Download Contoh Desain Family Tree PNG dan PSD Beserta Cara Pembuatannya

Download Contoh Desain Family Tree PNG dan PSD Beserta Cara Pembuatannya

Baca juga :

Penjelasan mengenai Family tree atau silsilah keluarga adalah suatu gambar yang mendeskripsikan mengenai hubungan dan status suatu keluarga besar. Penjabaran ini biasanya menjelaskan seluruh anggota keluarga besar dimulai dari kakek buyut hingga cicit dan anggota keluarga tiri lain (jika ada).

Nah kali ini kosngosan akan membahas seputar contoh desain family tree atau pohon keluarga, cara membuatnya untuk melengkapi tugas yang diberikan oleh guru atau dosen mungkin. Penasaran cara mendesainnya? mari simak pembahasannya dibawah ini.

Istilah family tree sebenarnya mengacu pada silsilah keluarga atau stambuk. Pada dasarnya kamu bisa menciptakan desain family tree secara manual menggunakan alat tulis dan gambar pada lembaran kertas, atau memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Sebenarnya juga family tree ini bukan hanya sebagai tugas akademik saja, akan tetapi juga bisa kamu gunakan sebagai media dalam menceritakan asal-usul keluargamu.

Seperti misalnya ketika kamu mengalami kesulitan tentang pengenalan nama dan hubungan kekeluargaan di dalam keluarga besar saat pertemuan hari raya, maka saat kamu bisa membuat pohon keluarga.

Baca juga : Contoh News Item Text Terbaru beserta Struktur dan Artinya

Tidak hanya itu, proses pembuatan family tree juga sangat bermanfaat untuk mengisi waktu luang bersama anak. Nantinya selain membuat si anak mengenal silsilah keluarga dengan membuat pohon keluarga, kamu juga bisa menjadikan pohon keluarga tersebut sebagai hiasan cantik di rumah dengan menyiapkan foto setiap anggota keluarga untuk ditempelkan.

Proses pencarian aplikasi dilakukan hingga akhirnya menemukan yang kelihatannya cocok dan disukai. Kamu bisa menggunakan program dasar seperti Excel, Word atau PowerPoin. Akan tetapi untuk proyek penelitian jangka panjang, kamu harus menggunakan aplikasi yang lebih khusus dan mendetail.

Cara membuat family tree dengan desain bagus


Membuat family tree sebenarnya sangat mudah apabila kamu memiliki kreativitas yang mumpuni. Namun tanpa desain tambahan, karya ini juga bisa dihasilkan dengan memanfaatkan template yang sudah ada. Jadi kamu cukup mengumpulkan foto seluruh anggota keluarga dan menempelkannya pada template yang sudah ada.

Beberapa teknik pembuatan family tree antara lain yaitu :

Cara manual menggunakan alat tulis dan gambar


Membuat family tree pertama adalah dengan mengandalkan kreatifitas mu menggambar menggunakan alat bantu secara manual. hasilnya sudah tentu tergantung dari kemampuanmu dalam menggambar.

Supaya lebih memudahkan, kamu cukup menggambar kerangka dan alur nya saja, sementara untuk gambar setiap anggota keluarga bisa kamu print dan tempelkan pada masing masing bagian yang sudah dikosongkan.

Cara otomatis menggunakan aplikasi sederhana


Ada berbagai aplikasi sederhana yang bisa kamu gunakan baik secara offline maupun secara online. Secara online kamu bisa manfaatkan aplikasi berbasis website seperti canva, familyecho, smartdraw dan banyak lagi web lain yang menyediakannya secara gratis.

Atau kamu bisa memanfaatkan aplikasi offline seperti Gramps, Legacy Family Tree, Family Historian 6, MyHeritage Family Tree Builder, Ancestral Quest, FamilySearch Tree, dan masi banyak lagi. Kamu bisa memanfaatkan smartphone Androidmu untuk membuat family tree tersebut dengan mudah dan simple.

Cara otomatis menggunakan template di aplikasi khusus


Dengan menggunakan template yang sudah diinstall aplikasi office seperti microsoft excel, kamu bisa menciptakan family tree yang tidak kalah kerennya. Bualah dokumen baru menggunakan template. Pilihlah File → New from Template jika tersedia. Pada beberapa versi excel, kamu cukup memilih File → New untuk membuka jendela pemilihan template. Kemudian Carilah template family tree (silsilah).

Untuk microsoft power point, kamu bisa menggunakan fitur bawaan seperti SmartArt option dibawah menu INSERT tab, kemudian pilih Hierarchy dan kemudian mulailah mengisi tiap tiap point yang tersedia dengan memasukkan gambar anggota keluarga. Selesai. Kamu tinggal print hasilnya pada kertas photo, supaya lebih mengkilat.

Contoh template family tree keren format PNG dan PSD


Untungnya juga mimin bersedia memberikan kepada kamu desain contoh family tree dengan format PNG dan PSD. Untuk format PSD kamu bisa buka pada apliasi photoshop dan bisa langsung mengeditnya seperti gambar diatas.

Lihat contohnya dalam format PNG dibawah ini (untuk mendownload, tinggal klik saja gambarnya, dan save dengan klik kanan - simpan gambar)

contoh desain png

Contoh desain family tree 2 format PNG

contoh desain 2 png

Terakhir, mimin berikan desain format PSD agar kamu bisa mengedit desiannya sepuasnya. Desain ini mimin buat sendiri hanya untuk kalian. Berikut dibawah ini adalah preview nya :

desain psd

Download desain PSD diatas dengan mengklik tautan disini.

Kamu akan dibawah ke halaman safelink, tunggu 5 detik sampai tombol download muncul. Dan kamu akan segera dibawa ke dropbox untuk mendownload langsung file PSD -nya.

Lihat juga : Contoh dan cara pembuatan biografi tokoh terkenal

Sekianlah pembahasan kita seputar Contoh Desain Family Tree (Pohon Keluarga) Penjelasan dan Deskripsinya kali ini. Mimin berharap kalian bisa membuat silsilah kelurga kalian dengan baik ya. Jangan lupa share tulisan ini kepada teman lain agar mereka juga bisa menciptakan family tree yang berkualitas.
Buka Komentar