Cara Membuat Pola Dasar Baju Manual bagi Pemula

Bagaimana tips membuat pola dasar pakaian untuk jahitan awal? Bagi para pemula, menciptakan pola awal memang butuh keterampilan, karena menjahit dan membuat pola seperti baju untuk anak dan wanita memang memiliki tingkat kesulitasn yang cukup beragam.

Karena semua orang membutuhkan pakaian sebagai kebutuhan sandang, maka usaha konveksi bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Akan tetapi tidak semua orang bisa menjahit pakaian, karena ilmu menjahit juga membutuhkan skill dan pengalaman yang mumpuni yang didapat dari belajar dan praktek langsung.

Kali ini kosngosan akan memberikan tips dan cara membuat pola pakaian yang baik dan benar untuk pemula yang baru belajar menjahit.  Karena belajar membuat pola menjadi bagian dasar dalam ilmu menjahit. Pola dibutuhkan untuk memulai menentukan ukuran pakaian yang akan dijahit. Sehingga akan lebih pas saat dikenakan. Pola juga berguna untuk memudahkan untuk mendapatkan warna dan model yang sesuai keinginan.

Ada banyak pakaian yang bisa kamu buat seperti baju anak, gamis islami, dress dan jenis pakaian lain yang banyak diminati.  Sebenarnya kamu tidak perlu kursus menjahit untuk belajar membuat pola. Cukup menonton video tutorialnya di youtube atau membaca nya pada postingan kosngosan kali ini. Kamu bisa membuat pola sendiri dengan menjiplak pola yang sudah ada.

Bagi pemula, sobat kosngosan bisa cari pola gratis yang tersebar di internet. Cari lah pola baju yang kamu inginkan, kemudian simpan gambar tersebut dalam bentuk jpeg atau png. Kemudian print diatas kertas sesuai ukuran. Atau kamu juga bisa  menggunakan pakaian lama yang sudah tidak terpakai dan sesuai dengan ukuran. Bukalah jahitan baju tersebut dengan hati-hati sehingga bisa dilihat pola-pola yang menyusun pakaian tersebut.

Baca juga : Praktikum Hasil Membuat Pakaian Rok Wanita


Panduan Membuat Pola


pola pakaian

Bahan dan alat


  • Gunting
  • Spidol
  • Jarum dan benang jahit
  • Baju lama yang sesuai dengan model dan ukuran
  • Kain yang akan dibuat menjadi baju
  • Koran atau karton bekas
  • Kapur kain atau pensil warna
  • Setrika


Langkah membuat pola pakaian


Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat pola pakaian yang bisa disesuaikan dengan pakaian lama :

  1. Persiapkan pakaian lama yang sesuai dengan model dan ukuran badanmu
  2. Lalu gunakan silet atau cutter untuk membuka jahitan pakaian tersebut. Jangan dibuka semuanya, pakaian seperti baju dibuka hanya separuh untuk mendapatkan polanya.
  3. Baju yang kamu buka yakni setengah bagian depan, setengah bagian lengan dan kerah. Sementara setengah yang lain dibiarkan masih terjahit seperti semula.
  4. Kemudian setrika potongan pakaian tersebut agar bekas jahitan terlihat hilang untuk mempermudah proses penjiplakan nantinya
  5. Potongan kain tersebut lalu ditempelkan pada kertas koran atau karton. Pola pakaian dijiplak dengan cara mengikuti pinggir potongan kain menggunakan spidol atau pensil warna
  6. Jangan lupa menyematkan jarum pentul seperlunya agar saat pola baju dijiplak tidak lari kemana-mana
  7. Buatlah pola tangan dan pola lain yang masih tersisa dengan cara yang sama.
  8. Kemudian siapkan bakal kain yang akan dibuat menjadi pakaian baru
  9. Jiplak pola yang baru kamu buat dengan menggunakan penanda seperti kapur kain atau pensil warna
  10. Sambung dan satukan semua pola yang terbentuk dengan dijahit lurus atau jelujur.
  11. Terakhir tinggal menjahit semua pola yang ada dan membentuk pakaian yang kamu inginkan


Membuat pola pakaian sederhana dari hasil kreasi sendiri


Selain dari pakaian bekas yang sudah tidak terpakai lagi, kamu juga bisa mendapatkan pola pakaian dari gambar yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Sobat kosngosan bisa mendapatkannya dari gambaran yang kamu buat (yang sudah ahli tentunya) atau dari internet (bagi pemula) untuk berbagai ukuran yang ada. Seperti misalnya contoh dibawah ini :

pola pakaian

pola pakaian

pola pakaian

pola pakaian

pola pakaian

pola pakaian

Kamu bisa mencari gambar pola seperti diatas sesuai kebutuhanmu. Cukup ketik saja pencarian misalnya "pola baju gamis" di google image search, maka ada banyak pola baju gamis yang muncul di hasil pencarian.


Tonton Panduannya


Kamu juga bisa menonton video panduan membuat pola dari youtube, seperti contoh membuat pola baju wanita dibawah ini :


Lihat juga : COBAIN Lowongan Kerja Khusus Orang Cacat Yang Prospektif Berikut Ini


Kata Penutup


Membuat pakaian memang membutuhkan keterampilan dan pengalaman yang mumpuni, supaya menghasilkan baju atau celana yang sesuai dengan keinginan konsumen. Dengan membuat pola dasar, ini menjadi langkah awal yang sangat krusial dalam menciptakan bentuk dasar pakaian secara menyeluruh. Jadi kamu perlu belajar pada tahap awal ini sebelum melanjutkan belajar teknik menjahit

Demikian panduan yang bisa kosngosan berikan seputar cara membuat pola pakaian. Semoga bermanfaat buat kamu yang ingin menjadi penjahit atau taylor profesional. Bila sudah berhasil membuat baju, bisa menghubungi mimin untuk dibuatkan baju custom ya. Share tulisan ini di media sosialmu!
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads