Langkah pertama yang wajib dilakukan dalam penelitian ilmiah

Langkah pertama yang wajib dilakukan dalam penelitian ilmiah

Baca juga :

Penelitian ilmiah merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka menghasilkan karya ilmiah yang memiliki data dan informasi akurat mengenai suatu objek penelitian. Ada berbagai jenis penelitian ilmiah seperti penelitian sosial dan penelitian sains. Kali ini kosngosan akan membahas apa langkah pertama yang wajib dilakukan ketika melakukan penelitian ilmiah. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Untuk apa sih penelitian ilmiah itu dilakukan? Penelitian dan metode ilmiah dilakukan ketika kamu ingin menemukan jawaban atas permasalahan ilmu pengetahuan. Maka yang perlu kamu lakukan adalah sebuah langkah dalam metode ilmiah.

Secara defenitif pengertian penelitian ilmiah merupakan aktifitas yang sistematik dan obyektif dalam mengkaji suatu masalah pada usaha untuk mencapai suatu pengertian mengenai prinsipnya yang mendasar dan berlaku umum yaitu bersifat teori mengenai masalah yang ada.

Penelitian ilmiah dilakukan berdasarkan metode ilmiah yang menjadi kerangka landasan bagi terciptanya pengetahuan ilmiah yang kita pelajari sehari hari di lembaga pendidikan secara umum.

Lihat juga : Materi Metode Penelitian Sosial Ekonomi (MPSE)

Nah bagi mahasiswa pada umumnya, untuk menyelesaikan skripsi atau tugas akhir maka diperlukan adanya kegiatan penelitian ilmiah dalam rangka menghasilkan karya tulis ilmiah sesuai dengan disiplin ilmu yang dia pelajari selama ini.

Apa langkah langkah dalam penelitian ilmiah?


langkah pertama penelitian ilmiah

Bagaimana cara merencanakan penelitian ilmiah dan sebutkan hal-hal yang harus dilakukan! Pertanyaan itu sering kali kamu cari jawabannya. Baiklah kali ini mimin akan paparkan beberapa langkah yang perlu kamu ambil dalam memulai penelitian ilmiah :

Langkah 1 yaitu pengidentifikasian dan perumusan masalah


Hal ini menjadi faktor utama yaitu masalah. Dalam setiap penelitian ilmiah selalu ada masalah yang akan dipecahkan. Kamu harus berangkat dari adanya permasalahan yang ingin dipecahkan. Identifikasi masalah dituliskan bersesuaian dengan latar belakang masalah, berdasarkan fakta dan data yang sebenarnya.

Identifikasi masalah umumnya dirumuskan dalam bentuk kalimat deklaratif, sementara rumusan masalah ditulis dalam bentuk kalimat tanya.

Langkah 2 yaitu mengerjakan pendahuluan dimana hipotesis dibentuk


Pada langkah ini kamu harus merumuskan hipotesis atau dugaan sementara dari pemecahan masalah yang ada. Salah satu syarat hipotesis yang diterima adalah harus logis dan diajukan sesuai dengan fakta.

Langkah 3 yaitu mengidentifikasi variabel


Variabel adalah fenomena yang akan atau tidak akan terjadi sebagai akibat adanya fenomena lain. Variabel dalam penelitian ilmiah merupakan faktor yang bisa mempengaruhi hasil penelitian. Ada tiga variabel yaitu ariabel bebas, variabel terikat (bergantung) dan variabel tetap.


Langkah 4 yaitu menentukan prosedur dan mengumpulkan data penelitian


Prosedur penelitian berupa rancangan atau langkah aplikatif penelitian yang berguna sebagai pedoman dalam melaksanakan penelitian ilmiah bagi si peneliti. Selain itu kamu juga harus mengumpulkan data pada setiap gejala yang terjadi dalam percobaan.

Kamu bisa mendapat data yang lebih akurat. Setelah itu atur supaya memudahkan dalam menganalisis dan mengumpulkan hasil percobaan. Penyajian tabel data pengamatan sebelum melakukan percobaan merupakan hal yang cukup membantu kemudahan analisis nantinya.

Langkah 5 yaitu melaksanakan penelitian termasuk mengolah dan menganalisis data


Ini merupakan kegiatan inti dalam penelieian ilmiah. Jika penelitian ilmiah bersifat kuantitatif, maka jenis data bersifat kuantitatif. Bila penelitian bersifat kualitatif, maka data yang diperoleh bersifat kualitatif yang selanjutnya harus diolah menjadi data kuantitatif.

Penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik akan membantu dalam menyusun dan menganalisis data. Penyajian data dalam kedua bentuk tersebut akan enampilkan variabel terikat berubah sebagai respon terhadap perubahan variabel bebas. Analisis data bisa dilakukan memanfaatan aplikasi atau software pengolahan data seperti microsoft EXCEL, SPSS, MiniTab, SAS dan lainnya.

Langkah 6 yaitu merumuskan hasil penelitian dan kesimpulan


Hasil penelitian berarti menjawab pertanyaan dan rumusan masalah penelitian sesuai dengan hasil analisis data yang telah dilakukan pada langkah 5. Bila menggunakan hipotesis seperti langkah 2, maka hipotesis itu dinyatakan diterima atau ditolak dan dibahas alasannya secara ilmiah.

Jangan hanya melakukan penelitian satu kali saja untuk menghasilkan kesimpulan akhir. Tetapi harus mengulang penelitian beberapa kali sebelum dapat menarik kesimpulan akhir yang bersifat objektif dan kredibel.

Langkah 7 yaitu membuat laporan penelitian dan penyebarluasan


Laporan penelitian adalah bentuk akhir dari kegiatan penelitian ilmiah. Ini bisa berbentuk lembar kertas seperti skripsi, tesis atau disertai juga dalam bentuk soft file berformat pdf atau doc yang dipublikasikan dalam jurnal online. Adanya desiminasi juga bisa dilakukan dalam bentuk seminar secara lisan sehingga orang bisa memahami hasil penelitian yang sudah dibuat.

Baca lainnya : Penelitian hukum, kerangka acuan dan bahasa laporan

Sekianlah pembahasan mengenai beberapa langkah yang wajib dilakukan dalam penelitian ilmiah. Semoga kamu yang saat ini sedang menyusun tugas akhir bisa segera diselesaikan dan lulus dari sidang komprehensif.

Buka Komentar