Contoh Panggilan Kerja dan Interview yang Asli dan Palsu Via SMS

Contoh Panggilan Kerja dan Interview yang Asli dan Palsu Via SMS

Baca juga :

Mendapatkan panggilan kerja menjadi hal yang paling menggembirakan bagi para pencari kerja atau pengangguran. Namun beberapa panggilan kerja seperti pada pengalaman mimin sebelumnya, banyak yang palsu alias hoax. Jadi bagaimana cara membedakan panggilan kerja yang asli dengan yang palsu? Yuk ikuti pembahasan kosngosan dibawah ini.
sms panggilan kerja

Bekerja adalah kewajiban manusia demi menghidupi diri dan keluarganya. Dizaman sekarang ini, persaingan mencari kerja sangat ketat, sehingga membuat ada banyak lulusan perguruan tinggi yang masih menganggur alias belum mendapatkan pekerjaan.

Berbagai usaha sudah dilakukan, mulai dari mencari lowongan pekerjaan di koran, media sosial hingga website portal online. Namun tetap saja, mencari kerja tidak semudah teorinya. Pada dasarnya latar belakang pendidikan adalah Faktor utama dalam melamar sebuah pekerjaan, namun faktor pengalaman dan skill tentunya lebih menentukan ketertarikan sebuah perusahaan terhadap para pelamarnya.

Sebenarnya apabila kita bisa jeli dalam memilah lowongan pekerjaan, maka kamu bisa berkomitmen dalam bekerja di satu bidang sangat di butuhkan supaya kamu lebih fokus kepada satu Pekerjaan saja yang sesuai dengan keahlianmu.

Namun pada kenyataanya justru kita banyak berkarier dan mendapatkan kerja yang menyimpang dari keahlian dan latar belakang pendidikan.

Anggap saja kamu sudah melakukan berbagai tips supaya diterima bekerja di suatu perusahaan, misalnya seperti tips dari kosngosan berikut tentang tips mencari kerja yang sesuai dengan bakat dan minat serta tips membangun jaringan pertemanan untuk mendapatkan kerja.

Dan setelah kamu benar benar melakukan tips tersebut, maka ada baiknya kamu mempersiapkan teknis lamaran seperti mendesain CV dan Surat lamaran semenarik mungkin, agar HRD bisa memanggilmu secepatnya.

Anggap saja kamu sudah mengirim surat lamaran tersebut baik melalui kantor post, email atau langsung mengirimnya ke perusahaan.

Kini apa yang kamu lakukan setelah itu? Ya menunggu. Sembari menunggu pengumuman loker A, kamu wajib mencari lowongan kerja lain, kemudian mengulangi langkah pertama diatas. Mengapa kamu harus mencari dan menjatuhkan lamaran sebanyak mungkin?

Karena semakin banyak kamu melamar pekerjaan, maka kesempatan kamu diterima dan lolos ke tahap interview akan semakin besar.

Ciri ciri panggilan kerja via sms yang palsu


Seperti apa sih ciri ciri dan contoh panggilan kerja via sms yang bisa dipercayai? Karena menurut pengalaman mimin, ada banyak sekali oknum nakal yang kerap beroperasi melakukan rekrutmen bodong terhadap para freshgraduate.

Berikut adalah ciri ciri sms panggilan kerja yang harus kamu hindari :

  • Berasal dari nomor sembarangan menggunakan operator murahan
  • Dalam isi pesan tersebut, sama sekali tidak menyebutkan posisi atau lowongan
  • Memberikan link situs yang mencurigakan dan menggunakan domain gratisan
  • Isi pesan yang disampaikan sama sekali tidak relevan
  • Dalam pesan, ada banyak informasi yang tidak perlu, tidak lazim, dan tidak perlu disebutkan
  • Isi pesan menggunakan alamat kantor fiktif, bila dicek di google maps, tidak ada
  • Didalam pesan perusahan tersebut meminta sejumlah uang

Sebenarnya masih banyak lagi ciri ciri sms panggilan kerja yang palsu yang pada intinya adalah mengadung informasi yang tidak kredibel dan sulit untuk dipercaya.

Sebenarnya perlu kamu ketahui, bila melamar di perusahaan besar, mereka hampir tidak akan menghubungimu lewat sms. Tapi ada juga sebagian perusahaan yang masih menggunakan cara ini karena memang terbilang simpel dan mudah dibaca.

Ciri ciri panggilan kerja via telepon yang palsu


Sebenarnya apa yang menjadi ciri ciri smsp panggilan kerja palsu ada juga pada panggilan kerja via telepon. Hanya saja pihak yang kamu telepon ini mungkin sedikit lihai dalam berbicara, oleh karena itu kamu bisa menyimpulkan penggian tersebut palsu atau tidak dengan memperhatikan beberapa aspek yaitu :

  • Menghubungi mu melalui nomor pribadi (walaupun ada juga perusahaan kecil yang memang betul2 menggunakan nomor pribadi nya karena memang belum memiliki telepon kantor)
  • Pihak penelepon tidak menjelaskan posisinya dan langsung mengatakan kamu lulus tanpa memberi tahu posisi yang sedang kamu lamar
  • Topik panggilannya sama sekali tidak relevan dengan perusahaaan
  • Si penelepon meminta sejumlah uang atau persyaratan yang menguntungkan mereka
  • Mengajak kamu untuk interview atau seleksi di tempat yang jauh
  • Setelah dicek, dia memberi alamat palsu, atau tidak tertera di google maps.
  • Nada bicaranya sangat akrab sekali, seolah olah kamu sudah pasti lulus dan mereka terlihat ingin sekali kamu masuk ke perusahaan tersebut.

Contoh SMS panggilan kerja yang asli dan palsu (bandingkan keduanya)


Setelah kamu tahu apa ciri ciri yang palsu, ada baiknya kamu melihat dua contoh sms panggilan kerja dibawah ini dan bandingkan mana yang seharusnya bisa dipercaya dan mana yang tidak.

Contoh sms panggilan kerja asli

sms panggilan kerja

Contoh sms panggilan kerja palsu

sms panggilan kerja

Kesimpulan


Pada akhirnya kamu harus bisa memilah mana panggilan yang betul betul asli dan mana yang tidak. Jadilah pencaker yang cerdas dan berwawasan luas. Memiliki teman dan kenalan yang banyak terkadang juga bisa membantu mu bertanya kepada mereka mengenai perusahaan incaranmu.

Mimin punya prinsip simpel dalam menentukan mana yang panggilan asli dan mana yang tidak. Begini, biasanya yang asli itu baik panggilan kerja lewat email, sms atau telepon selalu "terkesan" kitalah yang butuh pekerjaan itu.

Namun sebaliknya, bila kamu merasa suatu panggilan kerja itu "terkesan" seperti perusahaan itulah yang butuh kamu dengan mudahnya, maka bisa mimin pastikan itu adalah penipuan. Mengerti tidak? Logikanya, mana ada perusahaan dengan mudah dan senang hati meminta minta kamu untuk secepatnya masuk kerja? tentu itu mencurigakan bukan?

Lihat juga : Mengenal Cara Kerja QNet, Korban dan Isu Penipuan yang Dilakukan Anggotanya

Oke, terimakasih sudah membaca artikel kali ini. Mimin harap kalian bisa memetik hikmah dari tips dan trik diatas. Jangan mudah percaya akan informasi pengumuman penerimaan lowongan kerja ya, apalagi kalau perusahaanya belum dikenal.

Semoga kamu bisa lebih bijak dalam memilah perusahaan mana yang layak untuk kamu tunggangi dalam berkarier. Mimin doakan kalian mendapatkan pekerjaan impian secepat mungkin ya, dan bisa menghasilkan gaji pertama. Jangan lupa traktirannya ya.
Buka Komentar