Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Contoh Teknologi Tidak Ramah Lingkungan

Apa saja contoh teknologi yang tidak ramah terhadap lingkungan dan alam sekitar? Zaman modren memberikan kemudahan terhadap hidup, dengan bantuan teknologi. Akan tetapi, technology saat ini berpotensi merusak alam dan lingkungan sekitar secara massif. Perlu untuk mengetahui apa saja bentuk kemudahan yang sebenarnya berbahaya untuk lingkungan. Dan pada kesempatan kali ini, kosngosan.com akan membahas nya lebih detail untuk kalian.

Apa yang dimaksud dengan teknologi? Ini adalah suatu sarana atau fasilitas yang digunakan untuk kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Apabila kita membahas teknologi secara umum di era modren, maka erat kaitanya dengan kemudahan hidup yang kita alami saat ini.

Namun sayangnya banyak sekali teknologi yang merusak lingkungan dan alam sekitar. Padahal tujuan awal penciptaannya adalah untuk memudahkan hidup manusia, namun secara akumulatif dan terus-menerus, bisa menghasilkan polusi yang membahayakan bumi.

Tidak semua teknologi itu merusak. Mungkin kita sepakat bahwa teknologi konvensional, tetap memberikan efek negatif untuk lingkungan. Para ilmuwan sudah mulai menyadari pentingnya penerapan teknologi ramah lingkungan atau biasa kita sebut Green Technology.


Contoh Teknologi Tidak Ramah Lingkungan

teknologi tidak ramah lingkungan

Baiklah langsung saja kita akan membahas mengenai beberapa contoh teknologi tidak ramah lingkungan yang sebenarnya kita telah rasakan manfaatnya saat ini, tapi mau tidak mau harus dikurangi demi kelangsungan hidup di bumi.

Namun sering sekali tidak menyadari bahwa teknologi tersebut sebenarnya dapat merusak lingkungan. Apa sajakah itu? Mari kita bahas di bawah ini


1. Kendaraan Pribadi atau Kendaraan Umum

Kendaraan bermotor berupa mobil dan motor pribadi merupakan alat untuk mempermudah perpindahan seseorang dengan cepat. Namun dengan adanya kendaraan pribadi yang dimiliki oleh setiap orang ini dapat merusak lingkungan.

Kendaraan bermotor dapat menyumbangkan 15 % hingga 20 persen polusi di udara. Hal ini akan semakin parah ketika setiap orang mengendarai satu kendaraan setiap harinya. Semua kendaraan yang masih menggunakan bahan bakar berupa fosil ini adalah merupakan teknologi yang tidak ramah ligkungan.

Dimana saat beroperasi kendaaraan bermotor menghasilkan gas (karbon monoksida dan karbon dioksida) yang berbahaya bagi lingkungan dan organisme.


2. Penggunnaan Lampu LED Berlebihan

Penggunaan Lampu LED yang berlebihan atau dinyalakan sepanjang hari tanpa dimatikan dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan. LED atau Light Emiting Diode ini adalah sebuah komponen yang mangakibatkan adanya radiasi infra merah yang akan terpancar saat digunakan.

Dimana penggunaan yang berlebihan ini dapat berdampak pada kesehatan sobat kosngosan dan organisme lain yang terkena cahaya. Pada manusia dampak negatifnya berupa kanker dan gangguan kesehatan lainnya. Sedangkan pada hewan atau organisme lainnya dapat bersiko lebih buruk lagi seperti kematian.


3. Teknologi Bio Energi

Teknologi memungkinkan adanya produksi emisi gas negative yang dapat menyebabkan kehilangan gas karbondioksida CO2 di atmosfir. Dimana teknologi ini dapat menjadi penyumbang utama terjadinya perubahan iklim yang tidak seimbang di bumi. Selain itu terjadi peningkatan pemanasan global sekitar 30 %.


4. Mesin Pendingin atau Kulkas

Kulkas yang memiliki Freon dapat menyebabkan pemanasan global. Penggunaan teknologi saat ini haruslah dibarengi dengan menyeimbangkan keadaan di alam. Penggunaan kulkas dengan Freon atau disebut juga dengan gas klorofluorokarbon ini dapat menyebabkan pengikisan ozon di bumi dan mengakibatkan meningkatkan suhu di bumi.

Selain itu Freon yang ada di kulkas ini dapat mengakibatkan kesehatan terganggu hingga menyebabkan kematian. Pelepasan senyawa Freon di udara ini dapat menyebabkan terjadinya pengikatan Freon dengan ozon dan menghasilkan oksigen. Dimana oksigen yang dihasilkan di atmosfir dapat menyebabkan pemanasan global


5. AC (Air Conditioner)

Penggunaan AC yang terus menerus meski tidak ada penghuni di dalam sebuah ruangan, selain boros listrik juga sangat berdampak buruk bagi lingkungan.

Seperti pemanasan Global yang juga dibarengi dengan terjadinya lapisan es yang semakin menipis. Perubahan iklim yang tidak menentu saat ini terjadi karena banyakanya bahan yang digunakan tidak ramah lingkungan.

Seperti penggunaan CFC pada Ac ini. Saat ini di beberapa gedung memiliki 3 atau 5 AC dalam satu ruangan. Hal ini sangat tidak baik bagi lingkungan dan menyebabkan terpancarnya radiasi ultraviolet B dan UV. Radiasi ini dapat menurunkan imunitas pada tubuh dan terganggunya kesehatan.


6. Penggunaan Pestisida Sintetis

Pestisida Sintetis umumnya dibuat dari bahan kimia berbahaya. Penggunaan Pestisida sintetis secara besar-besara dapat berdampak negatif bagi lingkungan. Salah satu dampaknya yaitu tidak suburnya tanah karena terjadi residu. Sehingga petisida kimia yang terkandung di dalam tanah akan susah untuk terurai kembali menjadi normal.

Selain itu penggunaan pestisida kimia dapat menyebabkan terganggunya ekosistem di alam. Dimana musuh alami dari serangga OPT (Organisme pengganggu tanaman) ini juga turut dimusnahkan oleh pestisida kimia ini. Jika tidah sengaja terhirup, pestisida kimia sintetis ini dapat menyebabkan resiko buruk bagi kesehatan manusia.


7. Penggunaan Plastik berlebihan

Penggunaan plastik menjadi sebuah solusi untuk pembawaan banyak barang jika bepergian. Jika tidak dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan baik dan benra. Penggunaan plastic akan dapat menjadi sebuah masalah besar bagi lingkungan. Seharusnya penggunaan kantong plastik digunakan beberapa klai jika masih layak untuk digunakan lagi.

Namun banyak dari beberapa orang menggunakan kantong plastik ini dalam satu kali pakai. Hal ini membuat lingkungan yang sobat kosngosan tempat, semakin hari semakin menumpuk smapah pastiknya. Dimana penumpukan sampah kantong plastik ii menyebabkan tercemarnya lingkunga, sepeti, tanah, danau, sungai dan laut.

Pembuangan sampah plastik secara berlebihan ini dapat menggangu kesehatan, mengganggu ekosistem di laut dan mencemari lingkungan. Di alam sampah kantomg plastik ini tidak akan mudah diurai oleh bakteri pengurai alami. Umumnya sampah berupa plastik membutuhkan puluhan tahun untuk dapat terurai mejadi bahan organic di lingkungamn.

Menurut beberapa penelitian bahwa di laut terdapat 80% sampah plastik yang berasal dari daratan. Dimana akibat dari pembuangaan dan penggunaan samppah plastik secara besar-besaran ini dapat membunuh lebih dari seratus ikan dan mamalia di laut.dalam beberapa plastik terdapat senyawa kimia berupa polychlorinated biphenyl atau bias diesbut PCB adalah senyawa yang beracun pada palastik dan sangat berbahaya bagi oraganisme

Jika dibakar, sampah plastik ini akan menghasilkn polusi berupa asap yang dapat mengganggu lingkungan. Pada asap pembakaran smpah plastik ini terdapat senyawa berupa dioksin. Apabila senyawa ini sampai terhirup maka akan mengganggu proses pernapsan gangguankesehatan hingga kanker.


8. Penambangan Emas

Penambangan emas juga merupakan salah satu penyumbang emisi karbon di alam. Dengan melakukan penambangan maka penggunaan bahan kimia seperti sianida, untuk proses pengangkatan emas dari gumpalan tanah dan batu akan semakin banyak.

Dimana pembuangan limbah dari proses ini akan menyebabkan perairan tercemar dan tanah menjadi tidak subur lagi. Tanah akan mengalami kekurangan mineral dan unsur hara. Sehingga tanaman tidak akan dapat bertahan dengan baik pada kondisi tanah seperti ini.


9. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel

Pembangkit listrik tenaga diesel ini dapat menyumbangkan polusi yang tidak baik bagi lingkungan. Teknologi ini menggunakan bahan bakar berupa solar untuk prosesnya dalam menghasilkan tenaga listrik.

Dimana selama proses ini terjadi pengeluaran asap ke udara yang sangat berusak lingkungan. Jadi sobat kosngosan mulai lah beralih ke tenaga listrik panel surya yang lebih aman.


10. Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Pembangkit listrik tenaga uap ini merupakan proses pembakaran. Proses ini menggunakan bahan berupa batu bara yang kemudian dijadikan untuk peroses pemanasan air dan menghasilkan uap.

Dimana hasil dari proses ini merupakan tenaga bertekanan tinggi. Sehingga tenaga tersebut dapat dialirkan dan dapat digunakan sebagai tenaga untuk memutar turbin.

Selain tidak ramah lingkungan, proses ini menghasilkan polusi yang dapat merusak lingkungan dan mengganggu sekitar.


11. Semprotan gas aerosol

Semprotan yang menggunakan gas Aerosol ini adalah salah satu penyumbang tercemarnya lingkungan karena bersifat bahaya. Beberapa semprotan ini ada pada parfum, semprotan racun nyamuk atau serangga dan semprotan pengharum ruangan. Semprotan gas aerosol yang banyak digunakan di beberapa alat ini sudah sangat lama dilarang penggunaanya.

Pada tahun 1989 penggunaan bahan yang menggunakan semprotan gas ini suda dilarang. Selain memudahkan bagi beberapa kalangan juga tidak ramah lingkungan dan berbahaya.

Karena dapat membuat lapisan ozon berlubang dan mengakibatkan cahaya matahari yang sampai ke bumi tidak terfilter. Akibatnya yaitu bisa terjadi kanker kulit, perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu.


12. Perangkat Elektronik Konvensional

Yang namanya perangkat elektronik merupakan teknologi yang memudahkan kita untuk berkomunikasi dan juga melakukan pekerjaan dengan mudah.

Seperti misalnya adanya laptop, komputer, smartphone dan lainnya. Sampah elektronik yang tidak terpakai lagi bisa mencemari lingkungan apabila tidak diatasi dengan baik


13. Pabrik Pengelolaan Industri

Hampir dari sobat kosngosan pastinya pernah melihat banyaknya limbah hasil produksi pabrik yang tidak memenuhi standar kemudian mencemari udara ataupun sungai.

Biasanya pabrik beroperasi, menghasilkan limbah yang bersifat racun. Walaupun saat ini sudah mulai banyak pabrik yang concern terhadap pentingnya manajemen limbah akhir


14. Penggunaan Aneka Kertas

Hampir sama dengan teknologi plastik, namanya teknologi kertas saat ini sudah banyak dipakai untuk berbagai keperluan.

Misalnya untuk pencatatan, dokumentasi, foto copy, berkas dan juga kebutuhan lainnya. Kertas yang dibuat dari pulp kayu ini, pada dasarnya harus mulai dikurangi supaya pemakaian dan ketergantungan kita terhadap pohon kayu semakin berkurang


15. Pembangunan Insfrastruktur

Infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah saat ini Tentunya mengorbankan berbagai lingkungan. Misalnya dengan pembangunan jalan tol, maka pemerintah harus melakukan betonisasi di sejumlah daerah, termasuk daerah hutan. Atau pembuatan gedung pencakar langit, reklamasi pantai dan sebagainya.

Baca juga :Contoh Teknologi yang Ramah Lingkungan


Kata Penutup

Teknologi terbaru menyebabkan dua sisi pengaruh buruk dan juga pengaruh baik. Sebagai konsumen dan juga pencipta teknologi, kita manusia punya tanggung jawab dalam memperbaiki alam, jangan sampai teknologi yang kita gunakan merusak dan merugikan kelestarian lingkungan sekitar.

Demikian beberapa materi mengenai contoh teknologi Dapat merusak lingkungan dan alam sekitar apabila tetap terapkan sehari-hari tanpa adanya batasan. Semoga para sobat kosngosan.com, bisa menjaga lingkungan dengan menerapkan teknologi yang ramah lingkungan dan mulailah untuk sadar serta bagikan informasi ini ke sosial media kalian masing-masing

Oleh rezaharahap