9 Cara Mendapat Nilai Bagus Tanpa Perlu Belajar dan Menghapal

Sebenarnya bagaimana tips mendapatkan nilai yang bagus seperti nilai IPK atau nilai Rapor tanpa belajar yang berarti? Kali ini mimin kosngosan begitu senang bisa berbagi postingan lagi. Nah, mumpung mimin lagi ada waktu luang, kita akan membahas tentang kesuksesan akademik yang diimpikan oleh banyak orang, dengan sedikit usaha.
tips belajar

Tidak dipungkiri memang, mimin yang juga pernah menjadi pelajar atau mahasiswa, pastinya biasa mengalami  kegagalan dalam akademik. Kita coba berbagi dengan postingan ini, semoga kamu, yang saat ini berstatus xebagai anak kost, mahasiswa atau pelajar bisa mengambil hikmahnya. Yah, walaupun mimin sendiri masih belum bisa mengaplikasikan sepenuhnya, tapi kita sama-sama mencoba.

Oke, kita mulai dengan yang namanya mahasiswa. Insan akademik ini, begitu manusia menyandangnya, memiliki waktu yang berfokus pada kegiatan pengabdian dan penelitian. Mahasiswa tentu menjalani aktifitas terpentingnya di kampus. Tentunya kita akan bertanya, apa sih pengertian mahasiswa?

Mahasiswa adalah orang yang terdaftar aktif di sebuah perguruan tinggi. Adapun batas umur seorang yang dikatakan mahasiswa 18-30 tahun. Oleh karena terdaftar aktif di perguruan tinggi yang bersangkutan tentu saja ada ikatan baik untuk mentaati tata tertib maupun ketentuan-ketentuan lainnya.

Baca juga : Komputer Murah yang Cocok untuk Mahasiswa dan Pelajar

Pelajar adalah orang-orang yang ikut serta dalam proses belajar. Seorng pelajar akan mengumpulkan dan menambah sejumlah ilmu dan pengetahuan baik dalam lingkungan formal maupun non formal. Baik pelajar dan mahasiswa sama sama berupaya dan sengaja agar terjadi suatu kegiatan yang edukatif antara peserta didik dan pendidik (pengajar). Pelajar dan mahasiswa pada dasarnya adalah konsumen dari jasa yang diberikan oleh pengajar seperti guru atau dosen.

Tips mendapatkan nilai yang memuaskan tanpa harus belajar yang berarti


Sekarang, bagaimana cara menjadi mahasiswa dan pelajar yang sukses? Tentunya pelajar dan mahasiswa yang dinilai sukses adalah mereka yang memiliki nilai akademik yang memuaskan bukan? Walaupun itu bukan menjadi satu satunya paramater kesuksesan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan nilai bagus secara sederhana, yaitu :

1. Atur niat dan tekad-mu dari awal


Mulailah dengan niat. Mahasiswa dan pelajar dengan keinginan dalam mencapai prestasi dan mampu memanfaatkan peluang adalah mereka yang mampu berjuang untuk mewujudkan cita citanya. Memiliki tekad, juga tentunya memiliki cara-cara yang jelas untuk mencapai kesuksesannya. Sehingga Mahasiswa, pelajar, siswa, murid atau anak sekolah tidak cepat menyerah didalam mencapai cita-citanya. Kamu harus terus berusaha, meskipun rintangan yang dihadapi dirasa sulit.

2. Aktif di berbagai kegiatan positif untuk pengembangan diri


Aktif berarti mahasiswa dan pelajar harus memiliki kesibukan dalam menjalankan perannya sebagai seorang insan akademik yang berpendidikan. Tentunya kegiatan yang mahasiswa atau pelajar lakukan berbeda-beda tergantung sifat, kebiasaan dan passion masing masing.

Akan tetapi jangan sampai tenggelam dalam kegiatan sekunder sehingga lupa akan tujuan utama kita. Terkadang kamu sangat sibuk bila berurusan dengan suatu hobi. Sehingga sepertinya lupa dengan orientasi belajar sebagai seorang akademisi. Kebalikan dari itu, ada pula kita yang justru terbawa serius dengan kehidupan akademik, sehingga lupa dengan nilai sosial dan pergaulan.

3. Berani tampil dan selalu duduk di bangku depan


Ini adalah teknik dan rahasia orang sukses sejak zaman dahulu. Walaupun kamu tidak cerdas dan memiliki IQ tinggi, namun ketika kamu berada didepan dan berani tampil untuk presentasi atau bertanya misalnya, maka guru atau dosen akan menilai keaktifanmu sehari hari.

4. Bertemanlah dengan orang orang pintar


Teman adalah faktor pendukung yang paling sering mempengaruhi kesuksesan kita di masa depan. Memilih teman yang pintar dan berprestasi, maka kamu juga akan ketularan ikut harum nya. Jadi jangan minder untuk menjalin pertemanan dengan orang orang pintar disekolah atau kampus mu ya. Kamu bisa meminta tolong mereka untuk mengajari mu nanti ketika ujian atau seminar tiba.

5. Seringlah bertanya dengan menyebutkan namamu


Nah ini merupakan salah satu upaya paling sederhana untuk membuktikan bahwa kamu terlihat aktif dalam belajar sehari hari. Dosen atau guru akan senang melihat anak didik yang serius mengikuti mata pelajaran yang diampunya. Dengan bertanya, berarti kamu sudah aktif dan bisa mengolah materi pelajaran yang diajarkan.

6. Jaga hubungan baik dengan dosen atau guru


Berteman tidak hanya sesama pelajar atau mahasiswa bukan? Kamu juga bisa menjalin hubungan yang positif dengan guru atau dosen mu. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berteman bersama mereka.

Tanpa bermaksud mencari muka atau caper, kamu tetap bisa bertanya hal hal pelajaran di luar jam pembelajaran. Untungnya kamu bisa dapatkan informasi seputar kampus, proyek atau bantuan lain yang tidak bisa kamu dapatkan dari teman seusiamu.

7. Menyeimbangkan aspek akademis dan pengembangan diri


Pelajar dna mahasiswa yang baik adalah mereka yang mampu menyeimbangkan antara dunia akademik dan juga dunia pengembangan dirinya. Beberapa ada yang bisa mengelolanya, ada juga yang tidak, malah terjerumus kepada salah satu aspek saja.

Bagi kamu yang mampu menyeimbangkan keduanya, tentunya memerlukan usaha yang lebih untuk bisa mengaplikasikannya. Jangan takut tidak bisa membagi waktu, karena orang yang berpendidikan memang dituntut untuk bisa membagi waktu se-efektif dan se-efisien mungkin.

Oleh karena itu manajemen sangat dibutuhkan. Tentunya ini membutuhkan usaha dan effort yang tidak mudah untuk mendapatkannya. Pembelajaran dalam organisasi akan sangat berguna dalam menambah pengalamanmu.

8. Menjaga kesehatan adalah yang paling utama


Dan penting, untuk menjaga kesehatan. Seaktif apa pun kalian, sebesar apa pun pencapaiannya, tentunya juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk menormalkan kinerja tubuh. Jika kita sukses dalam pencapaian karier, tapi tidak bisa merasakan nikmat kesehatan, tentunya itu juga menjadi sia sia.

9. Memanfaatkan peluang bisnis yang ada


Selanjutnya, pandai memanfaatkan peluang. Sebagai mahasiswa atau pelajar, tentu pola pikir tidak sekelas dengan anak kecil lagi. Ada mahasiswa atau pelajar yang mampu menyulap problematika menjadi sebuah bisnis. Atau mereka yang memberikan sedikit sentuhan dengan kegiatannya yang bersifat membangun.

Misalnya ketika lampu di kampus rusak, kamu bisa mengajukan proposal pembelian lampu dengan menjadikan mu sebagai distributor atau penghubung antara pihak kampus dengan perusahaa lampu. kamu bisa saja langsung mendatangi pabrik lampu, dan meminta potongan harga untuk pembeliannya.

Baca juga : Tips Kuliah Program S2 dan Cara Belajar yang Berbeda dengan S1

Semoga beberapa sajian mengenai 9 Cara Mendapat Nilai Bagus Tanpa Perlu Belajar dan Menghapal diatas dapat memberikan kontribusi bagi sobat pembaca semua, mengenai cara manajemen yang baik ala seorang insan akademis, yang efektif dan efisien.

Terkhusus bagi kalian yang merasa ingin meraih kesuksesan sedini mungkin, tentunya harus dapat membagi waktu, sehingga kita mampu membahagiakan orangtua atau orang orang disekitar kita. Share dan comment artikel ini ya!
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel