Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Bentuk IPA Sebagai Ilmu, Produk, Sikap Ilmiah dan Aplikasi

Ilmu Pengetahuan Alam atau yang biasa kita sebut sebagai IPA merupakan salah satu ilmu pengetahuan sains yang mempelajari gejala alam dan dunia secara ilmiah. Materi ini sudah dipelajari sejak sekolah dasar dan hingga pada perguruan tinggi dengan jurusan eksakta, IPA menjadi bidang yang harus dikuasai demi meraih gelar sarjana.

Pelajaran IPA sebenarnya adalah gabungan dari ilmu pengetahuan yang lebih spesifik yaitu kimia, fisika dan juga biologi. Ketiganya memang saling berkaitan karena berasal dari ilmu sains yang dikembangkan melalui serangkaian proses penelitian ilmiah.

Ketika kalian sudah berada pada postingan ini, maka kalian pasti bertanya apa yang disebut produk ilmiah dalam ipa serta berikan contoh konkritnya. Bentuk IPA memang bisa dibagi lagi menjadi produk, ilmu, sikap ilmiah serta aplikasinya.

Interpretasi dari beberapa aspek IPA tersebut akan dijelaskan satu per satu pada pembahasan kali ini. Namun sebelumnya kita bahas sedikit mengenai definisi IPA atau Sains secara singkat. Secara bahasa (lebih tepatnya english) sains berasal dari "science" memiliki arti pengetahuan

Istilah ini lalu berkembang menjadi "natural science" yang jika diartikan dalam bahasa indonesia berarti "Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)". IPA merupakan ilmu yang mempelajari alam dan juga isinya. IPA merupakan disiplin ilmu yang bersifat objektif dan diperoleh dari proses ilmiah.

Baca lainnya : Panduan melakukan penelitian ilmiah


Contoh dan bentuk IPA sebagai Produk Ilmiah


contoh bentuk ipa

Produk ilmiah adalah hasil pengumpulan data yang diperoleh dari proses penelitian ilmiah. Data yang didapatkan disusun secara sistematis. IPA sebagai produk bisa dikatakan sebagai sekumpulan hasil empirik dan analitik dari saintis sejak dahulu yang merupakan fakta, data, konsep, prinsip, dan teori.

Jadi IPA sebagai produk hasilnya berupa fakta yaitu berasal dari kegiatan empiris (berdasarkan fakta), sedangkan produk IPA seperti data, konsep, prinsip dan teori dalam IPA merupakan hasil kegiatan analitis.

Contoh konkrit IPA dalam bentuk produk ilmiah seperti :

  1. Data hasil penelitian analisis daya saing siswa sekolah negeri dengan swasta
  2. Teori Relativitas Umum yang dihasilkan oleh Einstein
  3. Dalil Phytagoras dalam perhitungan segitiga
  4. Hukum Mendel dalam bidang pewarisan sifat gen
  5. Teorema Atom Dalton
  6. dan masih banyak lagi.


Aspek IPA sebagai Ilmu


IPA sebagai suatu disiplin ilmu menjadi dasar untuk pengembangan cabang ilmu lainnya yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. IPA menemukan berbagai hal sebagai implikasi adanya temuan mengenai fenomena alam. Ilmu tersebut melalui beberapa proses yang disebut sebagai tahapan ilmiah, yang terdiri dari :

  1. Merumuskan masalah
  2. Mengumpulkan data
  3. Melakukan percobaan atau penelitian
  4. Melakukan pengamatan
  5. Melakukan pengukuran
  6. Melakukan penyimpulkan.
  7. Melakukan komunikasi pengetahuan atau melaporkan hasil penemuan


Hakikat Sains sebagai Sikap Ilmiah


Dalam menghasilkan produk ilmiah, diperlukan sikap yang mengandung cara kerja, sikap, dan cara berfikir ilmiah. Ketika kamu hendak memecahkan masalah, seorang peneliti akan mengambil sikap tertentu yang memungkin pencapaian hasil yang diharapkan. Beberapa sikap ilmiah yang harus ada dalam diri seorang peneliti adalah :

  1. Objektif terhadap fakta atau kondisi lapangan yang sebenarnya
  2. Tidak terburu-buru mengambil keputusan dan kesimpulan
  3. Tidak menyimpulkan atas prasangka
  4. Tidak percaya takhayul atau mistis
  5. Tekun dan sabar dalam memecahkan masalah
  6. Terbuka atau open minded
  7. Bisa membedakan fakta dan opini
  8. Mampu bekerjasama dengan piak lain
  9. Selalu ingin tahu mengenai masalah dan gejala
  10. Bersikap netral terhadap suatu pendapat didasarkan atas fakta
  11. Melakukan komunikasi dan mengumumkan hasil penemuannya untuk diselidiki, dikritik dan disempurnakan


Bentuk Pengaplikasian IPA dalam kehidupan sehari hari


IPA sudah banyak dimanfaatkan manusia untuk kepentingan hidupnya di berbagai bidang, seperti bidang teknologi, industri, pertanian, perikanan, keuangan, kesehatan, olahraga dan sebagainya. Beberapa bentuk aplikasi IPA dalam kehidupan sehari hari diantaranya :

  1. Teknik dan proses pengawetan bahan pangan seperti pengasinan, pemanisan, dan pengeringan menggunakan konsep yang tekanan osmotik sel dari bakteri yang ada di dalam bahan pangan, sehingga bahan pangan lebih tahan lama
  2. Penemuan berbagai spesies hasil persilangan dan hibridasi dari berbagai spesies yang menghasilkan keturunan yang berkualitas dan digunakan untuk konsumsi manusia
  3. Peralatan dapur yang menggunakan bahan dari isolator, yaitu bahan yang buruk terhadap transfer kalor.
  4. Penemuan kabel fiber optik yang bisa menghantarkan data jauh lebih baik dan efisien dibanding kabel lain
  5. Pembuatan bahan makanan yang mengalami proses fermentasi seperti tempe, tapai, keju, yoghurt dan sebagainya
  6. Penerapan ilmu elektro yang menghasilkan robot dan bermanfaat dalam bidang industri, manufaktur, kesehatan serta bidang lain
  7. Pembangunan pembangkit listrik energi nuklir yang memiliki potensi energi lebih bersih dan besar
  8. Tips memilih biji yang bagus dengan merendamnya kedalam air. Apabila massa jenis biji lebih besar, maka akan tenggelam dan biji tersebut dinilai baik dan siap tanam. Begitu juga sebaliknya.


Baca lainnya : Contoh zat dan bahan kimia yang menimbulkan iritasi dan korosi


Kesimpulan


Ilmu Pengetahuan Alam menjadi salah satu bidang yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu kamu perlu untuk mempelajari ini walaupun kebanyakan dari kalian kurang menyukainya karena dinilai sulit.

Sekianlah pembahasan seputar Contoh dan Bentuk IPA Sebagai Ilmu, Produk Ilmiah dan Aplikasi kali ini, semoga bisa menjadi bahan referensi bagi kalian yang mencari pembahasan diatas. Jangan lupa bagikan postingan ini di media sosialmu juga ya.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya