Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motivasi Mahasiswa yg Malas Belajar Agar Kuliah Terasa Semangat

Bagaimana cara agar semangat kuliah? Menjadi mahasiswa memang bukanlah sesuatu yang mudah. Dibutuhkan semangat pantang menyerah untuk menjalani proses pendidikan, termasuk menghilangkan segala kemalasan dan rasa menyerah dari dalam diri sendiri. Dan pada kesempatan kali ini kosngosan akan berbagai beberapa tips bagaimana cara menghilangkan kebosanan dalam belajar bagi mahasiswa.

Belajar dan mengerjakan tugas memang menjadi rutinitas bagi pelajar dan mahasiswa. Sebagai bagian dari proses pembelajaran, mengerjakan tugas terkadang mengundang rasa bosan. Tidak jarang kamu malas mengerjakan nya kemudian lalai dengan tanggung jawab masing masing

Meskipun waktu liburan akademik bisa mengatasi rasa bosannu tersebut dan tahun ajaran baru sudah dimulai, ternyata masih banyak dari kita yang malas untuk berangkat sekolah atau pun ke kampus karena merasa lebih enak santai.

Hal ini tentu saja membuat pusing, dan menjadi permasalahan tersendiri untuk kembali membangkitkan semangat kita dalam bersekolah dan masuk kampus. Berikut ini kosngosan akan memberikan sejumlah tips, agar kita bisa kembali mendorong diri sendiri untuk berangkat kesekolah dan kampus.

Karena masih ada dibawah kita yang ingin belajar namun terkendala oleh biaya, maka kamu sudah sepantasnya bersyukur dengan status pelajar dan mahasiswa yang disematkan untukmu. Tidak ada alasan malas untuk meraih kesuksesan di masa depan

Baca DULU : Kumpulan Ucapan Selamat Lulus Skripsi, Tesis dan Disertasi


Cara Memotivasi Mahasiswa


contoh motivasi kuliah

Manusiawi memang bila terkadang kita merasa jenuh dan kurang bergairah dalam melakukan aktifitas di skolah dan perguruan tinggi. Hanya saja bila rasa itu sudah mulai datang, maka kamu bisa menerapkan beberapa tips sederhana dibawah ini agar semangat mu kembali lagi.

Beberapa cara agar kita bisa memotivasi diri kembali ke jalan yang benar, yaitu bersungguh sungguh dalam kuliah dan mendapatkan IPK yang bagus dibawah ini bisa menjadi langkah kecil yang mengubah kehidupan perkuliahan mu :


Ingat Kuliah untuk Masa Depanmu


Apa tujuanmu untuk kuliah? Tentu saja ketika kamu mendaftar di perguruan tinggi maka Ini semua adalah demi masa depanmu yang lebih baik. Tentunya kamu tidak ingin bekerja serabutan dengan penghasilan yang pas-pasan karena tidak adanya ilmu dan keahlian yang kamu miliki.

Ketika rasa malas kuliah itu datang maka pikirkan tentang masa depanmu yang suram ketika kamu bermalas-malasan saat ini. Ini adalah salah satu cambuk penyemangat yang cukup efektif untuk kamu


Ingin Sejahtera di Waktu Tua


Semua orang tentunya ingin sejahtera dan hidup bahagia di waktu tuanya. Tidak lagi bekerja dan mencari uang mati-matian. Dan itu semua bisa kamu capai apabila kamu bisa belajar dengan sungguh-sungguh ketika kuliah dan menyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Dengan mendapatkan nilai yang bagus tentunya kamu akan lebih mudah untuk mencari pekerjaan yang layak Sehingga nantinya kamu bisa cuci dan pensiun dengan bahagia


Bisa Membanggakan Keluarga


Siapa yang tidak bangga ketika mendapati anaknya lulus dengan IPK Cumlaude? Apalagi kamu bisa menyelesaikan studi dengan mengambil jurusan yang tergolong sulit. Ini akan bisa membanggakan dan menaikkan status derajat keluargamu di mata sosial.

Pikirkan bahwa ketika kamu bermalas-malasan maka kamu akan membuat keluargamu kecewa sehingga mereka yang sejatinya telah melakukan segalanya untukmu akan dikecewakan. Pikirkan itu ketika kamu sudah mulai merasa malas dan bosan kuliah


Ingat kerja keras orangtua dalam memberikan support


Kamu bermalas malasan? ingatlah jerih payah orangtua yang sudah membanting tulang dalam membiayai kuliah mu. Jangan menghilangkan harapan mereka terhadap mu.

Setidaknya berikan balasan positif kepada mereka untuk terus berusaha sampai wisuda kelak. Orangtua tidak akan meminta balasan lebih kepada mu, cukup belajar dengan sungguh sungguh, tamat dan mendapatkan pekerjaan yang layak untuk masa depan mu.


Bersyukur karena lebih beruntung dari orang lain yang tidak kuliah


Hal ini paling penting untuk kita renungkan. Kamu yang mulai malas dalam kuliah, hendaknya berpikir ulang dan berkaca diri mengenai kondisi mu saat ini. Betapa beruntungnya kita mengenyam bangku perkuliahan, mendapatkan pendidikan yang berkualitas dari dosen yang kompeten. Mendapatkan teman teman kuliah yang hangat dan friendly.

Coba bandingkan dengan saudara kita yang punya keinginan kuliah, akan tetapi harus terganjal dengan biaya yang orangtua mereka sendiri tidak sanggup untuk memberikannya. Terpaksa bekerja dan menghidupi keluarganya dan menenggelamkan mimpi kuliahnya dalam dalam. Bisa tidak kita sedikit bersyukur dengan kondisi kita saat ini?


Rasakan betapa enaknya menjalin pertemanan


Hal pertama yang harus ditanamkan adalah rasa semangat berangkat ke sekolah ataupun kampus, tentu bukan mengenai pentingnya ilmu yang akan akan kita dapat, Tapi beritahu diri sendiri bagaimana serunya bermain bersama teman-temannya di sekolah dan kampus.

Melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Bisa diingatkan bahwa berbagai aktivitas bersama teman-temannya sudah menanti, khususnya kegiatan ekstrakulikuler yang selama kita diikuti seperti OSIS, Pramuka atau Rohis.


Belajar itu menarik bagi mereka yang haus ilmu


Tak semua dari kita paham pentingnya belajar demi masa depan. Maka di akhir pekan, ajak diri kita sendiri dalam memahami bahwa belajar seputar informasi dan pengetahuan umum itu menarik bahkan lebih seru tidak seperti yang kita kira selama ini.

Kamu bisa menerapkan beberapa percobaan sains sederhana untuk merangsang daya tarik mu akan suatu bidang pengetahuan.


Keliling kampus dihari pertama masuk


Saat akan memasuki sekolah atau kampus pertama kali, kita bisa merasa canggung dan sedikit kaku. Untuk menghilangkan rasa tersebut, kamu bisa berkeliling sambil cuci mata. siapa tau kamu ketemu dengan kawan lama atau inceranmu! Atau Buat rasa khawatirnya hilang dengan mengajak kawan kawan lain untuk keliling gedung belajar.


Jangan lupa untuk sarapan menu spesial


Untuk bekal sekolah atau kampus dihari pertama, konsumsilah dengan menu spesial yang sangat Kita sukai, tetapi tidak perlu ribet. Misalnya, pancake, sandwich, atau corn flakes kesukaan. Ini juga bisa dilanjutkan dengan membawakan bekal berupa camilan serta makan siang istimewa agar kondisi hati kita senantiasa good mood.


Berangkatlah dengan penuh ceria


Saat berangkat ke kampus atau sekolah, dengarkan musik atau lakukan aktifitas sederhana yang bisa membuat hati senang dan semangat. Ajak kawan untuk ngobrol tentang hal yang disukai seperti ngobrol bola, motoGp, pertandingan badminton atau acara lain yang bisa merangsang semangat mu untuk menjalani hari.

Baca juga : Cara Memilih Jurusan Kuliah S2 sambil Bekerja


Kata Penutup


Kuliah memang bukanlah jaminan untuk kamu sukses, akan tetapi ini adalah upaya untuk menambah pengetahuan, pengalaman dan keahlian mu yang nantinya akan bermanfaat dalam menghadapi dunia kerja. Ingat satu hal, bahwa orang yang malas tidak akan punya tempat ketika nanti wisuda dan terjun langsung ke dunia kerja yang keras.

Demikian artikel mengenai Memotivasi diri sendiri agar semangat belajar dan mengerjakan tugas. Semoga dapat bermanfaat. Jangan malas lagi untuk bersekolah dan ngampus. Karena kita cukup beruntung meninmba ilmu dibandingkan dengan saudara kita lain yang harus bekerja mencari duit hanya untuk sesuap nasi. So, sekali lagi, jangan malas untuk menuntut ilmu!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya