Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Pertama yang Wajib Dilakukan dalam Penelitian Ilmiah

Apa langkah pertama yang harus dilakukan dalam penelitian ilmiah? Langkah pertama dalam memulai penelitian adalah menentukan atau identifikasi masalah yang akan akan diangkat. Seperti yang diketahui, penelitian ilmiah adalah serangkaian proses yang runtut dan sistematis, tidak bisa serampangan.

Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan dalam menghasilkan hasil penelitian yang sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ilmiah adalah serangkaian kegiatan dalam rangka menghasilkan karya ilmiah yang memiliki data dan informasi akurat mengenai suatu objek penelitian.

Ada berbagai jenis penelitian ilmiah seperti penelitian sosial dan penelitian sains. Kali ini kosngosan akan membahas apa langkah pertama yang wajib dilakukan ketika melakukan penelitian ilmiah. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Untuk apa sih penelitian ilmiah itu dilakukan? Penelitian dan metode ilmiah dilakukan ketika kamu ingin menemukan jawaban atas permasalahan ilmu pengetahuan. Maka yang perlu kamu lakukan adalah sebuah langkah dalam metode ilmiah.

Secara defenitif pengertian penelitian ilmiah merupakan aktifitas yang sistematik dan obyektif dalam mengkaji suatu masalah pada usaha untuk mencapai suatu pengertian mengenai prinsipnya yang mendasar dan berlaku umum yaitu bersifat teori mengenai masalah yang ada.

Penelitian ilmiah dilakukan berdasarkan metode ilmiah yang menjadikerangka landasan bagi terciptanya pengetahuan ilmiah yang kita pelajari sehari hari di lembaga pendidikan secara umum.

Nah bagi mahasiswa pada umumnya, untuk menyelesaikan skripsi atau tugas akhir maka diperlukan adanya kegiatan penelitian ilmiah dalam rangka menghasilkan karya tulis ilmiah sesuai dengan disiplin ilmu yang dia pelajari selama ini.

Langkah Pertama dalam Melakukan Penelitian Adalah


langkah pertama dalam melakukan penelitian adalah

Bagaimana cara merencanakan penelitian ilmiah dan sebutkan hal-hal yang harus dilakukan! Pertanyaan itu sering kali kamu cari jawabannya.

Berikut langkah pertama dalam melakukan penelitian adalah :
  • Identifikasi masalah: Temukan dan definisikan masalah yang ingin diteliti.
  • Review literatur: Tinjau dan analisis hasil penelitian yang terkait dengan masalah yang diteliti.
  • Formulasi hipotesis: Buat dugaan tentang jawaban atas masalah yang diteliti.
  • Perencanaan desain penelitian: Tentukan metode dan desain penelitian yang akan digunakan untuk memvalidasi hipotesis.
  • Pengumpulan data: Kerjakan observasi, wawancara, pengukuran, atau metode pengumpulan data lainnya.
  • Analisis data: Gunakan teknik statistik atau analisis lain untuk mengevaluasi hipotesis dan menjawab masalah penelitian.
  • Interpretasi hasil: Terjemahkan hasil penelitian menjadi kesimpulan dan implikasi praktis.
  • Publikasi hasil: Sampaikan hasil penelitian melalui publikasi ilmiah, laporan, atau presentasi.
Catatan: Langkah-langkah ini bisa berbeda-beda tergantung pada jenis dan desain penelitian, namun secara umum inilah tahapan yang umum dilakukan dalam penelitian ilmiah.

Baiklah kali ini mimin akan paparkan beberapa langkah pertama dalam melakukan penelitian adalah :

Baca juga :Cara Menulis Laporan Praktikum yang Baik dan Benar

Pengidentifikasian dan perumusan masalah

Hal ini menjadi faktor utama yaitu masalah. Dalam setiap penelitian ilmiah selalu ada masalah yang akan dipecahkan. Kamu harus berangkat dari adanya permasalahan yang ingin dipecahkan. Identifikasi masalah dituliskan bersesuaian dengan latar belakang masalah, berdasarkan fakta dan data yang sebenarnya.

Identifikasi masalah umumnya dirumuskan dalam bentuk kalimat deklaratif, sementara rumusan masalah ditulis dalam bentuk kalimat tanya.


Mengerjakan pendahuluan dimana hipotesis dibentuk

Pada langkah ini kamu harus merumuskan hipotesis atau dugaan sementara dari pemecahan masalah yang ada. Salah satu syarat hipotesis yang diterima adalah harus logis dan diajukan sesuai dengan fakta.

Tujuan penulisan dari pendahuluan berfungsi sebagai pintu masuk ke tulisan mu. Tujuan utamanya adalah menarik perhatian pembaca dan memberikan gambaran singkat tentang apa yang akan dijelaskan dalam tulisan.

Dengan menggunakan beberapa langkah dibawah ini, sobat kosngosan dapat mengerjakan pendahuluan yang kuat dan efektif.


Mengidentifikasi variabel

Variabel adalah fenomena yang akan atau tidak akan terjadi sebagai akibat adanya fenomena lain. Variabel dalam penelitian ilmiah merupakan faktor yang bisa mempengaruhi hasil penelitian.

Ada tiga variabel yaitu ariabel bebas, variabel terikat (bergantung) dan variabel tetap.Variabel dependen ini menjelaskan atau prediksi dalam penelitian. Variabel ini adalah respons atau hasil yang ingin kamu amati atau ukur.

Sedangkan Variabel independen adalah variabel yang kamu pikir memiliki pengaruh atau hubungan terhadap variabel dependen. Ini adalah faktor yang kamu manipulasi untuk melihat bagaimana hal itu mempengaruhi variabel dependen.


Menentukan prosedur dan mengumpulkan data penelitian

Prosedur penelitian berupa rancangan atau langkah aplikatif penelitian yang berguna sebagai pedoman dalam melaksanakan penelitian ilmiah bagi si peneliti. Selain itu kamu juga harus mengumpulkan data pada setiap gejala yang terjadi dalam percobaan.

Kamu bisa mendapat data yang lebih akurat. Setelah itu atur supaya memudahkan dalam menganalisis dan mengumpulkan hasil percobaan.

Penyajian tabel data pengamatan sebelum melakukan percobaan merupakan hal yang cukup membantu kemudahan analisis nantinya.


Melaksanakan penelitian termasuk mengolah dan menganalisis data

Ini merupakan kegiatan inti dalam penelieian ilmiah. Jika penelitian ilmiah bersifat kuantitatif, maka jenis data bersifat kuantitatif.

Bila penelitian bersifat kualitatif, maka data yang diperoleh bersifat kualitatif yang selanjutnya harus diolah menjadi data kuantitatif.

Penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik akan membantu dalam menyusun dan menganalisis data. Penyajian data dalam kedua bentuk tersebut akan enampilkan variabel terikat berubah sebagai respon terhadap perubahan variabel bebas.

Analisis data bisa dilakukan memanfaatan aplikasi atau software pengolahan data seperti microsoft EXCEL, SPSS, MiniTab, SAS dan lainnya.

Merumuskan hasil penelitian dan kesimpulan

Hasil penelitian berarti menjawab pertanyaan dan rumusan masalah penelitian sesuai dengan hasil analisis data yang telah dilakukan pada langkah 5.

Bila menggunakan hipotesis seperti langkah 2, maka hipotesis itu dinyatakan diterima atau ditolak dan dibahas alasannya secara ilmiah.

Jangan hanya melakukan penelitian satu kali saja untuk menghasilkan kesimpulan akhir. Tetapi harus mengulang penelitian beberapa kali sebelum dapat menarik kesimpulan akhir yang bersifat objektif dan kredibel.

Membuat laporan penelitian dan penyebarluasan

Laporan penelitian adalah bentuk akhir dari kegiatan penelitian ilmiah. Ini bisa berbentuk lembar kertas seperti skripsi, tesis atau disertai juga dalam bentuk soft file berformat pdf atau doc yang dipublikasikan dalam jurnal online.

Adanya desiminasi juga bisa dilakukan dalam bentuk seminar secara lisan sehingga orang bisa memahami hasil penelitian yang sudah dibuat.


Kata Penutup

Terakhir, berbagai langkah pertama dalam melakukan penelitian ini adalah bisa berbeda-beda tergantung pada jenis dan desain penelitian, akan tetapi secara umum inilah tahapan yang umum dilakukan dalam penelitian ilmiah.

Sekianlah pembahasan mengenai beberapa langkah yang wajib dilakukan dalam penelitian ilmiah. Semoga kamu yang saat ini sedang menyusun tugas akhir bisa segera diselesaikan dan lulus dari sidang komprehensif.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya