Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Contoh Bela Negara dalam Bentuk Fisik dan Non Fisik

Setiap negara memang mewajibkan rakyatnya untuk membela, memajukan dan mengharumkan nama negaranya sendiri. Hal tersebut merupakan bentuk bela negara yang ada di zaman modren sekarang ini. Berbeda dengan bela negara di zaman dahulu yang masih berada di zaman peperangan.

Bela negara kini lebih kepada bentuk kebaktian, penghormatan dan pengembangan diri atas nama negara, bukan lagi pergi berperang dan menjadi pasukan tentara yang siap mati untuk melayani negara sepenuh hati (walupun itu masih ada bagi profesi tentara, misalnya)

Ada banyak contoh bentuk bela negara bai secara fisik maupun non fisik. Nah bagi kamu yang sudah sampai pada postingan kali ini tentunya bertanya, bagaimana wujud bela negara secara fisik dan non fisik yang benar tersebut?

Mari kita bahas terlebih dahulu mengenai tujuan negara dibentuk. Apakah suatu negara didirikan tanpa adanya tujuan? Tentu saja tidak. Negara pada umumnya dibentuk untuk menciptakan perdamaian, kesejahteraan dan kondisi yang ideal bagi kehidupan warga negaranya.

Tujuan dari setiap negara tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diantaranya berupa lokasi, sejarah pembentukan, dan pengaruh dari pemerintahan yang bersangkutan. Dengan mengetahui tujuan negara, kamu juga bisa mengetahui sifat organisasi negara dan legitimasi kekuasaann negara yang bersangkutan.

Baca juga : Makalah Pancasila dan Kewarganegaraan Terbaru Gratis


Bela Negara dalam Bentuk Fisik


contoh bela negara

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu saja tidak bisa dilakukan sepenuhnya oleh pemerintahan. Diperlukan pastisipasi dari warga negara dalam memajukan negaranya sendiri. Ibarat suatu perusahaan yang tidak akan bisa maju tanpa adanya bantuan dari pegawai atau karyawannya

Adapun partisipasi aktif masyarakat secara langsung dalam pembelaan negara dapat diwujudkan melalui berbagai langkah konkrit seperti ikut perlombaan olimpiade pendidikan, olimpiade olahraga, memenangkan kompetisi internasional dan sebagainya.

Pertanyaan lain yang sering terbesit dipikiran kita adalah apakah membayar pajak dapat digolongkan sebagai bentuk bela negara non fisik? Bisa dibilang iya, karena bela negara dalam konsep modren sudah berubah menjadi sesuatu yang tidak selalu dengan fisik atau tenaga, namun juga penghormatan dan pengabdian dalam bentuk materi, misalnya.

Bentuk pengabdian kepada negara dalam bentuk raga atau jasmani menjadi salah satu pilihan yang bisa dilakukan oleh berbagai warga negara sesuai kapasitasnya, diataranya adalah :


  1. Membantu saudara yang tertimpa bencana alam seperti banjir, tsunami, longsor dan sebagainya dengan menjadi sukarelawan
  2. Menangani keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat
  3. Melakukan perlawanan dalam keadaan darurat perang, dimana rakyat terlatih terlibat langsung di medan perang
  4. Mengikuti perlombaan olahraga tingkat internasional seperti ASIAN GAMES dan Olimpiade
  5. Menjadi negosiator antar kelompok yang bertikai
  6. Mengabdi dalam bentuk pekerjaan seperti bekerja sebagai ASN, Hakim dan sebagainya yang bersangkutan dengan negara
  7. Menjadi perwakilan negara dalam beberapa kegiatan atau event di kancah internasional
  8. Selalu tepat waktu dalam membayar pajak
  9. Memberikan bantuan kepada pemerintah ketika diminta
  10. Menjadi penolong bagi warga negara Indonesia di luar negeri



Contoh bela negara dalam bentuk non fisik


Tidak hanya secara fisik, warga negara dalam upaya bela negara juga bisa berkontribusi dalam hal pikiran atau prestasi, yang bisa dikategorikan sebagai bentuk non fisik, yaitu :


  1. Aktif memajukan bangsa dan negara dengan berkarya nyata tanpa retorika
  2. Meningkatkan kesadaran dan menjunjung tinggi supremasi hukum dan hak asasi manusia
  3. Meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara
  4. Menghayati makna demokrasi dengan menghargai pendapat orang lain dan tidak memaksakan kehendak
  5. Menanamkan kecintaan terhadap tanah air, melalui pengabdian yang tulus
  6. Memberikan pembekalan mental spritual untuk anggota masyarakat supaya bisa menangkal pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan norma bangsa Indonesia
  7. Menjalani kehidupan beragama dengan menjunjung tinggi toleransi melalui ibadah sesuai agama masing-masing.
  8. Menanamkan rasa cinta terhadap produk buatan anak bangsa sendiri
  9. Melindungi satwa dengan mengkampanyekan melalui media sosial
  10. Tidak menyebarkan hoaks yang bisa menyebabkan terjadinya konflik horizontal



Bentuk bela negara di sekolah


Tidak hanya menjadi tentara atau pegawai negeri untuk bisa melakukan bela negara. Secara dasar dan sederhana, para siswa di sekolah ternyata juga bisa dikategorikan sebagai upaya bela negara dibidang pendidikan. Lalu apa saja contoh bela negara secara non fisik di sekolah?


  1. Mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan baik dan tepat waktu
  2. Disiplin dan selalu masuk sekolah tepat waktu
  3. Menjaga nama baik sekolah
  4. Melindungi diri dari pergaulan yang tidak baik
  5. Aktif melakukan kegiatan ekstrakulikuler
  6. Rajin belajar dan aktif bertanya dikelas
  7. Meningkatkan kompetensi diri dan menjadi siswa yang berprestasi
  8. Mengikuti perlombaan olimpiade dengan sungguh-sungguh
  9. Mengikuti ujian nasional dengan jujur
  10. Menjenguk teman yang sedang sakit


Baca lainnya : Kumpulan Kata Ucapan Hari Lahir Pancasila Untuk Status dan Story


Kata Penutup


Bela negara adalah konsep yang sudah ada jauh sebelum kita lahir. Hal ini ada sebagai konsekuensi dalam kehidupan bernegara. Jadi sebagai warga negara yang baik, kita harus mengedepan kan prinsip bela negara untuk Indonesia

Demikianlah beberapa poin mengenai upaya bela negara yang bisa kamu lakukan sebagai warga negara yang baik. semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk menambah wawasanmu ya. jadilah warga negara yang bisa memajukan negara!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya