10 Aplikasi UMKM untuk Keuangan dan Pemasaran Gratis

10 Aplikasi UMKM untuk Keuangan dan Pemasaran Gratis

Baca juga :

Penggunaan aplikasi sebagai salah satu perangkat lunak yang multifungsi untuk berbagai perangkat elektronik seperti smartphone dan komputer sangat diperlukan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang disingkat sebagai UMKM di Indonesia.

Secara umum penggunaan aplikasi pada smartphone seperti Android dan iOS memang lebih banyak dalam bidang produktifitas sehari hari, seperti aplikasi startup yang membantu transportasi, pembayaran tiket, pemesanan hotel, chatting, video call maupun untuk hiburan secara online.
aplikasi

Namun lebih dari itu, sebagai salah satu jenis usaha yang kebal terhadap situasi perekonomian, UMKM sudah seharusnya mendapatkan jatah digitalisasi dan membuat pelakunya melek terhadap teknologi yang mempermudah bisnis dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi.

Aplikasi UMKM ini bisa berupa aplikasi rencana keuangan, perhitungan akuntansi pembukuan bisnis, atau membantu pemasaran dan marketing produk. Dengan bantuan internet, maka diharapkan aplikasi bisa meningkatkan jangkauan skala penjualan UMKM ke seluruh Indonesia, bahkan luar negeri dengan kelas ekspor.

Baca juga : Solusi Pengembangan UMKM dalam Menghadapi Era Industri 4.0

Salah satu aspek yang paling penting untuk dimajukan dalam UMKM adalah pemasaran produk. Karena saat ini pemasaran yang dilakukan cenderung masih bersifat tradisional dengan mengandalkan jaringan pasar lokal yang ada.

Selain itu produk UMKM juga memiliki rantai pemasaran yang pan jang dan membuatnya tidak efektif dan efisien. Maka dari itu penggunaan aplikasi diharapkan bisa mengatasi permsalahan tersebut dengan baik.

Download Aplikasi Android untuk UMKM


Beberapa aplikasi yang bermanfaat untuk bisnis umkm pada sistem operasi android adalah sebagai berikut :

UMKM Android UMKM iOS UMKM Windows
Akuntansi UKM - Keuangan SI APIK Microsoft Office
BELANJAUKM Grow Turbo Cash
SI APIK Slack GNUCash
Aplikasi Pinjaman Online App Dagang B2B Alibaba SQL Ledger
M-Pajak

1. Akuntansi UKM - Keuangan


Aplikasi ini menawarkan sistem keuangan sederhana yang bisa kamu gunakan untuk mengelola keuangan bisnis umkm mu sehari-hari. Aplikasi ini di gunakan untuk memenuhi kebutuhan standar pengelolaan sistem informasi keuangan dalam perusahaan sehingga pencatatan keuangan perusahaan tersistem sesuai prosedur dalam meminimalisir resiko kerugian.

2. SI APIK


Aplikasi pembukuan yang bisa mencatat setiap transaksi sederhana untuk bisnsi UMKM. Aplikasi bisa bisa digunakan untuk Usaha Mikro yang hanya mencatat dan melaporkan sumber dan penggunaan dana, dan usaha kecil menengah (UKM) menyusun laporan yang lebih lengkap seperti laporan laba rugi, arus kas dan neraca.

Kelebihan aplikasi in adalah tanpa batasan jumlah transaksi, tanpa batasan jumlah entitas usaha, tanpa batasan jumlah entitas usaha di setiap sektor, tanpa batasan jumlah barang, bahan material, jenis jasa, tanpa batasan jumlah pemasok, jumlah pelanggan, tanpa batasan periode melihat laporan keuangan dan bisa digunakan dalam kondisi offline.

3. BELANJAUKM


Aplikasi ini milik sebuah startup yang bergerak dibidang teknologi informasi yang berfokus pada promosi dan pemasaran produk UMKM. Sebagai perusahaan teknologi informasi, aplikasi ini mengambil peran dalam fasilitasi pemanfaatan e-commerce untuk pemilik usaha kecil menengah (UMKM) dalam mempromosikan dan memasarkan produknya.

Selain BelanjaUKM ada juga aplikasi sejenis yang bisa membantu kamu dalam memasarkan produk seperti Ninja Xpress, Sleekr, Oy! dan beberapa jaringan online lain. Selain aplikasi dan situs e-commerce, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, whatsapp dan instagram dalam memasarkan produk mu.

4. Aplikasi Pinjaman Online


Ada banyak aplikasi pinjaman online yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis umkm milikmu, salah satunya dengan penggunaan aplikasi android seperti DanaRupiah, PinjamanGo, Kredivo, Kredit Pintar, Rupiah one dan sebagainya. Namun pastikan bahwa kamu sudah siap membayar kredit nya dan pastikan juga perusahaan peminjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK.

5. M-Pajak


Selain adanya aplikasi keuangan dan pemasaran, umkm juga membutuhkan aplikasi pajak online yang bisa membantu kamu dalam menghitung berapa besaran pajak yang harus dikeluarkan. Aplikasi ini berisi informasi mengenai Berita Perpajakan, Pengumuman Perpajakan, Siaran Pers, Tajuk Pajak, Peraturan Perpajakan, Kurs Pajak, dan informasi lainnya. Kamu bisa juga mengetahui lokasi Pojok Pajak, Kelas Pajak, Kantor Pajak terdekat, dan Payment Point terdekat.

Download Aplikasi Windows untuk UMKM


aplikasi windows

1. Microsoft Office


Mungkin semua pebisnis umkm akan sepakat kalau aplikasi ini memang wajib untuk kepentingan bisnis. Aplikasi milik microsoft yang punya beberapa fungsi seperti word untuk pengolah kata bisa kamu gunakan untuk kepentingan membuat surat penawaran bisnis umkm, excel untuk mengolah data dan keuangan bisnis, powerpoint untuk presentasi bisnis dengan klien, serta publisher untuk membuat undangan.

2. SQL Ledger


Aplikasi ini untuk penggunaan entry data yang mana bisa membantu membuatkan inventory control, check printing, multi user, multi-location, point-of-sales, packing list, dan purchase orders. Banyak pilihan platformnya, terutama untuk pengguna Windows, Linux dan Mac.

3. GNUCash


Aplikasi yang cukup komplit untuk pebisnis umkm. Aplikasi ini memiliki fitur account invoicing, receivables, account payables, akun investasi, depresiasi nilai, tax table, akun kredit dan pinjaman. Kamu juga bisa menambah modul yang sudah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan untuk bisnis mu. Kamu juga bisa melacak pendapatan, rekening bank, beban dan bahkan saham dan punya fitur double entry accounting.

4. Turbo Cash


Aplikasi ini memiliki User Interface yang mudah digunakan. Fitur nya cukup lengkap seperti barcodes, quotes, trial balance, batch operations, VAT accounting, multi-user and access controls, point of sale, invoicing, reporting and analysis, inventory and stock pricing.

Download Aplikasi iOS untuk UMKM


aplikasi

1. SI APIK


Selain di android, aplikasi buatan bank Indonesia ini juga bisa kamu peroleh di apple store untuk perangkat iphone atau plaform iOS lainnya. Fungsinya hampir sama, yaitu mencatat dan melaporkan sumber dan penggunaan dana, dan usaha kecil menengah (UKM) menyusun laporan yang lebih lengkap seperti laporan laba rugi, arus kas dan neraca

2. Grow


GROW merupakan aplikasi mobile akuntansi dan invoice online gratis yang hadir khusus untuk UMKM Indonesia bagi pengguna perangkat platform iOS dan Android buatan Sleekr. Kamu bisa menggunakannya untuk membantu pekerjaan akuntansi pada bisnis mikro dan menengah yang sedang berkembang saat ini.

Aplikasi lain yang bisa membantu umkm mu, yang bisa kamu cari dan install di perangkat apple mu antara lain :

  • Slack
  • Scanner Apps
  • App Dagang B2B Alibaba
  • Documents (Office Docs)
  • Google Bisnisku
  • Dan masih banyak lagi.

Baca juga : Cara Pinjam Uang di Pegadaian untuk Modal Usaha

Sekian pembahasan artikel kali in mengenai Daftar Aplikasi UMKM untuk Keuangan dan Pemasaran Gratis. Semoga kamu yang saat ini sedang mengelola bisnis mikro bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengembangkan usaha mu menjadi lebih baik lagi.
Buka Komentar