Contoh Body Email dan Subjek Email Lamaran Kerja Online yang Baik

Apakah kamu biasa mengirim lamaran kerja lewat online? tentunya pertanyaan ini sering diajukan oleh para pencari kerja yang ingin segera mendapatkan kerja di perusahaan dengan mengirimkan surat lamaran sesimpel mungkin

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan metode pengiriman surat lamaran kerja secara langsung, melalui kantor pos atau dikirim menggunakan email. Bahkan terkadang saja, sebenarnya kita bisa melamar pekerjaan lewat email atau pesan online

body subjek email lamaran kerja

Walaupun pada akhirnya kamu akan dipanggil dan mengikuti tes selanjutnya secara langsung ke kantor perusahaan tersebut, akan tetapi di sini kamu sudah berhasil meminimalisir proses rekrutmen yang bisa memakan waktu.

Banyak yang beranggapan bahwa untuk mengirimkan surat lamaran harus bersifat formal dan menggunakan metode konvensional. Sepertinya saat ini pihak HRD lebih menyukai sesuatu yang sederhana namun tepat sasaran dalam penerimaan karyawan baru di perusahaannya

Kita ambil contoh semakin banyaknya proses perekrutan melalui online di mana kamu mengirim semua berkas lamaran dalam format file dan dikirimkan dalam lampiran email, bisa menggunakan layanan GMail, Yahoo Mail, Yandex Mail dan penyedia email gratisan lainnya.

Saat ini perusahaan juga sering membuka lowongan pekerjaan, dan langsung menyuruh para pencari kerja untuk memasukkan berkas lamarannya di portal website milik mereka.

Hal ini juga berbanding lurus dengan adanya perusahaan yang mengirimkan SMS atau email untuk memberitahu calon karyawan tertentu dalam hal penerimaan karyawan. tentu saja sobat kosngosan tidak bisa langsung menelpon nomor HRD secara serampangan, karena hari ini berhubungan dengan tata krama

Maksud mimin disini adalah, melamar kerja melalui email atau panggilan suara itu bisa dilakukan apabila memang pihak perusahaan sendiri yang yang menyediakannya dan memberitahu sejak awal. itupun dengan nomor perusahaan yang formal dan dalam waktu kerja.

Jadi kamu tidak bisa menelepon atau mengirim pesan suara kepada sembarangan nomor di perusahaan tersebut apalagi di waktu yang yang tidak seharusnya seperti di malam hari atau di luar jam kerja

Mungkin teman-teman kosngosan mungkin masih jarang menemui perusahaan yang menerapkan metode ini. namun di berbagai negara, Terkadang ada juga perusahaan yang menerapkan ini. bahkan bisa langsung diundang interview hanya dengan percakapan melalui telepon

Baca juga : Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat JNE, TIKI, J&T dan Ninja Xpress

Lalu apa keuntungan yang didapatkan dengan melamar pekerjaan melalui email atau pesan online ini? Tentu saja


Syarat Melamar Kerja Lewat Email


Dalam melamar pekerjaan secara online, pastikan kamu sudah memenuhi berbagai syarat dibawah ini :


  • Cari lowongan kerja melalui koran, media sosial, grup, forum atau langsung tanyaka ke petugas security di kantor target mu. Setelah itu pastinya kamu akan melihat berbagai persyaratan yang dibutuhkan
  • Lihat lah apakah lowongan kerja tersebut menyediakan metode pengiriman lamaran lewat email atau tidak
  • Apabila tidak tercantum, sobat kòsngosan bisa menanyakannya lewat telepon ke nomor hrd-nya. Tidak ada salahnya atau langsung bertanya ke petugas disekitar situ, apakah bisa mengirim lewat email
  • Kamu perlu mempersiapkan surat lamaran beserta dokumen pendukung (CV, Ijazah, Transkrip, dll) yang sudah pasti tertera pada pengumuman penerimaan.
  • Untuk surat lamaran dan Curriculum Vitae biasanya dalam format doc atau pdf.
  • Kemudian untuk dokumen seperti ijazah, transkrip nilai, kartu kuning, skck, sim, pas photo, dsb, bisa kamu scan dalam format jpeg. Usahakan size gambar tidak melebihi 500 kb agar tidak berat dikirim nantinya.


Mengirim lamaran


Setelah persiapan diatas selesai kamu lakukan, buka aplikasi email mu (bisa gmail, yahoomail dan penyedia email gratis lainnya). Penting untuk menggunakna alamat email dengan nama yang tidak alay dan jelas.

Mulailah menulis surat lamaran di badan email (contohnya bisa kamu lihat dibawah ini), masukkan juga alamat email, kemudian isi subjek email dengan "Lamaran Pekerjaan" atau bisa juga menambahkan posisi yang ingin dilamar pada bagian akhir (lihat contoh dibawah)


Contoh Body Email Surat Lamaran


Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menulis body email dengan surat lamaran pada umumnya. Pada body email (badan email), sobat kosngósan bisa isi dengan surat lamaran dalam bentuk teks, sedangkan berkas lain (seperti cv, transkrip, ijazah, dll) di scan dan dilampirkan di email.

PENTING : JANGAN MEMASUKKAN SEMUA BERKAS DALAM BADAN EMAIL

Berikut contoh body email lamaran kerja yang baik dan benar :

Contoh 1 :

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak / Ibu HRD
PT. KOSNGOSAN
Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari koran lokal, saya bermaksud untuk melamar dan bergabung bersama BINA SAINS INDONESIA. Adapun lamaran saya dimaksudkan adalah sebagai Staff Front Office.

Berikut data singkat saya :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Tempat / tgl lahir : Padangsidimpuan, 06 Oktober 1994
Pendidikan terakhir : S1 Agribisnis
Alamat : Jl. Garuda Sakti, Simpang Baru, Pekanbaru
Telepon : 0823 90257 900
Status : Belum menikah

Saya memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, kondisi kesehatan yang baik, senang belajar dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotocopy Surat Keterangan Lulus Strata 1 dan Transkrip Nilai
3. Fotocopy Sertifikat Pendukung
4. Fotocopy KTP
3. Pas foto terbaru

Saya berharap Bapak / Ibu bersedia memberikan kesempatan bagi saya untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya sesuai peraturan yang ada. Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Reza Harahap


Contoh 2 :

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada. Yth,
HRD KOSNGOSAN SCHOOL

Berdasarkan informasi tentang adanya lowongan pekerjaan dari C9 School yang telah saya peroleh dari info loker riau ,saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan berkonstribusi yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun posisi pekerjaan yang saya maksudkan adalah Admin. Berikut adalah biodata singkat saya,

Nama : Suci Bella Lestari
Tempat/ Tanggal lahir : Bangkinang, 13 Agustus 1994
Pendidikan Terakhir : S-1 Administrasi Negara
Alamat : Jl.Durian No.120 Kel Kedungsari Kec Sukajadi
Telepon (Hp) : 0813744768xx

Untuk dijadikan bahan penilaian, saya juga sisipkan beberapa file pendukung, diantaranya :

1. Surat Lamaran
2. Daftar Riwayat Hidup (CV)
3. KTP
4. Pasphoto
5. Ijazah
6. Transkip Nilai

Panggilan untuk berkesempatan diwawancarai oleh Bapak/Ibu amat saya harapkan supaya saya dapat memberikan penjelasan ataupun menunjukkan lebih rinci lagi terkait kemampuan dan keahlian saya yang bisa diaplikasikan pada posisi yang saat ini Bapak/Ibu inginkan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sebenar-benarnya, terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya.

Hormat Saya,

Suci Bella Lestari, S.Sos

Contoh Subjek Email Surat Lamaran


Apa itu subjek email? selain tujuan alamat email, kamu harus memasukkan subjek email dalam lamaran kerjamu. Subject email adalah bagian judul atau identitas suatu email. Nantinya para HRD akan dimudahkan dengan mengelompokkan berdasarkan dari Subject email.

Apa fungsi subjek email untuk lamaran kerja online? Subyek email dimanfaatkan dalam melihat judul dan gambaran awal dari sebuah surat elektronik. Penerima email diharapkan tanpa melihat isi, dengan melihat subyek nya saja, akan punya informasi awal dari email yang akan dibaca. Tentunya ini akan memudahkan pekerjaan HRD yang menerima ribuan email, bukan?

Karena itu pada saat mengirim email, subyek email harus sobat kosngòsan tulis sesuai dengan informasi yang ingin disampaikan kepada penerima email, dalam hal ini pihak HRD perusahaan. Format umumnya adalah "Lamaran Pekerjaan - Posisi Jabatang yang dilamar" Contoh penulisannya bisa kamu lihat dibawah ini :


  • Lamaran Pekerjaan - Kepala Cabang
  • Lamaran Kerja - Surveyor Lapangan
  • Hal : Lamaran Pekerjaan - Posisi : Marketing Executive
  • Lamaran - Pramuniaga
  • Lamaran Kerja : Posisi (Kepala Pengawas Gudang)


Baik contoh 1 sampai 5 itu hampir sama format penulisannya, jadi tidak ada aturan baku dalam penulisan subjek email untuk lamaran kerja via online. Sebaiknya tulis subjek sesingkat mungkin, sehingga pihak HRD tidak repot lagi membaca subject yang terpotong.


Baca juga : Cara Melamar Kerja Lewat Job Fair Agar Sukses Diterima HRD


Kesimpulan


Melamar pekerjaan via email atau panggilan suara memang cukup baru di kalangan pencaker, Oleh karena itu kamu perlu mempersiapkan berbagai persyaratan yang diminta sebelum mengirimkan lamaran mu secara langsung lewat email.

semoga teman-teman yang saat ini sedang mencari pekerjaan diberikan kemudahan dan dipercepat untuk diterima kerja di perusahaan impian masing-masing. sebagai partisipasi kalian jangan lupa untuk tekan tombol share di bawah dan bagikan artikel ini di media sosial menurut kalian supaya teman-teman pencakar lain juga ikut membacanya.
By

0 Response to "Contoh Body Email dan Subjek Email Lamaran Kerja Online yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel