Cara Motivasi Mahasiswa yang Malas Belajar Agar Semangat Kembali

Kuliah di perguruan tinggi atau kampus memang bukanlah waktu yang singkat. Dibutuhkan semangat pantang menyerah untuk menjalani proses pendidikan, termasuk menghilangkan segala kemalasan dan rasa menyerah dari dalam diri sendiri. Dan pada kesempatan kali ini kosngosan akan berbagai beberapa tips bagaimana cara menghilangkan kebosanan dalam belajar bagi mahasiswa.

Belajar dan mengerjakan tugas memang menjadi rutinitas bagi pelajar dan mahasiswa. Sebagai bagian dari proses pembelajaran, mengerjakan tugas terkadang mengundang rasa bosan. Tidak jarang kamu malas mengerjakan nya kemudian lalai dengan tanggung jawab masing masing.
motivasi kuliah

Meskipun waktu liburan akademik bisa mengatasi rasa bosannu tersebut dan tahun ajaran baru sudah dimulai, ternyata masih banyak dari kita yang malas untuk berangkat sekolah atau pun ke kampus karena merasa lebih enak santai.

Hal ini tentu saja membuat pusing, dan menjadi permasalahan tersendiri untuk kembali membangkitkan semangat kita dalam bersekolah dan masuk kampus. Berikut ini kosngosan akan memberikan sejumlah tips, agar kita bisa kembali mendorong diri sendiri untuk berangkat kesekolah dan kampus.

Baca juga : Tips menjaga kesehatan saat sibuk di Sekolah dan Kampus

Karena masih ada dibawah kita yang ingin belajar namun terkendala oleh biaya, maka kamu sudah sepantasnya bersyukur dengan status pelajar dan mahasiswa yang disematkan untukmu. Tidak ada alasan malas untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Bagaimana memotivasi diri sendiri untuk bersemangat menuntut ilmu? 


Manusiawi memang bila terkadang kita merasa jenuh dan kurang bergairah dalam melakukan aktifitas di skolah dan perguruan tinggi. Hanya saja bila rasa itu sudah mulai datang, maka kamu bisa menerapkan beberapa tips sederhana dibawah ini agar semangat mu kembali lagi.

Beberapa cara agar kita bisa memotivasi diri kembali ke jalan yang benar, yaitu bersungguh sungguh dalam kuliah dan mendapatkan IPK yang bagus dibawah ini bisa menjadi langkah kecil yang mengubah kehidupan perkuliahan mu :

#1. Ingat kerja keras orangtua dalam memberikan support


Kamu bermalas malasan? ingatlah jerih payah orangtua yang sudah membanting tulang dalam membiayai kuliah mu. Jangan menghilangkan harapan mereka terhadap mu. Setidaknya berikan balasan positif kepada mereka untuk terus berusaha sampai wisuda kelak. Orangtua tidak akan meminta balasan lebih kepada mu, cukup belajar dengan sungguh sungguh, tamat dan mendapatkan pekerjaan yang layak untuk masa depan mu.

#2. Bersyukur karena lebih beruntung dari orang lain yang tidak diberikan kesempatan kuliah


Hal ini paling penting untuk kita renungkan. Kamu yang mulai malas dalam kuliah, hendaknya berpikir ulang dan berkaca diri mengenai kondisi mu saat ini. Betapa beruntungnya kita mengenyam bangku perkuliahan, mendapatkan pendidikan yang berkualitas dari dosen yang kompeten. Mendapatkan teman teman kuliah yang hangat dan friendly.

Coba bandingkan dengan saudara kita yang punya keinginan kuliah, akan tetapi harus terganjal dengan biaya yang orangtua mereka sendiri tidak sanggup untuk memberikannya. Terpaksa bekerja dan menghidupi keluarganya dan menenggelamkan mimpi kuliahnya dalam dalam. Bisa tidak kita sedikit bersyukur dengan kondisi kita saat ini?

#3. Rasakan betapa enaknya menjalin pertemanan


Hal pertama yang harus ditanamkan adalah rasa semangat berangkat ke sekolah ataupun kampus, tentu bukan mengenai pentingnya ilmu yang akan akan kita dapat, Tapi beritahu diri sendiri bagaimana serunya bermain bersama teman-temannya di sekolah dan kampus.

Melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Bisa diingatkan bahwa berbagai aktivitas bersama teman-temannya sudah menanti, khususnya kegiatan ekstrakulikuler yang selama kita diikuti seperti OSIS, Pramuka atau Rohis.

#4. Belajar itu menarik bagi mereka yang haus ilmu


Tak semua dari kita paham pentingnya belajar demi masa depan. Maka di akhir pekan, ajak diri kita sendiri dalam memahami bahwa belajar seputar informasi dan pengetahuan umum itu menarik bahkan lebih seru tidak seperti yang kita kira selama ini. Kamu bisa menerapkan beberapa percobaan sains sederhana untuk merangsang daya tarik mu akan suatu bidang pengetahuan.

#5. Keliling sekolah atau kampus dihari pertama masuk


Saat akan memasuki sekolah atau kampus pertama kali, kita bisa merasa canggung dan sedikit kaku. Untuk menghilangkan rasa tersebut, kamu bisa berkeliling sambil cuci mata. siapa tau kamu ketemu dengan kawan lama atau inceranmu! Atau Buat rasa khawatirnya hilang dengan mengajak kawan kawan lain untuk keliling gedung belajar.

#6. Jangan lupa untuk sarapan menu spesial


Untuk bekal sekolah atau kampus dihari pertama, konsumsilah dengan menu spesial yang sangat Kita sukai, tetapi tidak perlu ribet. Misalnya, pancake, sandwich, atau corn flakes kesukaan. Ini juga bisa dilanjutkan dengan membawakan bekal berupa camilan serta makan siang istimewa agar kondisi hati kita senantiasa good mood.

#7. Berangkatlah dengan penuh ceria


Saat berangkat ke kampus atau sekolah, dengarkan musik atau lakukan aktifitas sederhana yang bisa membuat hati senang dan semangat. Ajak kawan untuk ngobrol tentang hal yang disukai seperti ngobrol bola, motoGp, pertandingan badminton atau acara lain yang bisa merangsang semangat mu untuk menjalani hari.

Baca juga : Tips Mencari Universitas dan Jurusan Terbaik di Indonesia

Demikian artikel mengenai Memotivasi diri sendiri agar semangat belajar dan mengerjakan tugas. Semoga dapat bermanfaat. Jangan malas lagi untuk bersekolah dan ngampus. Karena kita cukup beruntung meninmba ilmu dibandingkan dengan saudara kita lain yang harus bekerja mencari duit hanya untuk sesuap nasi. So, sekali lagi, jangan malas untuk menuntut ilmu!
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel