Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Menanggulangi Gempa Bumi yang Aman

Bagaimana cara menanggulangi dampak terjadinya gempa bumi yang datang secara tiba tiba? Ini adalah salah satu bencana alam yang masih belum bisa diprediksi secara pasti. Kedatangannya menjadi momok yang menakutkan karena sering membuat banyak kerugian, seperti kehancuran properti dan meninggalnya masyarakat sipil. Pada kesempatan kali ini, kosngosan.com akan memberikan beberapa tips dalam menghindari terjadinya gempa bumi, khususnya gempa tektonik.

Mencegah gempa bumi terjadi adalah suatu perkara yang tidak mungkin dilakukan. Karena gempa bumi terbentuk akibat pergerakan lempeng bumi. Namun dengan teknologi yang dimiliki manusia saat ini, kita bisa memprediksi kemungkinan terjadinya gempa dengan presentase yang jauh lebih akurat.

Pada dasarnya gempa dibagi menjadi dua, berdasarkan caranya terbentuk, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik adalah suatu gempa yang terjadi karena adanya pergeseran lempeng bumi yang saling bertumbukan dan menyebabkan adanya goyangan diatas permukaan.

Sedangkan gempa vulkanik adalah gempa yang terjadi karena adanya pergerakan magma di dalam gunung berapi. Sehingga ini terkait dengan daerah yang memiliki gunung merapi yang sedang aktif mengeluarkan magma atau lahar panas.

cara menanggulangi gempa bumi


Cara Mengatasi Dampak Gempa Bumi Tektonik

Kita bisa mencegah dampak yang terjadi akibat datangnya gempa bumi dengan persiapan yang matang. Seperti rule model nya yaitu masyarakat Jepang, yang memang sudah siap siaga dalam menghadapi gempa yang bisa terjadi kapan saja di negara mereka. Maka sobat kosngosan bisa menghindari dampak tersebut dengan melakukan beberapa hal dibawah ini:


1. Jangan panik dan tetap berpikir tenang

Hal pertama yang harus kita lakukan ketika menghadapi gempa bumi tektonik adalah tidak panik dan tetap berpikiran tenang. Karena penting sekali untuk berpikir jernih ketika menghadapi bencana alam semacam ini. Lihatlah keadaan di sekitarmu, apabila kamu sendirian maka ikuti instruksi sesuai seperti dibawah ini. Apabila kalian berkerumun, sangat penting untuk tidak berdesakan keluar, tetapi antrilah dengan tenang dan tidak saling mendahului.


2. Mempersiapkan diri secara mental dan fisik

Gempa adalah bencana alam yang kedatangannya selalu datang mendadak tanpa kita sadari. Kita tidak dapat memprediksi kapan datangnya gempa. Oleh sebab itu, untuk mempersiapkan diri menghadapi gempa kapan pun terjadi, Kamu harus mempersiapkan mental yang cukup kuat. Lantas, bagaimana caranya membuat mental Kamu kuat untuk menghadapi gempa?

Salah satu cara yang dapat sobat kosngosan.com lakukan adalah mencari sebanyak mungkin pengetahuan terkait bencara alam atau mempelajari ilmu pengetahuan yang dibutuhkan terkait bencana alam itu sendiri. Dengan pengetahuan yang cukup akan membuat Kamu lebih siap dan tanggap dalam menghadapi situasi bencana yang mendadak


3. Mengikuti Sosialisasi tanggap Gempa sebelumnya

Mempelajari bencana alam seperti gempa dapat Kamu lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengikuti tanggap bencana alam di daerah setempat. Disini Kamu dapat mengetahui serta memahami bagaimana bencana alam gempa dapat terjadi dan apa yang dapat Kamu lakukan dalam keadaan tertentu?

Terdapat hal hal yang dibahas seputar menghadapi bencana alam seperti ini, juga akan mencangkup cara kamu menerapkan beberapa pertolongan pertama yang sederhana untuk menjaga lingkungan kita tetap aman. Tidak jarang sosialisasi ini sering dilakukan di beberapa daerah khususnya daerah yang rawan bencana alam seperti di Jawa dan Sumatera.


4. Mengikuti simulasi menghadapi Gempa sebelumnya

Simulasi menghadapi bencana alam sebenarnya sangat penting untuk mempersiapkan sobat kosngosan dalam menghadapi kondisi gempa suatu waktu. Semua lapisan usia termasuk orang tua, anak muda, bahkan anak anak sangat penting dalam mengikuti kegiatan simulasi ini, yang umum diselenggarakan oleh pihak Tim Sar atau BNPB. Misal untuk anak disekolah juga biasanya akan diajarkan pentingnya tetap siap dalam menghadapi bencana alam melalui simulasi.


5. Update Informasi Terkini dari BMKG

BMKG adalah salah satu badan resmi yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia untuk mengabarkan berbagai peristiwa alam dan bencana yang terjadi di setiap daerah Indonesia. Kamu bisa mengunjungi situs BMKG secara Real Time, atau bila tidak ingin repot membuka browser kamu bisa mendownload aplikasi "Info BMKG" untuk bisa update apa saja peristiwa terkini yang ditawarkan oleh lembaga ini, termasuk salah satunya adalah informasi gempa. 

Download Aplikasi Info BMKG untuk Android dan Download Aplikasi Info BMKG untuk iOS


6. Saat terjadi gempa didalam ruangan

Misalkan sobat kosngosan berada di dalam ruangan saat terjadi gempa, maka lakukan beberapa hal penting seperti jangan panik dan dengan pasti berusaha berlari keluar ruangan. Jika tidak sempat keluar dari ruangan, cobalah cari perlindungan seperti di bawah meja atau tempat tidur yang memiliki kekuatan untuk Kamu berlindung di bawah nya.

Perhatikan pula untuk melindungi bagian kepala Kamu dengan benda yang empuk seperti bantal dan sejenisnya. Selalu hati hati dan waspada terkait benda benda yang mungkin beresiko roboh seperti halnya langit langit rumah atau benda benda yang biasa tergantung di tembok. Jika memungkinkan segera keluar ruangan melalui tangga darurat jangan melalui lift.


7. Saat terjadi gempa didalam kendaraan atau alam terbuka

Apabila Kamu berada di dalam kendaraan atau berada di alam terbuka saat terjadi gempa secara mendadak, maka kamu bisa melakukan hal seperti mengentikan kendaraan Kamu terlebih dahulu dan mencoba untuk menghindari tempat tempat yang rawan seperti berada di bawah jembatan.

Sedangkan jika Kamu berada di alam terbuka sedapatnya Kamu harus menghindari jurang dan lereng yang berpotensi dapat runtuh dan longsor khususnya di daerah pegunungan. Selanjutnya Kamu dapat pindah ke daerah yang lebih tinggi. Hal ini penting untuk antisipasi kalau gempa dapat berpotensi mengakibatkan tsunami khususnya di daerah pantai.


8. Saat terjadi gempa diluar ruangan

Apabila terjadi gempa saat sobat kosngosan sedang berada diluar ruangan atau outdoor, maka Kamu juga penting sekali untuk melakukan beberapa hal untuk upaya menyelamatkan diri, seperti menjauhi bangunan bangunan tinggi, tembok, tiang atau pusat listrik, pohom, tembok, papan reklame dan lain sebagainya. Berusahalah untuk mencari tempat yang terbuka sebagai contoh lapangan yang luas. Jauhilah benda benda yang beresiko dapat melukai. Sebagai contoh rak sampai dengan jendela kaca yang sangat berbahaya apabila pecah.


9. Menyiapkan tas siaga bencana

Sebelum bencana alam seperti gempa terjadi, maka kamu juga harus menyiapkan selalu tas siaga bencana dimanapun Kamu berada. Apa saja isi dari tas siaga bencana? Barang barang yang harus ada beberapa diantaranya adalah perlengkapan darurat seperti halnya makanan, minuman, pakaian dan kotak P3K. perlengkapan ini sangat dibutuhkan selama setidaknya beberapa hari sampai bantuan bencana alam datang.

Cobalah untuk mendiskusikan hal ini dengan keluarga. Pastikan bahwa setiap anggota keluarga tahu letak tas dan dapat dengan mudah di bawa kemana mana, misalnya orang tua dapat menyiapkan tas serupa di tempat kerja ataupun dikendaraan pribadi.


10. Menyimpan daftar nomor penting yang bisa dihubungi

Untuk sekedar menyimpan nomor telepon seperti rumah sakit, polisi, ambulans, pemadam kebakaran, atau bahkan instansi pemerintah (BNPB atau TIM SAR) sebenarnya sangat penting ketika terjadi bencana alam secara mendadak. Kamu dapat mengajari bagaimana cara anak anakmu atau keluargamu dapat menghubungi nomor nomor tersebut pada saat terjadi kecelakaan sebagai upaya pertolongan pertama.


11. Membangun Bungker Bawah Tanah (khusus orang kaya)

Kamu pasti pernah menonton film dimana orang-orang kaya memiliki fasilitas bunker di bawah tanah untuk menjadi tempat penyelamatan mereka apabila suatu waktu terjadi bencana alam. Bungker sendiri adalah seperti fasilitas pertahanan militer yang dibangun di bawah tanah ketika masa perang. Namun fasilitas ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi tempat penyelamatan apabila terjadi bencana alam.


12. Selalu Berdoa agar Terhindar dari Bencana Alam

Sebagai masyarakat yang agamis dan mengenal ketuhanan, dalam menghadapi bencana alam kita harus selalu berdoa untuk dihindarkan dari kerugian apalagi dari kehilangan orang-orang yang kita cintai. Selain berdoa, kita juga harus menghindari kerusakan moral dan hal-hal yang dilarang oleh agama, supaya tidak terjadi bencana alam yang semakin besar akibat dari ulah kelakuan kita sendiri.

Baca juga : Kata Bijak tentang Bangkit dari Musibah dan Bencana Alam


Kata Penutup

Gempa (tektonik) memang menjadi salah satu fenomena bencana alam yang masih belum bisa diprediksi secara pasti kedatangannya. tips terpenting yang harus sobat kosngosan.com lakukan saat terjadi gempa adalah tetap bersatu dan saling membantu satu sama lainnya. Jangan sebarkan ketakutan, tetapi sebarkanlah pengetahuan supaya kita semua dapat melakukan langkah antisipasi terbaik.

Siapa tahu sobat semuanya bisa menjadi seorang ahli mitigasi bencana yang dapat membantu pemerintah membuat teknologi pemantau gempa, khususnya tsunami, yang berhasil meminimalisir korban saat terjadi bencana alam. Jadi, silahkan share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian masing masing ya!

Oleh rezaharahap