Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Mengatur Keuangan Tahun Baru Imlek

Selamat tahun baru imlek bagi yang merayakannya. Pada momen ini biasanya orang tionghoa melakukan resolusi finansial untuk tahun depan. Bagaimana menjadi orang yang sukses dengan perencanaan bisnis yang matang. Oleh karena itu dibutuhkan manajemen keuangan agar pada tahun ini kita bisa meraih keberuntungan dan juga dijauhkan dari kegagalan.

tips keuangan imlek

Bagaimana Tips dan Cara Mengatur Keuangan di Tahun Baru Imlek kali ini? Kosngosan akan membahasnya untuk kalian. Bagi pekerja kantor, lapangan, sekolah atau anak kos, finansial ekonomi merupakan hal yang vital bagi kehidupan. Seperti halnya barang sekunder lainnya, isi dompet juga memiliki peran besar dalam tatanan hidup manusia moderen

Saat ini berbagai penyebab finansial seseorang bermasalah, mulai yang bersifat hedonis dan banyak berbelanja dipasaran. Tapi sayang, alih-alih berhemat, merawat agar budget tetap terjaga juga terkadang menjadi hal yang dilupakan oleh pekerja dan anak sekolahan untuk dijadikan kebiasaan.

Baca juga : Kata kata Ucapan Tahun Baru Imlek Bahasa Indonesia

Karena begitu pendapatan, gaji atau uang bulanan diterima, akan dihabiskan setiap hari dengan begitu cepat, dan bahkan resiko kehilangan kontrol sudah menjadi hal yang biasa bagi para pekerja pabrik, pegawai kantoran atau bahkan mahasiswa.

Bayangkan saja, kalau kamu sampai kehilangan kontrol atas pengeluaran harian, bagaimana kamu sebagai pekerja atau anak kos akan membiayai hidup sebelum gajian tiba? belum lagi hutangnya yang menumpuk sama teman-teman lainnya.

Cara mengatur keuangan di tahun baru imlek


Mengatur keuangan ketika tahun baru imlek tiba memang pada dasarnya sama saja dengan mengatur keuangan ketika tahun baru biasa. Hanya saja pada shio babi kali ini, diharapkan keberuntungan dan kesuksesan akan berjalan dengan lancar.

1. Merumuskan rencana keuangan tiap bulan


Hal ini adalah langkah awal dalam mengatur keuangan apa pun, baik skala rumah tangga atau pun perusahaan.

Buatlah daftar pengeluaran tiap bulan dengan membagi kebutuhan primer dan sekunder. Dengan membagi dua jenis kebutuhan tersebut kamu akan bisa memperjelas sumber pengeluaran mana yang harus di hemat dan mana yang harus dimaksimalkan.

2. Menyisihkan uang tabungan


Menabung dan berinvestasi adalah salah satu langkah untuk mempersiapkan dana yang tidak terduga di kemudia hari.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah pada tahun ini, jangan lagi menyisihkan uang tabungan ketika terakhir, namun sisihkan uang tabungan di awal bulan ketika gajian tiba. Hal ini supaya kamu bisa lebih mudah menyusun rencana keuangan dalam sebulan.

3. Membedakan rekening khusus tabungan dengan rekening produktif


Langkah ketiga yang perlu kamu lakukan untuk menghadapi tahun baru imlek kali ini adalah membuka rekening baru di bank yang khusus menyimpan dana tabungan mu. Pilih tabungan dengan biaya administrasi paling ringan dan bunga paling tinggi. Bedakan dengan rekening biasa yang kamu pakai sehari hari.

4. Melakukan perbandingan pengeluaran dan anggaran


Bandingkan berapa banyak uang yang akan dipakai yang kira kira akan dihabiskan pada sebulan yang akan datang, kemudian bandingkan dengan kondisi yang sebenarnya sebulan setelahnya.

Bandingkan dengan pengeluaran asli yang sudah kamu habiskan. Sesuaikan pengeluaran dan anggaran yang sudah ditetapkan, hal ini akan membutuhkan beberapa bulan untuk mengkalibrasinya.

5. Jangan tunda bayar tagihan dan hutang


Membayar tagihan dan hutang adalah hal pertama yang harus kamu lakukan begitu mendapatkan gaji pada tanggal pertama di awal bulan. Ada banyak tagihan rumah seperti listrik dan air dan juga jenis kredit lain. Dengan membayar tagihan di awal bulan, kamu akan merasa lega dan bisa menyusun anggaran lebih matang.

6. Penggunaan aplikasi pengatur keuangan


Perkembangan teknologi informasi juga memudahkan kita merencanakan keuangan bulanan. Dengan aplikasi dan software buatan pengembang, kita bisa meminimalisir pengeluaran yang tidak dibutuhkan.

Selain menggunakan aplikasi dan mengikuti tips di dalam ebook yang akan saya bagikan ini, mengatur keuangan juga perlu dimulai dari motivasi yang besar. gunakanlah gaji yang kamu dapat untuk memenuhi kebutuhan, bukan keinginan. Selain itu, sisihkanlah sebagian pendapatan kamu untuk bersedekah.

Manajemen keuangan dengan menggunakan berbagai aplikasi yang banyak tersedia di internet, akan memudahkan kamu sebagai pekerja kantoran, lapangan, anak sekolah, ibu rumah tangga atau anak kos untuk mengelola atau memanajemen keuangan mu.

DOWNLOAD EBOOK TIPS MENGATUR KEUANGAN DISINI

DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI WINDOWS (PC) PENGATUR KEUANGAN DISINI

DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI ANDROID (SMARTPHONE) PENGATUR KEUANGAN DISINI

7. Mempersiapkan angpao yang tertarget


Maksudnya apa bila kamu ingin mengeluarkan angpao untuk saudara-saudara, berikanlah nominal sesuai dengan usia mereka.

Alangkah baiknya ketika kamu memberikan angpao, berikan juga nasehat kepada mereka bagaimana cara mengatur keuangan supaya angpau yang didapatkan bisa dipergunakan secara lebih produktif

8. Melakukan Investasi


Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi keuangan tetap stabil di Tahun Baru Imlek adalah dengan melakukan investasi pada waktu sebelum sebelumnya

Ketika kamu sudah memiliki tabungan kamu bisa mengalokasikan tabungan tersebut untuk instrumen investasi seperti Saham, Reksadana atau Deposito di bank. Sobat kosngosan bisa memilih instrumen investasi sesuai dengan profil resiko yang kamu miliki

Kesimpulan


Pada akhirnya Imlek adalah salah satu perayaan dalam tradisi suku Tionghoa yang memang membutuhkan biaya tidak sedikit. Oleh karena itu kamu harus pintar-pintar untuk mengalokasikan anggaran yang kamu miliki sehingga tidak boncos dan rugi

Baca juga : Rahasia Menjadi Kaya khas Orang Tionghoa

Sekian postingan mengenai Tips Mengatur Keuangan Tahun Baru Imlek China kali ini dari kosngosan, semoga bermanfaat. Bagikan tulisan ini di media sosial mu agar teman yang lain juga menerapkan tips diatas untuk tahun baru imlek kali ini. Terimakasih sudah berkunjung.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya