Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan

Apa saja kelebihan dari teknologi ramah lingkungan? Seperti namanya, teknologi ini digunakan untuk keberlangsungan dan juga keselamatan lingkungan sekitar. Biasanya teknologi konvensional, bisa menyebabkan kerusakan secara terus menerus. Sementara eco-technology ini, justru akan menjaga keberlangsungan lingkungan supaya tetap lestari

Lalu bagaimana penerapan dari teknologi ramah lingkungan bagi kehidupan sehari-hari? Tentu saja saat ini ada banyak sekali alat mesin yang kita pakai, yang tidak menghasilkan emisi atau polusi sama sekali. Kita akan bahas satu per satu tool tersebut dibawah

Manfaat teknologi ramah lingkungan tidak hanya dihasilkan oleh alam saja. Sobat kosngosan sebagai pengguna, juga akan mendapatkan keseimbangan hidup, mengurangi limbah atau polusi yang mengganggu kesehatan, dan juga menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan.

Adapun tujuan proses teknologi ramah lingkungan adalah untuk mencapai keberlangsungan ekosistem yang tetap terjaga. Penggunaan teknologi diharapkan tidak merusak, apalagi sampai menghilangkan eksistensi ekosistem yang ada.


Contoh Teknologi yang Ramah Lingkungan dalam Kehidupan Sehari Hari

Baiklah langsung saja mimin kosngosan akan membahas mengenai beberapa contoh dari penerapan teknologi yang sering kita temui, kita nikmati apalagi kita gunakan sehari-hari, berikut beberapa diantaranya :

Baca juga : Contoh Pemanasan Global dan Perubahan Iklim


1. Kincir Angin

Kincir angin merupakan teknologi ramah lingkungan yang banyak digunakan di beberapa Negara maju seperti contoh di Belanda. Penggunaan kincir angin ini bertujuan untuk mendapatkan energi listrik.

Teknologi ini tidak menghasilkan polusi maupun limbah sehingga Indonesia pun mulai menerapkan teknologi ini di Nusa Penida yaitu pulau kecil di selatan pulau Bali dan ada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain ramah lingkungan, kincir angin ini mampu menghasilkan energi listrik untuk kurang lebih untuk 1000 rumah.


2. Teknologi Biogas

Biogas ini dibuat dengan cara permentasi dari beberapa kotoran hewan yang sudah dikumpulkan pada wadah. Kotoran hewan ini menghasilkan karbondioksida, hidrogen, hidrogen sulfide dan metana yang kemudian dimanfaatkan sebagai bahan bakar ataupun energi listrik dengan menggunakan mesin kompresor. Selain kotoran hewan limbah domestik juga dapat digunakan sebagai sumber pembuatan biogas.


3. Teknologi Biodiesel

Biodiesel ini merupakan alternatif dari bahan bakar beremisi yang sudah mulai dikembangkan saat ini. Salah satu cara yang dilakukan untuk membuat teknologi Biodiesel ini yaitu dengan melakukan ekstraksi dari biji tanaman Jarak pagar (Jatropha curcas) dan biji kemiri sunan (Reutealis trisperma) dan tanaman lainnya yang memiliki kandungan minyak non edible.

Dua tanaman ini merupakan tanaman penghasil minyak yang ramah lingkungan dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Biodiesel ini juga mudah terurai sehingga tidak menghasilkan polutan dan limbah.


4. Teknologi Biofuel

Biofuel merupakan teknologi penghasil energi yang dibuat dari bahan organik (tumbuhan dan hewan). Teknologi dibuat dengan bahan baku tebu dan singkong. Teknologi biofuel ini dapat sobat kosngosan manfaatkan sebagai bahan bakar untuk transportasi, pembangkit listrik dan pemanas seperti kompor dan alat masak lainnya.


5. Teknologi Biopori

Teknologi ini diciptakan untuk mencegah terjadinya genangan air yang berlebih. Teknologi ini dibuat dengan cara meningkatkan daya serap pada tanah supaya mengurangi genangan. Contohnya yaitu dilakukan pembuatan lubang di dalam tanah secara vertikal supaya air dapat meresap melalui lubang tersebut.

6. Lampu Ramah Lingkungan

Teknologi ramah lingkungan berupa lampu seumur hidup ini merupakan lampu yang hemat energi. Lampu ini diciptakan oleh mahasiswa Fakultas Perikanan dan ilmu kelautan Universitas Brawijaya yang memanfaatkan bakteri Bioluminescence.

Bakteri pengahsil cahaya ini di isolasi dari bakteri pada cumi - cumi yang kemudian di kreasikan menjadi lampu hemat energi yang bertahan lama. Untuk menjaga supaya bakteri tetap hidup dan lampu tetap menyala, maka dilakukan pemberian nutrisi pada bakteri berupa sayur yang telah dipermentasi.


7. Panel Surya

Jenis teknologi ini yaitu merubah cahaya matahari menjadi tenaga listrik yang ramah lingkungan. Panel surya ini bergantung pada sel Photovoltaic yang akan membantu proses perubahan energi tersebut. Panel surya ini dikatakan ramah lingkungan karena tidak menghasil limbah sedikit pun, tidak menyisakan emisi karbon dan dapat mengurangi penggunaan listrik harian.

Contoh proses penghasilan tenaga listrik dari panel ini adalah ketika cahaya matahari melewati panel ini maka akan dihasilkan emisi elektron dari komponen panen tersebut, sehingga akan dihasilkan energi listrik yang akan disimpan pada baterai sehingga tenaga listrik masih tetap bisa digunakan meski mendung, hujan turun atau saat malam sekalipun. Selain itu panel surya ini bisa gunakan sampai 20 hingga 25 tahun lamanya.


8. Lantai Penghasil Listrik

Lantai listrik merupakan teknologi canggih ramah lingkungan yang dapat menghasilkan listrik dengan cara menyimpan lempengan keramik pada lantai. Contohnya yaitu yang dilakukan oleh Jepang di stasiun pada tahun 2008.

Teknologi ini bernama Piezoelectric. Tenaga listrik yang dihasilkan akan semakin tinggi jika tekanan dari pejalan kaki dan kendaraan yang melintas semakin banyak. Setiap pijakan kaki akan merubah tekanan menjadi tenaga listrik sebesar 1 – 3.5 volt.


9. Rooftop Garden

Sobat kosngosan tahu apa kegunaan dari teknologi ini? Taman di atap rumah ini dibuat untuk menghindari penggunaan AC yang berlebihan, dimana pemuatan taman di atap rumah ini dapat membuat tanaman menyerap CO2 yang berlebihan sehingga rumah tidak terlalu panas dan dapat mengurangi polusi udara.


10. Pembangkit Listrik Tenaga Air

Pembangkit listrik dengan menggunakan tenaga air ini merupakan teknologi yang menghasilkan tenaga listrik dari energi gerak. Pembangkit listrik tenaga air ini menggunakan energi potensial dan energi kinetik pada air yang akan memutar turbin dan dihasilkan energi mekanik yang akan di konversi melalui generator untuk menghasilkan energi listrik.


11. Kendaraan Hidrogen

Kendaraan ramah lingkungan yang dapat bergerak menggunakan hidrogen sebagi bahan bakarnya yaitu mobil dan pesawat. Kendaraan ini dapat digerakkan oleh baterai saat bergerak. Dengan keadaan baterai yang terisi penuh, kendaraan dapat bergerak sejauh 650 km per jam.


12. Mobil Listrik

Mobil listrik ini merupakan salah satu teknologi ramah lingkungan yang diciptakan dengan tujuan untuk mengurangi adanya polusi dari bahan – bahan berbahaya seperti logam berat Pb yang mengancam. Selain itu pembuatan mobil listrik ini juga dapat mengurangi penggunaan bahan bakar dari fosil yang semangkin berkurang di alam.


13. Mobil Tenaga Surya

Mobil ini memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber energinya, mobil ini juga di fasilitasi dengan alat penyimpan energi. Mobil ini memiliki kecepatan 50 – 55 km per jam dengan jarak tempuh 773 km. Kalau sobat kosngosan tahu prodosen mobil saat ini berlomba lomba untuk membuat mobil listrik, dengan memanfaatkan panel surya sebagai salah satu sumber energinya


14. Sepeda Listrik

Sepeda ini dirangkaikan dengan mesin motor yang dapat di carger jika dayanya telah melemah. Dimana mesin motor dari sepeda ini digunakan untuk anda saat lelah mengayuh sepeda, maka sepeda ini akan bergerak dengan sendirinya seperti motor. Selain itu sepeda ini juga masih bisa digunakan layaknya sepeda normal lainnya.


15. Motor Listrik 

Selain mobil dan sepeda listrik, ada juga teknologi ramah lingkungan yaitu motor listrik. Motor ini tidak perlu melakukan pengisian bahan bakar minyak fosil berpolutan namun motor listrik ini memiliki pengisian daya dengan listrik selama empat jam dan mampu menempuh jarak sekitar kurang lebih 100 km.

16. Lemari Es Green Energy

Lemari es atau tempat penyimpanan bahan makanan supaya lebih awet ini bisa menggunakan sterofom dengan es batu di dalamnya dapat digunakan unutk menyimpan sayur – sayuran dan buah – buahan selama seminggu. Lemari es sederhana ini tidak hanya ramah lingkungan namun juga hemat listrik.


17. Eco ATM Eco 

ATM merupakan salah satu teknologi ramah lingkungan yang dapat mendaur ulang ponsel bekas, mp3 player, digital camera atau alat elektronik lainnya secara aman tanpa residu. Namun sayangnya, teknologi eco ATM ini belum ada di Indonesia.


18. Blender Tanpa Listrik

Alat – alat dapur saat ini sudah banyak yang dibuat dengan tanpa listrik. Selain hemat dan ramah lingkungan, blender tanpa listrik ini juga dapat sobat kosngosan bawa kemana – mana, saat camping, piknik keluarga atau saat muncak bersama. Blender ini menggunakan carger untuk mengisi dayanya, dan penggunaannya tidak membutuhkan bantuan energi listrik.


19. Biofilter Limbah Rumah Tangga

Biofilter ini digunakan untuk menyaring limbah bekas sabun, sampo dan kotoran lainnya dari pipa pembuangan rumah tangga. Hal ini dilakukan supaya air bersih yang masuk ke dalam rumah kita dapat kita buang juga dalam keadaan bersih dan memudahkan air buangan terserap ke dalam tanah. Selain itu membuang air limbah rumah tengga dalam keadaan bersih juga dapat mengurangi adanya limbah berbahaya yang terbuang ke sungai, supaya sungai tidak tercemar.


20. Fitoremediasi 

Sansiviera atau lidah mertua merupakan salah satu contoh tanaman fitoremediasi yang banyak di simpan di dalam ruangan yang penghuninya banyak merokok.

Disebut tanaman fitoremediasi karena tanaman ini dapat menyerap polutan melalui daun. Selain menyerap polutan di daun lidah mertua ini juga dapat menyerap radiasi yang ada pada alat elektronik. 

Lidah mertua juga banyak dimanfaatkan sebagai bioremediasi lahan tercemar atau limbah yang aman, murah dan ramah lingkungan. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada lahan marginal dan pada media tanam dengan kandungan logam berat yang tinggi.


21. Pupuk dan Pestisida Organik

Teknologi biologi dan pertanian yang saat ini tengah dikembangkan adalah penggunaan bahan-bahan seperti pupuk dan juga pestisida alami yang disebut sebagai bahan organik.

Tentu saja hal ini sangat penting untuk menjaga keberlangsungan lingkungan di sekitar. Karena penggunaan pupuk atau pestisida kimia sudah sangat merusak lingkungan. Membuat tanah menjadi cepat rusak. Apalagi penggunaan pestisida, dimana ini bisa menghancurkan ekosistem sekitar


22. Toilet Pengomposan

Biasanya teknologi yang terdapat dalam toilet itu hanya konsep teknologi tradisional, dimana kotoran dikumpulkan dalam septictank kemudian diambil apabila penuh.

Namun untuk teknologi toilet pengomposan, kotoran yang dikumpulkan akan dijadikan sebagai pupuk ataupun bahan-bahan gas yang bisa dijadikan sebagai bahan bakar. Tentu saja hal ini membutuhkan teknologi yang cukup hebat untuk bisa diaplikasikan.

Baca juga : Contoh Sikap Mencintai Alam dan Lingkungan


Kata Penutup

Mengedepankan penggunaan teknologi ramah lingkungan saat ini memang sangat diperlukan. karena selain bisa menyelamatkan bumi dan lingkungan, teknologi ini juga lebih efektif dan efisien dibanding dengan konvensional

Semoga kita bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih sudah berkunjung dan membahas materi kali ini, semoga teman teman kosngosan.com bisa mendapatkan referensi tambahan. Jangan lupa untuk share artikel ini

Oleh rezaharahap