Contoh Bentuk Bela Negara Secara Fisik dan Non Fisik di Indonesia

Setiap negara memang mewajibkan rakyatnya untuk membela, memajukan dan mengharumkan nama negaranya sendiri. Hal tersebut merupakan bentuk bela negara yang ada di zaman modren sekarang ini. Berbeda dengan bela negara di zaman dahulu yang masih berada di zaman peperangan.

Bela negara kini lebih kepada bentuk kebaktian, penghormatan dan pengembangan diri atas nama negara, bukan lagi pergi berperang dan menjadi pasukan tentara yang siap mati untuk melayani negara sepenuh hati (walupun itu masih ada bagi profesi tentara, misalnya)

Ada banyak contoh bentuk bela negara bai secara fisik maupun non fisik. Nah bagi kamu yang sudah sampai pada postingan kali ini tentunya bertanya, bagaimana wujud bela negara secara fisik dan non fisik yang benar tersebut?

Mari kita bahas terlebih dahulu mengenai tujuan negara dibentuk. Apakah suatu negara didirikan tanpa adanya tujuan? Tentu saja tidak. Negara pada umumnya dibentuk untuk menciptakan perdamaian, kesejahteraan dan kondisi yang ideal bagi kehidupan warga negaranya.

Tujuan dari setiap negara tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diantaranya berupa lokasi, sejarah pembentukan, dan pengaruh dari pemerintahan yang bersangkutan. Dengan mengetahui tujuan negara, kamu juga bisa mengetahui sifat organisasi negara dan legitimasi kekuasaann negara yang bersangkutan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu saja tidak bisa dilakukan sepenuhnya oleh pemerintahan. Diperlukan pastisipasi dari warga negara dalam memajukan negaranya sendiri. Ibarat suatu perusahaan yang tidak akan bisa maju tanpa adanya bantuan dari pegawai atau karyawannya.

Baca juga : Makalah Pancasila dan Kewarganegaraan Terbaru Gratis

Adapun partisipasi aktif masyarakat secara langsung dalam pembelaan negara dapat diwujudkan melalui berbagai langkah konkrit seperti ikut perlombaan olimpiade pendidikan, olimpiade olahraga, memenangkan kompetisi internasional dan sebagainya.

Pertanyaan lain yang sering terbesit dipikiran kita adalah apakah membayar pajak dapat digolongkan sebagai bentuk bela negara non fisik? Bisa dibilang iya, karena bela negara dalam konsep modren sudah berubah menjadi sesuatu yang tidak selalu dengan fisik atau tenaga, namun juga penghormatan dan pengabdian dalam bentuk materi, misalnya.

Contoh upaya bela negara dalam bentuk fisik


contoh bela negara

Bentuk pengabdian kepada negara dalam bentuk raga atau jasmani menjadi salah satu pilihan yang bisa dilakukan oleh berbagai warga negara sesuai kapasitasnya, diataranya adalah :

Membantu saudara yang tertimpa bencana alam seperti banjir, tsunami, longsor dan sebagainya dengan menjadi sukarelawan
Menangani keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat
Melakukan perlawanan dalam keadaan darurat perang, dimana rakyat terlatih terlibat langsung di medan perang
Mengikuti perlombaan olahraga tingkat internasional seperti ASIAN GAMES dan Olimpiade
Menjadi negosiator antar kelompok yang bertikai
Mengabdi dalam bentuk pekerjaan seperti bekerja sebagai ASN, Hakim dan sebagainya yang bersangkutan dengan negara
Menjadi perwakilan negara dalam beberapa kegiatan atau event di kancah internasional

Contoh bela negara dalam bentuk non fisik


Tidak hanya secara fisik, warga negara dalam upaya bela negara juga bisa berkontribusi dalam hal pikiran atau prestasi, yang bisa dikategorikan sebagai bentuk non fisik, yaitu :

Aktif memajukan bangsa dan negara dengan berkarya nyata tanpa retorika
Meningkatkan kesadaran dan menjunjung tinggi supremasi hukum dan hak asasi manusia
Meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara
Menghayati makna demokrasi dengan menghargai pendapat orang lain dan tidak memaksakan kehendak
Menanamkan kecintaan terhadap tanah air, melalui pengabdian yang tulus
Memberikan pembekalan mental spritual untuk anggota masyarakat supaya bisa menangkal pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan norma bangsa Indonesia
Menjalani kehidupan beragama dengan menjunjung tinggi toleransi melalui ibadah sesuai agama masing-masing.

Contoh bela negara secara non fisik di sekolah


Tidak hanya menjadi tentara atau pegawai negeri untuk bisa melakukan bela negara. Secara dasar dan sederhana, para siswa di sekolah ternyata juga bisa dikategorikan sebagai upaya bela negara dibidang pendidikan. Lalu apa saja contoh bela negara secara non fisik di sekolah?

Mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan baik dan tepat waktu
Disiplin dan selalu masuk sekolah tepat waktu
Menjaga nama baik sekolah
Melindungi diri dari pergaulan yang tidak baik
Aktif melakukan kegiatan ekstrakulikuler
Rajin belajar dan aktif bertanya dikelas
Meningkatkan kompetensi diri dan menjadi siswa yang berprestasi

Baca lainnya : Kumpulan Kata Ucapan Hari Lahir Pancasila Untuk Status dan Story

Demikianlah beberapa poin mengenai upaya bela negara yang bisa kamu lakukan sebagai warga negara yang baik. semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk menambah wawasanmu ya. jadilah warga negara yang bisa memajukan negara!
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel