Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kelangkaan Bahan Bakar Minyak di Indonesia

Apa yang terjadi jika sumber daya minyak bumi mau habis? Tentu saja perekonomian akan lumpuh. Ketergantungan terhadap sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui ini harus segera digantikan oleh energi alternatif. Oleh karena itu diperlukan solusi untuk menggunakan energi terbaharukan yang lebih ramah lingkungan dan tidak menyebabkan global warming.

Cadangan minyak bumi di indonesia diperkirakan akan habis pada tahun 2027. Apakah yang akan terjadi jika kandungan minyak di bumi ini benar-benar habis? Pada dasarnya akan ada akibat jika minyak bumi habis seperti perekonomian yang lesu dan berubahnya pola konsumsi masyarakat. Bisa dibayangkan bila minyak bumi habis dan manusia belum menemukan solusi penggantinya, maka tidak akan adalagi yang namanya kendaraan bermotor dan pasokan listrik yang bergantung dari solar dan minyak bumi.

Salah satu penyebab minyak bumi cepat habis adalah contoh teknologi tidak ramah lingkungan mengenai eksplorasi minyak di laut lepas. Minyak bumi terus disedot dan dipergunakan untuk aktifitas perekonomian manusia.

Dampak kelangkaan minyak bumi bisa berakibat terhadap sosial ekonomi masyarakat sekitar. Seperti yang kita ketahui kita menggunakan bahan bakar seperi gas, minyak tanah dan minyak kendaraan sebagai penunjang sehari hari. 

Ini lah yang akan terjadi akibat jika persediaan bahan bakar di bumi semakin menipis. Untuk mengatasi nya dibutuhkan perumusan cara mengatasi kelangkaan minyak bumi secara komprehensif dan konsisten.

Cara Mengatasi Kelangkaan Bahan Bakar Minyak

cara mengatasi kelangkaan bahan bakar minyak

Apa yang bisa sobat kosngosan lakukan untuk mencegah terjadinya kelangkaan bahan bakar dan mengatasi contoh global warming yang saat ini terjadi? Sebagai warga negara, kiwa wajib untuk melakukan beberapa perubahan kecil dalam kebiasaan kita sehari harinya. Apa saja itu? Berikut contohnya

Menghemat BBM

Salah satu cara kita untuk menyelamatkan lingkungan adalah dengan menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Ini bisa dimulai Ketika kita memilih kendaraan yang yang menggunakan teknologi terkini yang menghemat BBM.

Tidak hanya itu penggunaan listrik di dalam rumah tangga juga harus ditekan, berjalan kaki lah apabila hanya pergi ke tempat yang dekat, dan juga tidak ada salahnya untuk menaiki angkutan umum demi menghindari yang namanya macet dan menghemat bahan bakar

Tidak Merusak Alam Sembarangan

Dunia industri mengharuskan untuk ekspansi dan membuka lahan baru di hutan. Kegiatan ini sangat merugikan serta merusak ekosistem hutan. Apa yang terjadi apabila banyak pohon berkurang? 

Apalagi di daerah perbukitan, maka resiko longsor dan banjir akan semakin besar. Jumlah ketersediaan air di permukaan turun drastis, karena minimnya peran akar pohon yang berfungsi untuk menyimpan air tanah

Menanam kembali hutan yang gundul

Menanam pohon di daerah yang gundul adalah kegiatan positif untuk memperbaiki alam. Perusahaan yang mengharuskan untuk menebang pohon, diwajibkan juga untuk menanam pohon sebagai tukar jasa. 

Sobat kosngosan juga bisa menanam pohon buah atau kayu didepan halaman rumah. Selain itu pihak sekolah bisa mengadakan program penanaman pohon yang dilakukan oleh siswa dan guru

Mengelola Sampah Organik dan Anorganik

Sampah organik adalah jenis sampah yang berasal dari mahluk hidup seperti tumbuhan dan hewan. Sementara sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari industri seperti plastik, botol dan limbah lainnya. Sampah organik bisa dimanfaatkan untuk membuat zat kompos yang sangat berguna untuk tanaman.

Sementara sampah anorganik bisa dijadikan berbagai olahan produk daur ulang yang punya nilai ekonomis untuk dijual kembali. Pengolahan sampah ini menjadi salah satu bentuk sikap ramah lingkungan yang menguntungkan untuk kita juga

Beralih ke Energi Alternatif

Nah langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan beralih menggunakan energi alternatif selain in energi konvensional dari minyak bumi. Sebenarnya ada banyak sekali energi pengganti yang bersifat renewable. Dan untuk lebih lengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini


Energi Alternatif Sumber Daya Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan energi yang paling dibutuhkan manusia saat ini. Hal yang menjadikan minyak bumi digemari adalah harganya yang masih murah dan bentuknya yang cair memudahkan transportasi serta penggunaan dan sarana yang mendukungnya yang ada dimana mana. Jumlah konsumsi minyak bumi nasional saja sudah sangat boros. Sementara jumlah produksi dari kilang minyak justru menurun.

Hal ini tentu saja membuat pemerintah berpikir dua kali dan kemabali merumuskan kebijakan terbaru seperti penggunaan kebijakan B20 Diesel yang artinya adanya penambahan bahan minyak nabati sawit ke dalam bahan bakar jenis Diesel. Akan tetapi itu saja tentu tidak cukup sebagai solusi yang komprehensif. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa solusi energi alternatif yang konkrit diantara nya :

1. Energy biomassa (biomass energy)

Sumber energi ini berasal dari materi sisa tanaman namun bukan berupa fosil (non-fossilized plant materials), atau dengan kata lain bukan tanaman yang diubah menjadi bahan bakar fosil (fossil fuels). Energi ini bisa menjadi alternatif penggunaan untuk konsumsi rumah tangga pengganti gas dan minyak tanah. Ada banyak contoh energi biomassa dan salah satunya adalah briket arang dari tempurung sawit.

2. Energi nuklir

Walaupun dikenal dengan bom atomnya, faktanya energi nuklir adalah salah satu pembangkit listrik paling ramah lingkungan. tentunya dengan teknologi tingkat tinggi, maka ini bisa digunakan untuk menghasilkan listrik yang sangat besar.

Pada Kebijakan Energi Nasional (KEN), energi nuklir masih dijadikan pilihan terakhir dalam memenuhi kebutuhan energi nasional. Padahal berbagai studi dan kajian terhadap perencanaan pembangunan PLTN telah selesai dilakukan. Semoga pembangkit listrik energi nuklir bisa dibangun di Indonesia.

3. Energi air (hydropower atau hydroelectric)

Energi yang mana menggunakan air sebagai sumber tenaganya. Energi ini bisa dinikmati dengan pembangunan bendungan yang dibuat untuk memposisikan air agar mampu menggerakkan turbin. Ini dilakukan dengan menahan air sungai agar tidak mengalir seperti biasanya. Selain mahal dibuatnya juga ada potensi banjir kepada daerah di dekatnya. Ini merupakan salah satu kelemahan energi ini.

4. Energi angin (wind energy)

Energi yang memanfaatkan kekuatan angin untuk menggerakkan kincir ini menjadi pilihan yang paling ramah lingkungan. Kincir angin modern (modern windmills) yang disebut dengan turbin angin (wind turbines) adalah mesin penangkap energi ini. Cara kerjanya adalah ketika angin bertiup dan menggerakkan kipasnya (blades), sekaligus menggerakkan generator untuk menghasilkan listrik.

5. Energi geothermal

Geothermal atau panas bumi bisa dinikmati dan diubah menjadi pembangkit listrik. Potensi energi panas bumi di Indonesia sendiri termasuk yang terbesar di dunia. Total saat ini sebesar 11.073 MW untuk kelas sumber daya dan 17.506 MW untuk kelas cadangan. Sistem panas bumi di Indonesia, secara garis besar terdiri dari sistem panas bumi vulkanik dan non vulkanik dan bisa menjadi alternatif pembangkit listrik.

6. Energi surya

cara mengatasi kelangkaan bahan bakar minyak

Memanfaatkan cahaya matahari menggunakan panel surya kemudian mengubahnya menjadi energi listrik merupakan salah satu alternatif energi yang sangat ramah lingkungan dan zero waste. 

Potensi energi surya ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang ramah lingkungan. Pembangkit listrik juga bisa dibangun secara langsung menggunakan sel surya (photovoltaic) atau secara tidak langsung menggunakan pemusatan energi surya.

7. Energi samudera

Energi samudera terdiri dari tiga jenis energi yakni energi panas laut, energi gelombang laut dan energi pasang surut. Energi panas laut atau yang sering disebut dengan ocean thermal energy conversion adalah energi yang berkonsep dari perbedaan suhu antara suhu di permukaan laut dan suhu di bawah laut menjadi energi listrik.

Energi gelombang laut menggunakan deretan ombak serupa dengan tinggi dua hingga tiga meter dengan daya sebesar 39 kw per meter. Dan terakhir energi pasang surut laut yang memanfaatkan momen pasang surut air laut sebagai pembangkit listrik. Di indonesia sendiri ada selisih tinggi antara pasang dan surut yang bisa mencapai 3 meter.

8. Energi minyak nabati sawit

Minyak nabati untuk mesin diesel bisa digunakan untuk bahan campuran dari minyak bumi. Kebijakan ini sudah pemerintah terapkan dengan istilah B20 Diesel yang artinya terdapat 20% kandungan minyak sawit dalam setiap liter bahan bakar solar yang dijual oleh Pertamina.

B20 akan wajib digunakan pada kendaraan non-PSO seperti alat berat di sektor pertambangan, traktor atau ekskavator, termasuk juga diperluas ke kendaraan-kendaraan pribadi. Kita dukung saja kebijakan pemerintah ini untuk mengurangi konsumsi minyak bumi yang semakin hari semakin habis.

Lihat juga : Contoh Perilaku Hemat Energi

Kata Penutup

Setiap mahluk di muka bumi selalu membutuhkan energi untuk melangsungkan kehidupannya. Namun sebagian besar dari energi yang digunakan manusia bersifat tidak dapat diperbaharukan. Oleh karena itu pemakaian energi alternatif dinilai bisa membantu mengurangi efek rumah kaca yang telah berlangsung beberapa tahun belakangan ini.

Demikianlah pembahasan seputar Solusi jika minyak bumi habis, alternatif energi ini bisa dicoba kali ini, semoga bisa membantu mu menjadi referensi agar kita lebih bisa sadar akan keberlangsungan energi yang terbarukan demi kelangsungan hidup anak cucu kita.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya