga : Tips melamar kerja aman melalui outsourcing


Contoh surat lamaran kerja walk in interview format word bisa diedit


Surat lamaran yang akan kamu bawa sebenarnya sama saja dengan surat lamaran kerja pada umumnya. Selain surat lamaran, kamu juga harus mempersiapkan beberapa dokumen terkait seperti :

contoh lamaran walk in interview

  • Fotocopy Ijazah dan transkrip nilai
  • Fotocopy kartu identitas
  • Curiculum Vitae / Riwayat Hidup / Resume
  • Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Fotocopy Kartu Kuning / Akta Pencari Kerja
  • Fotocopy SIM (Bila diminta)
  • Fotocopy NPWP (Bila diminta)
  • Dan Fotocopy sertifikat pendukung lainnya

Mimin akan berikan contoh embed dokumen surat lamaran kerja di bawah ini yang bisa kamu unduh juga :




Catatan :

Walaupun terlihat sedikit berantakan pada contoh dokumen yang disematkan diatas, sebenarnya file wordnya tidak lah demikian. Kamu bisa langsung  melihat preview nya dengan mengklik tombol download format surat lamaran walk in interview disini.


Contoh 2 :

17 September 2021

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak / Ibu HRD
PT. Kosngosan Sejati

Dengan hormat,
Saya yang bernama Ucok Pardomuan bermaksud untuk melamar dan bergabung bersama PT Kosngosan Sejati. Adapun jenis pekerjaan yang saya maksud adalah sebagai Supervisor Marketing, sesuai dengan event job fair yang ada saat ini.

Berikut data singkat saya :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Tempat / tgl lahir : Padangsidimpuan, 06 Oktober xxxx
Pendidikan terakhir : S1 Ilmu Komunikasi
Alamat : Jl. Garuda Sakti, Buluh Cina, Simpang Baru, Pekanbaru
Telepon : 0823902579**
Status : Lajang

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, rajin belajar dan dapat bekerja secara tim dan individual. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotocopy Surat Keterangan Lulus Strata 1 dan Transkrip Nilai
3. Fotocopy Sertifikat Pendukung
4. Fotocopy KTP
3. Pas foto terbaru

Saya berharap Bapak / Ibu bersedia memberikan kesempatan untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, apabila memang membutuhkan karyawan baru pada event job fair kali ini. Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih.


Hormat saya,

Muhammad Reza Harahap, SP


Baca juga : Tips menghadapi pertanyaan walk in interview dalam melamar kerja


Kata Penutup


Surat lamaran merupakan salah satu bagian terpenting sebelum melamar kerja. Jadi pastikan kamu membuatnya dengan baik dan benar, sehingga kamu bisa diterima bekerja di perusahaan impian mu. Sekianlah pembahasan seputar Contoh surat lamaran kerja walk in interview format doc kali ini, semoga kamu yang sedang mencari kerja bisa segera diterima dan mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Amin.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya