Membuat Surat Lamaran Kerja lewat HP dan Mengirimnya via Email

Membuat Surat Lamaran Kerja lewat HP dan Mengirimnya via Email

Baca juga :

Mengetik sendiri surat lamaran kerja menggunakan hp android atau iphone memang terbilang cukup jarang dilakukan orang. Bagi kamu yang saat ini pengangguran dan tidak memiliki laptop atau komputer, ini menjadi solusi satu satunya agar kamu tetap bisa melamar kerja, selain tentunya menulis menggunakan tangan secara manual. Kali ini kosngosan memberikan pembahasan membuat surat lamaran untuk karyawan via smartphone dan mengirimnya lewat email secara online.
lamaran lewat hp

Setidaknya ada 2 alasan kenapa kamu tidak bisa membuat surat lamaran menggunakan laptop atau komputer. Pertama kamu tidak pernah mengoperasikan Komputer atau gaptek dengan penggunaan komputer. Kamu perlu mencari sebuah rental pengetikan untuk membuatkan surat lamaran, CV dan dokumen terkait lainnya lalu kemudian mengirimkannya ke perusahaan incaranmu

Kedua adalah kamu tidak memiliki laptop atau komputer, atau justru kamu punya namun tidak membawanya karena memang merepotkan membawa perangkat besar seperti laptop. Sehingga smartphone menjadi satu satunya andalan yang bisa kamu gunakan untuk melamar kerja.

Jika kamu pernah membuat surat lamaran dan cv menggunakan Ms Word di laptop, kamu bisa mencoba untuk menyimpanya kedalam memori internal di smartphone supaya saat ada lowongan kerja kamu bisa mengirimkannya sewaktu waktu. Kamu bisa membaca postingan cara mengirim file dari laptop ke smartphone dan sebaliknya disini.

Namun bila kamu belum pernah membuat surat lamaran sekali pun, kamu bisa membuatnya secara manual lewat smartphone. Persyaratan pertama adalah menggunakan kamu cukup memiliki android atau iphone dengan spesifikasi mumpuni agar nantinya tidak mengalami lag saat digunakan. Karena biasaya aplikasi Office cukup memakan ram yang lumayan.

Langkah membuat surat lamaran sendiri menggunakan di smartphone


Pertama kunjungi PlayStore atau Apple store dan cari aplikasi ms word di kotak pencarian. Atau kamu bisa mendownlaod aplikasinya langsung disini word Android dan word iOS.

Kemudian install aplikasi tersebut kemudian masukkan password baru sebanyak dua kali seperti membuat akun pada umumnya

Klik icon + pada pojok atas kanan untuk membuat lembaran baru dan pilih dokumen kosong

Setelah lembar kerja terbuka, kamu bisa mengetik surat lamaran sesuai format pada umumnya. Kamu bisa melihat dan mendownload contoh format surat lamaran dan cv pada bagian akhir postingan ini. Tapi lanjut dulu pada langkah terakhir

Jangan lupa simpan filenya bisa di memori internal atau eksternal. Untuk membukanya kembali kamu bisa buka aplikasi word kemudian pilih opsi buka pada pojok kanan, lalu cari file word tersebut untuk kemudian dibuka dan melakukan edit secara langsung.

Berkas yang harus dipersiapkan


Apa yang harus dipersiapkan untuk melamar pekerjaan ketika mengirimkanya secara online? Kelengkapan lamaran kerja via email ini memang berbeda sesuai dengan permintaan perusahaan yang akan kamu lamar, berikut adalah beberapa dokumen persyaratan lamaran secara umum :

  • Scan Ijazah
  • Scan Kartu identitas atau KTP
  • Scan Transkrip nilai
  • File Daftar riwayat hidup
  • Scan SKCK
  • Scan Kartu kuning
  • Scan SIM
  • Scan NPWP
  • Scan Sertifikat TOEFL/IELTS
  • Scan Sertifikat pendukung

Dapatkan form surat lamaran umum disini


Secara umum contoh surat lamaran akan sama, yaitu memiliki beberapa bagian seperti kop surat, paragraf pembuka, bagian isi, penutup serta tandatangan mu sebagai pelamar. Lihat contoh formatnya dibawah ini, silahkan scrool file doc yang sudah diembed dari google document dibawah ini :



Kamu bisa men-download format surat lamaran online disini

Setelah mendapatkan file word-nya, kamu bisa segera mengedit nya sesuai dengan kebutuhanmu. Seperti misalnya mengganti nama perusahaan, posisi jabatan, dan juga biodata mu. sesuaikan dengan persyaratan yang diminta.  Selanjutnya jangan lupa mengganti nama mu diakhir. Kemudian simpan.

Kamu juga bisa mendapatkan contoh format curriculum vitae dalam bentuk word dibawah ini, silahkan scrool ke bawah untuk melihat selengkapnya :



Unduh file diatas dengan mengklik tautan disini. Setelah mendapatkan filenya kamu bisa mengedit segala item per itemnya sesuai dengan kompetensi dan pengalammu sendiri. Ingat, jangan membuat CV yang mengada ada, berikan informasi yang sebenarnya.

Cara mengirim surat lamaran secara online


Buka aplikasi Gmail atau kunjungi alamat penyedia email gratis milikmu lewat browser hp seperti yahoo mail atau google mail. ini biasanya secara deafault sudah berada didalam smartphone mu, namun bisa tidak ada, kamu bisa langsung menggukan browser seperti chrome atau uc.

Persiapkan dokumen yang diperlukan, seperti curriculum vitae atau resume, surat lamaran, scan ijazah, transkrip nilai, pas photo, skck, surat kesehatan dan dokumen pendukung lainnya. Untuk scan dengan file gambar usahakan size nya tidak lebih dari 500 kb, agar nantinya mudah untuk di upload.

Silahkan buka surat lamaran yang sudah kamu persiapkan, copy dan pastekan pada tubuh email. Karena surat lamaran tidak dilampirkan, akan tetapi dituliskan di dalam email. Berkas lainnya baru kemudian kamu lampirkan.

format surat lamaran gmail android

Kamu bisa melampirkan file lain dengan tab icon attachment diatas disamping tombol kirim. Setelah itu pilih dokumen nya dari file manager. Selesai, cek kembali apakah ada dokumen atau format surat yang salah. Bila yakin sudah sempurna, silahkan klik tombol kirim.

Kapan waktu mengirim surat lamaran paling ideal? Mimin melansir dari laman Business Insider waktu terbaik untuk mengirim surat lamaran secara email ke perusahaan adalah di antara rentang waktu jam 08.00 pagi hingga jam 10.00 pagi. Karena hal ini adalah waktu produktif disaat pihak HRD bekerja dengan maksimal.

Seterusnya kamu bisa menunggu dan mencoba mencari lamaran lain. Karena pengalaman mimin kita tidak bisa menunggu satu lamaran saja, akan tetapi harus terus mencari 4 atau lebih lamarna kerja sehingga memperbesar kans kita untuk diterima bekerja.

Kesimpulan

Setelah membaca panduan diatas, kamu sudah tahu betapa mudahnya membuat lamarna kerja menggunakan hp bukan? jadi tidak ada alasan kamu tidak bisa mengirim lamaran kerja karena keterbatasan fasilitas.

Lihat juga : Lowongan pekerjaan shift malam untuk pengangguran

Oke setelah membaca artikel diatas, mimin harapkan kalian bisa membuat surat lamaran yang berkualitas sesuai kebutuhan masing masing. Juga dengan adanya smartphone, maka akan bisa mengirimkan surat lamaran kapan pun dan dimana pun kalian berada. Silahkan share tulisan ini sebagai bentuk partisipasi dan support mu terhadap blog ini. Terimakasih sudah berkunjung.
Buka Komentar