Solusi jika minyak bumi habis, 8 alternatif energi ini bisa dicoba

Solusi jika minyak bumi habis, 8 alternatif energi ini bisa dicoba

Apa yang terjadi jika minyak bumi atau bahan bakar minyak sampai habis? Apakah perekonomian dan aktifitas manusia akan lumpuh? Tentu saja ketergantungan kita terhadap sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui ini masih tinggi. Oleh karena itu diperlukan solusi dan alternatif energi lain yang bersifat terbaharukan serta ramah lingkungan.
energi alternatif

Apakah yang akan terjadi jika kandungan minyak di bumi ini benar-benar habis? Pada dasarnya akan ada akibat jika minyak bumi habis seperti perekonomian yang lesu dan berubahnya pola konsumsi masyarakat. Bisa dibayangkan bila minyak bumi habis dan manusia belum menemukan solusi penggantinya, maka tidak akan adalagi yang namanya kendaraan bermotor dan pasokan listrik yang bergantung dari solar dan minyak bumi.

Salah satu penyebab minyak bumi cepat habis adalah konsumsi massal dan adanya penemuan teknologi mengenai eksplorasi minyak di laut lepas. Minyak bumi terus disedot dan dipergunakan untuk aktifitas perekonomian manusia.

Dampak kelangkaan minyak bumi bisa berakibat terhadap sosial ekonomi masyarakat sekitar. Seperti yang kita ketahui kita menggunakan bahan bakar seperi gas, minyak tanah dan minyak kendaraan sebagai penunjang sehari hari.

Lihat lainnya : Solusi dampak negatif pembangunan pariwisata terhadap lingkungan

Ini lah yang akan terjadi akibat jika persediaan bahan bakar di bumi semakin menipis. Untuk mengatasi nya dibutuhkan perumusan cara mengatasi kelangkaan minyak bumi secara komprehensif dan konsisten.

Solusi energi alternatif untuk mengatasi menipisnya minyak bumi


Minyak bumi merupakan energi yang paling dibutuhkan manusia saat ini. Hal yang menjadikan minyak bumi digemari adalah harganya yang masih murah dan bentuknya yang cair memudahkan transportasi serta penggunaan dan sarana yang mendukungnya yang ada dimana mana. Jumlah konsumsi minyak bumi nasional saja sudah sangat boros. Sementara jumlah produksi dari kilang minyak justru menurun.

Hal ini tentu saja membuat pemerintah berpikir dua kali dan kemabali merumuskan kebijakan terbaru seperti penggunaan kebijakan B20 Diesel yang artinya adanya penambahan bahan minyak nabati sawit ke dalam bahan bakar jenis Diesel. Akan tetapi itu saja tentu tidak cukup sebagai solusi yang komprehensif.

Oleh karena itu dibutuhkan beberapa solusi energi alternatif yang konkrit diantara nya :

1. Energy biomassa (biomass energy)


Sumber energi ini berasal dari materi sisa tanaman namun bukan berupa fosil (non-fossilized plant materials), atau dengan kata lain bukan tanaman yang diubah menjadi bahan bakar fosil (fossil fuels). Energi ini bisa menjadi alternatif penggunaan untuk konsumsi rumah tangga pengganti gas dan minyak tanah. Ada banyak contoh energi biomassa dan salah satunya adalah briket arang dari tempurung sawit.

2. Energi nuklir


Walaupun dikenal dengan bom atomnya, faktanya energi nuklir adalah salah satu pembangkit listrik paling ramah lingkungan. tentunya dengan teknologi tingkat tinggi, maka ini bisa digunakan untuk menghasilkan listrik yang sangat besar.

Pada Kebijakan Energi Nasional (KEN), energi nuklir masih dijadikan pilihan terakhir dalam memenuhi kebutuhan energi nasional. Padahal berbagai studi dan kajian terhadap perencanaan pembangunan PLTN telah selesai dilakukan. Semoga pembangkit listrik energi nuklir bisa dibangun di Indonesia.

3. Energi air (hydropower atau hydroelectric)


Energi yang mana menggunakan air sebagai sumber tenaganya. Energi ini bisa dinikmati dengan pembangunan bendungan yang dibuat untuk memposisikan air agar mampu menggerakkan turbin. Ini dilakukan dengan menahan air sungai agar tidak mengalir seperti biasanya. Selain mahal dibuatnya juga ada potensi banjir kepada daerah di dekatnya. Ini merupakan salah satu kelemahan energi ini.

4. Energi angin (wind energy)


Energi yang memanfaatkan kekuatan angin untuk menggerakkan kincir ini menjadi pilihan yang paling ramah lingkungan. Kincir angin modern (modern windmills) yang disebut dengan turbin angin (wind turbines) adalah mesin penangkap energi ini. Cara kerjanya adalah ketika angin bertiup dan menggerakkan kipasnya (blades), sekaligus menggerakkan generator untuk menghasilkan listrik.

5. Energi geothermal


Geothermal atau panas bumi bisa dinikmati dan diubah menjadi pembangkit listrik. Potensi energi panas bumi di Indonesia sendiri termasuk yang terbesar di dunia. Total saat ini sebesar 11.073 MW untuk kelas sumber daya dan 17.506 MW untuk kelas cadangan. Sistem panas bumi di Indonesia, secara garis besar terdiri dari sistem panas bumi vulkanik dan non vulkanik dan bisa menjadi alternatif pembangkit listrik.

6. Energi surya


sel surya

Memanfaatkan cahaya matahari menggunakan panel surya kemudian mengubahnya menjadi energi listrik merupakan salah satu alternatif energi yang sangat ramah lingkungan dan zero waste. Potensi energi surya ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang ramah lingkungan. Pembangkit listrik juga bisa dibangun secara langsung menggunakan sel surya (photovoltaic) atau secara tidak langsung menggunakan pemusatan energi surya.

7. Energi samudera


Energi samudera terdiri dari tiga jenis energi yakni energi panas laut, energi gelombang laut dan energi pasang surut. Energi panas laut atau yang sering disebut dengan ocean thermal energy conversion adalah energi yang berkonsep dari perbedaan suhu antara suhu di permukaan laut dan suhu di bawah laut menjadi energi listrik.

Energi gelombang laut menggunakan deretan ombak serupa dengan tinggi dua hingga tiga meter dengan daya sebesar 39 kw per meter. Dan terakhir energi pasang surut laut yang memanfaatkan momen pasang surut air laut sebagai pembangkit listrik. Di indonesia sendiri ada selisih tinggi antara pasang dan surut yang bisa mencapai 3 meter.

8. Energi minyak nabati sawit


Minyak nabati untuk mesin diesel bisa digunakan untuk bahan campuran dari minyak bumi. Kebijakan ini sudah pemerintah terapkan dengan istilah B20 Diesel yang artinya terdapat 20% kandungan minyak sawit dalam setiap liter bahan bakar solar yang dijual oleh Pertamina.

B20 akan wajib digunakan pada kendaraan non-PSO seperti alat berat di sektor pertambangan, traktor atau ekskavator, termasuk juga diperluas ke kendaraan-kendaraan pribadi. Kita dukung saja kebijakan pemerintah ini untuk mengurangi konsumsi minyak bumi yang semakin hari semakin habis.

Lihat juga : Contoh bahan kimia penyebab iritasi bagi kulit manusia

Demikianlah pembahasan seputar Solusi jika minyak bumi habis, alternatif energi ini bisa dicoba kali ini, semoga bisa membantu mu menjadi referensi agar kita lebih bisa sadar akan keberlangsungan energi yang terbarukan demi kelangsungan hidup anak cucu kita.
Buka Komentar