10 Contoh Sikap Ramah Lingkungan dan Cinta Alam

Aktivitas manusia yang semakin hari merusak alam dan lingkungan, membuat kesadaran terhadap menjaga alam dan lingkungan begitu penting untuk digalakkan. Apalagi bumi semakin rusak oleh perbuatan serakah manusia yang tidak bertanggung jawab. Lalu apa saja kewajiban kita terhadap lingkungan? Kali ini kosngosan akan mencoba membahas beberapa perilaku yang mewujudkan cinta alam dan ramah lingkungan.

contoh sikap cinta alam

Dengan mengetahui beberapa contoh perilaku dan kebiasaan yang bisa kamu lakukan di rumah, sekolah, kantor atau tempat lain, seperti menghemat energi, menjadi salah satu bagian dari tanggung jawab Kita sebagai manusia yang pada dasarnya diciptakan oleh Tuhan sebagai pemimpin yang bisa menjaga alam.

Salah satu teknologi yang harus dikembangkan adalah energi alternatif, yaitu jenis energi yang terbarukan yang tidak merusak alam. Ada banyak sekali energi alternatif yang bisa dimanfaatkan seperti energi surya (cahaya matahari), angin, air dan sebagainya.

Mengapa penggunaan energi alternatif merupakan tanggung jawab kita bersama? Energi alternatif akan menghasilkan lingkungan yang bersih dan terbebas dari polusi udara air dan dan memberikan suasana sejuk.

Manfaat dari menjaga lingkungan bukan hanya yang dirasakan oleh satu orang saja Tetapi lebih kepada maslahat hidup manusia dan menjaga keseimbangan ekosistem antar makhluk hidup.

Kebersihan lingkungan juga menjadi salah satu indikator yang harus sobat kosngósan raih, demi terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menjadi wabah atau menyebar, seperti diare, malaria, flue dan penyakit lainnya.

Sebenarnya bentuk aplikasi sikap ramah lingkungan dan cinta alam yang bisa kita lakukan sangat sederhana sekali. Namun terkadang kita menyepelekan dan tidak mengindahkannya. Bahkan beberapa contoh perilaku di bawah ini sudah sangat sering diajarkan oleh guru di sekolah dasar. Apa sajakah itu? mari kita simak dibawah ini

Baca juga : Kata Mutiara Petani, Pertanian dan Tanaman buat Caption dan Status


Contoh Sikap Ramah Lingkungan


Membuang sampah pada tempatnya


Sampah merupakan hasil akhir dari produksi yang tidak digunakan lagi. akumulasi sampah akan menyebabkan permasalahan lingkungan. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan yang masif dan berkelanjutan, dimulai dari kesadaran diri sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya.

Banyak sekali dari kita yang memiliki kebiasaan kurang baik dengan membuang sampah sembarangan seperti di sungai atau di gorong-gorong yang menyebabkan terjadinya banjir ketika hujan terjadi

Hindari Tebang Liar


Bagi industri yang mengharuskan untuk menebang pohon, kegiatan ini sangat merugikan dan bisa merusak lingkungan serta ekosistem alam. Bayangkan Apa yang terjadi apabila jumlah pohon di suatu daerah berkurang apalagi di daerah perbukitan, maka resiko longsor akan semakin besar.

Dan juga jumlah ketersediaan air di permukaan akan berkurang, karena berkurangnya akar pohon yang berfungsi untuk menyimpan air hujan

Membersihkan Lingkungan setiap hari


Di sekolah sejak kecil kita diajarkan untuk membersihkan lingkungan. Bagi sobat kosngosan yang memiliki halaman di depan rumah setiap pagi silakan disapu dan dibersihkan. Ketika bangun tidur kamu juga harus membersihkan kamar mu.

Hal-hal kecil seperti itu seharusnya sudah menjadi kebiasaan kita. Untuk kegiatan yang lebih masif bisa dilakukan gotong royong masyarakat untuk membersihkan gorong-gorong, atau di sekolah bisa membersihkan ruangan kelas.

Tidak Merusak Tanaman sekitar


Tanaman memiliki daun hijau yang berfungsi untuk menghasilkan oksigen. Tentunya semakin banyak tanaman semakin bagus untuk lingkungan. Apabila kamu tidak memiliki keperluan untuk mengambilnya maka jangan merusaknya, apa lagi sembarangan usil mematahkan atau mematikan tanaman tersebut.

Tidak membuang bahan kimia Sembarangan


Ada banyak sekali bahan kimia yang kita pergunakan sehari hari. Contoh yang paling dekat dengan kita adalah detergen, sabun, atau limbah hasil obat obatan yang sudah tidak terpakai lagi.

Kamu harus bijak dalam membuang sampah sampah kimia tersebut karena apabila dibuang di sembarang tempat seperti sungai, parit atau lapangan terbuka, akan mengakibatkan keracunan dan hal-hal lain yang tidak diinginkan. Lebih baik sobat kósngosan mengumpulkannya dan membuangnya ke tempat pembuangan sampah khusus

Menanam kembali hutan yang gundul


Menanam pohon merupakan suatu kebiasaan baik yang bisa memperbaiki lingkungan. Bagi perusahaan yang mengharuskan untuk menebang pohon, maka diwajibkan juga untuk menanam pohon sebagai pengganti dari apa yang telah diambil di alam

Bagi teman-teman juga bisa berkontribusi dengan menanam bibit pohon di depan rumah, bisa pohon buah atau kayu. Untuk skala yang lebih luas di sekolah bisa mengadakan program penanaman pohon yang dilakukan oleh siswa dan guru

Melakukan Tebang Pilih


Ini adalah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh perusahaan di mana apabila mereka ingin mengeksploitasi hutan, wajib untuk melakukan tebang pilih. Istilah ini merujuk kepada aktivitas memanen yang terbaik dan membiarkan yang lain. Artinya tidak semua pohon di hutan ditebang tetapi dipilih yang mana yang sesuai dengan kriteria yang diperlukan

Menanam Pohon di Halaman


Seperti yang dikatakan sebelumnya sobat kosngosan juga bisa berkontribusi aktif dalam melindungi alam dengan menanam bibit pohon di halaman rumah. Kamu bisa membeli bibitnya atau menyemainya sendiri dari biji, melakukan stek atau teknik perbanyakan tanaman lainnya.

Mengurangi Pembakaran


Membakar artinya menghasilkan polusi udara yang dapat merugikan orang lain karena mengurangi pasokan oksigen di sekitarmu. Sering sekali kita melakukan kebiasaan buruk membakar sampah, padahal ini sangat merusak kesehatan dan juga alam.

Alangkah lebih baiknya apabila sampah tersebut bersifat organik, dibusukkan dan dijadikan sebagai pupuk kompos. Apabila sampah tersebut organik maka sobat kosngośan bisa menggali ulangnya atau membuangnya ke tempat sampah

Mengolah sampah organik


Sampah organik adalah jenis sampah yang berasal dari mahluk hidup seperti tumbuhan dan hewan, yang bisa dimanfaatkan dan diurai oleh tanah, menghasilkan zat kompos yang sangat berguna untuk tanaman.

Sampah organik bisa dijadikan pupuk kompos dan pupuk kandang yang memiliki nilai hara tinggi. Pengolahan sampah ini menjadi salah satu bentuk sikap ramah lingkungan yang menguntungkan untuk kita juga, karena tidak perlu membeli pupuk lagi.

Baca juga : 10 Cara Memulai Zero Waste di Lingkungan Masyarakat


Kesimpulan


Menjaga lingkungan dan memupuk kecintaan terhadap alam menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai manusia yang diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan dalam mengelola bumi ini. Semoga dengan membaca beberapa contoh sikap di atas bisa menyadarkan kita pentingnya mencintai dan menjaga alam.

Terima kasih sudah berkunjung di pembahasan blog kosngosan kali ini, bila kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan tekan tombol share dan bagikan ke teman-teman media sosial mu lainnya.
By

0 Response to "10 Contoh Sikap Ramah Lingkungan dan Cinta Alam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel