Cara Memulai Zero Waste bagi Masyarakat di Indonesia

Apa itu Zero Waste? Zero waste atau hidup tanpa sampah adalah suatu gaya hidup yang mulai dicanangkan oleh masyarakat modern demi menjaga kualitas lingkungan yang lebih baik. Ini merupakan bentuk filosofi hidup yang mengajak setiap umat manusia untuk mendesain dan mengelola limbahnya sendiri untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan sekitar.

Kali ini blog kosngosan, akan concern membahas yang namanya Zero waste, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab mimin juga sebagai manusia yang mulai menyadari kerusakan lingkungan yang semakin hari semakin memprihatinkan.

Menerapkan prinsip Zero Waste bukan berarti kita bisa hidup tanpa sampah atau limbah. Tapi disini kita lebih dituntut untuk mengurangi sampah, bahkan tidak menggunakan material yang sulit atau tidak bisa didaur ulang.

Karena kita hidup di zaman modern, dengan penggunaan material plastik, bahan bakar minyak serta produk kemasan yang tidak ramah lingkungan, maka diperlukan kesadaran terhadap diri sendiri serta keluarga untuk memulainya secara internal.

Baca juga: Solusi dampak negatif pembangunan pariwisata terhadap lingkungan hutan

Karena percuma saja kita berkoar-koar menyelamatkan bumi dan lingkungan, tapi kita sendiri belum memulainya dengan mengubah gaya hidup dan kebiasaan kita.

Tujuan utama dari prinsip Zero Waste adalah untuk menantang kita dalam mengevaluasi gaya hidup serta mengubah persepsi mengenai cara kita mengelola lingkungan.

Kita tidak membutuhkan upaya berkoar-koar dan saling menuding antar pihak, saling menyalahkan dan tidak memberikan aksi yang nyata. Karena program Zero waste ini sebenarnya ditujukan untuk kesadaran setiap individu.

Daftar Toko Zero Waste di Indonesia


Bila kamu sedang mencari toko yang menjual perlengkapan atau barang-barang pendukung untuk membantu kamu mengadakan program Zero waste, kamu bisa mengakses beberapa situs yang menjual produk-produk Zero waste.

Barang-barang Zero waste atau resuable, bisa tetap kamu pakai secara berulang-ulang sehingga tidak menghasilkan sampah atau limbah yang berarti. Seperti penggunaan tas dari karung, gelas dari bambu atau tempurung kelapa, ikatan pengganti karet dan sebagainya.

Berikut beberapa toko online atau platform e-commerce yang menjual barang-barang Zero Waste.


  • ZeroWaste.id
  • MallSampah.com
  • ZeroWasteBali.com


Dan ada Beberapa Forum dan Akun di Media Sosial yang menjual barang barang zero waste. Intinya kita juga bisa membuat sendiri barang barang pendukung untuk membantu kita mengadakan program zero waste ini. jadi tidak perlu membeli, cukup membuat sendiri saja.

Cara Memulai Program Zero Waste dari Diri Sendiri


cara memulai zero waste

Bea Johnson, seorang pakar dan ahli lingkungan yang berasal dari Institusi Zero Waste Home memperkenalkan konsep 5R yang berupa “Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rot” atau di dalam bahasa indonesia 5M yaitu “Menolak, Mengurangi, Menggunakan Kembali, Daur Ulang, Membusukkan.” Selengkapnya lihat penjelasannya dibawah ini :

1. Menolak (Refuse) yaitu kita bisa menolak pemakaian yang tidak perlu. Contohnya kantung plastik sekali pakai saat berbelanja yang dapat digantikan dengan membawa tas belanja sendiri dari rumah.

2. Mengurangi (Reduce) yaitu kita bisa menghindari pemakaian dan pembelian produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar. Selain itu, sobat kosngosan bisa menggunakan produk yang dapat diisi ulang.

3. Menggunakan kembali (Reuse) yaitu dengan menggunakan kembali alat (contoh: wadah) dengan fungsi yang sama secara berulang-ulang dibanding hanya menggunakan sekali saja.

4. Mendaur ulang (Recycle) yaitu produk atau kemasan sering kali dihadirkan untuk sekali pakai. Namun, jika kita meluangkan sedikit waktu untuk berkreasi, semua produk dapat didaur ulang untuk dijadikan benda yang bermanfaat. Contohnya kemasan sabun batang yang bisa dijadikan payung hiasan.

5. Membusukkan (Rot) yaitu kita bisa membusukkan sampah organik menjadi pupuk kompos. Contohnya dengan membuat lubang biopori. Hal ini tentu saja dapat mengurangi beban TPA secara signifikan dan tentunya membuat tanah menjadi subur.

Kesimpulan


Satu-satunya cara untuk memulai program Zero Waste adalah dengan memulainya dari diri sendiri. Tanpa adanya kesadaran terhadap ancaman kerusakan lingkungan yang terjadi di sekitar kita, maka jangan harap program ini bisa berjalan dengan baik

Oleh karena itu, apabila kamu sudah membaca artikel di atas dan masih saja belum tersentuh atau terenyuh untuk melakukan program Zero Waste atau setidaknya membagikan artikel ini ke teman-temanmu, maka ada yang salah dengan dirimu yang masih merasa aman dengan tempat tinggal yang sudah mulai rusak akibat ulang perbuatan manusia sendiri.

Semoga kita diberikan kesadaran untuk menjaga lingkungan lebih baik, dengan mulai menerapkan gaya hidup Zero Waste.

Baca juga : Gambut dan Industri Kelapa Sawit Dalam Perspektif Mahasiswa Pertanian

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai program Zero Waste, dan bagaimana cara memulai menggalakkan program ini di kehidupan kita sehari-hari.

Dengan membaca artikel dari kosngosan ini, semakin sadar untuk menjaga lingkungan dan mengubah gaya hidup kita yang merusak alam. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini di media sosial kalian dan terima kasih sudah berkunjung
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel