Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Angket Tertutup Tentang Ekonomi Syariah dalam Skripsi Kualitatif

Bagi seorang mahasiswa tingkat akhir, skripsi merupakan tugas akhir yang harus ditulis dengan sebaik mungkin, mengikuti kaidah penelitian ilmiah yang sesuai dengan data dilapangan. Beberapa jenis penelitian seperti penelitian kualitatif dan kuantitatif masing masing memiliki metode pengambilan sampel yang berbeda pula.

Salah satu cara metode pengambilan data sampel adalah dengan penyebaran angket, semacam alat atau instumen penelitian yang berisi beberapa daftar point yang digunakan untuk mengumpulkan data dari sampel atau populasi yang akan diteliti.

contoh angket

Bagi kamu yang sedang menjalani penelitian skripsi, mendapatkan contoh format angket yang baik mungkin menjadi suatu kebutuhan. Dan apabila kamu sedang mencari contoh angket tersebut, maka postingan ini adalah jawabannya.

Pada kesempatan kali ini, mimin kosngosan akan memberikan kepada kalian contoh angket sederhana untuk mahasiswa yang bisa diedit dan disesuaikan dengan jenis dan tujuan penelitian mu sendiri. File yang diberikan adalah dalam bentuk docx jadi bisa diedit menggunakan microsoft word.

Baca juga : Contoh Ide Skripsi Website Menggunakan Angket Google Formulir

Ada banyak contoh angket seperti penelitian sosial, penelitian ekonomi, penelitian laboratorium dan sebagainya. Jenis pertanyaan dan pernyataan pada angket dibagi menjadi dua yaitu angket terbuka dan angket tertutup.

Angket terbuka artinya pertanyaan dan pernyataan yang diberikan kepada responden atau sampel tidak mengikat. Artinya tidak terdapat opsi jawaban yang harus dipilih responden. Maka dari itu sampel bebas menjawab dan memberikan respons nya.

Angket tertutup artinya adalah pertanyaan dan pernyataan dalam angket sudah disediakan jawabannya berupa list atau opsi jawaban yang mengharuskan responden menjawab salah satu nya.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, jadi kamu harus memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu disaat turun lapangan nantinya.


Cara Membuat Angket Skripsi


Dalam membuat angket penelitian, dibutuhkan pemahaman yang mendalam terhadap permalasahan dari penelitian kita. Sobat kosngosan juga perlu untuk mengetahui karakteristik dari sampel yang akan diberikan pertanayan tersebut.

Langkah 1

Menentukan isi pertanyaan, yang bisa dibagi menjadi beberapa jenis seperti ertanyaan angket tentang fakta sosial, tentang pendapat atau sikap informan terhadap sesuatu, tentang informasi atau tentang persepsi diri.

Langkah 2

Kamu harus menurunkan variabel ke dalam pertanyaan yang sederhana, umumnya didahului dengan pembuatan variabel yang jelas. Karena sampel juga lebih menyukai hal yang sederhana dan mengena. Kamu juga harus menghindari pertanyaan yang mengandung sugesti.

Langkah 3

Mengelompokkan pertanyaan angket, dengan cara kelompokkan terlebih dahulu mengenai identitas responden, data demografis responden, aplikasi favorit, intensitas penggunaan, dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan penelitian

Langkah 4

Isilah angket dengan mengetik dan memberikan salinan terhadap jumlah sampel yang akan ditanyakan. Nah dalam hal ini juga harus dipilih metode pemberian angket, apakah Angket diisi oleh peneliti ketika interview, Angket diisi sendiri oleh informan atau responden, Angket digunakan ketika interview via telepon atau media digital, atau Angket digunakan dengan cara dikirim via pos ke alamat responden


Contoh Angket Penelitian Skripsi


Judul Skripsi : Pendistribusian Zakat Produktif Untuk Mengentaskan Kemiskinan Pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Di Kecamatan Tebing Tinggi Dan Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti Ditinjau Menurut Ekonomi Islam

Angket dibawah ini mimin dapatkan dari salah satu penelitian teman yang sedang menyusun skripsi nya pada salah satu perguruan tinggi islam di kota pekanbaru. Kamu bisa menyesuaikan beberapa dafar pertanyaan dengan kebutuhan mu sendiri. Cukup scrool filenya untuk membaca lebih lengkap.



Kamu juga bisa mengunduh file diatas dengan mengklik tautan disini

Sebelum mendownload, kamu akan diarahkan ke halaman safelink. Tunggu 5 detik sehingga muncul tombol download. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman google drive dan bisa langsung download file-angket-nya.

Baca lainnya : Tips Menghindari Penipuan Joki dan Jasa Pembuatan Skripsi Murah

Demikianlah Contoh Angket Penelitian Skripsi Kualitatif Format Docx kali ini yang bisa mimin berikan kepada kalian. Semoga kalian bisa menggunakannya dengan baik. Jangan lupa bagikan tulisan ini kepada teman mu yang lain supaya mreka juga bisa memanfaatkan file nya.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya