-->

14 Tips Menghadapi Walk in Interview Agar Lolos

Bagaimana cara sukses walk in interview? Berbagai pertanyaan tentang rekrutmen ini pasti sering kamu tanyakan apalagi kamu yang masih fresh graduate dan sekarang sedang mencari pekerjaan. Kali ini kosngosan akan mencoba menjelaskan mengenai tips walk in interview yang biasanya digelar untuk mempercepat proses rekrutmen.

Bagi kamu yang masih asing dengan istilah ini, mari kita bahas secara singkat terlebih dahulu. walk in interview adalah sejenis wawancara kerja yang mana proses wawancara atau perekrutannya berlangsung di suatu tempat di luar gedung perusahaan, seperti di hall, hotel dan tempat keramaian lain. Interview jenis ini biasanya dilakukan apabila calon pelamar membludak dan untuk menghemat waktu maka diadakan lah walk in interview, atau interview langsung.

Sebenarnya menghadapi walk ini interview sama saja dengan wawancara kerja biasa. Hanya saja kamu dituntut persiapan fisik dan mental secara maksimal karena kamu akan langsung berhadapan dengan pihak HRD perusahan disaat melamar. Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan tips yang akan mimin berikan dibawah ini.

Kapan waktu walk in interview yang tepat? Sebelum mengadakan walk in interview, biasanya perusahaan sudah melakukan pengumuman kepada pencari kerja mengenai detail dan teknis rekrutmen yang mereka lakukan.

Tahapan walk in interview juga sangat singkat dan sederhana, kamu cukup melengkapi persyaratan dokumen lamaran kerja seperti Ijazah, Transkrip Nilai, Curiculum Vitae, Sertifikat Pendukung dan dokumen lainnya. Setelah itu kamu bisa langsung mengikuti wawancaranya.

Arti bahasa indonesia walk in interview tidak serta merta diartikan sebagai wawacara berjalan. Tetapi lebih kepada jenis wawancara langsung antara pelamar dengan perusahaan. Ada pun perbedaan interview biasa dan walk in interview adalah waktu dan lokasinya.


Tips walk in interview


tips walk in interview

Interview biasa tidak langsung digelar ketika kamu melamar, dan lokasi nya juga lebih private seperti dalam ruangan perusahaan. Berbeda dengan walk in interview yang sering dilakukan di pusat keramaian.

Kamu yang sudah berpengalaman tentunya paham mengenai teknis dan peraturan walk in interview. Seperti pakaian yang dikenakan adalah formal, rapi dan sopan. Laki laki mengenakan kemeja dengan celana hitam, begitu juga wanita memakai pakaian sopan dan mengenakan sepatu.

Bagi kamu yang sudah berpengalaman dalam walk in interview, maka sudah lebih matang dalam menghadapi para pewawancara. Namun bagi yang masih pertama kali, tentunya butuh persiapan ekstra. Untungnya kali ini mimin akan memberikan beberapa tips sederhana kepada kamu demi menjalani wawancara yang lancar, berikut diataranya :

Baca dulu : Tips melamar kerja lewat job fair atau bursa kerja


1. Pastikan iklan loker valid dan kredibel


Memastikan iklan yang kamu dapatkan mengenai lowongan kerja dan walk in interview tersebut adalah benar adanya. Jangn sampai kamu yang sudah mempersiapkan segalanya, harus rela membuang waktu dan tenaga akibat berita hoax yang tidak jelas.

Carilah situs atau media penyedia lowongan kerja yang memang benar benar sudah berpengalaman dalam memberikan info. Ada baiknya kamu juga menghubungi pihak penyelenggara terkait teknis acaranya.


2. Persiapkan persyaratan dokumen yang diminta


Ada banyak dokumen yang harus kamu persiapkan. Seperti resume atau CV, surat lamaran, berkas pendukung seperit fotokopi ijazah, transkrip nilai, SKCK, kartu kuning, ktp, sertifikat profesi dan syarat pendukung lain sesuai permintaan perusahaan.


3. Persiapkan diri baik secara fisik dan mental


Jangan lupa sarapan. Nantinya kamu akan menghadapi banyak tes pada hari yang sama otomatis ini akan membutuhkan konsentrasi tinggi sehingga pasokan energi sangat kamu butuhkan. Selain mempersiapkan fisik, kamu juga harus mempersiapkan mental supaya nantinya tidak gugup menghadapi pewawancara di depan banyak orang.

Sehari sebelum berangkat, pahami dulu job deskripsi kerja yang ditawarkan. Jangan sampai nantinya kamu datang ke sana masih bertanya soal posisi yang ditawarkan. Sebagai contoh bila posisi yang kamu lamar adalalah marketing executive, maka kamu coba pelajari beberapa hal yang berkaitan dengan dunia pemasaran secara umum.


4. Perhatikan penampilan mu


Selain berkas yang mumpuni, salah satu penarik dan faktor diterimanya kamu bekerja adalah penamppilan. Look yang terlihat profesional adalah nilai plus yang akan menjadikanmu dilirik oleh pihak perusahaan.

Hindari pemakaian kaos dan celana jeans, kenakanlah suit atau setelan, baju untuk wawancara di badan usaha kreatif bisa lebih santai, tetapi harus tetap rapi. Kamu bisa pakai sepatu dengan ujung tertutup.

Untuk cewek bawa tas dalam ukuran yang sedang saja. Untuk kuku harus bersih dari cat dan jangan pakai perhiasan yang berlebihan. Pada bagian rambutmu tata lah agar terlihat rapi dan enak dilihat. Tubuhmu harus wangi, tapi jangan sampai menyengat.


5. Datanglah tepat waktu


Tidak ada toleransi dalam hal keterlambatan waktu. Menghadiri walk in interview tepat waktu adalah tanda bahwa kamu benar benar disiplin, dan ini menjadi nilai lebih di awal pertemuan dengan pihak perusahaan.

Jika kamu terlambat, maka kesan pertama yang ada di dalam dirimu adalah seorang pemalas, tidak disiplin dan tidak bisa menghargai waktu. Tentunya ini akan sangat menjadi nilai minus dirimu bagi perusahaan


6. Bawa alat tulis atau notebook


Kamu bisa jadi butuh alat tulis dan notebook untuk menulis kembali bagian penting yang akan dipersiapkan sebelum waktu interview tiba. Pastinya sangat penting ketika kamu butuh alat tulis, namun kamu harus meminjam pada diwawancarai. Ini akan dinilai sebagai suatu ketidaksiapan


7. Jangan lupa sarapan


Usahakan sebelum berangkat, kamu juga harus sarapan untuk mengisi energimu.. Karena perut lapar membuat kamu pastinya sulit berkonsentrasi. Konsumsilah makanan yang bergizi secukupnya. Jangan terlalu berlebihan, karena nantinya bakalan membuat ngantuk.


8. Pasang ekspresi wajah yang cerah dan optimis


Optimisme sangat penting dalam menghadapi petinggi perusahaan. Walaupun wajahmu tidak putih atau terlihat segar, namun kamu harus bisa memasang ekspresi yang friendly, bersahaja dan mudah tersenyum.

Tidak ada satu perusahaan pun yang mau menerima calon karyawan yang memiliki ekspresi lesu, putus asa dan tidak bersemangat. Saat berjumpa dengan pewawancara, kamu wajib untuk men-jabat tangan merkea masing masing dengan kokoh, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lemah.

Baca juga : Follow Akun Instagram Lowongan Kerja Terbaik di Indonesia Ini


Pertanyaan Walk In Interview


pertanyaan walk in interview

Persiapan wawancara tidak dimulai sehari sebelum wawancara, namun yang terbaik adalah mempersiapkan diri jauh hari. Apalagi ini adalah interview dadakan, kamu harus bena benar mempersiapkan diri sematang mungkin. Berikut adalah beberapa jenis pertanyaan umum yang bisa kamu persiapkan jawabannya


Memperkenalkan diri secara singkat

Ini adalah permintaan, bukan seperti pertanyaan. Tapi hal ini wajib pertama yang bisa kamu jadikan dasar seberapa bagus kepercayaan diri mu. Perkenalkan dirimu secara singkat dan segudang prestasimu yang akan memberikan nilai lebih. Ingat, jangan mengada ada mengenai dirimu, karena pihak HRD nanti pasti akan tahu bahwa kamu mengarang dan berbohong. Cukup perkenalkan dirimu dengan singkat dan tidak kaku


Mengapa kami harus memperkerjakan kamu

Kamu harus menjelaskan keunggulan mu yang bisa sangat berkontribusi kepada pekerjaan mu nantinya. Berikan alasan logis yang memang enak didengar dan terkesan logis. Sekali lagi jangan mengatakan sesuatu yang bukan menjadi keahlianmu. Tetap jaga nada bicaramu supaya tidak terkesan sombong. Berikan berbagai keahlianmu yang bermanfaat untuk perusahaan nantinya


Apa visi dan tujuan kamu beberapa tahun kedepan

Jawaban yang membuat pihak perusahaan yakin memilih kamu adalah pernyataan yang visioner dan luar biasa tetapi dalam konteks yang realistis. Visi dan tujuan kamu untuk bekerja di perusahaan akan berbeda, tergantung jenis perusahaan tersebut. Itulah pentingnya untuk mempelajari profil perusahaan tersebut sebelum kamu mengikuti walk in interview.


Apa kelebihan dan kelemahan kamu

Intinya berikan beberapa poin kelebihan kamu yang akan membangun perusahaan nantinya. Jangan coba coba untuk mengarang atau berbohong dengan kelebihan tersebut. Jadi ketika perusahaan meminta untuk mempraktekkannya, kamu sudah harus siap.

Dan juga berikan point kelemahan kamu yang diikuti sikap dan usaha untuk memperbaikinya, misalnya saya sedikit pelupa, namun bisa saya atasi dengan membuat jadwal harian di notes smarpthone saja, dan sebagainya.


Mengapa kamu berhenti dari pekerjaan sebelumnya

Kesempatan ini adalah untuk membuktikan bahwa kamu tidak ada masalah serius dengan perusahaan sebelumnya. Jangan pernah menyalahkan pihak perusahaan sebelumnya, berikan alasan retoris seperti perusahaan lama tidak mampu mengakomodir kemampuan saya untuk berkembang, dsb.


Berapa jumlah gaji yang kamu harapkan?

Tentunya ini bersifat tricky, jadi agak beresiko jika kamu mematok gaji yang tinggi, rugi juga rasanya bila kamu mematok gaji yang rendah. Y

ang perlu kamu tahu disini adalah, perusahaan tidak benar benar ingin memberikan kepastian gaji mu dari pertanyaan itu, mereka lebih melihat seberapa yakin kamu dengan daya tawarmu. Jadi pastikan saja pengalaman, keahlian dan jam terbangmu bekerja di bidang tersebut, yang disesuaikan dengan UMR tempat kamu berada

Baca juga : Cara Sukes Menaikkan Gaji Secara Langsung


Kata Penutup


Walk in Interview merupakan salah satu metode perusahaan dalam merekrut calon pekerja dengan cara cepat dan efektif. Karena biasanya para HRD atau petinggi perusahaan langsung turun tangan dalam mencari kemampuan dan keahlian si pelamar kerja. Oleh karena itu first impression atau tampilan awal sangat penting untuk kamu persiapkan.

Sekian tips dalam menghadapi pertanyaan walk in interview dalam melamar kerja kali ini, semoga kamu yang saat ini sedang mencari pekerjaan bisa segera mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan mu. Jangan lupa traktir mimin setelah gajian pertama mu ya!
By