Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pinjam Uang di Pegadaian untuk Modal Bisnis Usaha

Bagaimana cara meminjam uang di Pegadaian? Apa saja persyaratan yang harus dilengkapi? Pegadaian adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang berfokus dalam mengelola dana keuangan terutama dalam tiga sektor yang sering kita lihat yaituvpembiayaan, emas dan berbagai jasa. Banyak dari kita pastinya sudah akrab dengan pegadaian.

Karena memang memiliki banyak kantor cabang di setiap daerah di Indonesia. Dan kali ini kosngosan akan membahas mengenai bagaimana cara pinjam uang ke pegadaian yang ditujukan untuk modal usaha, bukan gadai hp di pegadaian ya! Berikut adalah pembahasannya.

Pegadaian sudah ada lama sejak masa penjajahan belanda di Indonesia. Cikal bakalnya adalah dari Bank van Leening yaitu lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai, lembaga ini pertama kali didirikan di Batavia pada tanggal 20 bulan agustus tahun 1746. Lalu berubah dan berkembang menjadi perusahaan pegadaian seperti yang kita kenal seperti sekarang ini.

Dalam aktifitas bisnisnya, pegadaian memiliki 3 jenis layanan utama yaitu Pembiayaan, Emas dan Aneka Jasa. Layanan pembiayaan terdiri dari tiga produk yaitu KCA (Kredit Cepat Aman), Kreasi (Kredit Angsuran Fidusia)dan Krasida (Kredit Angsuran Sistem Gadai) yang masing masing akan kita jelaskan selanjutnya.


Cara Meminjam Uang di Pegadaian


cara pinjam uang pegadaian

Bagaimana prosedur peminjaman uang di pegadaian? Setelah mengetahui jenis pembiyaan dalam pegadaian, maka kamu bisa mengetahui produk mana yang cocok untuk jenis usahamu. 

KCA lebih ditujukan untuk pembiyaan pribadi sementara Krasida dan Kreasi untuk usaha mikro dan menengah.

Sebelum mengunjungi kantor cabang pegadaian terdekat dan membawa barang yang akan menjadi agunan pada sistem gadai, kamu harus membaca beberapa persyaratan seperti yang tertera dibawah ini :

Persyaratan pinjaman Krasida


  1. Fotocopy KTP 
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Menyerahkan Barang Jaminan berupa perhiasan emas atau kendaraan bermotor
  4. Untuk agunan berupa kendaraan bermotor, dilengkapi dengan dokumen kepemilikan (BPKB asli, fotocopy STNK dan Faktur Pembelian)

Adapun untuk besaran pinjaman yang diberikan berkisar antara 1 juta hingga 250 juta berdasarkan jenis dan harga agunan yang dimiliki. 

Untuk pilihan jangka waktu pelunasan bisa memilih mulai dari 6, 12, 24 hingga 36 bulan dengan pelunasan yang bisa dilakukan sewaktu-waktu dan adanya pemberian diskon untuk sewa modal.

Persyaratan pinjaman Kreasi


  1. Memiliki usaha yang memenuhi kriteria kelayakan serta telah berjalan 1 (satu) tahun
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy Kartu Keluarga
  4. Fotocopy Surat Nikah (jika sudah menikah)
  5. Menyerahkan legalitas usaha (SIUP, SITU atau Surat Keterangan Usaha) 
  6. Menyerahkan dokumen kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB asli, fotocopy STNK dan Faktur Pembelian)

Untuk pinjaman kreasi nominal pinjaman yang diberikan minimal adalah 1 juta dan maksimal adalah 100 juta berdasarkan jenis dan harga barang agunan. 

Untuk jangka waktu pelunasan bisa dipilih antara 12,18,24 hingga 36 bulan dan juga dengan pelunasan yang bisa dilakukan sewaktu-waktu serta adanya pemberian diskon untuk sewa modal.

Adapun alur peminjaman dari pegadaian adalah seperti berikut :

Langkah 1

Sobat memilih salah satu jenis pinjaman dan juga menyediakan berbagai persyaratan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Atau sobat kosngosan bisa memilih sistem gadai, yaitu menggadaikan barang milik sobat untuk selanjutnya diberikan kepada pihak pegadaian kemudian nanti ditebus sesuai dengan kesepakatan

Langkah 2

Kalau sobat memilih pembiayaan tanpa gadai, berarti tidak butuh barang yang akan digadai, cukup menyediakan berbagai syarat yang sudah dijelaskan diatas, kemudian datangi kantor pegadaian terdekat.

Jika sobat ingin mendapatkan modal dengan sistem gadai, maka siapkan barang nya seperti emas, serfitikat tanah, rumah atau barang berharga lainnya yang bisa digadaikan. Sesuai kesepakatan nantinya.

Langkah 3

Selanjutnya yang perlu diketahui adalah penitipan di Pegadaian maksimal adalah 4 bulan atau 120 hari. Ini berlaku untuk Pegadaian Konvensional dan Pegadaian Syariah. 

Sobat kosngosan bisa memperpanjangnya dengan membayar biaya penitipan atau bunga. 

Jika tidak bisa memperpanjang atau tidak mampu menebus barang, maka akan dijual dengan cara lelang untuk melunasi pinjaman.


Jenis Pinjaman Pegadaian


Kredit Cepat Aman (KCA)


pinjaman kca pegadaian

Program pembiayaan ini bersifat personal dan sangat terjangkau untuk masyarakat. Adapun untuk jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan dan dapat diperpanjang dengan membayar sewa modal saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman.

Yang menjadi kelebihan dari pembiyaan ini adalah masyarakat bebas melakukan pelunasan setiap saat, tidak perlu membuka rekening bank, karena pinjaman yang didapat langsung berupa tunai.

Baca juga : Cara Pinjam Uang di PNM Untuk Modal Usaha

Pinjaman yang diberikan minimum sebesar dari Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 500.000.000 atau lebih. Dengan layanan 4400 outlet Pegadaian di seluruh Indonesia, tentunya akan mempermudah kamu dalam menikmati pembiyaan ini.

Krasida


pinjaman krasida pegadaian

Merupakan program pembiayan yang khusus ditujukan kepada pebisnis UMKM. Pinjaman yang diberikan juga cukup besar dengan sistem gadai dan nilai pinjaman bisa mencapai 95 % dari nilai agunan yang digadaikan.

Kreasi


pinjaman kreasi pegadaian

Ini adalah program lanjutan dari krasida yang juga ditujukan bagi pelaku bisnis UMKM. Diberikan kepada pebisnis kecil dan mikro guna mengembangkan usaha dengan sistem Fidusia. 

Sistem Fidusia merupakan sistem dimana agunan untuk pinjaman cukup dengan BPKB sehingga kendaraan masih bisa digunakan untuk berproduksi


Kelebihan Pegadaian


Mengapa harus Pegadaian? Ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika mendapatkan pinjaman atau bantuan uang dari Pegadaian dibanding dengan lembaga finansial lain seperti bank atau lembaga kredit. Apa sajakah itu? berikut diantaranya :

  • Prosedur pengajuan cepat dan mudah
  • Layanan KCA yang luas, tersedia lebih dari 4.400 outlet diseluruh Indonesia
  • Jangka waktu peminjaman bervariasi, antara 1-120 hari atau maksimal 4 bulan
  • Tidak butuh untuk buka rekening bank dengan perhitungan sewa modal
  • Selisih penarikan pinjaman sangat besar, berkisar 50 ribu hingga 5 miliar
  • Barang yang digadaikan sangat bervariasi
  • Barang yang digadaikan aman tersimpan

Baca juga : Syarat Kredit HP di Erafone


Kesimpulan

Pegadaian merupakan salah satu BUMN yang fokus pada sistem gadai dan juga pemberian kredit untuk berbagai keperluan nasabah. 

Oleh karena itu, manfaatkan perusahaan ini sebagaik mungkin, misalnya untuk pendanaan bisnis kecil mu. Sehingga kamu bisa mengembangkan bisnis lebih besar lagi dari mekanisme gadai yang lebih aman.

Demikianlah kali ini postingan yang membahas menganai Pinjaman Uang Hasil Gadai di Pegadaian untuk 

Modal Usaha, semoga bisa membantu kalian dalam mengembangkan usaha hingga menjadi pebisnis yang handal dan sukses. Jangan lupa bagikan tulisan ini ke media sosial milikmu supaya bermanfaat bagi yang lainnya juga
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya